Makanan Khas India
Kuliner

Makanan Khas India

India adalah negara yang kaya akan budaya dan juga kaya akan banyak kuliner khas. Para wisawatan yang datang ke india biasanya akan mengincar makanan khas disana. Makanan dari india meskipun rempahnya berbeda namun banyak yang disukai oleh masyarakat mancanegara bahkan di banyak negara sudah ada banyak sekali warung makanan dengan masakan india. Anda yang ingin berkunjung ke india atau memang sedang berada di sana sebaiknya mencicipi 10 makanan khas india yang terkenal paling enak.

Dengan mencicipi makanan khasnya maka masa liburan anda akan semakin lengkap. Makanan dari india memang kaya akan rempah dan rempahnya juga banyak yang sama dengan rempah dari indonesia sehingga anda bisa juga membuat makanan khas india sendiri dirumah.

10 Makanan Khas India yang Terkenal Paling Enak dan Lezat

Berikut ini adalah 10 makanan khas dari negeri india yang sebaiknya anda coba:

1. Kathi Roll

Kathi Roll

Makanan khas india yang pertama adalah kathi roll. Makanan ini merupakan makanan kaki lima yang memiliki rasa yang sangat menggoda. Makanan yang satu ini sangat terkenal di sana dan sangat mudah ditemukan. Wisatawan yang datang ke india wajib untuk mencoba kathi roll karena makanan ini memiliki bentuk yang unik dengan cita rasa yang khas.

Klik lihat: Makanan khas Indonesia

Jika dilihat dari bentuknya memang sekilas mirip seperti kebab. Pembungkus dari kathi ini adalah roti tipis yang merupakan roti khas india sehingga saat digigit akan sangat terasa nikmatnya.

2. Jalebi

Jalebi

Makanan khas yang selanjutnya adalah jalebi. Makanan ini sebenarnya berupa manisan atau permen dan sangat mudah ditemukan di rumah-rumah warga india. Makanan ini disebut-sebut sebagai makanan wajib dan selalu ada di rumah. Jika dilihat dari bentuknya makanan ini mirip dengan pretzel dengan bentuk melingkar. Proses pembuatannya adalah dengan digoreng. Setelah matang nantinya akan di beri sirup gula sehingga permukaannya akan terlihat mengkilat seperti kristal. Anda akan sangat menyukai manisan yang satu ini karena manis dan cukup renyah.

3. Samosa

Samosa

Di india ada makanan atau snack yang sangat popular. Snack ini bahkan sangat terkenal di berbagai negara di dunia karena mirip sekali dengan pastel. Hal yang membedakan samosa dengan kue pastel adalah pada isiannya. Isi dari samosa biasanya seperti susu, coklat, keju atau yang lainnya tergantung variasi. Bentuk dari samosa adalah seperti segitiga. Ketika masih hangat, samosa akan terasa begitu manis dan nikmat. Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah karena samosa masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas india terkenal paling enak.

4. Tikka Masala

Tikka Masala

Makanan yang juga begitu menggoda serta memiliki cita rasa seperti kari ayam adalah tikka masala. Makanan ini memang merupakan kari ayam yang dimasak dengan menggunakan cream, yogurt dan juga tomat sehingga warnanya terlihat sangat orange.

Klik lihat: Makanan khas Malaysia

Cita rasa makanan ini sangat lezat dan gurih apalagi jika anda menikmatinya dengan menggunakan nasi putih yang masih hangat. Masakan ini termasuk salah satu masakan yang sangat terkenal di india dan juga banyak digemari oleh para wisatawan manca negara.

5. Biryani

Biryani

Makanan khas india yang bernama biryani juga sangat terkenal di kalangan masyarakat india. Makanan ini merupakan masakan yang kaya akan rempah sehingga cita rasa rumahan sangat terasa. Masakan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan berbagai macam rempah seperti ketumbar hingga kapulaga.

Klik lihat: Makanan khas Thailand

Jenis beras yang digunakan adalah beras basmati yang memiliki bentuk yang runcing dan panjang sehingga akan terlihat begitu menggoda. Lauk yang digunakan untuk menikmati makanan ini adalah seperti berbagai macam daging serta sayuran. Jika anda berkunjung ke india pastikan anda menikmati nasi biryani.

6. Dosa

Dosa

Makanan dengan nama dosa ini tidak seburuk dosa manusia namun justru rasanya sangat lezat. Cemilan ini sebenarnya sangat mirip dengan kue lekker crepes yang tipis dan juga kering dengan teksture sangat renyah. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan juga kacang yang sudah difermentasi. Makanan ini sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja karena memiliki kadar karbohidrat yang sangat tinggi serta rendak kandungan lemak sehingga akan sangat cocok untuk anda yang sedang diet.

7. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori

Makanan yang juga masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas india yang terkenal dan enak adalah ayam tandoori. Makanan ini tentunya terbuat dari bahan dasar ayam yang diberi berbagai macam rempah yang sangat lengkap. Ayam dilumuri dengan bumbu seperti bubuk ketumbar, yogurt, bubuk cabai, garam bubuk, bumbu khas india bernama kasoori methi dan banyak bumbu lainnya. Ayam yang sudah dilumuri dengan bumbu kemudian dimasak dengan oven dengan suhu yang sangat tinggi yakni sekitar 300 derajat celsius hingga benar-benar matang. Setelah itu makanan ini akan dihidangkan bersama dengan nasi. Dari cara pembuatannya, ayam tandoori sudah terkesan begitu lezat. Anda yang datang ke india perlu untuk mencicipinya.

8. Chole Bhature

Chole Bhature

Masakan selanjutnya yang juga menjadi satu dari 10 makanan khas india yang terkenal paling enak adalah chole bhature. Makanan ini terbuat dari bahan kacang-kacangan. Berbagai macam jenis kacang india direndam selama semalaman kemudian dimasak dengan menggunakan yogurt dan juga campuran bumbu lainnya. Bathure adalah roti dengan bentuk lebar dan kemudian diisi dengan chole yang dimasak dengan bumbu yogurt tadi. Chole bhature menjadi makanan yang sangat cocok untuk dinikmati bersama-sama.

9. Pakora

Pakora

Makanana selanjutnya adalah pakora. Pakora masuk ke dalam 10 makanan khas india yang paling terkenal enak karena terbuat dari bahan berkualitas dengan rasa yang juga sangat khas. Bahan-bahan untuk membuat pakora antara lain seperti tepung, rempah, dan sayur mayur.

Tampilan pakora terlihat seperti peyek atau juga seperti jamur krispi namun pakora akan dinikmati dengan saus cocol atau juga kecap asin. Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan.

10. Naan

Naan

Jika anda senang melihat drama korea biasanya akan muncul makanan yang sering disebut dengan naan. Makanan ini terbuat dari bahan tepung ragi dan biasanya akan menjadi hidangan di festival india. Alat yang digunakan untuk membuat roti ini adalah oven modern atau ada juga yang masih menggunakan tungku tradisional. Orang-orang di india sering menikmati makanan ini dengan menggunakan ayam tandoori dan juga palak paneer. Anda akan sangat menyukai makanan ini karena rasanya cukup menarik.

Berkunjung ke india memang sebaiknya mencoba untuk mencicipi 10 makanan khas india yang terkenal paling enak tersebut. Sebenarnya masih ada banyak lagi masakan khas india yang bisa anda temukan namun jika harus disebutkan semuanya akan sangat sulit. 10 makanan yang telah disebutkan adalah yang paling direkomendasikan karena rasanya yang lezat dan juga sangat popular baik di kalangan masyarakat india sendiri atau bahkan dikalangan wisatawan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *