9 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

  • Whatsapp
Oleh-oleh Khas Jombang

Fakta, Dihuni oleh bermacam suku bangsa, membuat Jombang punya bermacam keunikan dari mulai makanan sampai souvenirnya. Selama singgah di salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Timur ini, tidak akan komplet tanpa ada bawa oleh-oleh ciri khas Jombang.

Pilihannya yang cukup bermacam, ketika membuat beberapa pengunjungnya bingung untuk memilihnya.

Baca : 35 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

9 Oleh-Oleh Khas Jombang

Penasaraan apa saja oleh-oleh khas Jombang yang dapat menjadi oleh-oleh? Simak penjelasan berikut.

1. Onde Onde

Mungkin jajanan tradisional ini tidak asing dikonsumsi, karena di wilayah yang lain ada juga si onde onde ini. Walau nama serta memiliki bentuk sama, tetapi rasa jajanan ciri khas dari Jombang satu ini berasa tidak sama.

Yang membuat rasa-rasanya berasa unik, isiannya tidak berbentuk kacang hijau yang ditumbuk sampai halus. Tetapi isian si onde onde dari Jombang ini, malah berbentuk kacang merah yang membuat dapat membuahkan cita rasa yang unik.

Cocok menjadi oleh-oleh paling baik, si kudapan satu ini makin berasa nikmat disantap dengan teh manis. Jika tertarik untuk membelinya, silakan bertandang ke Jalan Laksda Adi Sucipto, Sambong dukuh, Jombang. Untuk satu kotaknya, Anda perlu keluarkan serta seputar Rp. 8. 000 sampai Rp. 18. 000 an saja.

2. Jenang Kelapa Muda

Saat berkunjung ke Jombang, beberapa dari warga yang berasa kurang komplet tanpa ada bawa pulang jajanan uniknya namanya jenang. Jajanan tradisionil satu ini punya citarasa manis yang legit, yang membuat siapa saja berasa suka untuk mengkonsumsinya serta .

Bila disaksikan sepintas, jajanan satu ini hampir sama dengan si onde onde. Karena teksturnya yang renyah dibagian luarnya, tetapi berasa lembut di bagian dalamnya.

Rasa legit yang digabungkan dengan tekstrunya yang menarik, siapa saja tidak dapat menampik untuk mengonsumsinya. Oleh karena itu, jajanan tradisionil ini dapat jadi oleh-oleh referensi paling baik.

Tidak susah untuk menemukannya, pengunjung dapat menemuannya di beberapa pusat oleh oleh yang berada di Jombang. Dari beberapa merek jenang yang populer, UD Jenang Kelapa Muda dari desa Denanyar, Jombang terbanyak disukai.

Baca Juga : 9 Oleh-Oleh Khas Jember yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Kerupuk Beras

Sesuai namannya, oleh-oleh yang terkenal ini dibuat dari nasi untuk bahan dasarnya. Di saat pemrosesan, nasi akan ditumbuk sampai halus, yang selanjutnya ditambah lagi dengan beberapa rempah. Selesai bumbu bersatu dengan rata, adonan akan dijemur sampai kering serta siap untuk digoreng kapan saja.

Tidak perlu bingung untuk menelusurinya, kerupuk beras ini dapat didapati di beberapa pasar tradisionil atau di pusat oleh oleh paling dekat.

4. Jambu Bol Gondang Manis

Buah Jambu Bol Gondang Manis, dapat jadi oleh-oleh referensi paling baik. Bisa disebutkan demikian, karena buah satu ini cuma diketemukan di wilayah Jombang.

Buah jambu yang dipasarkan seputar Rp. 5. 000 per kg ini, mempunyai warna daging putih bersih dengan teksturnya yang cukup lunak seperti kapas. Jika ingin memperolehnya,  silakan bertandang ke Kecamatan Bandar Kedung Mulyo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *