Makanan Khas Bali
Kuliner

Makanan Khas Bali

Salah satu daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata adalah bali. Selain memiliki obyek wisata yang menarik, para wisatawan dapat menikmati berbagai makanan khas bali yang terkenal lezat. Selain terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata, ternyata Bali memiliki keunggulan lainnya. Keunggulan lain dari provinsi adalah tersedianya berbagai macam kuliner khas Bali. Adanya kuliner asli pulau dewata membuat para wisatawan semakin tertarik untuk berlibur ke Bali.

Kuliner termasuk sebuah hal yang dicari para wisatawan ketika mengunjungi daerah rekreasi. Sebuah makanan khas daerah menjadi sesuatu yang harus diketahui sebelum mengunjungi suatu tempat untuk berekreasi. Pada kesempatan kali ini terdapat uraian tentang berbagai macam makanan khas bali. Berikut daftar makanan asli bali yang perlu diketahui para wisatawan.

10 Makanan Khas Bali yang Terkenal

1. Nasi Campur Khas Bali

Nasi Campur Khas Bali

Kuliner dari pulau dewata yang pertama adalah nasi campur khas Bali. Jenis kuliner yang satu ini sangat populer. Banyak wisatawan yang menyukai masakan nasi campur dari Bali ini. Masakan ini memiliki citarasa yang nikmat.

Perpaduan antara nasi putih dengan suwiran daging ayam menambah nikmat menu khas Bali tersebut. Bagi para wisatawan yang menyukai rasa pedas, maka dapat menambahkan sambal dalam hidangan ini. Bahkan sebuah menu nasi campur Bali dapat disajikan dengan tambahan ikan pindang, daun umbi pedas, ikan betutu dan lain sebagainya.

2. Sate Lilit

Sate Lilit

Sate memang termasuk dalam jajaran makanan khas bali yang familiar bagi masyarakat di Negara Indonesia. Jenis makanan ini terjadi juga ada di Provinsi Bali. Makanan khas Bali jenis ini bernama sate lilit. Jenis sate dari daerah Bali ini berbeda dari pada sate pada umumnya. Sate lilit tidak ditusuk pada dagingnya. Akan tetapi, daging tersebut dililitkan pada tusuk sate.

Klik lihat: Makanan khas Banjarmasin

Untuk cara pengolahan dari sate lilit pun begitu sederhana. Pertama – tama daging dicincang terlebih dahulu. Apabila hal ini telah dilakukan, maka cincangan daging tadi dicampur bumbu khusus dari Bali. Untuk Kalasan urusan rasa, sate lilit ini begitu empuk dan gurih.

3. Serombotan

Serombotan

Masakan serobotan termasuk dalam hidangan enak khas bali. Jenis kuliner yang hampir mirip dengan sayur urap dari pulau jawa. Akan tetapi, serobotan dari bali ini sedikit berbeda. Jenis hidangan dari klungkung bali ini dibuat dari berbagai macam sayur – sayuran.

Klik lihat: Makanan khas Banten

Adapun sayur – sayuran itu antara lain terong bukat, tauge, pare, buncis, kangkung, kacang panjang dan bayam. Untuk bumbu dari hidangan lezat ini bernama kalas. Kalas adalah campuran lengkaus, bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar dan kencur yang di tumbuk halus. Selain itu terdapat tambahan lagi berupa bumbu kacang dan pedas.

4. Tipat Blayag

Tipat Blayag

Tipat blayag termasuk dalam jenis kuliner lezat yang perlu dicoba. Masakan dari buleleng ini memiliki bentuk seperti kupat dan menyerupai lontong. Hal ini dapat terjadi lantaran lilitan dari daun enau dan janur muda dibuat memanjang. Kuliner tipat blayag memiliki tekstur serta aroma bumbu yang sangat terasa. Jenis kuliner tipat blayag dapat dinikmati dengan campuran kerupuk, gorengan ceker ayam dan lain sebagainya.

5. Nasi Jingo

Nasi Jingo

Nasi Jinggo menjadi alternatif kuliner yang menarik untuk dicoba. Harga yang tergolong murah dari masakan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dalam sebuah hidangan nasi jingo anda akan menemukan sambal yang super pedas. Untuk lauknya biasanya berupa tempe goreng, suiran daging ayam dan lain sebagainya.

6. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Ketika mengunjungi Gianyar di Bali, maka jangan sampai lupa untuk menikmati nasi tepeng. Pada dasarnya, nasi tepeng adalah sebuah hidangan yang memiliki tekstur lembek. Tekstur lembek dari nasi tepeng akan berpadu bumbu pedas yang dituang di atas masakan tersebut. Alhasil, kuliner yang satu ini memiliki rasa yang lezat.

7. Ayam Betutu

Ayam Betutu

Olahan daging ayam asli dari Bali yaitu ayam betutu. Pada dasarnya, ayam betutu merupakan sebuah kuliner yang sangat terkenal. Olahan bernama ayam betutu memiliki rasa yang pedas. Rasa pedas dari kuliner ini menjadi daya tarik tersendiri dari olahan daging ayam asli khas Bali.

8. Babi Guling

Babi Guling

Bagi anda yang meyukai daging babi, maka perlu mencoba masakan daging guling dari bali. Kuliner ini banyak diburu oleh para wisatawan di pulau dewata. Warna kecoklatan dari daging babi yang telah diolah begitu renyah. Selain itu, daging babi guling juga terasa empuk. Aroma rempah – rempah pun begitu terasa dari masakan tersebut.

9. Lawar Kuwir

Lawar Kuwir

Lawar kuwir juga menjadi masakan yang wajib dicoba ketika berlibur di Pulau Bali. Jenis kuliner lezat ini terbuat dari bahan daging cincang dan sayur – sayuran. Daging cincang dan sayuran tadi dimasak dengan bumbu khusus khas Bali.

Klik lihat: Makanan khas Bengkulu

Biasanya, masakan lawar suwir berasal dari daging babi. Akan tetapi, terkadang daging bebek pun bisa digunakan untuk membuat kuliner ini. Olahan lawar kuwir akan terasa semakin nikmat jika dihidangkan dengan nasi putih yang masih hangat. Selain itu, tambahan sate lilit, suwiran daging ayam akan menambah kelezatan dari makanan asli Bali ini.

10. Rujak Bulung

Rujak Bulung

Makanan khas bali berikutnya adalah rujak bulu dan kuah pindah. Jenis kuliner ini dapat dengan mudah dijumpai pada warung kecil di tepi jalan. Campuran antara irisan mangga dan kurang pindah super pedas akan menambah nikmat masakan ini. Selain itu, rujak bulung juga akan ditambah dengan sedikit rumput laut.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *