makanan khas lombok
Kuliner

Makanan Khas Lombok

Sudah bukan menjadi rahasia lagi manakala negara Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang menakjubkan dari ujung timur hingga ujung barat. Dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia, Lombok merupakan salah satu pulau yang selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur. Keindahan alam serta budaya Pulau Lombok memang sudah tidak perlu diragukan lagi, sehingga tidak heran manakala banyak wisatawan yang tertarik untuk datang. Akan tetapi perlu Anda ketahui, jika ternyata Lombok juga menyimpan makanan khas yang yang cukup lezat.

Makanan khas Lombok ini terkenal di seluruh penjuru tanah air, masakan yang memiliki cita rasa pedas serta bumbu rempah yang secara khusus diracik sehingga menciptakan cita rasa yang unik. Nah untuk itu jika kamu semua memiliki rencana untuk berkunjung ke Pulau Lombok maka beberapa daftar makanan khas Lombok wajib untuk kamu cicipi.

10 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicicipi

1. Beberuk Terong

Beberuk Terong

Terong kerap dianggap sebagai salah satu jenis sayuran yang remeh untuk sebagian besar orang. Berbeda dengan di Lombok dimana sayur terong menjadi primadona sebagian besar orang. Terong menjadi lalapan khas Lombok yang dapat menjadi pendamping santapan lezat nasi.

Klik lihat: Kuliner yang menyajikan makanan khas malang

Beberuk terong ini dibuat dari terong yang memiliki terkstur renyah serta rasa langu akan tetapi tidak getir atau seperti ketika dimakan. Rasa pedas dari sambal tomatnya tidak begitu menyiksa lidah, selain itu perpaduan rasa manisnya siap memanjakan lidah anda semua.

2. Nasi Balap

Nasi Balap

Nasi Balap merupakan makanan khas Lombok yang saat ini banyak dijual di beberapa kota. Nasi balap ini merupakan sebuah makanan dengan ciri khas pedas. Jika kamu belum pernah mencoba sajian hidangan ini sebagai gambaran, nasi balap ini merupakan hidangan nasi putih dengan suwiran ayam berbumbu peada, kering kentang, kacang kedelai goreng serta telur. Perpaduan rasa pedas dai ayam serta kentang kering gurih akan menciptakan perpaduan yang sempurna.

3. Ayam Rarang

Ayam Rarang

Ayam Rarang adalah salah satu ikon kuliner khas Lombok yang wajib untuk dicicipi. Ayam rarang ini menggunakan jenis ayam kampung yang sebelumnya sudah dimasak serta digoreng terlebih dahulu. Ayam rarang juga tidak ketinggalan dalam menggabung cita rasa khas Lombok yaitu dengan menggunakan bumbu pedas. Selain itu baluran sambal dengan paduan cabai rawit akan membuat makanan satu ni sekilas nampak sangat beda. Namun jika dicoba ternyata ayam rarang ini tidak sepedas tampilannya.

4. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Setelah ayam rarang maka muncullah ayam taliwang. Jenis kuliner satu ini cukup terkenal bahkan hampir diseluruh penjuru tanah air. Ayam taliwang ternyata memiliki beragam jenis diantaranya ayam taliwang pedas manis, sambel lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam serta goreng biasa. Ayam taliwang biasanya disajikan dengan nasi serta plecing kangkung.

5. Sayur Ares

Sayur Ares

Jenis makanan khas Lombok selanjutnya yaitu sayur ares. Makanan khas pulau Nusa Tenggara Barat (NTB) ini mampu memikat hati siapa saja yang menikmatinya. Sayur ares ini merujuk pada pelepah pisang atau dalam bahasa lain gedebok yang masih muda. Ares kemudian dipilih serta diolah bersamaan dengan kuah yang terbuat dari santan.

Sayur ares ini merupakan jenis sayur dengan cita rasa yang gurih. Perpaduan bumbu rempah dari hasil penggunaan santan menghasilkan rasa seperti kari. Keberadaan ketumbar, bawang merah, awang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas serta jinten akan menghasilkan perpaduan rasa yang sempurna. Untuk manambahkan sajian lebih nikmat maka biasanya masyarakat Lombok menambahkan daging ke dalam masakan.

6. Bebalung

Bebalung

Daftar makanan khas Lombok selanjutnya yaitu Bebalung. Bebalung dikenal oleh masyarakat Lombok sebagai makanan yang bisa meningkatkan tenaga serta vitalitas. Nama bebelung dalam bahasa Sasak memiliki arti tenaga. Makanan khas NTB ini jika dilihat tampilannya seperti gulai atau soto daging . bebalung biasanya menggunakan bahan dasar iga sapi sehingga kerap disebut dengan bebalung sapi.

Klik lihat: Makanan khas Magelang

Bukan hanya menggunakan daging sapi saja, melainkan bebalung juga ada yang menggunakan iga kerbau yang sudah diracik dengan bumbu halus seperti cabai rawit. Lengkuas, jahe, bawang merah serta tidak ketinggalan bawang putih. Masyarakat Sasak menyebut jenis bumbu tersebut seperti ragi ranjang. Ketika bumbu sudah menyatu dengan tulang iga maka bebalung sudah siap untuk disantap. Untuk mendapatkan kenikmatan maka sebaiknya anda mengonsumsinya selagi masih hangat.

7. Bantal

Bantal

Bantal selama ini kita kenal sebagai salah satu benda empuk untuk tidur namun berbeda ketika di Lombok dimana bantal merupakan jajanan yang biasanya digunakan untuk berbuka puasa. Jajanan tradisional ini disebut dengan bantal dikarenakan bentuknya mirip dengan bantal tidur.

Warga Lombok banyak yang membuat kue bantal ini ketika berbuka puasa serta digunakan juga sebagai camilan ketika sedang tadarus Al-Quran. Kue bantal merupakan kue yang terbuat dari ketan dengan tambahan pisang serta kemudian dibungkus dan akhirnya dimasak ke dalam panci yang sudah terisi air panas.

8. Sate Rembiga

Sate Rembiga

Sate rembiga merupakan salah satu jenis kuliner yang mengenalkan kepada semua orang jika Mataram merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan peternakan sapinya yang banyak. Sate rembiga menggunakan daging sapi yang mana daging sapi ini sebelum ditusuk serta dipanggang harus terlebih dahulu ditumbuk agar menjadi empuk.

Klik lihat: Makanan khas Makassar

Jika sudah empuk maka akhirnya daging direndam dalam bumbu khusus kurang lebih selama dua jam hingga akhirnya dibakar. Sate rembiga ini siap disantap dengan bulayak agar lebih nikmat.

9. Sate Ikan Tanjung

Sate Ikan Tanjung

Di kabupaten Lombok Utara terdapat sebuah kecamatan serta ibu kota kabupaten Lombok Utara bernama Tanjung. Tanjung ini merupakan daerah dengan makanan khas berupa ikan yang selalu ramai oleh pemburu kuliner dari penjuru daerah. Sate Tanjung sudah ada sejak tahun 1977 lalu. Ibu Salimah merupakan sosok yang menggagas sate Tanjung pertama kalinya dengan menjajakan dagangan satenya di jalan utama Tanjung, Lombok Utara.

Dari waktu ke waktu sate Tanjung buatan ibu Salimah ini terkenal hingga akhirnya banyak warga yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati nikmatnya sate Tanjung Ibu Salimah.

10. Kue Keciput

Kue Keciput

Makanan khas Lombok selanjutnya yaitu kue keciput. Kue keciput merupakan salah satu jenis makanan yang cukup digemari masyarakat setempat. Kue keciput ini biasanya disajikan saat lebaran. Jika dilihat tampilan luarnya mirip dengan onde-onde akan tetapi memiliki bentuk yang lebih munggul. Bagian luarnya juga diberi taburan wijen sebagai hiasan.

Kue Keciput berbeda dengan onde-onde, jika onde-onde kebanyakan berisikan kacang hijau sedangkan kue keciput ini tidak memiliki isian alias plis. Keciput dibuat dari bahan dasar beras ketan. Di Lombok terdapat dua jenis keciput yakni keciput biasa dan keciput hitam. Keciput yang hitam dibuat dengan beras ketan hitam, sedangkan yang keciput biasa dari beras ketan putih.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *