Makanan khas Mojokerto
Kuliner

10 Makanan khas Mojokerto Paling Nagihi

Makanan khas Mojokerto – Mojokerto ialah nama salah satunya kabupaten populer di propinsi Jawa Timur yang terletak ada di samping barat daya kota Surabaya serta termasuk juga untuk wilayah penyangga penting di Jawa timur.

Walau kota kecil tetapi Mojokerto termasuk juga salah satunya daerah yang alami perubahan cukup cepat dibandingkan wilayah yang lain di Jawa Timur.

Tidak hanya diketahui akan tempat wisatanya, Mojokerto banyak juga diserang oleh golongan pelancong yang ingin memburu makanan dan minuman lezat ciri khas dari wilayah itu.

Baca dulu : 30 Makanan Khas Jawa Timur

10 Makanan khas Mojokerto

Nah, ingin tahu apapun daftar makanan ciri khas Mojokerto yang menggugah hasrat serta harus buat dicoba waktu bertandang ke kota kecil itu? Berikut penjelasannya.

1. Sate Keong

Buat beberapa warga Indonesia, dengar nama kuliner ciri khas Mojokerto pertama ini kemungkinan benar-benar aneh ya, sebab yang kita ketahui bahan penting sate umumnya ialah daging sapi atau ayam.

Tetapi tidak sama dengan Mojokerto, di wilayah itu bahan penting satenya dibuat dari keong, salah satunya tipe hewan bercangkang yang hidup di persawahan.

Menurut resep, langkah memasak kuliner ini benar-benar gampang dimana rebus keong terlebih dulu lantas mengeluarkan dari cangkang selanjutnya olesi bumbu spesial serta setelah itu ditusuk kemudian bakar di atas bara api.

Satu tempat paling terkenal akan kuliner itu ialah Sate Keong SMK Brawijaya di Jln. Benteng Pancasila No. 242, Balongsari, Mojokerto. Di sini harga satenya dibandrol dari mulai Rp. 10. 000-Rp. 20. 000/bagian.

2. Sambal Wader

Tidak hanya sate keong, sajian ke-2 ini adalah salah satunya makanan ciri khas Pacet Mojokerto yang rasa-rasanya tidak kalah nikmat sebab bahan dasarnya sendiri dibuat dari tipe ikan air tawar.

Untuk bikin kuliner ini cukup gampang, pertama membersihkan ikan wader lantas campur bawang serta cabai selanjutnya goreng sampai masak, kemudian haluskan serta setelah itu sediakan bersama-sama nasi.

Jika ingin menikmatinya, ada satu tempat paling pas yakni warung Wader Bu Tin di jln. Pendopo Agung, Kec. Trowulan. Di warung legendaris ini, sambal wader komplet dengan nasi cuma dibandrol seputar Rp. 15. 000/porsinya.

Baca juga : 10 makanan khas malang

3. Kerupuk Upil

Makanan lain sebagai keunikan kota Mojokerto ialah Kerupuk Upil, salah satunya jajanan mudah paling cocok buat temani makan siang.

Walau namanya terdengar aneh tetapi penganan ini sebetulnya tidak dibuat dari upil tetapi tepung serta kerupuk itu cukup unik sebab digoreng tidak memakai minyak tetapi pasir.

Kerupuk ini hampir diketemukan di tiap beberapa toko di seputar Mojokerto serta umumnya harga cuma sekitar Rp. 5. 000/bungkusnya.

4. Kerupuk Rambak

Tidak hanya jadi camilan, jajanan tradisionil ini pantas buat jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau rekanan. Disaksikan dari gambar, bentuk kudapan itu tidak jauh lain dengan kerupuk upil.

Kerupuk rambak salah satu tipe jajanan tradisionil memiliki bahan dasarnya kulit sapi, ikan, udang atau ketela pohon yang telah dikeringkan terlebih dulu.

Penganan satu ini terbanyak diketemukan di desa Doas, kec. Trowulan. Masalah harga, kita perlu mengambil kantong seputar Rp. 40. 000-Rp. 50. 000 untuk perkilonya.

Baca juga : Makanan Khas Madiun

5. Onde-Onde

Onde-onde salah satu tipe makanan yang kemungkinan masih kurang spesial buat Teman dekat JejakPiknik sebab bisa diketemukan di kota mana saja, lebih di wilayah Jawa.

Tetapi, onde-onde ciri khas Mojokerto ini dapat disebut tidak sama serta tentu saja lebih lezat. Menurut resep, kudapan memiliki bahan dasarnya tepung terigu yang dibuat seperti bola-bola serta diberi wijen itu paling cocok di nikmati saat dalam kondisi hangat.

Kudapan itu banyak dipasarkan di pasar tradisionil serta toko oleh-oleh, diantaranya ialah Onde-onde Bo Liem di Jln. Empu Nala No. 43. Di sini, harga penganan ini cuma dibandrol seputar 40 ribu saja perkotak dengan isi 10 biji.

6. Kerupuk Memble

idak cuma memiliki nama yang unik, proses pengerjaan kerupuk memble ini cukup aneh sebab memerlukan dua wajan sekaligus juga untuk menggoreng.

Tidak hanya bagus menjadi camilan, penganan satu ini mantap buat jadikan oleh-oleh untuk sinyal Teman dekat JejakPiknik menginjakkan kaki di Mojokerto.

Kerupuk ini banyak didapati di pasar tradisionil dan toko oleh-oleh. Tentang harga ditanggung tidak membuat kantong kita makin tipis.

7. Gulai Menthok

Gulai Menthok salah satu makanan ciri khas Ngoro Mojokerto yang paling harus buat dicicip, ini dikarenak kuliner itu termasuk hidangan favorite warga seputar.

Kuliner ini bahan dasarnya dibuat dari daging menthok atau itik yang selanjutnya diproses dengan bermacam jenis bumbu rempah ciri khas Mojokerto.

Buat yang ingin mencicipinya, ada satu tempat makan legendaris paling recommended buat dituju yakni lesehan Paulina di Jln. Residen Pamuji No. 99.

Warung itu membuka mulai jam 5 sore sampai 3 pagi hari serta untuk satu bagian gulai menthoknya cuma sekitar Rp. 10. 000 saja. Murah kan?

8. Botok Tempe

Botok tempe ini bahan dasarnya dibuat dari sarinya ampas kelapa yang selanjutnya dibumbui lantas digabung tahu, udang, teri dan tempe. Kuliner itu umumnya diberikan bersama-sama nasi jagung.

Serta satu Botok tempe terpopuler di Mojokerto ialah Botoh Mbah Parti di dekat Alun-alun kota persisnya di muka masjid Al-Fatah. Warung itu membuka mulai jam 18. 00-23. 00. Masalah harga, satu porsinya cuma dikenakan seputar Rp. 5. 000 saja.

9. Sate Bangil

Sate Bangil salah satu kuliner memiliki bahan fundamen daging atau dalaman kambing yang umumnya diberikan bersama-sama bumbu kacang, potongan bawang merah serta sambal.

Nah, buat yang ingin tahu akan rasa-rasanya, Warung Bang Soleh di Jln. Majapahit No. 248 ialah tempat paling baik. Warung itu membuka mulai jam 09. 00-22. 00 serta harga cuma seputar 25 ribu saja telah komplet dengan nasi.

10. Bubur Srunthu

Nah, kuliner paling akhir ini bahan intinya dibuat dari tepung sagu yang diproses jadi srunthul lantas dikasih santan kental. Sajian itu termasuk juga makanan favorite warga Mojokerto.

Jika ingin menikmatinya, ada satu tempat paling cocok buat dituju yakni Bubur Srunthul Bu Saudah di Jln. Mayjen Sungkono. Tidak hanya rasa-rasanya cukup legit serta enak, harga juga murah cuma 4 ribu saja per porsinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *