Makanan Khas Jogja

  • Whatsapp

Deskripsi : Selain wisata Yogyakarta juga terkenal dengan kulinernya. Berikut 10 makanan khas jogja yang enak dan murah wajib Anda coba saat berkunjung kesana.

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Daerah yang memiliki sistem kerajaan ini menawarkan cukup banyak tempat wisata indah, terutama wisata alam, yang cocok untuk menemani anda menghabiskan waktu libur bersama dengan keluarga. Tidak hanya beragam destinasi wisata yang menarik, ada puluhan makanan khas Jogja yang siap memanjakan lidah anda saat berkunjung ke daerah ini.

Ketika berbincang mengenai makanan khas yang ada di Jogja, maka kebanyakan dari anda tentu langsung menyebut gudeg sebagai salah satu pilihan. Memang, gudeg menjadi salah satu makanan khas dan menjadi ikon di Yogyakarta yang begitu terkenal. Namun, selain gudeg, anda akan menemukan banyak jenis makanan lain yang tidak hanya nikmat namun juga menggugah selera. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini. Selamat membaca.

10 Makanan Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, maka anda akan mendapatkan sambutan yang bersahabat dari warga sekitar yang memang terkenal santun. Selain itu, di berbagai sudut kota, anda akan menemukan warung atau toko yang cukup banyak menyajikan makanan khas yang menarik untuk dicoba.

Nah, adapun beberapa makanan spesial khas Jogja yang sebaiknya anda coba saat berkunjung ke daerah ini adalah sebagai berikut:

1. Tiwul

tiwul jogja

Tiwul merupakan makanan khas Yogya yang cukup terkenal bahkan ke seluruh pulau Jawa. Ini adalah makanan khas yang dibuat dengan bahan dasar tepung gaplek. Tepung dibuat sedemikian rupa hingga menjadi panganan yang unik. Selain itu, camilan ini disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula aren cair untuk memberikan rasa yang manis dan gurih.

2. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Jika anda menyukai sajian makanan yang berbahan dasar mi, maka bakmi Jawa adalah salah satu makanan yang cocok untuk anda santap. Ya, bakmi Jawa adalah makanan khas Kota Pelajar ini yang menawarkan rasa begitu nikmat. Bakmi ini dimasak dengan menggunakan api berasal dari arang untuk rasa matang yang sempurna. Selain itu, dalam bakmi terdapat aneka sayuran yang dimasukkan untuk menambah cita rasa bakmi. Biasanya, bakmi Jawa dijual pada saat sore hingga tengah malam.

3. Gatot

Gatot Jogja

Kuliner khas asal Yogya yang juga menarik untuk dicoba adalah gatot. Sama seperti tiwul, makanan ini juga dibuat dengan bahan dasar singkong kering atau gaplek. Bedanya, gatot tidak menggunakan singkong yang digiling hanya singkong yang diiris dengan kasar. Nah, jajanan pasar ini masih terus diburu hingga kini. Dalam penyajiannya, gatot disajikan dengan parutan kelapa untuk rasa yang gurih. Makanan ini juga tergolong sangat murah dari segi harga.

4. Oseng Mercon

Oseng Mercon

Untuk anda yang suka berburu kuliner pedas, oseng mercon bisa menjadi sajian pilihan yang harus anda coba. Ini adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Jogja yang cukup digemari oleh masyarakat. Oseng ini dibuat dengan bahan dasar tetelan daging sapi yang dimasak dengan cara di tumis. Namun, saat memasaknya, tetelan daging sapi dicampur dengan cabai rawit yang sangat banyak sehingga memberikan rasa sangat pedas. Rasa pedas inilah yang mendasari kenapa makanan ini dinamakan oseng mercon.

5. Jadah Tempe

Jadah Tempe

Saat anda berlibur ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya jika anda tidak membeli makanan yang satu ini. Ya, jadah tempe merupakan salah satu makanan yang menjadi ikon di Yogyakarta, terutama ketika anda berlibur ke kawasan Kaliurang. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar ketan dan tempe atau tahu bacem. Menyantap jadah tempe diantara hawa dingin Kaliurang tentu akan terasa sangat nikmat.

6. Belalang Goreng

Belalang Goreng Jogja

Apakah anda suka mencoba makanan unik dan cenderung ekstrem? Nah, Yogyakarta memiliki salah satu makanan ekstrem yang bisa anda coba. Ya, salah satu makanan ekstrem yang cukup terkenal di daerah ini adalah belalang goreng. Makanan ini berbahan dasar belalang kayu yang kemudian digoreng dengan beragam bumbu. Rasa dari belalang goreng ini cukup gurih dan nikmat. Nah, makanan yang satu ini cukup banyak ditemukan terutama di daerah Gunung Kidul.

7. Sate Klatak

Sate Klatak Jogja

Salah satu makanan spesial khas Jogja yang sayang untuk anda lewatkan adalah sate klatak. Bagi anda yang menyukai olahan sate dengan daging kambing, maka menu ini adalah salah satu makanan khas yang wajib anda coba. Sate ini cukup unik dengan beberapa hal yang ada.

Salah satu keunikan dari sate ini adalah sate ditusuk dengan menggunakan jari-jari roda sepeda. Tujuan penggunaan jari-jari roda ini adalah untuk menghantarkan panas dengan lebih baik saat dipanggang. Selain itu, sate hanya diberi bumbu garam dan disajikan dengan kuah gulai. Meskipun terlihat simple, rasa sate ini begitu menggugah selera.

8. Mie Lethek

Mie Lethek Jogja

Satu lagi sajian mi yang cukup menggoda di Jogja dan sayang untuk dilewatkan adalah mi letek. Ini adalah sajian kuliner yang cukup menarik untuk anda nikmati. Mie Lethek merupakan ikon kuliner dari daerah Bantul. Nah, nama mi ini cukup unik yang diambil dari warna mi yang memang terlihat lebih kecokelatan. Mie Lethek ini bisa dioleh menjadi mi rebus maupun goreng dengan beragam campuran daging dan sayuran.

9. Sate Kere

Sate Kere Jogja

Sate kere adalah salah satu sajian kuliner yang unik yang ada di Kota Gudeg ini. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka kuliner ini bernama Sate Miskin. Cukup unik, bukan? Nah, asal usul dari nama kuliner yang unik ini berasal dari bahan dasar sate. Biasanya, sate dibuat dengan bahan daging, namun sate kere ini dibuat dengan bahan dasar gajih sapi yang diberi bumbu khusus. Nah, salah satu makanan spesial khas Jogja ini dapat ditemukan dengan mudah di daerah Bering Harjo.

10. Nasi Kucing

Nasi Kucing Jogja

Tidak lengkap rasanya jika anda ke Yogyakarta tanpa menikmati kuliner yang satu ini. Ya, nasi kucing sudah menjadi ikon Yogyakarta dan menjadi simbol kesederhanaan di Kota Pelajar ini. Nasi kucing merupakan menu nasi dengan lauk seadanya yang dibungkus dengan ukuran yang cukup kecil. Biasanya, nasi kucing dijual di angkringan yang banyak tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta.

Lihat juga: 15 Makanan Khas Ponorogo yang Paling Banyak Dicari Wisatawan

Menu nasi kucing ini sangat sederhana. Biasanya, dalam bungkusan nasi tersebut hanya terdapat sedikit nasi dengan oseng tempe atau sambal terasi. Beberapa nasi kucing juga disajikan dengan lauk mi ataupun telor. Nah, jika anda menyantap nasi kucing ini di angkringan, anda bisa menambah menu ini dengan beragam lauk yang tersedia, seperti sate usus, sate telur puyuh, gorengan dan lainnya.

Nah, beberapa poin di atas menunjukkan adanya cukup banyak pilihan makanan khas Jogja yang sangat menarik untuk disantap. Adanya banyak pilihan makanan khas yang lezat tersebut tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri saat anda dan keluarga berlibur ke Kota Pelajar ini. Segera saja ke Yogyakarta dan rasakan kelezatan beragam pilihan makanan khasnya yang menarik. Selamat mencoba.

Makanan Khas Jogja

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *