13 Istilah Dalam Internet yang Perlu Dipahami

  • Whatsapp
Istilah Dalam Internet

Fakta, Istilah Dalam Internet – Kebanyakan orang sudah menggunakan internet, seperti halnya anda saat ini mengakses website ini dengan menggunakan internet. Bagaimanapun, bagi para pemula terkadang ada terms internet yang terdengar asing dan belum diketahui maknanya walaupun sering membaca atau mendengarnya.

Baca : Artikel terbaru lainnya tentang Teknologi

Daftar Istilah – Istilah di Dalam Dunia Internet

Oleh karena itu, untuk memudahkan pemahaman mengenai hal ini, berikut ini dijelaskan mengenai istilah umum yang sering dijumpai ketika mengakses internet :

1. Internet dan Web

Jika anda menanyakan apa itu internet pada orang lain, mungkin sebgain besar jawabannya adalah tempat untuk mendownload ataupun tempat untuk melihat gambar-gambar dan media secara online.

Internet atau interconnection-networking adalah hardware, merupakan keseluruhan jaringan atau network dari komputer yang saling terkoneksi dengan memakai acuan tatanan global TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite).

Digunakan sebagai aturan untuk pertukaran paket komunikasi  (packet switching communication protocol) dengan tujuan memberikan pelayanan pada milyaran pengaksesnya di seluruh dunia.

Sementara itu, web atau World Wide Web adalah konten digital yang disajikan melalui perangkat keras internet. Web ditampilkan melalui software browser, seperti Google Chrome, Mozilla, Safari, Opera dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

2. http dan https

Istilah dalam internet selanjutnya adalah http. http adalah kependekan dari hypertext transfer protocol, bahasa dari halaman web. Jika suatu halaman web memiliki prefix tersebut, maka link, teks dan gambar dapat bekerja pada browser web.

https adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secured, yang berarti halaman web tersebut memiliki lapisan enksripsi istimewa untuk menyembunyikan informasi pribadi dan juga kata sandi, sehinggan lebih aman.

3. Browser

Browser merupakan paket software gratis yang memungkinkan anda untuk melihat halaman web, grafik dan sebagian besar konten online. Software browser ini di desain secara spesifik untuk mengkonversi bahasa HTML dan XML menjadi dokumen yang dapat di baca.

4. HTML dan XML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa pemrograman pragmatik yang merupakan dasar dari halaman web. HTML memerintahkan browser web untuk menampilkan teks dan grafik dalam secara berurutan.

XML adalah eXtensible Markup Language, yang merupakan kelanjutan dari HTML. XML berfokus pada katalog dan database konten teks pada halaman web dan merupakan bahasa dasar yang digunakan untuk melacak internet.

5. URL

URL atau uniform resource locators adalah alamat web browser dari halaman internet dan file. URL bekerjasa sama dengan IP address untuk membantu pengguna dalam menemukan nama, lokasi, dan mem-bookmark halaman tertentu serta file-file melalui browser web.

6. IP Address

Internet Protocol address komputer anda adalah 4 bagian atau 8 bagian dari angka serial elektronik. IP adress dapat terlihat seperti 202.3.102.57 ataupun 21DC:D3:0:2H3D:2AA:FF:FE29:9C5A, lengkap dengan tanda titik ataupun tanda kolon sebagai pemisah.

Setiap perangkat yang dapat mengakses internet, baik itu komputer, smartphone, tablet dan sebagainya memiliki sekurang-kurangnya satu IP address untuk tujuan pelacakan.

7. ISP

ISP atau Internet Service Provider merupakan perusahaan pribadi ataupun milik pemerintah yang memungkinkan kita untuk mendapatkan layanan internet, biasanya dengan penawaran berbagai harga dan paket. Untuk beberapa ISP yang mungkin bisa menjadi pilihan anda bisa dilihat di sini.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini terdapat juga WISP (Wireless Internet Service Provider) yang lebih ditujukan untuk para pengguna laptop yang sering melakukan perjalanan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *