Makanan Khas Kediri
Kuliner

Kuliner Makanan Khas Kediri

Kediri merupakan sebuah Kota di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat bersejarah peninggalan kerajaan. Selain tempat bersejarah juga banyak sekali tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di kota ini salah satu wisata alam yang terkenal adalah Gunung Kelud yaitu salah satu Gunung Api di Indonesia yang masih aktif dan sempat meletus beberapa waktu lalu. Tak hanya terkenal akan tempat menarik yang dapat dikunjungi, Kediri juga mempunyai banyak sekali kuliner tradisional yang mampu membuat Anda jatuh hati pada kota ini. Untuk itu pada kesempatan ini kita akan mengulas berbagai kuliner khas Kediri mulai dari makanan hingga camilan dan oleh-oleh khas Kediri yang wajib Anda cicipi.

Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan sendiri dan tentunya juga memiliki kuliner yang menjadi khas masing-masing daerah tersebut. Sebagai masyarakat yang mencintai keragaman budaya, ketika berkunjung ke berbagai darah salah satunya Kota Kediri maka wajib bagi Anda untuk mencicipi kuliner yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Pada artikel ini akan diulas mengenai 10 makanan khas Kediri terfavorit yang perlu Anda coba sebagai berikut.

10 Makanan Khas Kediri yang Lezat

1. Nasi Goreng Arang Kediri

Nasi Goreng Arang Kediri

Nasi goreng arang merupakan makanan terfavorit di Kediri yang harus wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota ini. Keistimewaan dari masakan ini adalah dimasak di atas tungku yang memanfaatkan arang selain itu bumbu yang digunakan merupakan rempah-rempah yang diracik tanpa memanfaatkan penyedap sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari nasi goreng pada umumnya.

Anda dapat menemukan penjual nasi goreng arang di berbagai sudut jalan yang ada di Kota Kediri dengan mudah, biasanya mereka berjualan menggunakan rombong namun disediakan meja untuk pelanggan makan di tempat.

2. Mie Goreng Arang Kediri

Mie Goreng Arang Kediri

Sama seperti nasi goreng Kediri, hanya saja Anda yang menyukai kuliner mie dapat mencoba mie goreng Kediri yang memiliki cita rasa teristimewa. Bagi Anda pecinta makanan kuah bisa meminta penjual untuk membuatkan mie goreng kuah atau mie “nyemek” yaitu mie goreng sedikit basah yang banyak diminati orang.

Keistimewaan lain yang diberikan oleh kuliner yang satu ini bisa dirasakan oleh pecinta pedas karena penjual dapat menambahkan sambal yang telah dibuat sebelumnya untuk dicampur ke mie goreng khusus Anda yang menginginkan mie goreng pedas.

3. Nasi Pecel Tumpang

Nasi Pecel Tumpang

Bagi Anda penduduk Pulau Jawa Timur tentunya tidak akan asing dengan kuliner nasi pecel yang bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Namun untuk nasi pecel khas Kediri memiliki keunikan tersendiri karena hidangan nasi pecel Anda disiram dengan sambal tumpang dan disajikan di atas daun pisang yang telah dipincuk. Sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe busuk yang dimasak bersama racikan bumbu dengan bahan bawang putih, bawang merah, cabai serta bahan pelengkap lain. Kombinasi antara sambal pecel dan sambal tumpang memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat kuliner.

4. Sate Bekicot

Sate Bekicot

Sate bekicot merupakan makanan khas Kediri yang unik, sangat lezat dan bisa Anda temukan di beberapa sudut Kota Kediri. Rasa sate bekicot yang gurih ditambah dengan campuran bumbu yang manis menghasilkan paduan rasa yang luar biasa sehingga pecinta kuliner akan ketagihan ketika menyantapnya. Selain diolah menjadi sate, di Kediri bekicot juga diolah menjadi oseng-oseng, krengsengan dan juga keripik yang biasa dimanfaatkan wisatawan sebagai oleh-oleh.

5. Tahu Takwa atau Tahu Kuning

Tahu Takwa

Tahu takwa atau tahu kuning merupakan salah satu oleh-oleh yang menjadi ikon dari Kota Kediri dan tentunya wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kediri. Tahu takwa sama seperti tahu pada umumnya hanya saja tahu ini berbentuk persegi dan berwarna kuning, Anda dapat menikmati langsung tahu tersebut setelah dikukus atau Anda juga bisa menikmatinya dengan cara menggorengnya. Tahu kuning yang gurih dapat Anda nikmati bersama cabai sebagai camilan ketika sedang bersantai.

6. Getuk Pisang

Getuk Pisang

Selain tahu kuning, getuk pisang juga menjadi oleh-oleh khas Kediri dan biasanya dijual berdampingan dengan tahu kuning. Getuk pisang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari pisang dan dibungkus dengan daun pisang sehingga memiliki aroma khas.

Klik lihat: Makanan khas Korea Selatan

Cara pembuatannya pertama pisang dihaluskan hingga membentuk seperti adonan lalu ditambahkan gula dan sedikit vanili kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya gulung adonan tersebut menggunakan daun pisang untuk membungkusnya dan sematkan dengan lidi kecil agar bungkus tidak terlepas, kemudian kukus hingga adonan memadat dan aroma wangi daun pisang tercium.

7. Soto Kediri

Soto Kediri

Soto Kediri merupakan makanan khas Kediri yang harus Anda coba setelah nasi goreng arang dan nasi pecel tumpang. Berbeda dengan soto lain, soto yang satu ini memiliki rasa gurih dari santan yang telah dicampur saat proses memasak soto. Soto Kediri juga disajikan dengan campuran toge, mi, kubis serta suwiran ayam yang mampu membuat lidah Anda bergoyang merasakan kenikmatannya.

Klik lihat: Makanan khas Lombok

Makanan ini dapat Anda temukan di sepanjang pinggir jalan Kediri karena akan terdapat banyak warung yang menjual soto khas Kediri, biasanya ada juga warung yang menjual soto Kediri dalam mangkok mini yang akan membuat pengunjung ketagihan dan menambah porsi.

8. Stik Tahu

Stik Tahu

Stik tahu merupakan camilan lezat khas Kediri yang cocok Anda gunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau tetangga di rumah. Selain memiliki rasa gurih, crispy dan lembut di mulut stik tahu juga kaya akan protein sehingga menyehatkan bagi tubuh. Anda dapat menemukan stik tahu dengan mudah di pasar, alun-alun Kediri atau berbagai tempat oleh-oleh khas Kediri.

9. Tahu Pong

Tahu Pong

Selain tahu kuning, Kota Kediri juga memiliki tahu pong yang bisa Anda bawakan sebagai oleh-oleh khas Kediri. Berbeda dengan tahu kuning yang bentuknya padat luar dalam, bagian tengah tahu pong akan menjadi kosong atau hanya mengembang ketika digoreng. Anda bisa menikmati sajian tahu pong dengan cabai dan juga petis yang telah disediakan oleh penjual. Rasa gurih dan kelezatan tahu pong dapat Anda nikmati di sepanjang perjalanan berkeliling Kota Kediri.

10. Cokelat Tahu

Cokelat Tahu

Coktau atau cokelat tahu merupakan kuliner dengan inovasi terbaru di Kota Kediri dimana berbeda dari olahan coklat yang lain terdapat campuran tahu pada coktau ini. Tidak akan bisa terbayangkan sebelumnya bagi Anda yang belum mencicipi coktau, ternyata kombinasi dari cokelat tahu mampu memberikan kelezatan rasa yang istimewa. Ketika menggigit coktau ini Ada diberikan rasa gurih, manis, crispy serta renyah yang bercampur jadi satu paduan rasa.

Semoga 10 makanan khas Kediri yang telah diulas dapat pembaca jadikan referensi kuliner ketika berkunjung ke kota penuh sejarah ini. Jangan lupa membeli oleh-oleh yang dapat dengan mudah Anda temukan di sudut Kota Kediri sebagai buah tangan untuk keluarga dan sahabat tercinta Anda.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *