Oleh-oleh Khas Padang
Travel

Oleh-oleh Khas Padang

Setiap wilayah yang ada di indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Jika anda berkunjung ke Padang Sumatra Barat tentu saja juga akan menemukan banyak sekali oleh-oleh yang merupakan makanan khas dari wilayah tersebut. Setelah anda melakukan kunjungi di sumatera barat dan ingin kembali pulang maka tentu saja anda ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga yang dirumah.

Akan sangat bermanfaat untuk anda. Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan atau barang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh namun 10 oleh-oleh ini adalah yang paling laris dan banyak diminati oleh para wisatawan.

10 Oleh-oleh Khas Padang yang Terkenal

1. Keripik Balado

Keripik Balado

Keripik balado merupakan makanan yang sering dipilih karena makanan ini adalah oleh-oleh khas padang. Di hampir setiap toko oleh-oleh di sumatera barat akan menjual keripik balado ini. Bahan yang digunakan untuk membuat keripik balado adalah dari bahan singkong yang digoreng dan kemudian diberi bumbu balado yang manis dan pedas.

Bumbu dari makanan ini biasanya terbuat dari perpaduan gula merah, cabe dan bumbu lainnya. Keripik ini jika disentuh akan terasa sedikit lengket dan bukan kering karena memang menggunakan gula merah yang dimasak dengan bumbu. Siapa saja akan sangat menyukai keripik ini sebagai cemilan dan oleh-oleh.

2. Rendang Daging

Rendang Daging

Rendang daging juga menjadi salah satu dari 10 oleh-oleh khas padang sumatera barat yang paling diminati yang akan sangat cocok untuk dibawa pulang. Rendang sudah sangat dikenal oleh masyarakat di seluruh indonesia karena memang cita rasanya yang sangat enak. Bahkan makanan ini menjadi salah satu makanan terenak di dunia seperti yang disampaikan oleh media luar negeri.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Medan

Jika ingin membeli makanan ini sebagai oleh-oleh, pastikan anda menghangatkannya ketika sudah sampai di rumah karena rendang daging biasanya tidak akan tahan lama. Rendang ini bisa dinikmati dengan nasi hangat sehingga akan sangat terasa sekali nikmatnya. Bahan yang digunakan untuk membuat rendang adalah daging sapi yang dimasak lama dengan kuah sehingga bumbunya menjadi kental dan merasuk.

3. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek juga bisa menjadi oleh-oleh yang akan sangat tepat untuk anda. Kerupuk ini sangat mirip dengan kerupuk rambak karena sama-sama terbuat dari bahan kulit sapi yang diolah sedemikian rupa.

Krupuk jangek bisa dimakan sebagai cemilan dan bisa juga dimakan sebagai lauk makan. Harga kerupuk ini terbilang murah meriah. Ukurannya mirip seperti rambak kotak-kotak dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Harga kerupuk yang murah tentu akan memberi anda kesempatan untuk membeli dalam jumlah banyak.

4. Roti Randang

Roti Randang

Roti randang masuk menjadi salah satu oleh-oleh khas padang sumatera barat paling diminati. Makanan ini terbuat dari bahan roti yang didalamnya terdapat isian daging seperti daging ayam atau daging sapi yang dimasak gurih. Bahkan roti ini juga bisa berisi rendang.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malaysia

Kombinasi rasa roti yang manis dengan paduan rendang yang lezat menjadikan roti ini begitu diincar oleh para wisatawan. Anda yang tertarik untuk membeli roti ini sebagai oleh-oleh maka bisa membelinya di toko roti dengan bandara minangkabau atau di toko oleh-oleh.

5. Kain Songket

Kain Songket

Selain membeli makanan, anda bisa juga membeli songket sebagai oleh-oleh ketika pulang dari sumatera barat. Kain songket sangatlah terkenal di wilayah sumatra dan bahkan sangat popular juga di kalangan masyarakat indonesia karena motif dan warnanya yang sangat khas. Kain ini bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat baju, sarung, jilbab, bahkan tas dan dompet.

Anda yang ingin membeli oleh-oleh selain makanan maka bisa menjadikan songket ini sebagai pilihan. Para wisatawan banyak juga yang membeli songket sebagai oleh-oleh sehingga tidak heran jika kain ini masuk ke 10 oleh-oleh khas padang sumatera barat paling diminati.

6. Galamai

Galamai

Galamai merupakan dodol yang sangat khas minangkabau. Makanan ini jika dilihat dari bentuk dan teksturnya sangatlah mirip dengan dodol. Bahan yang digunakan untuk membuat galamai adalah dari besar ketan yang dicampur dengan santan, lalu gula aren, dan ditambahkan dengan kacang tanah yang sudah disangrai. Makanan ini memiliki rasa manis yang legit dengan tekstur seperti dodol garut. Meskipun makanan ini tergolong makanan basah namun bisa awet hingga 3 hari. Anda bisa membawa pulang ke rumah dan supaya lebih awet bisa menyimpannya di lemari es.

7. Saluang

Saluang

Oleh-oleh yang juga menjadi satu dari 10 oleh-oleh khas padang sumatera barat adalah saluang. Saluang bukanlah makanan melainkan alat musik khas dari sumatera barat. Bentuk dari alat musik ini seperti seruling dan memang cara penggunaannya juga seperti seruling. Anda bisa menjadikan saluang sebagai cindera mata ketika berkunjung ke sumatera barat. Bagi yang dapat memainkannya saluang akan mampu menghasilkan suara yang sangat merdu. Namun jika anda tidak bisa menggunakannya maka bisa juga menjadikan saluang sebagai pajangan di rumah.

8. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Salah satu dari 10 oleh-oleh khas padang sumatera barat paling banyak diminati selanjutnya adalah dendeng balado. Dendeng memang bahannya mirip dengan rendang namun cara pembuatannya berbeda.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malang

Dendeng adalah daging sapi yang dipotong tipis lalu dikeringkan. Selanjutnya dendeng akan diberi bumbu balado dengan rasa yang manis, asin dna juga pedas. Dendeng dengan warna merah ini sangat menggoda karena memiliki warna merah. Anda bisa menikmati dendeng sebagai lauk atau bisa juga

9. Arai Pinang

Arai Pinang

Arai pinang adalah emislan dari padang yang enak namun tetap murah. Makanan ini terbuat dari bahan tepung bersa yang dicampur dengan berbagai bumbu rempah dan kemudian digoreng menjadi keripik yang gurih. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh karena cocok dimakan sambil bersantai bersama dengan keluarga.

10. Bolu Batik

Bolu Batik

Makanan yang sangat inovatif seperti bolu batik akan sangat menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Bolu biasanya memiliki warna yang biasa namun di tangan kreatif, bolu memiliki berbagai macam pilihan motif batik yang cantik. Makanan yang sangat cantik ini terkadang menjadi sangat sayang untuk dimakan. Anda yang senang untuk membeli oleh-oleh yang cantik maka bisa memilih bolu batik ini. Pilihan motif yang beragam tentu akan memberikan anda banyak kesempatan untuk mendapatkan motif di atas bolu yang paling sesuai keinginan.

10 oleh-oleh khas padang sumatera barat paling diminati yang telah disampaikan semoga bisa memberikan pandangan untuk anda yang ingin memberikan kejutan bagi keluarga di rumah. Sebenarnya masih ada banyak oleh-oleh lainnya namun anda bisa memilih beberapa dari 10 yang telah disampaikan disini. Oleh-oleh bisa berupa makanan atau bisa juga berupa kerajinan. Makanan yang sangat khas padang sumatera barat adalah rendang sedangkan untuk cindera matanya adalah kain songket. Anda dapat menentukan sendiri jenis oleh-oleh mana yang akan anda bawa pulang untuk teman, sodara atau keluarga.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *