8 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Sayang untuk Dilewatkan

  • Whatsapp
Oleh-oleh khas Banyuwangi

Fakta, Oleh-Oleh Khas Banyuwangi – Apa kamu akan berkunjung ke Banyuwangi ? Salah satunya wilayah di Indonesia ini, memang mempunyai beberapa daya tarik alam dan kulinernya. Saat berkunjung ke Banyuwangi, belum komplet rasannya bila tidak bawa suatu hal untuk keluarga di dalam rumah.

Baca : 35 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

8 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Lalu, apa saja oleh-oleh oleh khas Banyuwangi? Dibanding bingung, yuk baca beberapa oleh-oleh khas Banyuwangi pada penjelasan berikut.

1. Sale Pisang

Sale pisang ialah jajanan khas Banyuwangi, yang seringkali diambil pelancong untuk menjadi oleh-oleh. Sesuai namanya, sale pisang dibuat dari buah pisang yang disisir tipis dan dijemur sampai kering.

Di Banyuwangi sendiri ada banyak sentral produksi sale pisang, yang serta sudah diketahui oleh warga luat. Ada beberapa macam sale pisang yang dibuat, misalnya seperti sale pisang basah.

Tidak hanya sale pisang basah, ada juga cemilan sale pisang, keripik sale pisang, sale pisang goreng, dan bahkan sampai molen sale pisang. Rasa legit yang dipunyai oleh sale pisang khas Banyuwangi ini, pasti membuat kita suka saat menyantapnya.

2. Rengginang

Rengginang ialah satu cemilan yang dibuat dari beras ketan, dan hingga sekarang rengginang sudah terkenal di semua wilayah Jawa. Rengginang khas Banyuwangi mempunyai rasa dan tampilan yang cukup tidak sama, memiliki bentuk bundar dan datar sebab memang diciptakan memakai tangan.

Ketika digoreng rengginang khas Banyuwangi akan mekar rata, dan rasa yang dipunyai lebih renyah dan ringan. Pada proses pengeringannya pun tidak memakai penjemuran di bawah cahaya matahari, tetapi memakai oven. Hingga, rengginang khas Banyuwangi semakin lebih kering dan mengembang dengan cara rata saat digoreng.

3. Kerupuk Rumput Laut

Apa kamu pecinta rumput laut ? Banyuwangi memiliki camilan rumput laut, yang dikemas berbentuk kerupuk. Masyarakat Indonesia sendiri sudah pasti familiar, serta menyukai olahan kerupuk.

Kerupuk rumput laut ini memiliki kandungan bahan penambahan rumput laut spesies Eucheuma Cottonii, yang menjadi pembeda dari kerupuk yang lain. Rasanya yang gurih dan khas , membuat siapa saja tentu suka untuk menyantapnya.

Bila kamu ingin memberi oleh-oleh yang cukup tidak sama dari umumnya, pastinya kerupuk rumput laut ini dapat menjadi pilihannya. Kamu bisa temukan olahan kerupuk rumput laut, di sejumlah toko oleh-oleh Banyuwangi.

Baca Juga : 16 Oleh-oleh Khas Surabaya

4. Pia Glenmore

Tidak sama dengan pia jogja, pia khas Banyuwangi ini lebih mempunyai rasa yanglezat dan harga yang murah. Nama Pia Glenmore menjadi cukup unik, sebab menjadikan satu nama western di dalamnya.

Walau sebenarnya, nama Glenmore ialah nama dari salah satu kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Pia Glenmore mempunyai beberapa variasi rasa, sampai sekarang ada seputar 11 variasi rasa yang dipunyai Pia Glenmore.

Sebelas rasa itu berbentuk kacang merah, nanas, strawberry, pisang keju, kacang hijau, dan berbagai rasa yang lain. Kamu bisa temukan Pia Glenmore ini di dua tempat yakni pada Jalan Raya Jember 51 Glenmore, dan Jalan Kolonel Sugiono 33 Banyuwangi.

5. Kopi Banyuwangi

Tidak ada kelirunya bila kamu pilih memberi kopi untuk oleh-olehmu, passalnya Banyuwangi juga mempunyai olehan kopi yang tidak kalah lezat. Ada 4 tipe produk kopi yang bisa jadikan oleh oleh seperti kopi seblang, kopi pingit kopi lanang, dan kopi kemiren.

Keempat kopi itu, pasti mempunyai cita rasa yang khas dan tentu saja harus buat kamu cicip. Perlu kamu tahu, Banyuwangi diketahui sebagai salah satu daerah di Indonesia yang membuahkan kopi.

Dapat disebutkan kualitas kopi di Banyuwangi telah tak perlu disangsikan kembali, hingga kamu dapat percaya memberi kopi untuk oleh-oleh di dalam rumah. Banyuwangi sendiri mempunyai lumayan banyak perkebunan kopi, sampai ada filosofi “sekali teduh kita bersaudara”.

6. Kerajinan Gintangan

Salah satu desa di Banyuwangi yakni Gintangan, sejak dahulu memang sudah diketahui untuk sentral industry kerajinan. Kamu dapat pilih beberapa kerajinan anyaman bambu, atau kerajinan yang lain yang mengingatkanmu pada Banyuwangi.

Pastinya beberapa masyarakat yang membuat kerajinan di sini sudah terlatik, hingga membuahkan produk yang bermutu. Bila kamu masuk desa Gintangan di Kecamatan Rogojampi, karena itu kamu dapat lihat jejeran showroom kerajinan bambu di selama ruas jalan penting.

Biasanya showoom itu ditempatkan pada satu tempat dengan tempat pekerjaan produksi, hingga beberapa pengunjung bisa lihat dengan cara langsung pengerjaan kerajinan anyaman dari bambu.

7. Panci Dandang Kalibaru

Bila awalnya kerajinan memakai anyaman bambu, karena itu sekarang kamu dapat juga memberi panci atau dandang khas Banyuwangi. Bila kamu ke arah Banyuwangi dari arah Jember, tentu kamu akan didatangkan dengan panorama deretan toko yang jual perlengkapan rumah tangga.

Beberapa dari peraltan itu, dibuat berbahan alumunium yang kelihatan kokoh dan cantik. Wilayah itu adalah lokasi sentral kerajinan Sayangan, persisnya pada Desa kalibaru Wetan. Lokasi kerajinan ini serta telah merambah tingkat export, hingga produk rumah tangga yang dipasarkan tak perlu disangsikan mutunya.

Ditambah lagi kerajinan perlengkapan rumah tangga ini adalah hand made, yang makin meningkatkan keunikan dan kecantikan dariseluruh produknya.

8. Savana Cake

Memberi oleh-oleh cake, memang umum dilaksanakan oleh beberapa pelancong. Banyuwangi juga mempunyai satu kue khas , yang ditanggung kamu tidak pernah lupa dengan kelezatannya.

Savana Cake sendiri memakai pisang untuk bahan dasarnya, dan terinspirasi dari padang savana yang indah di Taman Nasional Alas Purwo.Savana Cake khas Banyuwangi ini mempunyai 5 variasi rasa, dimana rasa itu sebagai wakil tujuan wisata di Banyuwangi.

Variannya yakni Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunride of Java, dan Savana Wedi Ireng. Bila kamu ingin mencicip atau membeli cake ini, karena itu datanglah ke gerai di Jalan Letjen S Parman No. 26.

Berkunjung ke kota Banyuwangi, terasa kurang lengkap tanpa ada ada membeli oleh-oleh buat kerabat di kota asal. Ada di beberapa bentuk, beberapa wisatawan bisa pilih sesuai dengan kemauan.

Dari mulai makanan khas sampai souvenir unik, dapat diperoleh dengan mudah di sini. Ditambah dengan harga yang ramah dikantong, Anda tidak perlu cemas isi kantong akan kosong.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *