Makanan Khas Kalimantan Tengah
Kuliner

Makanan Khas Kalimantan Tengah

Berlibur dengan mengunjungi suatu daerah di wilayah indonesia sangatlah menyenangkan. Jenis kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi para pelakunya. Dampak positif atau baik yang akan diperoleh yakni munculnya rasa senang dalam hati. Seseorang yang mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata sebuah daerah akan merasa lebih segar.

Segala macam rasa penat yang menggelayuti diri akan hilang dalam sekejap. Hilangnya rasa penat tersebut membuat lebih siap untuk menyelesaikan berbagai macam tugas yang menantikan. Selain untuk berwisata, ternyata berlibur juga bisa diisi dengan kegiatan berburu kuliner. Salah satu kuliner yang bisa dipilih adalah masakan khas kalimantan tengah. Masakan asli dari kalimantan tengah ini terkenal dengan rasanya yang lezat.

Kalimantan Tengah merupakan sebuah nama daerah yang ada di Pulau Kalimantan. Sesuai dengan namanya, Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki daerah di tengah Pulau Kalimantan. daerah Kalimantan Tengah ini memiliki banyak tempat wisata. baik itu yang berwujud alam atau jenis obyek wisata lainnya. oleh sebab itulah, maka Provinsi Kalimantan Tengah selalu ramai oleh para wisatawan.

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah

Pengelolaan yang bagus terhadap potensi alam Kalimantan Tengah ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lahirnya berbagai obyek wisata membuat Kalimantan Tengah selalu diserbu oleh para wisatawan. Oleh sebab itulah, maka Provinsi Kalimantan Tengah selalu ramai dengan para pelancong.

Selain terkenal karena memiliki banyak obyek wisata, ternyata Kalimantan Tengah juga memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik lain yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah ini adalah masakan kulinernya. Olahan masakan asli Kalimantan Tengah tengah terkenal dengan rasanya yang nikmat. Maka dari itulah banyak orang yang menyukainya.

Masakan asli Kalimantan Tengah memang menjadi makanan khas yang banyak dicari para wisatawan. Banyaknya masakan asli dari daerah ini membuat wisatawan merasa bingung untuk memilih jenis kuliner yang enak. Berikut ini terdapat penjelasan tentang berbagai macam masakan khas Kalimantan Tengah yang terkenal lezat.

10 Makanan Khas Kalimantan Tengah

1. Lemang

Lemang

Kuliner dari Provinsi Kalimantan Tengah yang pertama adalah lemang. Pada dasarnya, lemang merupakan sebuah makanan yang sangat terkenal di wilayah Kalimantan Tengah. Jenis kuliner yang satu ini terbuat dari bahan dasarnya berupa beras ketan. Adapun bentuk dari lemang mirip dengan lontong atau ketupat. Proses pembuatan kuliner lezat ini tergolong unik. Masakan lemang dibuat pada seruas bambu. Pembuatan dengan bahan alami ini menjadikan lemang begitu nikmat. Sebuah hidangan lemang biasanya akan disajikan dengan lauk asin. Akan tetapi ada juga yang menikmatinya tanpa lauk apapun.

2. Ikan bakar

Ikan bakar

Kalimantan tengah memang dikenal sebagai daerah yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis ikan berukuran besar. Ikan – ikan itu ada di berbagai sungai daerah kalimantan tengah. Oleh sebab itulah, maka di daerah ini terdapat kuliner olahan ikan bakar. Kuliner ikan bakar dari kalimantan tengah ini terkenal nikmat. Maka akan menjadi kerugian tersendiri jika mengunjungi kalimantan tengah tanpa mencicipi kuliner ikan bakarnya. Bagi para wisatawan yang tertarik dengan kuliner ikan bakar, maka dapat mengunjungi kota palangkaraya. Di kota ini para pengunjung dapat menikmati lezatnya ikan bakar khas kalimantan tengah.

Klik lihat: Makanan khas Kediri

3. Kalumpe

Kalumpe

Kalumpe termasuk dalam daftar masakan khas Kalimantan Tengah yang memiliki rasa lezat. Jenis kuliner nikmat tergulung sebagai makanan yang telah familiar bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Tampilan dari sayur kalumpe ini hampir mirip dengan sayur daun singkong dari daerah Jawa. Akan tetapi, diantara sayur kalumpe dan daun singkong dari tanah Jawa terdapat perbedaan. Untuk sayur kalumpe daun singkong ditumbuk terlebih dahulu. Sayur kalumpe dibuat dengan kuah yang kental. Alhasil rasa dari sayur ini sangatlah nikmat.

4. Terong Mapui

Terong Mapui

Masakan khas kalimantan tengah yang lain adalah terong mapui. Terong mapui merupakan sebuah masakan yang terbuat dari bahan utama berupa terong. Proses pembuat kuliner ini cukup sederhana. Pertama – tama terong di bakar terlebih dahulu. Setelah itu di olesi dengan bumbu berbahan terasi. Cabai rawit, serai dan garam. Jenis makanan ini bisanya dihidangkan dengan nasi hangat dan lauk ikan.

5. Ikan Jelawat Bakar

Ikan Jelawat Bakar

Kalimantan tengah merupakan sebuah daerah yang dikenal memiliki banyak ikan. Oleh sebab itulah, maka salah satu masakannya berupa ikan. Jenis kuliner ikan yang perlu dicoba ketika berkunjung ke kalimantan tengah adalah olahan ikan jelawat bakar. Pada dasarnya, bahan kuliner ini terbuat dari ikan dengan ukuran yang cukup panjang yakni 25 centimeter. Jenis olahan daging ikan berukuran besar ini diolah sedemikian rupa menjadi sebuah kuliner yang memiliki citarasa lezat. Maka dari itulah banyak orang yang mencari hidangan istimewa ini saat berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Klik lihat: Makanan khas Lombok

6. Juhu Kujang

Juhu Kujang

Kuliner juhu kujang adalah sebuah hidangan makanan yang berbahan dasar keladi. Keladi merupakan tanaman yang tumbuh liar di alam. Jenis tanaman ini memiliki daun lebar dan terdapat umbi. Ternyata, jenis tumbuhan ini dapat digunakan untuk membuat satur keladi yang diberi nama juhu kujang. Masakan ini memiliki terasa lezat di lidah. Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika para wisatawan menyukai sayur gulai keladi yang nikmat tersebut.

7. Keripik Kelakai

Keripik Kelakai

Keripik kelalakai termasuk dalam jajaran masakan kuliner yang enak dari kalimantan tengah. Masakan ini terbuat dari bahan utama berupa kelakai. Pada dasarnya, kelakai adalah nama sebuah tanaman yang dapat dengan mudah dijumpai di daerah hutan. Tanaman ini biasanya digunakan untuk pengobatan secara tradisional. Selain untuk pengobatan, ternyata tanaman kelakai juga bisa dibuat sebuah camilan yang lezat. Camilan lezat tersebut adalah keripik kelakai, camilan keripik kelakai berasal dari daun yang masih muda kemudian dibaluri dengan tepung dan digoreng.

8. Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan

Masakan juhut umbut ternyata juga mampu menarik minat para wisatawan. Kuliner yang terbuat dari rotan muda ini sudah terkenal sebagai makanan lezat. Proses pembuatan juhut umbut rotan pun sangat mudah. Langkah pertama duri yang ada pada rotan muda dihilangkan. Setelah itu, rotan muda diiris kecil – kecil lalu diberi bumbu dan di tambah santan. Hidangan juhu umbut rotan sering disajikan dengan ikan bakar atau patin.

9. Hintalu Karuang

Hintalu Karuang

Hintalu karuang atau biasa disebut dengan telur kelelawar merupakan kuliner asli Kalimantan Tengah. Walaupun memiliki nama telur kelelawar, akan tetapi masakan ini tidak berbahan telur atau pun daging. Kuliner yang satu ini terbuat dari campuran santan dan gula merah. Biasanya, hintau karuang akan disajikan untuk takjil buka puasa. Hal ini dilakukan lantaran kuliner tersebut memiliki rasa manis.

10. Kue Gagatas

Masakan khas kalimantan tengah selanjutnya yaitu kue gagatas. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar beras ketan. Kue gagatas ini banyak dijual diberbagai pasar tradisional daerah kalimantan tengah. Masakan yang satu ini juga tergolong sebagai jajanan tradisional dengan harga bersahabat. Jadi, bagi anda yang ingin menjadikan kue ini sebagai oleh – oleh tidak perlu khawatir akan menguras kantong.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *