Makanan Khas Solo
Kuliner

Makanan Khas Solo

Setiap daerah di Negara kesatuan Republik Indonesia pasti memiliki yang namanya masakan kuliner. Menurut pengertiannya, masakan kuliner merupakan menu atau hidangan makanan yang berasal dari suatu daerah. Sebuah masakan kuliner antara daerah satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Dengan kata lain, sebuah hidangan kuliner menjadi ciri khas suatu daerah di Indonesia. Salah satu daerah di Negara Indonesia yang memiliki masakan kuliner adalah kota Solo. Makanan khas Solo menjadi sebuah identitas dari salah satu kota ternama yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Solo merupakan sebuah nama kota yang cukup terkenal di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini tergolong sebagai daerah yang ramai. Banyak orang yang sering berkunjung ke Kota Solo. Entah untuk berwisata, berbelanja dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, maka dapat dikatakan jika Solo menjadi sebuah daerah yang penting.

10 Makanan Khas Solo yang Enak Wajib Dicicipi

Kota Solo memang menjadi daerah yang terkenal di Jawa Tengah. Di tempat ini terdapat berbagai tempat wisata dan belanja yang lengkap. Selain itu, di Kota Solo juga memiliki berbagai masakan asli kota Solo yang terkenal lezat. Berbagai macam masakan tersebut menjadi ciri khas kota ternama di jawa bagian tengah ini.

Di daerah kota Solo terdapat begitu banyak masakan kuliner yang terkenal lezat. Berbagai masakan kuliner tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk sekedar mampir di daerah ternama ini. Pada kesempatan kali ini akan di ulas mengenai daftar masakan kuliner Solo yang terkenal enak.

  1. Nasi Liwet Khas Solo

Nasi Liwet Khas Solo

Pada saat berkunjung ke Kota Solo rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi hidangan nasi liwet. Pada dasarnya, nasi liwet merupakan kuliner asli solo yang cukup terkenal. Jenis hidangan yang satu ini memiliki kualitas rasa yang lezat.

Klik lihat: Makanan khas Jakarta

Hidangan kuliner jenis ini berupa nasi putih yang disajikan dalam sebuah pincuk dari daun pisang. Kemudian, di dalam pincuk nasi tadi terdapat sayur labu, telur rebus, suwiran daging ayam dan santan kental yang gurih. Perpaduan bahan yang ada dalam nasi liwet membuat para penikmatnya merasa terpukau dengan sensasi rasa yang didapatkan. Untuk harga satu porsi nasi liwet pun cukup terjangkau, yakni seharga 19 ribuan.

  1. Selat Khas Solo

Selat Khas Solo

Masakan asli solo selanjutnya yaitu selat Solo. Kuliner yang satu ini termasuk dalam masakan yang unik. Dikatakan unik lantaran terdapat perpaduan antara Eropa dan Jawa dalam makanan tersebut. Dalam sebuah hidangan selat solo terdiri atas semangkuk sup wortel, buncis dan teman.

Selain itu, dalam penyajiannya juga ditambah acar, bawang goreng, kentang goreng, potongan daging, telur pindang dan lain sebagainya. Perpaduan berbagai macam bahan tersebut membuat kuliner asli Solo ini terasa begitu nikmat di lidah.

  1. Sate Buntel

Sate Buntel

Bagi para penggemar masakan sate, mungkin anda perlu mencoba kuliner sate dari Kota Solo. Nama masakan daging yang ditusuk asal Solo ini diberi nama sate buntel. Menurut cerita yang beredar, jenis kuliner ini juga disukai oleh presiden yang kedua negara indonesia, yakni soeharto. Adanya kisah ini menjadi daya tarik para penggemar sate untuk mencobanya. Daging kambing cacah yang dilapisi dengan lemak sebagai bahan dasarnya akan terasa lebih nikmat.

  1. Sup Timlo

Sup Timlo

Timlo tergolong sebagai makanan yang wajib dicicipi bagi para pengunjung kota solo. Kuliner ini memberikan kesegaran pada setiap suapan. Agar rasa segar tersebut sebagai nikmat, maka para konsumen juga perlu menikmati berbagai bahan yang ada dalam soto ini.

Bahan-bahan yang ada dalam soto timlo antara lain mie soun, potongan sosis, suwiran daging ayam, dan lain sebagainya. Berbagai bahan yang ada dalam sup akan menambah rasa nikmat dari timlo asli solo ini.

  1. Brambang Asem

Brambang Asem

Kuliner asli solo berikutnya bernama brambang asem. Hidangan ini tergolong sebagai menu masakan tempo dulu. Menu masakan brambang asem terbuat dari rebusan daun ubi jalar. Rebusan dari daun ubi ini diolah dengan berbagai macam bumbu menjadi sebuah hidangan yang nikmat. Dalam sebuah masakan brambang asem akan tercium aroma bawang merah yang terasa pedas. Kuliner ini akan terasa lebih nikmat jika disantap bersamaan dengan tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu.

  1. Lenjongan

Lenjongan

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Solo tidak ada salahnya untuk mencoba masakan lenjongan. Pada dasarnya, lenjongan merupakan masakan khas solo yang memiliki rasa manis.

Klik lihat: Makanan khas Bali

Jenis makanan ini termasuk dalam jajanan pasar yang sangat enak untuk dikonsumsi. Untuk masalah harga dari olahan lenjongan pun cukup murah. Anda hanya perlu membayar 4 ribu rupiah untuk dapat menikmati jajanan pasar khas Solo tersebut.

  1. Kue Serabi

Kue Serabi

Masakan asli buatan Kota Solo yang telah dikenal yaitu kue serabi. Jenis kue yang satu ini telah menjadi makanan yang familiar bagi warga Indonesia. Akan tetapi, jika ingin menikmati yang asli buatan solo, anda bisa mendatangi toko serabi Notosuman.

Toko kue serabi ini telah berdiri sejak tahun 1920. Kue serabi buatan Toko Notosuman memiliki tekstur yang lembut dan manis. Alamat dari toko ini berada di Jalan Muhammad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  1. Tengkleng

Tengkleng

Tengkleng memang terkenal sebagai masakan khas asli daerah Solo. Masakan ini menjadi menu wajib yang harus dicoba ketika bertandang ke Kota Solo. Hidangan tengkleng dibuat dari tulang kambing. Dalam tulang kambing terdapat sedikit daging yang masih melekat. Perpaduan antara kuah dan tulang kambing ini menjadikan masakan tengkleng terasa lebih nikmat.

Klik lihat: Makanan khas Bandung

Bagi anda yang tertarik dengan masakan ini, maka dapat mengunjungi warung tengkleng Bu Eni. Alamat dari warung tengkleng Bu Eni ada di Pasar Klewer, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Pasar Kliwon, Kauman, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Untuk harga 1 porsi tengkleng dijual pada kisaran 25 ribu rupiah.

  1. Kue Lapis Mandarin Solo

Kue Lapis Mandarin Solo

Salah satu oleh – oleh khas solo yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga di rumah adalah kue lapis mandarin. Kue lapis mandarin ini dapat dengan mudah anda jumpai di Kota solo. Jenis kue ini telah terkenal sejak lama sebagai makanan khas dengan rasa yang lezat. Rasa lembut dan manis yang ada dalam kue mandarin ini menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak orang yang menyukai perpaduan pas rasa tersebut pada kue lapis mandarin dari Solo tersebut. Maka dari itulah tidak mengherankan jika banyak orang yang menjadikannya sebagai buah tangan ketika pulang dari Solo.

  1. Gudeg Ceker

Gudeg Ceker

Ketika mendengar kata gudeg pasti yang terbayang pasti masakan dari Yogyakarta bukan? Akan tetapi, ternyata gudeg juga menjadi masakan khas Solo. Nama masakan gudeg di Solo dikenal dengan nama gudeg ceker. Masakan ini hampir mirip dengan gudeg dari Yogyakarta. Untuk gudeng Solo akan di tambah dengan cakar ayam. Hal inilah yang membedakannya dari gudeg asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *