11 Oleh-Oleh Khas Kediri dan Kerajinan Tangan yang Wajib Dibeli

  • Whatsapp
Oleh-Oleh Khas Kediri

Di antara sekian banyak obyek wisata di Kediri, Simpang Lima Gumul yang seperti Arc de Triomphe serta Gunung Kelud ialah tempat paling jadi favorite. Apa waktu pulang kampung kamu merencanakan berkunjung ke dua tempat itu? Jika iya, janganlah lupa untuk bawa pulang oleh-oleh khas Kediri dan kerajinan tangannya.

Baca : 35 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

11 Oleh-Oleh Khas Kediri

Apa saja ya yang harus dibawa pulang sepulangnya kampung ke Kediri? Ini daftarnya :

1. Stik Tahu Kediri

Tahu biasanya digoreng untuk jadikan lauk, tetapi di Kediri tahu bisa saja cemilan loh. Yup, stik tahu siapa sich yang tidak paham? Kriuk serta gurihnya membuat cemilan ini pas buat pendamping nasi.

Nah di Kediri kamu dapat temukan banyak cemilan ini di toko oleh-oleh, seperti di lokasi Jalan Pattimura serta Jalan Yos Sudarso.

2. Tahu Pong Kediri

Dengan sebutan Kota Tahu, pastinya tidak komplet bila pulang kampung tanpa ada bawa tahu. Salah satunya yang harus ialah tahu pong, tahu putih gurih yang digoreng didalamnya terasa kosong melompong. Paling enak tahu pong ini dikonsumsi dengan sambal petis serta cabe rawit.

Ada banyak toko oleh-oleh yang dapat kamu datangi bila ingin beli, seperti toko Tahu Poo yang berada di Jalan Yos Sudarso nomor 36 atau toko Tahu serta Takwa Bahkacung di Jalan Trunojoyo nomor 59.

Baca Juga : 9 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Tahu Takwa atau Tahu Kuning

Lebih padat dari tahu putih, waktu digoreng sisi luar akan kering serta kriuk tetapi sisi dalam masih lembut ialah sensasi yang kamu alami saat makan tahu kuning atau tahu takwa ciri khas Kediri.

Dengan oleh-oleh memiliki bahan dasar tahu yang lain, tahu tipe ini telah jadikan oleh-oleh semenjak tahun 90-an. Supaya mudah dibawa pulang, umumnya tahu takwa dikemas dengan kotak dari anyaman bambu.

4. Gethuk Pisang

Siapa bilang Kediri hanya punyai tahu? Nih ada gethuk pisang yang rasa jadulnya buat kamu balik ke waktu dulu. Sekali gigit, manis yang legit serta sedikit rasa asam benar-benar buat suka. Memiliki bentuk seperti dengan lontong, tetapi lebih padat.

Jika ingin bawa serta gethuk pisang untuk oleh-oleh dari Kediri, kamu dapat berkunjung ke toko Gethuk Pisang Madusari yang berada di Jalan Ngadisimo Utara I nomor 37 atau di seputar lokasi Jalan Pattimura.

5. Keripik Bekicot

Jika kamu suka atau ingin tahu dengan makanan berlebihan, Kediri punyai keripik bekicot untuk oleh-oleh uniknya. Ya,  tidak hanya sate 02 saja sekarang telah ada bekicot berbentuk keripik. Ada rasa gurih, renyah serta sedikit manis di dalamnya.

Waktu jadikan sate juga struktur dagingnya benar-benar empuk serta nikmat ditambah lagi sesudah disiram bumbu. Jangan memandang rasa dari penampilannya saat hidup ya, sebab bila telah mencobanya kamu tentu akan suka. Peroleh si keripik ini di Jl. Pare-Wates.

6. Cokelat Tempe

Nah, oleh-oleh berikutnya yang harus kamu bawa serta pulang sesudah bertandang dari Kediri ialah cokelat tempe. Kemungkinan buat mereka yang pertama-tama dengar namanya akan merasakan makanan ini cukup aneh.

Bagaimana jadi cokelat yang manis serta legit digabung dengan tempe yang umumnya jadikan lauk pendamping nasi dengan rasa gurih? Dibanding bingung, seharusnya dicoba saja sendiri. Merek yang populer ialah Niki, dengan rasa yang unik serta tidak sama ditanggung dapat buat kamu suka.

7. Kerajinan Tangan Jenitri

Tahukah kamu bila biji-bijian dapat dijikan karya seni? Diantaranya seperti yang dilaksanakan barisan pengrajin Kediri, mereka manfaatkan biji pohon jenitri (genitri) untuk jadikan satu kerajinan tangan.

Dari mulai gelang, kalung, gantungan kunci, sampai tasbih sukses mereka bikin dengan bahan fundamen biji jenitri. Salah satu pusat produksi kerajinan tangan jenitri dapat kamu dapatkan di Lokasi Wisata Besuki, Kecamatan Mojo.

Di sini, kamu dapat beli beberapa kerajinan tangan jenitri pada harga yang bermacam. Tetapi, biasanya kerajinan tangan jenitri dipasarkan pada harga seputar Rp5. 000 – Rp25. 000.

Baca Juga : 9 Oleh-Oleh Khas Jember yang Wajib Anda Bawa Pulang

8. Kain Tenun Ikat Bandar

Kain tenun jadi salah satunya kerajinan terkenal di hampir semua wilayah Indonesia, begitupun Kediri. Di Kelurahan Bandar Kidul, Mojoroto, kamu akan temukan kelompok perajin tenun ikat. Tidak sebatas beli, beberapa pelancong dapat juga coba langsung proses menenun dengan perajin.

Lumayan menarik, kan? Tidak hanya jadi oleh-oleh jagoan Kediri, kain tenun ikat Bandar sudah sukses ditampilkan sampai luar negeri seperti Jepang serta Amerika. Motif variasi dan bahan yang halus membuat kain tenun ikat banyak dibeli pelancong.

Biasanya, tenun ikat katun dipasarkan seputar Rp150. 000, sedang tenun ikat sutera ditawarkan pada harga seputar Rp350. 000. Umumnya, keinginan produksi tenun ikat akan bertambah mendekati Ramadan serta Lebaran.

Bagaimana tidak, tenun ikat jadi buruan penting beberapa pemudik di Kediri. Karena itu, kamu perlu pesan jauh hari supaya tidak kehabisan. Selamat memburu kain tenun ciri khas Kediri!

9. Batik Kediri

Oleh-oleh khas Kediri lainnya yang tidak bisa kamu terlewat ialah batik Kediri. Khasnya, beberapa motif batik Kediri dibikin berdasar keunikan Kediri. Contohnya, motif batik gumul yang memvisualisasikan Simpang Lima Gumul, satu monumen di Kota Kediri.

Ada juga motif garuda muka sekar jagad yang memvisualisasikan tahu serta getuk, dua makanan ciri khas Kediri. Tidak cuma motif favorit itu, kamu juga dapat memperoleh macam batik seperti batik catat, batik sasirangan, batik jumputan, serta batik tenun ikat.

Semua motif itu dapat kamu peroleh di Setra Batik Kediri, Jalan KH Dewantoro 74, Sekoto, Badas Pare.

10. Suvenir Tempurung Kelapa

Di Kelurahan Burengan serta Desa Brumbung, kamu akan temukan kerajinan tangan unik memiliki bahan fundamen tempurung kelapa. Bukannya terbuang, masyarakat lokal malah mendaur lagi tempurung kelapa untuk jadikan barang yang lebih berguna.

Dari mulai mangkok, gayung, sendok, sampai beberapa aksesories dapat kamu beli untuk oleh-oleh. Tidak hanya berkunjung ke langsung tempat produksi, kamu dapat memperoleh kerajinan tempurung kelapa di beberapa tempat.

Diantaranya, kamu dapat berkunjung ke Pasar Tugu Simpang Lima Gumul serta di beberapa toko cenderamata Kota Kediri. Menariknya, kerajinan ciri khas Kediri ini telah dijual sampai lintas pulau lho! Apa kamu salah satunya yang pernah membelinya?

11. Kerajinan Bambu

Satu oleh-oleh menarik yang dapat kamu pilih waktu di Kediri : kerajinan bambu. Untuk manfaatkan tanaman bambu, beberapa pengrajin mengubahnya jadi beberapa barang hiasseperti kap lampu, lampu duduk, piring bambu, serta ada banyak

Harga yang ditawarkan bermacam, bergantung pada produk yang ingin kamu beli. Contohnya, kerajinan lampu dari bambu dipasarkan seharga Rp100. 000 – Rp200. 000. Walau cuma dibuat di Desa Ringin Sari serta Desa Pekulon, penjualan kerajinan bambu telah menyebar di beberapa toko cenderamata Kota Kediri sampai kota-kota lain di Jawa Timur.

Itulah daftar kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Kediri yang kami merekomendasikan. Tidak hanya unik, kerajinan tangan dan oleh-oleh khas itu mempunyai macam manfaat bagi kegiatan sehari-hari dan rasa yang pastinya mengugah selera. Yuk, segera rencanakan liburan ke Kediri bersama kerabat ataupun keluarga!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *