Istilah Dalam Internet
Teknologi

13 Istilah Dalam Internet yang Perlu Dipahami

Istilah Dalam Internet – Kebanyakan orang sudah menggunakan internet, seperti halnya anda saat ini mengakses website ini dengan menggunakan internet. Bagaimanapun, bagi para pemula terkadang ada terms internet yang terdengar asing dan belum diketahui maknanya walaupun sering membaca atau mendengarnya.

Baca : Artikel terbaru lainnya tentang Teknologi

Daftar Istilah – Istilah di Dalam Dunia Internet

Oleh karena itu, untuk memudahkan pemahaman mengenai hal ini, berikut ini dijelaskan mengenai istilah umum yang sering dijumpai ketika mengakses internet :

1. Internet dan Web

Jika anda menanyakan apa itu internet pada orang lain, mungkin sebgain besar jawabannya adalah tempat untuk mendownload ataupun tempat untuk melihat gambar-gambar dan media secara online.

Internet atau interconnection-networking adalah hardware, merupakan keseluruhan jaringan atau network dari komputer yang saling terkoneksi dengan memakai acuan tatanan global TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite).

Digunakan sebagai aturan untuk pertukaran paket komunikasi  (packet switching communication protocol) dengan tujuan memberikan pelayanan pada milyaran pengaksesnya di seluruh dunia.

Sementara itu, web atau World Wide Web adalah konten digital yang disajikan melalui perangkat keras internet. Web ditampilkan melalui software browser, seperti Google Chrome, Mozilla, Safari, Opera dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

2. http dan https

Istilah dalam internet selanjutnya adalah http. http adalah kependekan dari hypertext transfer protocol, bahasa dari halaman web. Jika suatu halaman web memiliki prefix tersebut, maka link, teks dan gambar dapat bekerja pada browser web.

https adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secured, yang berarti halaman web tersebut memiliki lapisan enksripsi istimewa untuk menyembunyikan informasi pribadi dan juga kata sandi, sehinggan lebih aman.

3. Browser

Browser merupakan paket software gratis yang memungkinkan anda untuk melihat halaman web, grafik dan sebagian besar konten online. Software browser ini di desain secara spesifik untuk mengkonversi bahasa HTML dan XML menjadi dokumen yang dapat di baca.

4. HTML dan XML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa pemrograman pragmatik yang merupakan dasar dari halaman web. HTML memerintahkan browser web untuk menampilkan teks dan grafik dalam secara berurutan.

XML adalah eXtensible Markup Language, yang merupakan kelanjutan dari HTML. XML berfokus pada katalog dan database konten teks pada halaman web dan merupakan bahasa dasar yang digunakan untuk melacak internet.

5. URL

URL atau uniform resource locators adalah alamat web browser dari halaman internet dan file. URL bekerjasa sama dengan IP address untuk membantu pengguna dalam menemukan nama, lokasi, dan mem-bookmark halaman tertentu serta file-file melalui browser web.

6. IP Address

Internet Protocol address komputer anda adalah 4 bagian atau 8 bagian dari angka serial elektronik. IP adress dapat terlihat seperti 202.3.102.57 ataupun 21DC:D3:0:2H3D:2AA:FF:FE29:9C5A, lengkap dengan tanda titik ataupun tanda kolon sebagai pemisah.

Setiap perangkat yang dapat mengakses internet, baik itu komputer, smartphone, tablet dan sebagainya memiliki sekurang-kurangnya satu IP address untuk tujuan pelacakan.

7. ISP

ISP atau Internet Service Provider merupakan perusahaan pribadi ataupun milik pemerintah yang memungkinkan kita untuk mendapatkan layanan internet, biasanya dengan penawaran berbagai harga dan paket. Untuk beberapa ISP yang mungkin bisa menjadi pilihan anda bisa dilihat di sini.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini terdapat juga WISP (Wireless Internet Service Provider) yang lebih ditujukan untuk para pengguna laptop yang sering melakukan perjalanan.

8. Router atau Network Router

Router atau kombinasi router dan modem merupakan perangkat hardware yang berfungsi sebagai ‘polisi lalu-lintas’ jaringan sinyal di rumah anda. Jenis router ini bisa tanpa kabel, menggunakan kabel atau mungkin kedua-duanya.

Router juga sebagai pertahanan terhadap para peretas. Jika router ini dikonfigurasi dengan tepat, maka koneksi internet pun dapat berjalan dengan cepat, sebaliknya jika konfigurasinya tidak benar.

Maka koneksi internet dapat berjalan lambat dan kemungkinan membuka celah penyusupan bagi para peretas.

Baca juga : 5 Power Bank Terbaik

9. P2P

P2P atau peer to peer merupakan aktivitas internet terbesar saat ini. P2P merupakan kerjasama perdagangan file diantara ribuan individu pengguna.

Peserta P2P menginstal software khusus dikomputernya, dan kemudian secara sukarela berbagi konten musik, ebook, film dan software antara satu sama lain.

Melalui upload dan download, pengguna memperdagangkan file-file berukuran 1 MB sampai dengan 5 GB. Sementara itu, aktivitas ini memicu kontroversial karena ribuan hak cipta film dan lagu diperdagangkan melalui peer to peer ini.

10. E-commerce

E-commerce atau electronic commerce adalah transaksi bisnis untuk pembelian dan penjualan secara online. Terkadang, e-commerce adalah seperti perusahaan anda membeli produk-produk perlengkapan kantor dari perusahaan lain, juga dikenal dengan B2B atau business to business e-commerce.

E-commerce juga adalah ketika anda melakukan pembelian secara pribadi barang eceran dari vendor online atau dikenal sebagai business to consummer atau B2C e-commerce.

E-commerce dapat bekerja karena privasi yang wajar dapat terjamin melalui saran teknis, misalkan melalui https halaman web yang aman, selain itu juga bisnis modern telah menghargai internet sebagai media untuk melakukan transaksi.

11. Addons dan Plugin

Addons adalah kustomisasi dari modifikasi software. Pengguna biasanya memasang addons untuk meningkatkan kekuatan dari browser web dan juga software aplikasi.

Misalnya addons pada Mozilla Firefox, yang dapat mempermudah kebutuhan penggunanya. Selain itu juga kebanyakan addons ini adalah gratis dan dapat ditemukan serta diunduh melalui web.

Plugin adalah jenis dari addons browser web yang istimewa berupa script tambahan yang dirancang dengan tujuan untuk melakuan tugas tertentu. Plugin secara esensinya memerlukan addons, jika anda perlu untuk melihat halaman web yang sangat spesial.

12. Cloud Computing dan SaaS (Software as a  Service)

Cloud computing adalah istilah yang populer untuk software yang bersifat online, dan pengguna dapat menggunakan software tersebut dengan cara ‘meminjamnya’ tanpa harus membeli dan menginstalnya di komputer.

Email adalah contoh yang paling mudah dan familiar dari cloud computing ini. Semua email dari user disimpan dan diakses melalui ‘cloud’ dari internet, dan secara aktual tidak diakses dari komputer mereka sendiri.

Sofware as a service adalah model bisnis yang mengklaim orang-orang yang akan menyewa software dibandingkan dengan memilikinya. Dengan menggunakan browser, mereka mengakses cloud dari internet kemudian melakukan log in pada SaaS software tersebut.

13. Enkripsi dan Otentifikasi

Enkripsi merupakan basis atau bagaimana penggunaan internet publik sebagai jalur untuk melakukan bisnis terpercaya seperti pembelian melalui kartu kredit secara online.

Enkripsi menggunakan formula matematika dan algoritma yang sangat rumit untuk mengubah data yang bersifat pribadi sehingga menjadi acak dan hanya orang yang dipercaya yang bisa memecahkannya dengan menggunakan kode sandi khusus.

Otentifikasi berhubungan langsung dengan enkripsi. Otentifikasi adalah cara yang kompleks di mana sistem komputer dapat memverifikasi bahwa anda merupakan anda yang sebenarnya.

Demikianlah beberapa istilah-istilah internet yang sering ditemukan dalam mengaksesnya. Untuk istilah yang lebih familiar seperti email, chatting, blog, blogging, dan sebagainya tidak dijelaskan di sini, karena sudah sering digunakan.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *