Oleh-oleh Khas Medan
Travel

Oleh-oleh Khas Medan

Medan merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di indonesia. Di kota tersebut terdapat bandara terbesar ke dua di indonesia yakni kuala manu. Keindahan dari kota ini tidak perlu untuk diragukan karena disana ada banyak sekali lokasi wisata menarik yang dapat dikunjungi. Jika anda berkunjung ke Sumatera Utara maka sebaiknya anda juga mencicipi makanan khas medan dan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh.

Para wisatawan tentu saja harus membawa pulang oleh-oleh sebagai hadiah atau sebagai bentuk berbagai kebahagiaan untuk keluarga dirumah yang tidak turut serta dalam perjalanan liburan anda. Bagi yang belum mengetahui makanan apa yang akan menjadi oleh-oleh terbaik ketika pulang dari medan maka berikut ini adalah informasi mengenai 10 oleh-oleh khas medan yang terkenal untuk wisatawan yang perlu anda ketahui.

10 Oleh-oleh Khas Medan Asli Kekinian

Sekarang kita lihat beberapa oleh-oleh yang berasal dari kota medan dan tentunya wajib anda bawa pulang!

1. Bika Ambon

Bika Ambon

Makanan pertama yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan yang datang ke medan adalah bika ambon. Mungkin anda berpikir jika bika ambon bukan merupakan oleh-oleh khas medan karena mananya adalah ambon. Namun anda ternyata keliru karena memang bika ambon merupakan makanan khas medan yang dibuat di jalan ambon. Makanan ini merupakan kue yang unik dengan bahan telur gula serta santan.

Biasanya bika ambon memiliki rasa pandan saja namun kini sudah ada banyak sekali varian rasa untuk bisa ambon. Anda bisa mendapatkan bika ambon di jalan mojopahit di kota medan. Makanan ini bisa tahan hanya 4 hari saja sehingga anda perlu untuk memakannya sebelum 4 hari.

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu meranti juga menjadi salah satu dari 10 oleh-oleh khas medan yang terkenal untuk wisatawan yang wajib untuk anda bawa pulang. Makanan ini merupakan bolu yang memiliki rasa bervariasi dan juga begitu terkenal di medan. Untuk mendapatkan bolu meranti ini anda perlu untuk datang ke pusat oleh-oleh di kota medan atau bisa juga datang di toko bolu meranti yakni di sisingamangaraja no 19b.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malaysia

Kue bolu ini memiliki banyak variasi rasa mulai dari keju, nanas, kacang, mocca, hingga blueberry. Rasa bolu yang lembut akan sangat nikmat jika di nikmati bersama dengan teh hangat. Kue ini memang tidak bisa tahan lama, anda perlu memakan bolu ini sebelum 3 hari setelah membelinya.

3. Kain Ulos

Kain Ulos

Selain makanan anda bisa juga membeli kain ulos sebagai oleh-oleh. Kain ulos merupakan sandang yang sangat terkenal di medan. Ciri khas dari kain ini adalah pada warnanya yang sangat indah dan biasanya akan digunakan oleh masyarakat untuk melakukan upacara-upacara atau acara adat.

Kain ini memang biasanya hanya dipakai untuk selempang atau ikat kepala. Namun jika anda membeli kain dengan lebar yang cukup maka nantinya bisa anda jahitkan sehingga bisa menjadi baju dengan model yang sesuai dengan keinginan.

4. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Sirup markisa merupakan satu dari 10 oleh-oleh khas kota medan yang terkenal untuk wisatawan yang juga tidak boleh dilewatkan. Sirup ini terbuat dari buah markisa asli yang dikombinasikan dengan pasir. Rasa sirup markisa yang manis dengan rasa sedikit asam sangatlah menyegarkan jika dinikmati dengan air es. Anda bisa membeli sirup ini di pusat oleh-oleh.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malang

Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena sirup ini dijual dalam botol sehingga akan sangat awet hingga beberapa bulan. Sirup markisa sangat menyehatkan karena kaya akan kandungan vitamin c. Jadikanlah sirup ini sebagai salah satu oleh-oleh anda ketika pulang dari medan.

5. Teri Bajak

Teri Bajak

Para pecinta kuliner khas daerah sebaiknya jangan sampai melewatkan makanan yang sering disebut dengan teri bajak. Makanan ini merupakan makanan khas dari medan yang dibuat dengan bahan dasar teri. Ikan tersi di masak kering dengan rasa pedas dan gurih sehingga akan sangat cocok untuk dinikmati dengan nasi hangat.

Biasanya oleh-oleh ini akan menjadi oleh-oleh wajib para wisatawan karena memang memiliki rasa yang khas, harga untuk satu bungkus teri ini adalah mulai dari 40ribuan sana. Jika ingin mendapatkan ikan teri ini maka anda bisa membelinya dipusat oleh-oleh di medan yang letaknya ada di sm raja medan atau di toko oleh-oleh khas medan lainnya.

6. Manisan Jambu

Manisan Jambu

Makanan yang juga masuk sebagai salah satu oleh-oleh khas medan yang terkenal untuk wisatawan adalah manisan jambu. Makanan ini sangat segar karena terbuat dari buah jambu yang diolah sehingga menjadi makanan yang sangat enak.

Jambu yang digunakan sebagai bahan manisan adalah jenis dari jambu bangkok. Manfaat buah jambu jika dikonsumsi tentu saja sangat banyak seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mempercantik kulit dan yang lainnya. Namun ketika sudah dijadikan manisan tentu saja kandungan gulanya tinggi sehingga anda tidak boleh berlebihan saat mengkonsumsinya.

7. Risol

Risol

Risol juga termasuk makanan khas yang banyak dijadikan sebagai buah tangan. Makanan dari medan ini memiliki isian daging yang dicampur dengan sayuran sehingga akan terasa sekali lezatnya. Makanan ini memang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di indonesia namun risol dari medan akan sangat berbeda dengan riso di tempat lainnya.

Jika anda tertarik untuk membeli risol sebagai oleh-oleh maka datang saja ke kota medan. Disana ada toko risol special yakni risol special gogo yang sudah ada sejak tahun 1981.

8. Pia Tamiang

Pia Tamiang

Pia tamiang bisa menjadi oleh-oleh yang akan sangat anda sukai. Pia ini merupakan pia kering yang terbuat dari bahan dasar tepung dan didalamnya terdapat isian yang sangat lezat. Kue ini bisa anda dapatkan di bagian kota medan yakni di pia hou chen. Nama tamiang merupakan nama jalan yang ada di wilayah tersebut.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Bogor

Pia tamiang sebenarnya bukan hanya bisa ditemukan di toko pia hou chen namun juga bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh lainnya. Makanan ini akan menjadi oleh-oleh kekinian karena bentuk dan rasanya begitu inovatif.

9. Ikan Sale

Ikan Sale

Makanan selanjutnya yang juga masuk ke dalam 10 oleh-oleh khas medan yang terkenal bagi wisatawan adalah ikan sale. Ikan ini di masak seperti membuat pisang sale sehingga teknsturnya kering dan juga pilih. Ikan ini dibuat dengan cara dijemur atau diasap sehingga terlihat kering. Ikan ini bisa dimasak menjadi berbagai macam menu masakan seperti gulai atau bisa juga langsung digoreng. Ikan sale akan sangat nikmat dimakan dengan sambal dan nasi hangat.

10. Roti Ganda Medan

Roti Ganda

Makanan yang sering disebut dengan roti ganda medan ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini sekilas mirip seperti roti bakar bandung namun akan ada beberapa perbedaan yang bisa anda temukan.

10 oleh-oleh khas medan yang terkenal untuk wisatawan yang telah disebutkan akan sangat membantu anda yang belum mengetahui jenis oleh-oleh apa yang bisa anda pulang setelah pulang dari medan. Sekian informasi yang bisa diberikan semoga bermanfaat untuk liburan anda.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *