Oleh-oleh Khas Surabaya

  • Whatsapp
Oleh-Oleh Khas Surabaya

Berkunjung ke kota Surabaya, terasa kurang lengkap tanpa ada ada membeli oleh-oleh buat kerabat di kota asal. Ada di beberapa bentuk, beberapa wisatawan bisa pilih sesuai dengan kemauan. Dari mulai makanan khas sampai souvenir unik, dapat diperoleh dengan mudah di sini. Ditambah dengan harga yang ramah dikantong, Anda tidak perlu cemas isi kantong akan kosong.

Kota yang berjuluk kota pahlawan ini memang memiliki banyak oleh-oleh yang tidak boleh ditinggalkan. Selain harganya yang cenderung cukup terjangkau, keunikan yang ada didalamnya pun patut anda perhitungkan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Untuk itu, berikut ini beberapa oleh-oleh yang wajib anda bawa pulang ketika berada di Surabaya.

18 Oleh-0leh Khas Surabaya yang Terkenal

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Surabaya, sudah mengetahui oleh-oleh khas Surabaya ? Bila belum, yuk kita baca penjelasannya berikut!

1. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno

 

Bila ingin nikmati oleh-oleh berbentuk kuliner khas Surabaya, Spikoe Resep Kuno dapat menjadi pilihan yang terbaik . Spikoe ialah sebauh kue lapis, yang membuatnya memakai resep kuno.

Hingga rasa dari kue lapis ini pasti tidak sama dengan kue lapis yang lain, cita rasanya pun belum pernah beralih dari awal kue ini dibikin. Kamu dapat berkunjung ke toko Spikoe ini pada Jalan Rungkut Madya No. 41, Kota Surabaya.

2. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese

Bila kamu cari oleh – oleh yang sedang hits, Almond Crispy Cheese ialah jawabannya. Rasa-rasanya yang renyah, gurih, dan ringan, jadikan makanan ini sangat pas untuk temani situasi hangat bersama-sama keluarga. Seperti namanya, bahan penting dari produk ini ialah keju dan kacang almond.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Padang

Tidak hanya rasa keju, oleh-oleh Surabaya ini mempunyai variasi rasa yang lain. Beberapa variannya seperti Cokelat, Green Tea, Blueberry, Durian, dan Strawberry. Design packagingnya yang menarik, memberi kesan-kesan mewah dan classy. Kamu dapat temukan camilan ini di sejumlah toko oleh-oleh Surabaya, pada harga seputar Rp 45 ribu rupiah saja.

3. Siropen Telasih

Siropen Telasih

Siropen Telasih adalah salah satu sirup khas Surabaya, yang dibuat oleh JC Van Drongelen. Beliau ialah seorang masyarakat Belanda asli, yang membuat sirup ini pada tahun 1923. Pabrik sirup Siropen pun menjadi pabrik sirup pertama yang berada di Indonesia, tentu saja selain rasanya yang khas sirup ini juga mempunyai nilai riwayat yang tinggi.

Sampai sekarang, pengerjaan sirup Seropen masih memakai tenaga konvensional. Namun proses pemasakannya sekarang sudah memakai gas, sebelumnya setelah memakai kayu bakar. Kamu dapat menemui Sirup Seropen Telasih ini, di pusat oleh-oleh Surabaya seperti Toko Oleh Oleh Panen Raya.

4. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro

Bicara mengenai kuliner di Surabaya, memang tidak pernah ada habisnya. Sangat banyak kuliner yang berada di Kota Pahlawan ini, membuat kita ingin membawanya pulang untuk menjadi oleh-oleh.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malaysia

Buat penggemar abon, kamu dapat pilih Abon Sai Padmosusastro untuk menjadi cindera mata yang dibawa pulang ke kota asal. Abon ini terbagi dalam dua variasi rasa, yakni rasa manis dan pedas.

5. Sambal Cuk

Sambal Cuk

“Sambal Anak Negeri, Kebanggan Jawa Timur untuk Indonesia”, itu tagline dari Sambal Cuk Surabaya. Sesuai taglinennya, Sambal Cuk memang tawarkan variasi Sambal Nusantara yang umum disukai oleh warga Jawa Timur.

Beberapa variasi dari oleh-oleh khas dari Surabaya ini seperti sambal bawang, korek bebek Madura, udang ebi, ikan asin klotok, sampai sambal matah Bali.

6. Pohong Tata

Pohong Tata

Pohong tata atau Ketela Pohon, menjadi salah satu oleh-oleh Surabaya yang mempunyai cita rasa gurih dan nikmat. Bukan hanya direbus dan digoreng saja, Pohon Tata diproses dengan dibakar terlebih dulu.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malang

Kemudian pohong bakar akan diberi parutan keju dan dibungkus dengan unik dan menarik, dengan warna ungu dan gambar anak kecil di muka paket. Biasanya, Pohong Tata seringkali ditawarkan di beberapa outlet dekat sama tempat pariwisata.

7. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis kelihatannya mulai menjadi kue yang sedang disukai warga, baik itu masyarakat milenial atau generasi orangtua kita. Kue Lapis Surabaya mempunyai cita rasa yang manis, dan empuk.

Beberapa masyarakat lebih suka mengatakan dengan kue Bolu Surabaya, tetapi kue lapis ini lebih empuk dibanding kue bolu. Kue Lapis Surabaya ini sangat cocok untuk jadikan oleh-oleh, dengan beberapa variasi rasa dan topping.

8. Suoklat

Suoklat

Biasa disebutkan dengan Soklat, ialah panggilan cokelat yang disampaikan dalam bahasa Jawa Surabaya. Produk ini ialah satu cokelat yang dilelehkan, dan didalamya berisi kacang mete dan kurma. Bila kamu ingin bawa Suoklat ini, kamu dapat berkunjung ke langsung alamat produksinya di Jalan Gubeng Kertajaya VIIC Surabaya.

9. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk

Tidak hanya oleh-oleh yang berupa makanan atau jajan, Surabaya mempunyai oleh-oleh khas berbentuk kaos. Bila Jogja mempunyai Dagdu Jogja, karena itu Surabaya mempunyai kaos Cakcuk Surabaya. Design kaos yang dibuat ini, dapat disebut cukup nakal dan bonek-able. Memakai bahasa suroboyoan, membuat kaos Cak Cuk cukup menyentil di telinga warga.

10. Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang ialah jajanan basah yang menyebar nyaris di semua daerah Indonesia, tidak kecuali Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, Kue Bikang Peneleh ialah bikang yang terpopuler. Sampai sekarang kue Bikang masih menjadi makanan favorite masyarakat Surabaya, hingga tidak salah untuk membawanya menjadi oleh-oleh.

11. Glory Cake Surabaya

Glory Cake Surabaya

Glory Cake ialah merek roti yang melegenda di Surabaya, toko ini tawarkan beberapa jenis roti rasa buah-buahan. Menggabungkan roti dengan beberapa potongan buah, membuat dapat menarik peminat warga. Ditambah lagi, Fruit Cake Glory ini memiliki kandungan banyak gizi di dalamnya. Bila kamu ingin memilihnya untuk menjadi buah tangan, cukup keluarkan uang seputar RP 60 ribu sampai Rp 75 ribu rupiah saja.

12. Rambak Sapi

Rambak Sapi

Sapi memang satu hewan yang kaya faedahnya, bukan hanya dagingnya saja tetapi kulitnya juga dapat diolah dan dijadikan camilan. Salah satunya olahan kulit sapi ialah kerupuk rambak, camilan yang cukup disukai semua tipe golongan.

Kerupuk rambak mempunyai rasa yang gurih dan bertekstur renyah, sesudah dibuka juga kerupuk rambak sapi ini bisa bertahan sampai setahun.Dengan periode ketahanan yang lama itu, tidak bingung bila Rambak Sapi sangat cocok untuk jadikan oleh-oleh. Untuk makin menjaga kerenyahan dari kerupuk rambak, taruh dalam tempat yang kedap udara. Tidak hanya dibikin camilan, Rambak Sapi ini pas untuk jadikan makanan pedamping beberapa makanan. Makanan yang pas seperti sate,  bubur, atau makanan yang disajikan dengan nasi hangat.

13. Belinjo Udang

Belinjo Udang

Sebagian orang akan menyebut oleh-oleh khas Surabaya ini dengan nama melinjo, yakni semacam tanaman yang seringkali diolah menjadi emping. Belinjo Udang atau Blidang tidak mempunyai rasa pahit, sebab melinjo yang dipakai sudah digabung dengan udang asli dan rempah-rempah pilihan.

Bila biasanya emping mempunyai rasa pahit, karena itu Blidang malah mempunyai rasa manis.Tidak hanya rasa manis, Blidang mempunyai variasi rasa lain yang disenangi warga. Variasi rasa yang lain seperti pedas manis, udang pedas, dan udang Balado. Mempunyai rasa yang cocok di lidah Indonesia, membuat Belinjo Udang sangat cocok untuk jadikan oleh-oleh ke kota asalmu. Untuk membelinya kamu langsung dapat berkunjung ke pusat produksinya, yakni di wilayah Bibis Tama Tandes Surabaya.

14. Keripik Buah Kane-kane

Keripik Buah Kane-kane

Satu krupuk atau kripik oleh-oleh khas kota Surabaya, yakni Keripik Buah Kane-Kane. Bahan fundamen untuk bikin keripik ini ialah beberapa buah-buahan fresh, seperti apel sampai nangka. Untuk paketannya, akan dibeda-bedakan sesuai rasa keripik. Tetapi kamu bisa membeli jenis Mix, dimana di dalam paket akan berisi beberapa jenis variasi keripik. Produk ini banyak disenangi oleh warga, pada harga sekitar Rp 17 ribu ingga Rp 70 ribu rupiah.

Keripik Buah Kane-Kane ini, menjadi buah tangan yang seringkali diambil oleh beberapa pelancong. Tidak hanya sederhana, bila pilih tipe Mix karena itu kita dapat memberi beberapa jenis variasi pada sebuah produk. Rasa-rasanya yang gurih dan khas buah, membuat Keripik Buah Kane-Kane banyak disenangi oleh warga.

15. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran

Melihat hasil laut yang banyak dari Pantai Kenjeran, membuat warga juga memanfaatkannya menjadi sebuah karya yang bisa di nikmati bersama-sama . Salah satunya hasil kreatifitanya ialah, kerupuk memiliki bahan seafood. Bila kamu melalui Pantai Kenjeran, dari jarak yang jauh saja telah tercium aroma khas kerupuk ikan ini.Kerupuk ikan ini dapat menjadi oleh-oleh khas dari Surabaya, yang gurih dan nikmat. Kerupuk ini dipasarkan dalam dua tipe, yakni siap makan dan mentah.

Bila kamu ingin memasaknya sendiri, maka membeli kerupuk tipe mentah ialah pilihan terbaik . Harga dari Ikan Kenjeran ini juga lumayan murah, yakni cuma sekitar Rp 15 ribu rupiah saja. Kamu bisa membeli Kerupuk Ikan Kenjeran ini di sejumlah toko oleh-oleh Surabaya, atau langsung ke arah seputar Pantai Kenjeran.

16. Jenang dan Sirup Mangrove

Sirup Mangrove Surabaya

Oleh-oleh Surabaya yang paling akhir ialah, jenang dan Sirup Mangrove. Bila umumnya kamu temukan pohon mangrove hanya menjadi objek wisata menarik, kesempatan ini kamu dapat nikmati olahan Mangrove menjadi jenang dan sirup. Jenang mangrove berwarna cokelat, dengan struktur kenyal dan rasa yang legit. Sedang untuk sirupnya mempunyai rasa unik, yakni asam manis. Sirup Mangrove ini sangat pas, dijasikan untuk kombinasi minuman dingin.

17. Sambal Udang Bu Rudy

Sambal Udang Bu Rudy

Anda yang menyukai makanan pedas maka anda wajib mendapatkan oleh-oleh satu ini. Sambal udang ini memang banyak dicari oleh para wisatawan dimana mereka kebanyakan membelinya dalam kemasan yang cukup banyak sekaligus. Sambal ini sendiri memiliki cita rasa yang cukup khas dan tidak ditemukan pada sambal lainnya. Sambal ini sendiri memiliki berbagai cita rasa mulai dari sambal bajak, sambal bawang, hingga sambal udang. Untuk harga sambal ini bisa dibilang sangat terjangkau hanya Rp 25.000 anda bisa mendapatkan satu botol sambal ini. Untuk mendapatkan sambal ini sendiri, anda bisa datang ke Jalan Dharmahusada 140.

18. Guna-guna Snack

Guna-guna Snack

Siapa sangka jika keripik singkong dan keripik kentang yang sederhana bisa dikemas menjadi buah tangan yang cukup menarik. Guna-guna snack ini mampu menghasilkan sensasi yang berbeda pada jajanan tersebut. Disini, anda bisa mencicipi keripik singkong sambal balado yang akan membuat lidah anda ketagihan untuk mencicipinya. Selain itu, disini juga ada pilihan lainnya yang bisa dibawa pulang seperti baso goreng, samosa, keripik buah naga dan lain sebagainya yang bisa dibuat oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *