makanan khas bandung
Kuliner

Makanan Khas Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di indonesia karena memiliki banyak sekali keistimewaan baik dari makanan khas, tata kota, budaya atau bahkan kulinernya. Kota yang satu ini juga banyak dijadikan sebagai tujuan wisata karena menawarkan banyak sekali hal-hal yang eksotik.

Jika anda berlibur ke bandung maka sebaiknya mencoba untuk mencicipi kuliner khasnya yang sangat tersohor di berbagai wilayah di indonesia. Makanan khas bandung kini sudah banyak yang dijual di luar daerah karena memang ternyata sangat disukai dan dicintai oleh lidah masyarakat di indonesia. Cita rasa makanan bandung sangatlah khas dengan tampilan yang unik dan menggoda. 10 makanan khas bandung yang terkenal paling enak yang sebaiknya anda ketahui.

10 Makanan Khas Bandung Kaya Akan Cita Rasa

1. Serabi Bandung

Serabi

Makanan pertama yang sangat menarik untuk dicoba ketika anda berkunjung ke bandung adalah surabi. Makanan yang satu ini sudah banyak di jual di banyak daerah di indonesia seperti di jogja, jakarta, surabaya dan banyak kota lainnya. Namun cita rasa dari surabi khas bandung tentu saja akan sangat berbeda.

Klik lihat: Makanan khas Bali

Bahan adonan yang digunakan akan lebih pas dengan cara masak yang juga masih tradisional. Surabi ini dibuat dengan dibakar menggunakan tungku dan adonannya dibuat tebal. Makanan ini biasanya dibuat dengan cetakan khusus sehingga bentuknya selalu seperti itu. Diatas kue serabi ada berbagai macam pilihan toping mulai dri susu, coklat, keju hingga yang lainnya. Anda bisa memilih toping yang paling sesuai dengan selera.

2. Piscok

Piscok

Makanan khas bandung selanjutnya yang juga sangat terkenal di banyak wilayah selain bandung adalah piscok. Banyak yang mengira jika piscok bukan berasal dari bandung karena sudah sangat popular dikalangan masyarakat indonesia. Padahal makanan ini berasal dari kota kembang. Anda bisa mencicipi piscok khas bandung dengan rasa gurih, manis dan juga renyah. Menikmati piscok ketika masih hangat akan membuat anda merasa ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi.

3. Cimol

Cimol

Makanan selanjutnya yang masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas kota bandung yang terkenal paling enak adalah cimol. Makanan ini terbuat dari aci yang kemudian di gemul sehingga sering disebut dengan cimul atau cimol. Tepung kanji dibuat adonan sedemikian rupa lalu dibuat bulatan kecil dengan isian tertentu. Setelah itu cimol digoreng hingga matang dan anda bisa menikmatinya bersama dengan saus atau bumbu bubuk yang gurih. Masyarakat di bandung biasanya menikmati makanan ini sambil ngopi atau minum teh.

4. Siomay Bandung

Siomay Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas bandung yang sering disebut dengan siomay. Anda tentu sudah sangat mengenali makanan yang satu ini karena sudah banyak tersebar diberbagai wilayah di indonesia.

Klik lihat: Makanan khas Banjarmasin

Rasa dari siomay khas bandung akan sangat lezat dan gurih dengan siraman bumbu kacang yang lezat. Anda yang sedang berada di bandung wajib untuk mencoba menikmati jajanan yang satu ini. Siomay bandung akan sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di pinggir jalan oleh para pedagang keliling atau bahkan pedagang kaki lima.

5. Bandros

Bandros

Makanan yang masuk 10 makanan khas bandung yang terkenal paling enak selanjutnya yakni bandros. Makanan ini terbuat dari bahan tepung terigu yang dibuat dengan santan kelapa kemudian di masak dengan menggunakan cetakan cekung. Diatasnya akan diberi taburan parutan kelapa sehingga akan terlihat semakin cantik dengan aroma yang gurih. Makanan ini menjadi salah satu jajanan yang sangat khas dari kota bandung serta banyak digemari oleh para wisatawan. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh atau bisa juga untuk disantap langsung ketika berada di bandung.

6. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Masakan khas bandung yang lainnya adalah nasi tutug oncom. Makanan ini merupakan makanan yang sangat lezat dan juga begitu terkenal di bandung. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi tutug oncom ini adalah nasi yang dibakar dan diberi bumbu oncom serta ditambahi dengan tepung tapioca. Nasi ini disajikan dengan menggunakan lauk, sambal, kerupuk dan juga sayuran sehingga akan terlihat semakin menggoda. Nasi ini sudah memiliki cita rasa yang lezat karena ketika dibakar sudah diberi bumbu oncom. Tepung tapioca yang ditambahkan akan membuat nasi menjadi pulen dan lebih padat.

7. Peuyeum

Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan yang juga masuk ke 10 makanan khas bandung yang terkenal enak. Makanan ini begitu khas karena setiap wisatawan yang baru saja pulang dari bandung akan membawanya sebagai oleh-oleh. Makanan ini sebenarnya sangat mirip dengan tape hanya saja bentuknya lebih padat dan sudah banyak dikreasikan sehingga tampilannya semakin menggoda.

Klik lihat: Makanan khas Banten

Peuyeum dibuat dengan cara yang berbeda dengan tape sehingga teksturenya lebih kering. Anda bisa menemukan makanan ini dengan toping modern seperti coklat, susu, keju atau yang lainnya.

8. Mie Kocok

Mie Kocok

Makanan yang sering di sebut sebagai mie kocok ini juga merupakan makanan khas bandung yang terkenal enak. Cara pembuatan mi ini adalah dengan cara dikocok sebelum diberikan kepada pelanggan sehingga namanya menjadi mie kocok. Ciri khas dari mie ini adalah mienya yang datar dengan rasa yang lembut dan kenyal. Kuah dari mie ini juga begitu lezat.

Biasanya mie kocok akan diberi beberapa pelengkap seperti kikil yang empuk, sayuran, daun bawang dan bawang goreng. Penjual dari mie ini biasanya menggunakan gerobak untuk berkeliling. Anda yang berada di bandung wajib mencoba mie yang satu ini.

9. Gepuk

Gepuk

Gepuk menjadi salah satu makanan khas bandung yang terkenal paling enak karena rasanya memang tidak akan membuat penikmatnya merasa kecewa. Bahan dasar dari makanan ini adalah daging sapi.

Cara membuat gepuk adalah dengan mengiris daging searah lalu direbus. Selanjutnya dipukul atau digepuk hingga lembut. Jika sudah maka daging akan di rendam dengan campuran bumbu santan barulan daging direbus kembali dengan bumbu tersebut. Dari cara masaknya saja sudah terlihat enak apalagi jika dimakan.

10. Cireng

Cireng

Makanan yang juga mudah ditemukan dan sudah menyebar di berbagai wilayah di indonesia adalah cireng. Makanan khas bandung ini sudah sangat popular pada tahun 80an. Bahan yang digunakan untuk membuat cireng adalah tepung kanji, terigu, garam, air, merica, daun bawang, kedelai dan juga minyak goreng. Makanan ini merupakan singkatan dari aci digoreng atau tepung kanji yang digoreng. Rasa dari makanan ini sangat gurih dan kenyal sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan.

10 makanan khas bandung yang terkenal paling enak yang telah disebutkan diatas memang sebaiknya jangan sampai dilewatkan apalagi jika anda sedang berada di bandung. Menikmati liburan di bandung akan semakin lengkap dengan menjajal kuliner khas dari kota kembang tersebut. Anda bisa menjadikan makanan tersebut sebagai pelepas lapar, cemilan atau bahkan bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda sehingga liburan akan semakin tak terlupakan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *