makanan khas turki
Kuliner

Makanan Khas Turki

Turki merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kuliner bercita rasa istimewa. Banyaknya jenis kuliner di kota ini maka tidak heran manakala Turki mendapatkan julukan sebagai kota Kuliner di Dunia. Makanan khas Turki sangat beragam jenisnya. Makanan khas Negara Turki hampir cocok dilidah semua orang. Dengan demikian maka tidak mengherankan manakala banyak penduduk Eropa yang jatuh cinta dengan kuliner khas Negara Kebab ini.

Makanan khas Turki kebanyakan didominasi dengan jenis bahan baku yang berasal dari daging kemudian ditambahkan dengan sayuran yang melimpah ruah. Bumbu yang terkandung di dalamnya menggunakan rempah dengan jumlah cukup banyak sehingga hampir sama dengan kuliner khas Indonesia serta India. Dari sekian banyak jenis makanan khas Turki berikut 10 jenis makanan khas Turki yang paling terkenal dan wajib untuk anda cicipi.

10 Makanan Khas Turki

1. Menemen

Menemen

Menemen sangat pas disajikan ketika pagi hari. Menghirup udara Turki di waktu pagi hari ditemani dengan menemen merupakan perpaduan yang sempurna. Menemen merupakan makanan khas Turki yang digunakan sebagai menu sarapan oleh warga sekitar. Menemen ini kaya akan karbohidrat serta protein.

Menu sarapan penduduk Turki ternyata hampir sama dengan menu sarapan penduduk Amerika dimana terdapat daging, roti serta telur dalam satu sajian. Yang membedakan di Turki ini bahannya ditambah dengan bumbu rempah yang melimpah ruah.

2. Roti Pide

Roti Pide

Roti Pide ini memiliki bentuk yang cukup mirip dengan pizza khas Italia. Kesamaan terlihat pada pada paparan rotinya dimana menggunakan bentuk lebar dengan permukaan yang memiliki topping seperti sosis, daging sapi, telur serta beberapa jenis toping lainnya.

3. Lamhacun

Lahmacun

Lahmacun merupakan kuliner khas Turki yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Tampilan makanan satu ini mirip dengan pizza sehingga tidak jarang manakala banyak penduduk yang menyebutnya dengan sebutan pizza Turki. Daging yang digunakan untuk membuat Lahmacun ini yaitu daging domba atau daging sapi yang sudah dicincang.

Lihat juga: Makanan khas jambi

Untuk penyajiannya, makanan satu ini mirip dengan kebab. Pada bagian permukaannya diberikan beragam jenis macam sayur seperti irisan tomat, bawang serta daun paterseli kemudian rotinya digulung.

4. Hummus

Hummus

Di Indonesia Hummus berarti sebuah tanah yang subur dengan karena terdapat daun lapuk serta batang pohon di hujan tropis. Berbeda dengan di Turki dimana humus merupakan makanan yang berasal dari Levant dengan tampilan yang sangat unik. Jika dilihat secara sekilas makanan satu ini mirip dengan bubur, saus cocol, mayones atau selai.

Hummus merupakan makanan khas negara Turki yang berasal dari negeri Syam dengan tampilan mirip dengan daging kacang Arab yang digiling serta dicampur dengan tahini. Minyak zaitun, air jeruk limau, bawang putih serta garam.

5. Baklava

Baklava

Turki bukan hanya menghadirkan kuliner berat saja, melainkan juga memiliki kuliner dengan bentuk camilan yang kerap dinikmati penduduk untuk menemani perjalanan, mendengarkan musik. Belajar atau melihat indahnya sunset. Kuliner ini bernama baklava. Baklava merupakan makanan ringan yang cukup terkenal di Turki.

Baklava ini merupakan jenis makanan lama karena pernah ditemukan di dalam buku resep abad ke-14. Di dalam buku resep tersebut baklava disebut dengan gullach. Baklava merupakan camilan sederhana yang terbuat dari dua bahan utama yaitu roti serta kacang sebagai isiannya. Kacang yang digunakan yaitu jenis kacang walbnut atau pistache yang sudah ditumbuk serta disiram gula atau adu sebagai pemanis setelah itu dibungkus dengan menggunakan roti tipis.

6. Kofte

Kofte

Makanan khas Turki satu ini banyak ditemukan di beragam negara. Kofte merujuk pada jenis makanan yang terbuat dari daging (campuran antara daging sapi dengan daging kambing) yang sudah digiling atau dicincang kemudian diolah kembali hingga berbentuk seperti sate buntel khas Jogja, hamburger party atau bola. Kofte biasanya disajikan dengan saus dip yang merupakan saus khas Turki juga.

Lihat juga: Makanan khas gorontalo

Bagi kita semua yang tinggal di Indonesia tetap bisa menikmati makanan satu ini. Di Indonesia banyak restoran yang menyajikan menu masakan khas negara Turki, kita bisa berkunjung dan menikmati kofte tanpa perlu terbang ke Turki.

7. Meze

Meze

Sudah bukan rahasia lagi jika Turki menghadirkan banyak pilihan hidangan pembuka yang lezat, salah satunya meze. Meze adalah hidangan pembuka atau hidangan dengan porsi lebih sedikit dengan penyajiannya biasanya dengan menggunakan secangkir minuman. Meze ini sendiri memiliki banyak jenis dengan jumlah yang bahkan mencapai angka ratusan.

Dolma merupakan salah satu jenis meze yang cukup terkenal. Muze kerap disajikan dalam beberapa kelompok rasa diantaranya rasa manis, asam, gurih hingga pedas. Bahan utama meze adalah daging sapi, kambing, ayam, ikan, sayur m buah serta kacang-kacang.

8. Pilav

Pilav

Pilav merupakan jenis makanan berat yang biasanya disajikan dengan beragam jenis camilan. Memang benar jika pilav ini merupakan makanan yang terbuat dai nasi yang sudah dicampur dengan minyak zaitun serta kacang kuda. Akan tetapi karena banyak yang menjual dengan menggunakan gerobak kaki lima maka makanan khas Turki satu ini kerap menjadi santapan pengganjal perut saja.

Lihat juga: Makanan khas balikpapan

Pilav digolongkan dalam makanan kelas bawah, dengan demikian maka harga jual pilav ini sangat murah tidak sampai 3 lira.

9. Iskender Kebab

Iskender Kebab

Siapa yang tidak suka dengan kebab? Hampir semua orang tentu menyukai makanan satu ini. Di Turki sendiri kebab terdiri dari beragam jenis, salah satunya kebab Iskander. Kebab Iskander ini merupakan kebab dengan isian daging doner. Doner merupakan daging potong yang sudah ditumbuk dan diberi bumbu rempah dengan campuran lemak. Doner ini biasanya disajikan dalam roti pide.

Selain doner, iskander kabab juga memiliki isian lain yaitu daun sayur, mentega dan saus tomat . penyajiannya biasanya dengan roti terbuka yang diletakkan di ata sepiring. Iskander kebab ini berbeda dengan kebab yang dijual di Indonesia yang mana menggunakan roti untuk membungkus atau menggulung isian.

10. Durum

Durum

Seperti pada pembahasan nomor 9 jika kebab Turki ini banyak sekali jenisnya. Jenis kebab berikutnya ini adalah kebab Durum. Ternyata Durum bukan hanya terkenal di Turki saja melainkan juga terkenal di Jerman. Cukup banyak penduduk Jerman yang mengonsumsi makanan satu ini karena memiliki kandungan sayur dalam jumlah yang banyak.

Selain sayur ternyata Durum juga menyematkan doner di dalamnya. Doner atau daging giling juga disertakan ke dalam roti pide atau roti gandum bersama aneka macam sayuran seperti selada salah satunya.

Bagaimana sudah siap mencicipi sajian khas Turki? Nah 10 makanan khas Turki ini bisa masuk dalam daftar kuliner anda. Selamat menikmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *