7 Oleh Oleh Khas Bangkalan yang Mengugah Selera

  • Whatsapp
oleh oleh khas Bangkalan

Fakta, Oleh Oleh Khas Bangkalan – Siapa sih yang tidak suka plesiran, hampir semua orang tentu antusias bila disuruh liburan ke suatu kota atau negara. Sebagai seorang traveller, sudah pernah berkunjung ke Bangkalan, Madura belom nih kalian? Kalau belom, mendingan buruan bikin jadwal berlibur ke Bangkalan deh.

Karena selain tempat wisatanya yang sangat beragam, Bangkalan  memiliki aneka oleh-oleh bermacam2 lho. Apalagi madura terkenal dengan kulinernya yang nikmat.

Baca : 35 Oleh Oleh Khas Jawa Timur

7 Oleh Oleh Khas Bangkalan

Bila kamu punya niat untuk berkunjung ke Bangkalan, simak beberapa oleh2 rekomendasi khas dari kota ini yuk!

1. Terasi

Dikenal sebagai sentra pembuatan terasi. Bangkalan mempunyai terasi enak yang dibuat dari udang yang difermentasi hingga menghasilkan aroma yang khas. Bentuk terasi ini terbilang unik. Ukurannya cukup besar dengan bentuk lonjong. Dijual dalam beragam pilihan kualitas.

2. Petis

Petis ciri khas Bangkalan berbeda dengan petis dari Jawa Timur. Ada petis ikan dan petis udang yang cukup kecokelatan. Enak dibuat campuran rujak atau masakan petis khas Bangkalan. Dijual dalam kemasan beberapa ukuran. Aroma seafood yang tajam serta tekstur kental jadi ciri khasnya.

Baca Juga : 16 Oleh-oleh Khas Surabaya

3. Jenang Jubada

Plesiran ke Bangkalan dan Pamekasan jangan lupa cicip serta bawa pulang kue khasnya yang satu ini. Bolu jubada adalah kue bolu berwarna cokelat yang sangat terkenal di Bangkalan.

Kue ini dibuat dengan kombinasi tepung beras ketan dicampur dengan gula merah. Ini adalah jajanan khas Bangkalan, Madura. Kuenya mungil dengan ukuran 2cm. Sebelum di nikmati, kue ini terlebih dulu dikukus agar teksturnya kenyal manis.

4. Lorjuk

Lorjuk merupakan kerang bambu berukuran kecil yang banyak ditemukan di pesisir pantau berlumpur. Tidak semua pantai menjadi habitat kerang kecil ini, tetapi di Bangkalan, Madura lorjuk banyak ditemukan.

Selain dimasak, lorjuk dapat jadikan oleh-oleh dalam bentuk goreng kering atau dicampur dengan rengginang. Rasanya gurih dan enak!

5. Otok

Disebut juga dengan kacang otok. Dibuat dari kacang panjang, otok mempunyai rasa pedas, manis serta gurih. Cemilan ini banyak dijumpai di wilayah Bangkalan, Madura. Kacang otok dipasarkan dalam kemasan plastik per Kg. Harga per 500 gramnya dibanderol dengan harga Rp 15 ribu.

6. Kerupuk Ikan

Penggemar kerupuk, harus banget beli oleh-oleh ini untuk dibawa pulang nih. Kerupuk Ikan khas Bangkalan, Madura memiliki rasa yang enak serta gurih. Meskipun merk Kerupuk Ikan Bangkalan cukup banyak, satu yang recommended untuk dibeli ialah Kerupuk Ikan Tiga Saudara.

7. Sewel

Nah jika barusan sudah mengulas oleh2 Petis, kurang lengkap rasanya bila tidak membeli Sewel. Sewel adalah Cireng Khas Bangkalan yang di nikmati dengan bumbu Petis.

Kawasan Bangkalan ialah tempat yang pas untuk berburu Sewel. Tekstur dari Sewel ini didalam kenyal dan diluarnya crispy. Panganan ini termasuk juga salah satu yang banyak dicari saat bulan Ramadhan.

Itulah beraneka macam jajanan yang dapat kalian beli waktu berada di Kota Bangkalan. Tidak ada dalam tempat lain, cuma ada di Bangkalan, lalu jika kalian ingin menemukannya, mari ke Bangkalan, serbu saat ini sebelum kalian menyesal belum merasakan rasanya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *