Makanan Khas Ponorogo
Kuliner

15 Makanan Khas Ponorogo yang Paling Banyak Dicari Wisatawan

Makanan ciri khas Ponorogo – Sesudah di salah satunya bahasan kita pernah mengulas di wilayah Jawa Timur yakni Lamongan, kesempatan ini kita akan balik lagi ke Jawa Timur yakni Ponorogo.

Ponorogo sebuah nama kabupaten yang ada di Jawa Timur. Letak daerahnya ada di ujung barat dari propinsi Jawa Timur, oleh karenanya kabupaten ini bersebelahan langsung dengan propinsi Jawa Tengah.

Ponorogo populer dengan kesenian Reog, diketahui dengan gerbang kota Ponorogo yang dihiasi dengan dua figur yakni Warok serta Gemblak, figur yang tampil waktu atraksi Reog.

Disamping itu, Ponorogo populer dengan satenya yang benar-benar nikmat. Dagingnya yang benar-benar empuk, dan bumbu kacangnya yang benar-benar ciri khas membuat sate ini tidak sama dengan sate umumnya.

Bila kamu penggemar berjalan-jalan atau kuliner, harus buat kamu untuk berjalan-jalan ke kota ini untuk nikmati kuliner serta budaya dan beberapa tempat wisatanya.

Baca dulu : 30 Makanan Khas Jawa Timur

15 Makanan Khas Ponorogo

Tidak hanya sate ciri khas Ponorogo yang benar-benar nikmat, di bawah ini ialah beberapa makanan ciri khas Ponorogo yang benar-benar membuat perut kamu keroncongan.

1. Pecel Ponorogo

Makanan ciri khas Ponorogo yang pertama ialah pecel Ponorogo. Meskipun pecel jadi makanan yang telah banyak pengembangan nya di beberapa daerah lain, tetapi pecel Ponorogo mempunyai kekhasan nya sendiri.

Pecel Ponorogo sendiri disebutkan dengan “pecel tumpuk”. Yang memperbedakan pecel Ponorogo dengan pecel yang lain ialah kuah atau sambal kacang nya yang benar-benar kental serta lebih pedas.

Isi dari pecel ini terbagi dalam bermacam sayuran hijau, tauge, kemangi, mentimun, dan sebagainya.

Citarasa yang dibuat benar-benar kaya rasa serta struktur lembut dari sayur-sayuran nya, dan rasa dari bumbu kacang nya yang benar-benar kental membuat kesenangan yang tidak ada habisnya.

2. Rujak Petis

Makanan ciri khas Ponorogo ini namanya rujak petis. Keliatannya memang seperti gado-gado bukan seperti rujak cingur tetapi tidak menggunakan cingur sapi.

Citarasa dari rujak petis Ponorogo ini terdapat di penggunaan sambal yang benar-benar pedas. Bermacam sayur-sayuran hijau yang digabung dengan sambal serta petis membuat sensasi pedas serta rasa dari sayuran nya dan rasa gurih nya yang menguasai.

Bila kamu bertandang ke Ponorogo yakinkan kamu mencicip sajian yang satu ini.

3. Nasi Tahu

Makanan ciri khas Ponorogo yang ke-3 ialah nasi tahu atau sego tahu. Nasi tahu ini terbagi dalam nasi atau ketupat atau juga bisa dengan lontong serta lauk tahu.

Lauk tahu ini lah sebagai jagoan dari makanan ini. Memakai tahu putih yang selanjutnya digabung dengan telur 1/2 masak dan dipotong-potong.

Lantas kemudian diberikan dengan nasi serta dikasih kombinasi bawang goreng, kacang tanah goreng, seledri, serta kecap manis.

Citarasa yang dibuat benar-benar gurih, serta manis, lantas mempunyai banyak struktur dalam sekali suap nya, serta tentunya benar-benar nikmat. Jangan kamu melepaskan makanan ciri khas Ponorogo yang satu ini bila kamu bertandang ke

4. Gethuk Golan

Makanan ciri khas Ponorogo yang ke empat ini bercita rasa manis serta gurih, namanya ialah gethuk golan. Golan sendiri sebuah nama desa di Ponorogo.

Nama gethuk sendiri sangat tidak asing di pulau Jawa. Olahan dari singkong ini banyak beragam di sejumlah tempat di seputar pulau Jawa.

Gethuk golan sendiri dibuat dari singkong tentu saja, lantas diproses serta di rebus, lain dengan proses memasak gethuk goreng. Lantas gethuk golan ini diberikan dengan ketan hitam, parutan kelapa, dan gula merah cair.

Citarasa dari gethuk yang manis dan ditambah lagi gurih nya kelapa serta ketan, serta ditambah dari manisnya gula merah membuat satu keragaman yang nikmat pada sebuah suapan gethuk golan ini.

Yakinkan kamu tidak melepaskan makanan ciri khas Ponorogo yang manis ini, serta tentunya akan menganakemaskan lidah kamu.

5. Dawet Jabung

Makanan ciri khas Ponorogo yang satu ini adalah tipe minuman fresh, yakni dawet jabung namanya.

Dawet jabung ini tidak sama dengan dawet yang berwarna hijau, dawet ini berwarna putih sebab dibuat dari tepung beras. Isi dari semangkuk dawet jabung terbagi dalam dawet, nangka, serta bubur ketan. Kuah nya sendiri dibuat dari santan, serta air gula.

Penampilan dari dawet ini benar-benar sangat beda, serta langkah penyajiannya umumnya semangkuk dawet jabung dikasih lepek yang di taruh di bawah mangkok.

Citarasa yang dibuat benar-benar beri kesegaran, rasa manis yang beragam macam dari nangka, serta gula, dan gurih nya ketan dan santan membuat kamu ingin lebih , serta tentunya benar-benar melegakan dahaga kamu.

6. Piya-piya

Makanan ciri khas Ponorogo yang ke enam ialah piya-piya. Nama yang cukup unik dari satu makanan, tetapi mempunyai rasa yang enak.

Bila kita berpikir bila ini ialah bakwan, karena itu jawabannya pas. Bakwan di Ponorogo seringkali disebutkan dengan piya-piya.

Tetapi perbedaannya dengan bakwan lain, piya-piya ini digoreng memakai cetakan dari sendok sayur, hingga memiliki bentuk rapi, bundar, seperti mangkok serta sedikit cekung.

7. Tiwul Goreng

Makanan ciri khas Ponorogo yang satu ini namanya tiwul goreng. Tetapi untuk saat ini, tiwul goreng ini benar-benar sulit didapati baik di desa-desa sekalinya. Tetapi jangan cemas sebab di satu desa di seputar Telaga Ngebel, Kecamatan Ngebel, Ponorogo masih sediakan nasi tiwul ini.

Tiwul sendiri dibuat dari gaplek yang dibuat dari singkong yang sudah dikupas lantas di rendam di di air jernih. Selanjutnya gaplek jadi berwarna coklat enak serta siap dibuat.

Yang benar-benar beda dari hidangan tiwul dari Ngebel ini dengan menyediakan tiwul goreng dengan ikan endemis wilayah itu, yakni ikan “Ngongok” goreng, tetapi bila tidak ada, kita bisa mengubahnya dengan ikan nila goreng.

Bila kamu bertandang ke Ponorogo, yakinkan untuk berkunjung ke tempat itu serta mencicip tiwul goreng yang benar-benar nikmat.

8. Es Cao

Makanan ciri khas Ponorogo yang selanjutnya ialah es cao. Ini adalah tipe minuman manis serta beri kesegaran. Es cao ciri khas Ponorogo ini cukup sudah populer serta ramai pengunjung sebab kesenangan, serta kesegarannya yang benar-benar diperlukan ditambah lagi saat siang hari yang terik.

Cao ini dibuat dari gula merah yang biasa disebutkan “juruh” serta cao nya sendiri yang disebutkan “janggelan” oleh masyarakat seputar. Minuman ini benar-benar pas buat kamu yang sedang berekreasi di Ponorogo serta akan berhenti sesaat untuk istirahat. Kamu bisa memperoleh penjual es cao ini banyak di seputar Ponorogo, seperti di beberapa pasar tradisionil.

9. Sate Gulai Kambing Ciri khas Ponorogo

Makanan ciri khas Ponorogo ke-9 ini namanya sate gulai kambing. Meskipun sate kambing cukup sudah banyak menyebar di beberapa wilayah, tetapi sate kambing Ponorogo ini mempunyai jati diri rasa-rasanya sendiri.

Dalam jual sate kambing ini, penjual-penjual sate Ponorogo ini mempunyai tempat meletakkan tempat sate yang benar-benar unik serta tidak sama dari yang lain, yakni namanya “Rombong”. Rombong sendiri dibuat dari rotan serta bambu.

Proses memasak sate kambing Ponorogo ini tidak sama dengan sate kambing yang lain. Jika umumnya sate kambing dibikin dari daging kambing mentah yang dibakar, lain dengan sate kambing ciri khas Ponorogo ini, sebelum masuk proses bakar, daging kambing mentah alami proses “Alupi”, yakni dimana daging mentah barusan di rendam ke air panas sesaat.

Sesudah dibakar, sate kambing diberikan dengan nasi hangat serta bumbu sate yakni kombinasi kecap, bawang merah, dan cabai. Keempukan serta kesenangan dari sate kambing Ponorogo ini tak perlu disangsikan.

10. Jenang Mirah

Makanan ciri khas Ponorogo yang lain ialah jenang. Makanan yang memiliki tekstur kenyal, lengket, serta manis ini seringkali disebutkan dodol, seperti dodol Garut contohnya.

Seperti nama dodol Garut, di Ponorogo mempunyai jenang yang benar-benar populer, yakni jenang mirah. Mirah sendiri adalah nama pendiri sekaligus juga pemilik satu usaha jenang di Ponorogo yang cukup populer.

Jenang dibuat dari tiga variasi bahan fundamen, seperti tepung beras, ketan, serta kombinasi di antara tepung beras dan ketan. Sesudah bahan fundamen dibuat serta digabung gula merah, selanjutnya jenang dikasih taburan wijen.

Citarasa manis serta legit ini benar-benar pas buat kamu buat jadi oleh-oleh bila kamu bertandang ke Ponorogo.

11. Sate Kopok

Makanan ciri khas Ponorogo kesebelas yang akan kita ulas kesempatan ini ialah sate kopok. Kemungkinan buat kamu yang pahami berarti dalam bahasa jawa akan tersenyum-senyum lihat namanya. Sate ini mewah cuma ada di  kecamatan Balong atau di pasar wage kecamatan Jetis sebab telah makin susahnya sate ini diketemukan.

Kata “kopok” sendiri bermakna lendir telinga dalam bahasa jawa. Penampilan nya yang sedikit berlendir serta corak warna nya memang sedikit seperti dengan lendir telinga. Tetapi walau demikian, rasa yang dibuat benar-benar nikmat, lain dengan sate biasanya.

Penampilan semacam itu dibuat sebab bumbu kacang nya diencerkan dengan santan kelapa. Umumnya sate ini diberikan dengan sayur loto, tempe, serta tahu.

12. Penthol Goreng

Makanan ciri khas Ponorogo kesempatan ini ialah penthol goreng. Sepintas seperti seperti “basgor” yang seringkali kita makan pada saat waktu muda kita.

Penthol goreng ini dibikin dari adonan tepung ketela yang digabung bumbu-bumbu penyedap, juga bisa ditambah tahu atau telur puyuh supaya lebih mantap, lantas digoreng dalam panci yang berisi minyak.

Umumnya proses menggoreng dilaksanakan dengan mencelupkannya dengan cara terus-terusan sampai membuat penthol goreng makin renyah.

13. Serabi Ponorogo

Makanan ciri khas Ponorogo setelah itu ada ; ah serabi ciri khas Ponorogo. Jumlahnya kreasi-kreasi dari serabi di semua wilayah membuat keragaman citarasa cuma dari satu makanan. Ketidaksamaan atau keunikan tertentu dipunyai serabi Ponorogo ini. Serabi ini diberikan tidak dengan topping seperti yang ada di serabi yang lain, tetapi serabi Ponorogo ini diberikan dengan kuah santan.

Citarasa manis gurih serta ditambah lagi kegurihan yang mantap dari kuah santannya jadikan serabi Ponorogo ini  sulit dilalaikan. Tempat memperoleh serabi ini juga cukup gampang, banyak penjual-penjual serabi Ponorogo yang menyebar di Ponorogo.

Ada langkah unik melahap sajian yang satu ini, yakni dengan melahap nya di dekat sama tungku perapian penjual serabi, supaya situasi semakin hangat. Ini karena oleh waktu penjualan serabi ini yakni membuka seputar sesudah subuh pada saat hari masih dingin.

14. Lentho

Makanan ciri khas Ponorogo yang satu ini adalah tipe cemilan, atau pelengkap makan. Namanya ialah lentho, nama yang unik serta mempunyai rasa yang unik serta nikmat.

Lentho sendiri adalah olahan kacang tholo/kacang beras yang digabung dengan adonan tepung yang sudah dibumbui. Sesudah semua adonan siap, adonan lentho juga siap untuk digoreng.

Lentho ini termasuk juga dalam kelompok jajanan gorengan, seperti bakwan dan sebagainya. Citarasa lentho yang benar-benar gurih dan sedikit sensasi pedasnya, membuat makanan ciri khas Ponorogo ini tidak sama dengan tipe cemilan gorengan yang lain. Yakinkan kamu mencobanya.

15. Sate Ayam Ponorogo

Makanan ciri khas Ponorogo yang paling akhir ialah Sate Ponorogo. Di Ponorogo sendiri memang cukup populer dengan sajian sate-nya. Sate ayam Ponorogo ini serta telah jadi keunikan dari Kabupaten Ponorogo sebab ke-popuelerannya. Saingan sate Madura ini mempunyai citarasa serta kelebihan tertentu.

Proses pemotongan daging satenya sendiri juga cukup termasuk beda, yakni dengan disayat tipis, serta buang gajih atau lemaknya, hingga semakin lebih empuk serta penuh dengan daging.

Sesudah disayat tipis, daging sate ini juga tidak langsung dibakar serta diberi bumbu, tetapi di rendam dengan kecap manis serta minyak sayur sepanjang sesaat hingga bumbu nya meresap, serta dagingnya makin empuk.

Sate Ponorogo biasa diberikan dengan lontong serta diberi bumbu dengan bumbu kacang yang mantap. Bila kamu hadir ke Ponorogo, yakinkan untuk masukkan sate Ponorogo untuk pilihan menu makan penting kamu.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *