makanan khas sukabumi
Kuliner

Makanan Khas Sukabumi

Pada waktu akan mengunjungi sebuah daerah pasti kita akan mencari tahu referensi tentang tempat yang dituju. Entah itu obyek wisata, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan agar ketika sampai di tempat tujuan dapat segera mengetahui tentang berbagai hal yang ada pada daerah tersebut. Salah hal yang biasa dicarikan dari daerah tujuan adalah masakan khas atau sering dikenal dengan nama kuliner.

Setiap daerah di muka bumi ini pasti memiliki makanan khas yang tidak semua. Oleh sebab itulah, maka referensi akan masakan kuliner penting untuk diketahui. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam masakan khas Sukabumi. Pembahasan akan aspek ini membuat anda yang memiliki rencana ke Sukabumi bisa mengetahui masakan kuliner daerah tersebut secara detail.

Masakan kuliner memang menjadi sebuah hal yang menarik bagi suatu daerah. Perbedaan yang ada antara kuliner daerah satu dengan lainnya menjadi daya tarik tersendiri. Oleh sebab itulah, maka ketika ingin berkunjung ke suatu daerah pasti akan mencari referensi tentang makanan asli wilayah tersebut.

10 Makanan Khas Sukabumi Yang Terkenal Lezat

Sukabumi adalah sebuah nama daerah yang ada di Pulau Jawa. Lebih tepatnya, kota yang satu ini terletak di Provinsi Jawa Barat. Di kota ini terdapat begitu banyak masakan kuliner yang terkenal enak. Bahkan penduduk di luar wilayah Sukabumi pun juga mengetahuinya. Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang mencari kuliner dari Kota Sukabumi.

Masakan kuliner Sukabumi sangatlah banyak. Ke semua masakan itu memiliki citarasa yang nikmat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam hidangan khas Kota Sukabumi. Di bawah ini terdapat berbagai daftar masakan asli Sukabumi yang terkenal lezat.

1. Mie Goreng Khas Sukabumi

Mie Goreng Sukabumi

Bagi para penyuka mie tidak ada salahnya untuk mencoba menu kuliner asli kota sukabumi. Mie ala sukabumi merupakan salah satu olahan mie yang memiliki rasa super lezat. Masakan asli sukabumi ini dapat dengan mudah ditemui pada jalan ahmad yani. Harga untuk satu porsi mie sukabumi adalah 15 ribu. Adapun porsi yang jumbo dijual dengan harga 25 ribuan. Adanya variasi dari hidangan kuliner tersebut membuat para konsumen dapat memilih sesuai keinginan.

2. Bubur Bunut Khas Sukabumi

Bubur bunut

Bubur tergolong sebagai makanan khas sukabumi yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Masakan telah diwariskan oleh nenek moyang penduduk sukabumi. Hidangan ini sangat pas untuk dikonsumsi ketika berada di kota ternama ini. Udara dingin yang terasa menusuk kulit akan sirna seketika saat menyantap bubur buntut. Untuk mendapatkan hidangan ini, maka anda harus mencarinya jam 6 pagi . Hal tersebut harus dilakukan agar tidak kehabisan kuliner yang mampu menghangat tubuh tersebut.

3. Nasi Uduk Ungu Khas Sukabumi

Nasi Uduk Ungu

Makanan khas Sukabumi selanjutnya yaitu nasi uduk ungu. Masakan memiliki ciri khusus yang dapat dengan mudah dikenali. Ciri khusus dari masakan kuliner Sukabumi ini adalah warna ungu. Warna ungu dari nasi uduk ini berasal dari buah bit dan ubi berwarna ungu. Sebuah nasi uduk ungu biasanya akan dihidangkan dengan tambahan telur dadar, tahu, tempe, daging ayam, sambal dan lalapan. Perpaduan berbagai macam bahan yang ada dalam hidangan nasi uduk ungu membuat rasa masakan tersebut lebih nikmat.

4. Pepes Ikan Khas Sukabumi

Pepes Ikan

Bagi para penggemar masakan ikan, maka tidak perlu mencoba pepes ikan dari Kota Sukabumi. Pepes ikan asal Sukabumi ini merupakan suatu masakan yang memiliki citarasa tinggi. Campuran dari berbagai macam bumbu dalam daging ikan membuat rasanya begitu nikmat di lidah. Kuliner ikan pepes ini telah diolah agar menghasilkan masakan dengan duri yang lunak. Dengan duri yang telah lunak tersebut membuat para penyantapnya merasa nyaman dalam menikmati kuliner khas sunda ini.

5. Sate Aci Khas Sukabumi

Sate Aci

makanan khas sukabumi yang menarik yaitu sate aci. Pada dasarnya, aci memiliki pengertian sebagai tepung kanji atau pati. Sebelum menjadikan hidangan ini, pada awalnya tepung pati atau kanji diolah terlebih dahulu. Dalam pengolahan tepung kanji ini ditambahkan berbagai macam bumbu penyedap rasa. Adonan yang dipanaskan tadi diaduk terus menerus supaya tidak menggumpal lalu dituangkan dalam cetakan. Dalam penyajiannya, sate aci dapat dicampurkan dengan siraman bumbu kacang. Rasa enak akan terasa ketika para penikmat menggigit sate aci tersebut.

Lihat juga: Makanan khas jogja yang enak dan murah

6. Kue Surabi Khas Sukabumi

Kue Surabi

Makanan kue surabi sangat terkenal di Provinsi Jawa Barat. Kue ini dapat dengan mudah ditemukan di Daerah Bandung. Akan tetapi, ternyata kue surabi juga ada di kota sukabumi. Kue surabi asal sukabumi terbuat dari bahan dasar durian. Jenis kue dari bahan dasar durian ini memberikan sensasi rasa yang berbeda dari jenis kue pada umumnya. Perbedaan inilah yang menjadi penyebab surabi begitu terkenal. Terkenalnya jenis hidangan asli Sukabumi tersebut menjadikan banyak dicari wisatawan. Para pengunjung Kota Sukabumi ini menjadikan masakan itu sebagai buah tangan yang lezat.

7. Kue Mochi

kue mochi

Makanan yang bisa anda jadikan oleh – oleh untuk keluarga di rumah yakni kue mochi. Kue mochi merupakan sebuah makanan khas sukabumi. Tekstur dari kue mochi ini terasa kenyal dan rasanya juga gurih. Sensasi perpaduan antara kenyal dan gurih tersebut membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan. Kue mochi ini terdiri dari berbagai macam warna. Anda dapat memiliki warna kue mochi sesuai keinginan.

8. Roti Priangan

Roti Priangan

Roti priangan menjadi makanan yang sayang untuk dilewatkan. Jenis hidangan ini memiliki citarasa yang nikmat. rasa nikmat yang ada dalam kuliner ini membuat lidah serasa dimanjakan. Oleh sebab itulah, maka banyak wisatawan yang menyukai masakan ini. Mereka biasanya menyantap roti priangan secara langsung atau bisa dijadikan sebagai oleh – oleh khas kota sukabumi.

Lihat juga: Makanan Khas Tulungagung

9. Sekoteng

Sekoteng

Sekoteng tergolong sebagai sebuah kuliner dengan asli Sukabumi. kuliner yang satu ini berupa minuman dengan rasa yang nikmat. minuman sekoteng dapat dengan mudah ditemukan pada waktu malam hari. jenis minuman khas ini akan memberikan sensasi rasa yang berbeda. sensasi berbeda pada sekoteng dapat timbul lantaran tambahan roti jahe dalam minuman tersebut. bagi anda yang tertarik dengan minuman sekoteng, maka dapat menjumpai kuliner khas ini di Jalan Ahmad Yani.

10. Kue Jahe Khas Sukabumi

Kue Jahe

Masakan khas sukabumi berikutnya adalah kue jahe. Pada dasarnya, kue jahe merupakan sebuah masakan yang menjadi ciri khas dari kota sukabumi, jawa barat. Sesuai dengan namanya, roti ini terdapat kandungan jahe di dalamnya. Adanya unsur jahe dalam hidangan ini menjadikannya terasa nikmat jika disantap pada udara dingin sukabumi.

Rasa manis dalam kuliner ini membuat hidangan kue jahe sangat istimewa. istimewanya kue dengan bahan dasarnya parutan jahe yang ditambah gula tersebut membuat para wisatawan mencarinya. Mereka menjadikan makanan itu sebagai buah tangan atau oleh – oleh asli khas kota sukabumi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *