Makanan Khas Jambi
Kuliner

Makanan Khas Jambi

Jambi merupakan salah satu nama provinsi yang berada di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera. Jika dilihat dari popularitas tempat wisata mungkin Jambi tidak seterkenal dengan beberapa provinsi lainnya. Akan tetapi dari segi makanan khas Jambi ternyata menyimpan makanan khas Jambi yang banyak digemari masyarakat luas.

Melakukan wisata kuliner di kota dengan luas 305,38 Km tentu akan menjadikan perut anda kenyang serta menambah pengalaman baru untuk anda semua yang baru saja berkunjung ke kota Jambi. Jika kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke kota Jambi jangan sampai melewatkan makanan khas Jambinya. Terdapat beragam jenis makanan khas Jambi yang siap menggoyang lidah anda semuanya.

10 Makanan Khas Jambi yang Siap Menggoyang Lidah

1. Tempoyak

Tempoyak

Jika anda pernah berkunjung ke Pekanbaru maka anda akan menemukan makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari fermentasi udang. Nah di Jambi ini terdapat jenis masakan khas Jambi yang serupa. Tempoyak namanya, sebuah makanan yang berasal dari fermentasi durian. Setelah difermentasi maka durian akan menghasilkan rasa yang menyengat lengkap dengan citarasa yang khas.

Tempoyak merupakan sebuah bumbu yang kerap disajikan sebagai bahan lauk serta dimakan bersamaan dengan nasi. Sebagian besar banyak yang menggunakan tempoyak sebagai bahan campuran sambal.

2. Daging Masak Hitam

Daging Masak Hitam

Daging masak hitam mirip dengan semur yang ada di Jakarta. Daging ni memiliki rasa yang manis gurih sehingga membuat siapa saja yang menikmati akan ketagihan. Daging masak hitam ini menggunakan beberapa jenis bumbu diantaranya jintan, adas manis, ketumbar, kayu manis, pala bubuk, lada putih bubuk, garam, kecap manis serta santan.

Lihat juga: Makanan khas gorontalo

Daging masak hitam khas Jambi ini banyak digemari oleh masyarakat sekitar serta beberapa masyarakat dari daerah lain karena memang rasanya menggoyang lidah.

3. Kue Padamaran

Kue Padamaran

Kue Padamaran merupakan jenis makanan ringan dengan nilai tradisional yang terkenal. Kue padamaran ini merupakan kue khas Jambi yang menggunakan tepung beras serta santan sebagai bahan dasarnya. Cita rasa yang gurih dengan tekstur lembut menyerupai bubur sumsum menjadikan kue padamaran ini digemari oleh banyak orang. Yang membedakan antara kue padamaran dengan bubur sumsum yaitu pada penggunaan kinca gula merahnya.

Jika bubur sumsum menggunakan kinca gula merah pada bagian atas akan tetapi kue padamaran ini bukan hanya menggunakan gula kinca pada bagian atas saja melainkan juga menggunakan gula merah sebagai bahan dasarnya.

4. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk Khas Jambi

Nasi Gemuk merupakan masakan khas Jambi yang mirip dengan nasi uduk khas daerah Betawi. Yang membedakan antara nasi Gemuk dengan nasi uduk terletak pada bagian lauk pendampingnya. Jika nasi uduk kerap menggunakan emping melinjo sedangkan nasi gemuk menggunakan kerupuk.

Lihat juga: Makanan khas balikpapan

Di Jambi nasi gemuk ini biasanya dihidangkan sebagai menu pembuka hari. Nasi gemuk terbuat dari bahan baku dengan menggunakan proses pengolahan yang mirip dengan nasi uduk. Manakala kita membicarakan cita rasanya rasanya sangat mirip dengan nasi uduk betawi. Yang membedakan hanya tempat berasalnya saja, jika nasi gemuk dari Jambi sedangkan nasi uduk dari Betawi.

5. Bolu Kojo

Bolu Kojo

Memang benar jika nama Bolu Kojo ini belum terlalu akrab jika dibandingkan dengan jenis kue bolu lainnya yang ada di Indonesia. Tapi di Sumatera Selatan, nama makanan ini sangat populer, terutama di daerah Riau, Palembang, Bengkulu, dan Jambi. Bolu Kojo ini merupakan kue bolu yang memiliki bentuk seperti bunga kamboja.

Di Sumatera Selatan makanan satu ini menjadi makanan khas sekaligus menjadi ikon kuliner. Bolu Kojo biasanya disajikan dalam pesta-pesta adat. Bolu Kojo ini sangat nikmat ketika disajikan dengan teh manis. Jika kamu sedang berkunjung ke daerah Sumatera, khususnya di Jambi maka jangan lupa untuk mencoba nikmatnya Bolu kojo.

6. Mie Celor

Mie Celor

Mie cellor merupakan kuliner khas Jambi yang cukup terkenal. Belum lengkap rasanya kalau ke Jambi belum mencoba mie celor. Mie celor merupakan makanan khas Jambi yang terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian diolah bersama dengan sayuran sehat seperti tauge dan sop.

Anda bisa menemukan makanan satu ini dengan mudah pasalnya mie celor ini banyak ditemukan di sudut kota Jambi. Banyak penjuluran yang menjajakan makanan sederhana satu ini. Kuahnya yang hangat menjadikan mie celor tidak hanya mengenyangkan namun juga menambah semangat baru. Kuah dalam mie celor ini memiliki aroma rempah yang menyeruak sehingga rasanya sudah pasti nikmat menggoyang lidah.

7. Kue Putri Kandis

Kue Putri Kandis

Kue putri kandis merupakan salah satu jenis kue basah yang memiliki rasa nikmat. Kue yang memiliki nama cantik ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jambi dengan bentuk persegi. Kue putri ini memiliki tampilan yang sangat menarik dimana menggunakan warna hijau, kuning serta cokelat. Warna hijaunya berasal dari air daun suji.

Lihat juga: Makanan khas batam

Kue putri kandis dibuat dengan cukup banyak kuning telur. Kue basah ini biasanya disuguhkan pada saat perayaan adat Jambi, misalnya acara antar belanjo.

8. Kue Kubang Boyo

Kue Kubang Boyo

Kue basah selanjutnya yang wajib anda cicipi yaitu kue kubang boyo. Selain dikenal dengan sebutan kubang boyo, kue ini juga tak jarang dipanggil dengan kue pak ipuk, kue anak buaya, kue buaya berenang, atau kue kubang buaya. Kue ini memiliki tampilan yang mirip dengan buaya sehingga tidak heran manakala terselip nama buaya.

Kue dengan nama unik ini terbuat dari campuran tepung ketan yang sudah diberi pasta pandan.

9. Kue Muso

Kue Muso

Kue khas Jambi selanjutnya yaitu kue muso. Kue muso ini merupakan salah satu jenis kue khas Jambi yang cukup digemari oleh masyarakat. Sekilas bentuk kue Muso ini mirip dengan kue pie. Kue muso ini sebenarnya merupakan kue tradisional dengan bentuk mirip dengan mangkok dengan cokelat padat pada bagian pinggirnya.

Kue muso ini terbuat dari campuran tepung ketan, tepung terigu, coklat dan beberapa jenis bahan lainnya.karena rasanya yang nikmat maka kue muso ini kerap disajikan sebagai takjil saat ramadhan.

10. Rambutan Goreng Khas Jambi

Rambutan Goreng

Setelah kue kini kita beralih pada jenis makanan yang digoreng. Pisang, apel merupakan makanan yang sudah biasa digoreng, namun Jambi memiliki cara cukup unik dalam mengolah makanan goreng. Dimana buah rambutan digunakan sebagai buah yang digoreng.

Rambutan goreng merupakan olahan buah rambutan yang menjadi camilan khas dari Jambi. Cara membuat rambutan goreng, dilakukan serangkaian proses yang hampir sama dengan pembuatan nanas goreng. Tentu saja, yang digoreng adalah bagian dagingnya saja.

Daging rambutan yang akan digoreng harus dibiarkan terlebih dahulu beberapa saat hingga benar-benar kering sehingga memberikan hasil bagus ketika digoreng.

Bagaimana sudah siap menggoyang lidah dengan 10 makanan khas Jambi? Jika sudah maka langsung saja berburu sajian kuliner nusantara khas Jambi. Selamat menikmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *