Makanan Khas Bangka Belitung
Kuliner

Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan khas bangka belitung adalah salah satu wilayah di indonesia yang banyak dijadikan sebagai destinasi wisata. Disana ada banyak sekali lokasi wisata yang sangat cantik dan juga begitu khas indonesia. Keindahan alam dari pulau yang satu ini juga begitu istimewa sehingga tidak heran jika di bangka belitung pernah dijadikan sebagai tempat untuk melakukan syuting film yang begitu popular. Anda yang berencana untuk mengunjungi banka belitung sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Ketika berada disana juga jangan sampai melewatkan Kuliner makanan khasnya.

10 Makanan Khas Bangka Belitung yang Istimewa

Anda bisa mencicipi makanan khas bangka belitung ini sambil melihat pemandangan yang cantik dari pulau tersebut. Berikut ini adalah 10 makanan yang perlu anda coba:

1. Lakso

Lakso

Lakso makanan khas bangka belitung yang begitu menari untuk dicoba. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Sebenarnya jika dilihat dari bentuk dan rasanya lakso sangatlah mirip dengan putu mayang. Namun tentunya akan ada beberapa perbedaan karena bahan yang digunakan untuk membuat lakso bukan hanya dari tepung besar saja melainkan juga ada tambahan bahan lain seperti sagu dan juga santan.

Klik lihat: Makanan khas Bandung

Penyajian dari lakso juga berbeda dengan putu mayang. Jika putu mayang disajikan dengan siraman air gula jawa yang cair, lakso akan diberi sup gangan. Sup gangan terbuat dari kuah santan ikan tenggiri sehingga rasanya lezat dan gurih.

2. Sup Gangan

Sup Gangan

Sup gangan merupakan makanan khas banka belitung banyak banyak dihidangkan bersama nasi, lakso atau makanan lainnya. Sup ini terbuat dari bahan ikan tenggiri yang masih begitu segar dan di reus dengan santan yang diberi berbagai macam bumbu rempah yang lengkap cita rasa dari sup gangan ini seperti ada rasa asam, gurih dan pedas sehingga begitu nikmat ketika dinikmati saat hangat.

Klik lihat: Makanan khas Bali

Jika anda berkunjung ke belitung sebaiknya jangan sampai melewatkan menu khas yang satu ini. Sebagai salah satu dari 10 makanan enak khas bangka belitung, sup gangan tidak akan mengecewakan lidah anda.

3. Sambelingkung

Sambelingkung

Makanan khas dari bangka belitung yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh adalah sambelingkung. Makanan ini mirip seperti abon atau serundeng namun bahan utama yang digunakan adalah dari ikan tenggiri.

Masyarakat di bangka belitung memang banyak yang bekerja sebagai nelayan sehingga bahan seperti ikan tenggiri lebih mudah untuk didapatkan dibandingkan sapi atau ayam. Abon ikan tenggiri ini memiliki cita rasa yang sangat lezat seperti abon namun jika anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh harus menyiapkan uang cukup karena memang harganya lumayan mahal. Sambelingkung ini memiliki rasa manis, gurih, dan asin sehingga pas untuk dijadikan sebagai lauk makan.

4. Rusip

Rusip

Rusip menjadi salah satu dari 10 makanan khas bangka belitung lezat khas bangka belitung yang juga perlu untuk anda coba. Rusip sebenarnya merupakan nama sambal. Para wisatawan yang datang ke bangka belitung akan sangat senang untuk mencari sambal khas yang satu ini. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal rusip adalah dari ikan teri yang telah diferementasi selama kurang lebih 7 hari. Teri tersebut diberi tambahan gula merah dan juga garam. Setelah dilakukan fermentasi, teri diberi cabe, bawang merah serta jeruk kunci. Biasanya sambal ini akan sangat nikmat jika digunakan untuk menyantap ikan goreng.

5. Mie Koba

Mie Koba

Anda yang berkunjung ke belitung jangan sampai ketinggalan untuk mencoba yang namanya mie koba. Makanan ini sangat lezat dan benar-benar menggoyang lidah karena terbuat dari bahan berkualitas seperti mie, ikan tenggiri, lontong, dan juga berbagai macam toping. Tampilan dari mie ini sangat menarik karena diatasnya terdapat potongan ikan tenggiri, telur rebus, bawang goreng dan seledri.

Klik lihat: Makanan khas Banjarmasin

Kuah dari mie koba tercium seperti kuah udang yang sangat gurih. Supaya semakin nikmat anda bisa menambahkan perasan jeruk kuncik di dalam mangkuk mie koba. Rasa dari mie ini akan membuat anda semakin rindu untuk mencicipinya kembali suatu saat nanti.

6. Pantiaw

Pantiaw

Pantiauw menjadi salah satu dari 10 makanan khas bangka belitung yang terkenal begitu nikmat. Jika dilihat dari penyajiannya pantiauw mirip seperti kwetiauw khas belitung. Isi dari satu mangkuk pantiauw terdiri dari mie pilih dari tepung beras dan ada juga yang dari tepung gandum. Tekstur dari mie memang mirip dengan kwetiauw.

Cara penyajiannya cukup berbeda karena di pantiauw ada toping ikan tenggiri sehingga sangat khas belitung. Rasa kuah dari makanan khas bangka belitung ini begitu manis, gurih dan pedas meskipun terlihat bening. Selain ikan tenggiri, makanan ini juga ada yang diberi toping ikan parang.

7. Berego

Berego

Berego adalah makanan yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan tepung beras. Makanan ini jika dijawa mungkin akan sangat mirip dengan lontong. Barego biasanya disantap dengan berbagai macam makanan khas dari belitung seperti kuah kari ikan, mie belitung, sup gangan dan juga banyak makanan khas bangka belitung berkuah lainnya.

Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah ketika berkunjung ke belitung karena banyak dijual di warung makan atau bahkan di warung kaki lima. Bahkan berego juga bisa ditemukan di restoran hotel bintan lima di wilayah belitung.

8. Kricu

Kricu

Makanan seperti kricu adalah makanan yang banyak disukai oleh siapa saja termasuk anda apabila telah mencobanya. Kricu adalah kerupuk khas belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Selain itu ada juga kricu yang terbuat dari telur cumi yang dikombinasikan dengan sagu sehingga rasanya begitu gurih, sedap dan juga banyak mengandung gizi.

Makanan khas bangka belitung ini dibuat dengan proses yang sangat baik serta diberi tambahan bumbu yang lengkap seperti bawang merah putih, garam, lengkuas dan bahan lainnya kemudian adonan akan langsung digoreng di dalam minyak yang panas. Anda bisa menjadikan kricu sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

9. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak

Makanan yang sering disebut dengan sebutan lempok cempedak ini banyak dijadikan sebagai oleh oleh. Anda bisa menemukan lempok ini di toko oleh oleh. Bahan yang digunakan untuk membuat lempok ini adalah dari bahan cempedak.

Sebenarnya lempok pada awalnya adalah makanan khas lampung namun jika dilampung bahan dasarnya adalah dari durian sedangkan di bangka terbuat dari buah cempedak. Rasa dari makanan ini sangat manis dan juga legit sehingga cocok dinikmati dengan teh atau kopi.

10. Mie Bangka

Mie Bangka

Mie bangka juga masuk ke 10 makanan khas dari bangka belitung yang sangat wajib untuk dicoba. Makanan ini sekilas mirip seperti mi ayam pada umumnya. Anda bisa menemukan mie ini dengan berbagai macam pilihan toping yang lezat mulai dari bakso ikan, kepiting, pangsit, tauge, taju kok, dan juga sayur caisim. Saat anda memesan mie bangka sebaiknya jangan sembarangan atau paling tidak bertanya mengenai topingnya karena banyak juga yang menjual mie bangka dengan toping daging babi. Tentu saja daging babi tidak boleh dikonsumsi oleh anda yang merupakan seorang muslim.

Sekian informasi mengenai 10 makanan khas bangka belitung yang lezat dan menggoda semoga liburan anda di bangka belitung terasa menyenangkan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *