Oleh-Oleh Khas Gresik
Travel

12 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Mengugah Selera

Oleh-Oleh Khas Gresik – Waktu kamu berkunjung ke Gresik, rasanya tidak afdol jika sebelum pulang tidak membeli oleh-oleh khas Gresik. Berbicara mengenai Gresik memang sepintas yang ada di ingatan adalah semen terkenalnya yang bernama Semen Gresik.

Kota Gresik cukup familiar dengan beberapa wisata alamnya, seperti Pulau Bawean yang sangat indah sekali. Di samping itu Gresik memang mempunyai daya tarik yang positif buat wisatawan yang berkunjung.

Karena suasana di Gresik kendati tidak begitu sejuk akan tetapi pemandangan alamnya tidak kalah eksotis dengan daerah yang lain. Jadi tidak heran bila banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Gresik selalu ramai.

Baca : 35 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

12 Oleh-Oleh Khas Gresik

Nah buat kalian yang sudah menghabiskan liburan di Gresik, dan pulangnya mau membawa bekal untuk di bawa pulang ke rumah. Sebab itu silahkan simak rekomndasi selengkapnya di bawah ini :

1. Pudak

Pudak ini salah satunya kuliner ciri khas Gresik. Pudak dibikin dari kombinasi santan kelapa, gula jawa serta tepung beras. Makanan ciri khas ini dibungkus pelepah pisang serta dikukus sampai masak. Pudak disebutkan kue ope.

Disamping itu, ada pula yang dibikin dari sagu hingga disebutkan pudak sagu. Pudak yang berwarna putih, memakai gula pasir untuk jadikan rasa-rasanya lebih manis sesaat jika warnanya merah, bermakna gula yang dipakai ialah gula merah.

2. Otak – otak Bandeng

Otak – otak bandeng ialah cincangan daging bandeng yang mempunyai rasa yang benar-benar unik tidak hanya empuknya serta gurihnya, sebab dibagian dalamnya ada ada bumbu-bumbu ciri khas nusantara yang diproses bersama-sama daging bandeng yang telah bersih dari duri.

Baca Juga : 7 Oleh-Oleh Khas Bondowoso yang Wajib Kamu Beli

3. Jubung

Jubung ialah jajanan seperti jenang dibuat dari ketan hitam yang di taburi wejan. Umumnya Jubung diletakkan dalam selongsong warna putih kecoklatan yang dibuat dari daun pohon pinang muda yang di lilit seperti gelas mini.

4. Kobiku

Kobiku ialah produk olahan biji kurma yang diolah seperti pengerjaan bubuk kopi, tetapi lewat proses-proses yang lebih susah. Tidak hanya mempunyai cita rasa serta aroma yang ciri khas, Kopi biji kurma Kobiku mempunyai beberapa manfaat yang bisa mengobati beberapa penyakit.

5. Songkok atau Peci

Untuk simbol penutup kepala warga Indonesia, songkok ini rupanya jadi salah satunya kerajinan ciri khas Gresik. Jadi kota yang seringkali didatangi untuk wisata religi sebab terdapatnya beberapa makam walisongo jadi salah satunya fakta kerajinan songkok ditekuni di Gresik ini.

Salah satunya desa sebagai pusat kerajinan songkok ialah Desa Bungah. Dengan kualitas yang bagus, songkok produksi desa ini sudah dijual di semua Indonesia.

6. Rebana

Salah satunya alat musik yang ciri khas dengan keislaman ini banyak dibuat di desa-desa kota Gresik. Diantaranya yakni desa Kaliwot Kecamatan Bungah.

Tidak cuma jadi kerajinan kota Gresik yang populer di Indonesia, Rebana produksi Kaliwot ini sudah tembus pasar internasional seperti Mesir, Turki, India, Maroko, Brunei Darusalam, Malaysia,  serta sampai Finlandia.

7. Kue Bonggolan Asli Gresik

Sekilas terdengar kue asli Gresik ini sedikit yang mengetahui, memang kue bonggolan banyak di dapatkan cuma di Gresik saja. Tetapi bila masalah rasa tentu kalian ingin sekali memborongnya untuk dibawa pulang.

Kue bonggolan ini populer dengan rasa-rasanya yang demikian lezat sekali, gurihnya membuat mulut ini seolah tidak mau berhenti kunyah.

8. Petis Gresik

Gresik tidak cuma diketahui dengan olahan makananya saja, tetapi ada bahan fundamen pengerjaan rujak yang ada seperti Petis. Warga Gresik umumnya bukan hanya untuk jadi bumbu saja.

Namun untuk buat penambahan seperti sambal yang digabung dengan udang kecil. Disamping itu petis asli Gresik tidak sama dari wilayah lainnya, sebab teksturnya yang lembut tetapi lunak tidak lengket.

9. Keripik Bayam

Enaknya bila berlibur di Gresik ditemani dengan camilan ini seperti Keripik bayam, khasnya makanan satu ini termasuk terbanyak di beli beberapa pengunjung yang sedang weekend diakhir minggu.

Sesuai dengan namanya bahan fundamen keripik satu ini dibuat dari sayuran bayam fresh, yang diproses dengan memakai tepung serta di aduk bersama-sama bumbu.

Baca Juga : 9 Oleh-Oleh Khas Bojonegoro yang Gak Bikin Dompet Jebol

10. Ikan Bandeng Asap

Jika kalian ingin membungkus makanan bandeng asap ini, jangan cemas tentang keawetanya. Sebab ikan yang di asap ini arahya bisa bertahan sepanjang kira-kira 2 hari.

Selain itu asapnya yang melekat pada ikan akan memiliki ciri kelezatan yang lezat sekali. benar-benar rekomended sekali loh buat lauk di kampung kelak.

11. Kerajinan Tangan Damar Kurung

Bukan hanya makanan, Anda dapat juga beli hasil kerajinan di Gresik. Salah satunya kerajinan ciri khas Gresik yang dapat Anda pikirkan ialah Damar Kurung Mini.

Kerajinan ciri khas Gresik satu ini ialah tipe kerangka lampion lampu. Bedanya ialah, Damar Kurung ini jadi makin etnik dengan balutan lukisan ciri khas Gresik yang memvisualisasikan kehidupan Gresik setiap hari.

12. Legen

Ada pula minuman khas Gresik, loh. Minuman ini namanya ialah Legen. Sebab di nikmati dengan es supaya lebih fresh, karena itu oleh masyarakat ditempat disebutkan es legen. Nah, es legen ini dapat Anda dapatkan di beberapa kota seputar Gresik, seperti Surabaya contohnya.

Dengan jumlah oleh-oleh yang banyak, kamu yang berkunjung ke kota ini tidak perlu ragu untuk membawa pulang beberapa di antara oleh-oleh tersebut ya. Silahkan bersenang-senang di Gresik!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *