16 Makanan Khas Pacitan yang Bisa Kalian Bawa Pulang

  • Whatsapp
Makanan khas Pacitan

Makanan khas Pacitan, Nyaris di tiap wilayah di Indonesia mempunyai makanan ciri khas yang mempunyai cita rasa yang demikian tidak sama. Sama seperti dengan wilayah lain, Pacitan mempunyai makanan ciri khas yang benar-benar sayang untuk ditinggalkan. Buat Anda yang sedang bertandang ke Pacitan janganlah lupa meluangkan waktu sesaat untuk nikmati rasa-rasanya.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

Apapun menu makanan di Pacitan yang terkenal? Buat yang belum mengetahui, berikut akan diberikan beberapa info mengenai makanan ciri khas pacitan yang merayu serta harus untuk Anda coba.

Makanan Ciri khas Pacitan

Soto Pacitan

Dari demikian jumlahnya makanan ciri khas wilayah Pacitan, Soto Pacitan masih jadi menu andalannya. Walau Soto adalah makanan yang telah umum di Indonesia, tetapi tidak ada kelirunya untuk coba menu soto ciri khas Pacitan ini. Tidak sama dengan menu soto biasanya, Soto pacitan ini mempunyai rasa yang demikian lezat serta ciri khas.

Umumnya dalam penyajian soto ini akan dikasih bahan penambahan kacang goreng yang ditaburkan di atas soto. Rasa-rasanya yang gurih membuat soto ini tetap menu jagoan beberapa pelancong yang sedang bertandang ke Pacitan.

Punten

Kuliner ciri khas Pacitan yang perlu dicoba setelah itu Punten. Buat warga ditempat makanan yang satu ini seringkali jadikan untuk cemilan saat perut lapar tetapi malas untuk makan berat. Punten adalah makanan yang dibuat dari beras serta santan yang ditumbuk halus.

Makanan yang satu ini umumnya diberikan berbentuk kotak-kotak seperti penyajian lontong. Namun warna punten lebih putih serta mempunyai rasa gurih. Umumnya warga mengonsumsi punten dengan penambahan pecel ayam serta sayuran. Anda dapat juga memberikan tambahan kerupuk upil supaya lebih enak serta nikmat.

Ikan Goreng Tepung

Buat Anda yang menyukai dengan makanan atau kuliner laut karena itu Anda harus coba menu ciri khas Pacitan yang satu ini. Banyak pelancong yang suka pada makanan ciri khas wilayah pacitan ikan goreng tepung ini. Tidak hanya enak, makanan ini kaya protein yang benar-benar bagus untuk kesehatan badan.

Buat Anda yang sedang berjalan-jalan ke Pacitan, Anda dapat singgah ke warung makan Bu Sri. Warung makan ini adalah tempat makan yang sangat populer di Pacitan. Tidak hanya sediakan Ikan Goreng Tepung, di warung makan ini Anda dapat juga temukan menu ciri khas Pacitan yang lain.

Jadah Bakar

Buat yang datang dari propinsi Jawa Timur serta sekelilingnya, tentu Anda tidak asing dengan menu cemilan yang satu ini. Jadah bakar adalah menu ciri khas Pacitan yang tetap dicari oleh pelancong yang bertandang ke wilayah ini. Umumnya cemilan yang satu ini jadikan untuk oleh-oleh untuk keluarga di dalam rumah.

Buat Anda yang bingung cari oleh-oleh untuk keluarga di dalam rumah, Anda dapat membelikan cemilan Jadah Goreng ini. Tidak hanya sebab rasa-rasanya yang enak serta gurih, harga cemilan ini jug benar-benar dapat dijangkau.

Sale Anggur

Dengar namanya, tentu banyak yang berpikir jika makanan ini ialah buah angger. Walau sebenarnya perlu untuk diketahui jika menu makanan ini adalah makanan sale yang dibuat seperti buah angur dengan beberapa warna cerah. Walau demikian Anda tak perlu cemas sebab makanan yang satu ini ditanggung sehat serta bebas berbahan pengawet.

Tidak hanya mempunyai rasa yang enak, salah satunya fakta kenapa beberapa orang yang cari makanan ini sebab memiliki bentuk yang menarik. Bukan hanya itu harga yang dapat dijangkau membuat orang makin tertarik untuk beli cemilan yang satu ini.

Kupat tahu

Orang memang sejauh ini mengidentikkan kupat tahu bertambah banyak didapat di Kota Magelang, Jawa Tengah. Tetapi di Pacitan, nikmatnys rasa kupat tahu tidak kalah dengan kupat tah Magelang.

Kupat tahu Pacitan, salah satu kuliner yang terbagi dalam tahu goreng, kupat (ketupat), tauge, kol, serta diguyur air bawang putih serta kuah kecap, di atasnya diberi potongan daun seledri serta kacang goreng.

Yang jadikan kupat tahu Pacitan mempunyai cita rasa ciri khas ialah kuah kecap yang kental jadikan tahu kupat mempunyai rasa manis yang mencolok, lantas air bawang putih memberikan tambahan sedikit rasa gurih, lebih mantap dengan imbuhan kerupuk kuning atau rambak.

Yang jadikan kupat tahu Pacitan tidak sama dengan wilayah yang lain ialah tidak cuma terdapat pada nama wilayah dan juga rasa-rasanya, karena ketidaksamaan resep bumbu meskipun memakai bahan penting yang sama. Kupat tahu ini dapat anda peroleh di pasar minulyo atau di sejumlah pasar tradisionil yang lain di Pacitan. Untuk harga juga benar-benar dapat dijangkau, rata-rata Rp 7 ribu sampai 9 ribu rupiah per bagian.

Sego godhong jati

Satu kuliner Pacitan yang penting untuk dicoba sensasinya. Namanya ialah sego godhong jati. Kuliner satu ini, sesuai dengan namanya, ialah nasi yang dibungkus memakai daun jati.

Beberapa dekade yang lalu, makanan semacam itu cuma diketemukan waktu ada hajatan khususnya pernikahan dimana nasi daun jati ini akan ada untuk karena beberapa orang yang memberi. Isi dari sego godhong jati ialah nasi dengan urap dan tumis tempe. Nasi karena godhong jati, masih hangat dibungkus sama daun jati, umumnya sayur yang telah dihangatkan, selanjutnya ada rempeyek.

Yang jad keunikan kuliner satu ini ialah aroma daun jatinya yang ciri khas, hingga benar-benar merayu hasrat. Ditambah lalapnya kecambah kacang tholo, itu sebagai ciri khas.

Di Pacitan, ada banyak tempat yag jual kuliner ini serta dapat didapat untuk menu sarapan. Sebutlah saja warung punya Maryani di Desa Semanten. Tidak hanya di wilayah Semanten, Sego Karena Godhong Jati dapat diketemukan di Kelurahan Sidoharjo serta Desa Menadi Pacitan.

Jenang Pacitan

Jenang satu ini ialah satu diantara banyaknya kuliner ciri khas Pacitan yang menyediakan sensasi rasa yang bikin kangen.

Dengan bentuk kecil tetapi kenyal, manis, serta bertaburkan wijen untuk pelengkap, rasa dari jenang dodol Pacitan ini cukup nikmat saat sentuh dinding – dinding di rongga mulut. Rasa-rasanya juga demikian manis serta wangi, hingga jenang dodol Pacitan ini dapat disebutkan untuk kuliner favorit di Pacitan.

Jenang dodol Pacitan sendiri banyak didapati di sejumlah toko oleh – oleh ciri khas Pacitan pada harga yang beragam. Dengan memiliki bahan baku tepung beras ketan, gula, serta santan, jenang dodol Pacitan bisa jadikan oleh-oleh untuk keluarga yang berada di luar kota

Kolong serta Arak Keling

Kolong ialah semacam cemilan yang datang dari ketela pohon, umumnya masyarakat ditempat memakai singkong atau ketela pohon tipe Pandesi untuk jadikan kolong Klithik.

Sebagai ciri khas dari kolong klithik ialah rasa-rasanya yang renyah, serta sebab macamnya ialah cemilan, karena itu bila cuma makan sebuah saja, ditanggung akan merasakan suka Cemilan ini termasuk ke cemilan yang sehat, sebab bahan bakunya cuma singkong ditambah lagi bumbu garam serta bawang putih.

Buat masyarakat yang meningkatkan kuliner Kolong ini, pasti bahan baku benar-benar gampang didapat, sebab umumnya masyarakat ditempat tetap menanam tanaman harus di Pacitan, yaitu ketela pohon.

Pemasaran kolong klithik ini juga termasuk gampang serta hampir tidak ada permasalahan. Beberapa pedagang itu umumnya memperoleh kolong dari entrepreneur rumahan, lantas kolong klitik yang dibelinya lalu dikemas dalam bungkus plastik serta siap untuk dipasarkan. Untuk di pacitan, kolong klithik hampir dapat diketemukan di semua pasar tradisionil di Pacitan serta tempat oleh – oleh ciri khas Pacitan.

Tidak hanya kolong, olahan ketela yang terdapat banyak di Pacitan serta jadikan jajanan ialah arak keling. Arak keling ialah jajanan ciri khas Pacitan dengan bentuk seperti angka 8 dangan kombinasi gula untuk meningkatkan rasa manis. Nah, umumnya arak keling ini banyak dikonsumsi waktu terdapatnya pesta hajatan di Pacitan.

Sayur Kalakan serta Nasi Thiwul

Bila di wilayah pantura Jawa Tengah kita kenal sayur Mangut Ndas Manyung, karena itu di Pacitan ada salah satunya kuliner yang seperti sensasi pedasnya. Namanya ialah sayur kalakan.

Untuk diketahui, sayur ndas manyung ialah masakan ciri khas wilayah Kabupaten Pati, Semarang serta Tegal. Buat yang suka melahap makanan pedas dapat coba Mangut Ndas Manyung. Masalahnya olahan masakan memiliki bahan fundamen Ndas Manyung yang memiliki bahan kepala ikan manyung itu mempunyai rasa benar-benar pedas.

Nah, di Pacitan ada juga, namanya sayur kalakan. Seperti rasa pedasnya serta bahan bakunya yaitu dari ikan laut. Perbedaannya, bila sayur ndas manyung yang dikonsumsi ialah sisi kepala, karena itu sayur kalakan ialah daging ikan laut yang ditusuk seperti sate.

Untuk sensasi rasa-rasanya, jangan bertanya. Saling lezat serta pedas. Intinya buat Anda penggemar makanan pedas. Sayur Kalakan ini memiliki bahan fundamen daging ikan laut, dapat kelong, ikan tuna atau yang lain. Selanjutnya yang dimasukkan dalam santan yang telah dicampuri bumbu pedas hingga Sayur Kalakan ini sama dengan rasa-rasanya yang pedasdan digabungkan nasi tiwul untuk pelengkapnya.

Disamping itu, memiliki bentuk yang unik, seperti sate, ditusuk, sayur kalakan yang memiliki bahan baku daging ikan laut di asap atau dibakar. Yang cukup lezat, sayur kalakan ini dapat di nikmati dengan nasi ciri khas Pacitan, yaitu nasi thiwul.

Untuk diketahui, Tiwul ialah makanan inti untuk alternatif beras yang datang dari singkong, jadi salah satunya yang ciri khas di Pacitan serta seputaran mataraman.

Gabungan Thiwul serta Kalakan

Sayur Kalakan adalah salah satunya wisata kuliner Pacitan yang terkenal serta banyak di sukai pelancong yang bertandang ke Pacitan. Nasi thiwul plus Sayur Kalakan ini jadi menu favorite warga Pacitan.

Sayur Kalakan ini gampang didapati dimanapun di wilayah Pacitan, pasalnya sejumlah besar warga Pacitan bisa memasak sayur kalakan ini. Harga juga relatif dapat dijangkau hingga bisa di nikmati oleh beberapa golongan.

Tahu Tuna

Waktu habiskan waktu berlibur di Pacitan tidak komplet rasa-rasanya bila pulang tanpa ada bawa oleh-oleh. Ada beberapa jenis pilihan makanan ciri khas yang dapat dicicip setibanya di rumah, diantaranya tahu tuna.

Tahu tuna adalah salah satunya oleh-oleh ciri khas Pacitanyang banyak dicari. Tidak hanya mempunyai rasa yang nikmat, olahan tuna ini tawarkan gizi yang banyak.

Olahan tahu ini adalah tahu yang dikasih isian ikan tuna yang awalnya sudah digabung dengan bumbu dan tepung. Digoreng saja rasa-rasanya sangat nikmat.

Sego gobyos

Nasi, sayur, selanjutnya menu intinya dengan pilihan lauk daging, ayam atau kikil pedas. Lantas kenapa disebutkan sego gobyos? Hal tersebut sebab sayur ayam atau daging yang ada mempunyai tingkat kepedasan di atas rata-rata.

Hal itu yang membuat, bila kita makan kuliner satu ini, akan membuat gobyos atau berkeringat. Hal itu yang mmebuat kuliner ini dinamakan sego gobyos. Sego yang dapat membuat anda gobyos atau berkeringat. Kuliner ini cuma ada pada malam hari, diantaranya ada di perempatan penceng.

Cenil

Variasi makanan ciri khas Pacitan yang datang dari ketela yang lain ialah makanan cenil, yang masuk kelompok jajanan pasar. Memang, di sebagian besar wilayah atau kota di Jawa kita dapat temukan jajanan ini dengan gampang baik di pasar tradisionil atau di pasar rakyat ditempat.

Cenil ialah makanan yang dibuat dari pati ketela pohon, memiliki bentuk bulat-bulat kecil rasa-rasanya kenyal serta mempunyai rupa berwarna-warni. Biasanya jajanan ini diberikan dengan parutan kelapa serta diberi gula pasir.

Tetapi jajanan cenil di Pacitan lain, masih memakai taburan parutan kelapa tetapi diberi dengan air gula jawa alami. Cenil yang datang dari Pacitan mempunyai bentuk bulan-bulat sebesar kelerang dengan rasa manis..

Serta pasti ada yang sedikit tidak sama dari cenil dengan makanan cassava Pacitan yang lain. Memiliki bentuk yang unik, warna – warni, kenyal, serta manis, membuat cenil Pacitan jadi makanan ciri khas Pacitan yang cukup disukai warga Pacitan serta sekelilingnya.

Sekarang makanan cenil ada banyak didapati di beberapa pasar tradisonal di Pacitan, seperti Pasar Minulyo. Di Pasar Minulyo, satu bungkus cenil harga cukup dapat dijangkau, yaitu Rp2 ribu saja. Murah kan?

Bila dilihat menu-menu yang disebut di atas benar-benar mengundang selera sekali, kan? Jadi nantikan ditambah lagi yakinkan untuk coba makanan ciri khas Pacitan ini waktu bertandang kesana. Mudah-mudahan info di atas berguna serta memberikan inspirasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *