Oleh-oleh Khas Jogja
Travel

Oleh-oleh Khas Jogja

Jogja memang ngangenin. Sekali pernah ke Jogja, dijamin kamu akan pengen balik lagi ke kota pelajar ini. Jogja memang kota pelajar, namun Jogja juga punya daya tarik lain. Salah satunya adalah wisata. Wisata di Jogja seakan tiada habisnya mulai wisata alam, religi, budaya, sejarah, bahkan tempat-tempat hits untuk hunting foto. Namun jangan lupa beli oleh-oleh sebelum pulang. Apa saja oleh-oleh khas Jogja? Bagi kalian yang belum pernah ke Jogja, kami punya beberapa rekomendasi oleh-oleh untuk kalian beli.

10 Oleh-oleh Khas Jogja

Di Jogja, kalian bisa menemukan tempat-tempat wisata yang indah, seru, dan mengesankan. Jogja memang cocok untuk liburan keluarga, liburan bersama teman-teman, liburan sekolah, maupun berbulan madu bersama sang kekasih. Tentu saja, rasanya tak lengkap jika belum membeli oleh-oleh. Berikut beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta yang rekomended untuk kalian semua:

1. Bakpia

Cemilan yang satu ini memang sudah sangat identik dengan kota Jogja. Bakpia adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung terigu dengan isi kacang hijau. Cara masaknya adalah dengan dipanggang. Sekarang, bakpia semakin populer dan mengalami perkembangan pesat. Kita bisa lihat jenis bakpia yang semakin beragam, rasanya yang makin bervariatif, dan harganya pun tergantung budget. Beberapa rasa bakpia yang sering ditemukan di Jogja adalah rasa kumbu hitam, keju, cokelat, durian, dan masih banyak lagi. Untuk membeli bakpia, kalian bisa datang ke kawasan Malioboro, pasar Beringharjo, dan berbagai toko pusat oleh-oleh Jogja.

2. Yangko

Yangko

Yangko adalah kue mochi khas Jogja. Bentuknya memang mirip kue mochi. Bahan pembuatannya adalah dari tepung beras ketan. Teksturnya sangat kenyal sehingga benar-benar nikmat. Biasanya berisi kacang cincang. Rasanya seperti kue mocha yaitu manis legit. Penampilannya sangat menarik karena warna-warni. Bentuknya kotak-kotak kecil dengan taburan tepung. Biasanya, 1 kota yangko isinya 30 buah. Rasanya pun bermacam-macam.

Lihat juga: Makanan khas jogja yang enak dan murah

Untuk membeli yangko, ada banyak pilihan tempat yang rekomended di Jogja. Salah satunya yaitu Yangko Pak Prapto yang sudah ada sejak 1921. Lokasinya ada di jl. Pramuka nomor 82. Selain itu, yangko juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, toko oleh-oleh Jogja, dan lain sebagainya.

3. Gudeg Kering

Gudeg Kering

Gudeg adalah makanan khas Jogja. Itulah kenapa Jogja juga dikenal sebagai kota Gudeg. Jadi, belum lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Jogja belum membeli gudeg. Namun yang cocok dijadikan oleh-oleh makanan khas Jogja adalah gudeg kering karena lebih mudah dibawa dan tahan lama. Jika gudeg basah harus segera dimakan, gudeg kering bisa bertahan sekitar 3 hari. Jadi sangat cocok dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Salah satu tempat paling terkenal untuk membeli gudeg adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum punya banyak cabang sehingga mudah ditemukan. Jika kalian kesulitan menemukan Gudeg Yu Djum, kalian bisa mencoba tempat lain seperti Gudeg Bu Narni, Gudeg Wijilan, dll. Gudeg kering bisa disimpan di kulkas agar lebih awet.

4. Geplak

Geplak

Makanan khas Jogja memang terkenal dengan rasa manisnya. Begitu juga dengan Geplak yang rasanya juga sangat kental manisnya. Geplak juga sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan saat liburan ke Yogyakarta. Bahan pembuatannya dari daging kelapa diiris tipis-tipis lalu dimasak dengan dicampuri gula. Sekarang, geplak sudah semakin banyak varian rasanya. Warnanya pun semakin bervariatif dan lebih menggoda. Saking manisnya, jika kalian makan geplak lalu minum teh manis, teh tersebut rasanya jadi tawar karena efek manis dari geplak.

5. Coklat Monggo

Coklat Monggo

Coklat Monggo juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja saat ini. Sensasi coklat Monggo berbeda dengan cokelat pada umumnya. Dengan cita rasa Belgia, coklat Monggo memang unik. Diolah dari biji cokelat pilihan dari Sulawesi, Sumatera dan Jawa, cokelat ini sekarang lebih identik dengan Jogja. Pemiliknya memang asli Belgia sehingga cita rasanya Belgia banget.

Meski begitu, Coklat Monggo membawa unsur budaya khas Jawa Tengah. Terbukti dengan menamainya menjadi “Coklat Monggo”. Kemasannya pun menampilkan gambar wayang. Kemasannya juga ramah lingkungan karena terbuat dari kertas daur ulang. Penasaran dengan Coklat Monggo khas Yogyakarta ini? Langsung saja datang ke Jl. Dalem KG III/978 Kotagede untuk membeli cokelat ini sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

6. Salak Pondoh

Salak Pondoh

Gunung Merapi di Yogyakarta memang memberi berkah besar bagi masyarakat sekitar. Lahan sekitar Gunung Merapi sangat subur untuk menanam buah salak pondoh. Dagingnya kering warna putih. Rasanya manis dan segar. Bahkan, ada kampung agrowisata salak pondoh di Yogyakarta tepatnya di kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Salak pondoh juga bisa dibeli di pasar-pasar tradisional maupun kios-kios buah.

7. Batik

batik jogja

Oleh-oleh khas dari Jogja tak melulu soal makanan. Batik sangat berkaitan erat dengan Jogja. Tak heran jika banyak orang jauh-jauh ke Jogja membeli batik. Di Jogja, batik bisa dibeli dalam bentuk kain, pakaian, bahkan produk lain seperti sandal, syal, tas, dll. Beberapa tempat rekomended membeli batik adalah Pasar Beringharjo, jalan Malioboro, Desa Karebet, dll.

8. Souvenir Perak

Souvenir Perak

Kotagede adalah salah satu daerah di Yogykarta yang dikenal dengan kerajinan peraknya. Kerajinan perak Kotagede sudah terkenal sejak era kerajaan Majapahit. Kalian bisa membeli kerajinan perak ke rumah pengrajin perak atau ke showroom-showroom di pinggir jalan. Contoh dari kerajinan perak yang dijual di Kotagede adalah perhiasan, hiasan dinding, hiasan meja, dll. Saking terkenalnya, kerajinan perak Kotagede sering diekspor ke luar negeri. Jadi, kerajinan perak bisa menjadi oleh-oleh istimewa untuk keluarga di rumah.

9. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan

Oleh-oleh ini juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Kasongan adalah sebuah desa yang terkenal dengan kerajinan khasnya yaitu gerabah. Bentuknya bermacam-macam seperti asbak, lampu hias, vas bunga, guci dan masih banyak lagi. Penasaran dengan proses pembuatannya, anda juga bisa menyaksikannya langsung. Yang pasti, jika kalian ingin oleh-oleh unik dari Jogja, Gerabah Kasongan bisa menjadi tempat berburu oleh-oleh yang kalian inginkan. Kasongan sendiri adalah sebuah desa yang ada di Bantul, kabupaten di selatan kota Jogja. Meski kerajinan gerabak Kasongan sangat unik dan bagus, namun harganya terkenal sangat terjangkau. Itulah kenapa Gerabah Kasongan sangat populer bahkan hingga ke mancanegara.

10. Kaos Dagadu Yogyakarta

Kaos Dagadu Yogyakarta

Oleh-oleh paling simple adalah kaos. DI Jogja, ada kaos yang sangat identik yaitu kaos Dagadu. Dagadu adalah bahas gaul yang artinya “matamu”. Itulah kenapa lambing Dagadu adalah sebuah mata. Di mana kalian bisa membeli kaos Dagadu? Kalian bisa berburu kaos Dagadu di Malioboro, Ambarukmo Plaza, ataupun ke lokasi pabriknya di daerah Pakuningratan. Tapi harus hati-hati, sekarang banyak sekali kaos Dagadu abal-abal yang dijual dengan harga miring. Yang jelas, kaos Dagadu masih menjadi oleh-oleh khas Jogja yang wajib kalian beli. Nah itulah beberapa oleh-oleh khas jogja yang tentunya wajib anda beli saat mengunjungi kota Yogyakarta istimewa ini – See.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *