Tempat Wisata di Kalimantan Timur
Travel

Tempat Wisata di Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Provinsi ini, selain kaya akan hasil alamnya, juga memiliki banyak obyek wisata menarik. Konon lebih dari 1000 jenis flora dan fauna yang ada disana.

Nah, ngomong-ngomong masalah obyek wisata di Kalimantan timur, kali ini kami akan mengulasnya dan membagikan beberapa referensi obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Langsung saja, Check it out!

10 Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Terkenal

1. Danau Jempang

Danau Jempang

Danau Jempang terletak di Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat. Luasnya 15.000 hektar dan kedalamannya sekitar 7-8 meter. Danau ini merupakan salah satu yang terbesar di Kaltim sepanjang sisi sungai Mahakam. Pemerintah kota menjadikan Danau Jempang sebagai salah satu wisata andalan Kaltim.

Banyak wisatawan yang memang berminat datang kesini karena tempatnya menarik dan ada satu fenomena alam yang unik terjadi di danau ini. Setiap 5 tahun sekali, Danau Jempang akan mengering dan tampak seperti gurun pasir yang luas. Tidak tersisa air setetes pun. Fenomena ini menjadikannya danau yang terkenal.

Danau Jempang memiliki aneka macam flora dan fauna, tak heran danau ini menghasilkan banyak ikan. Di sekelilingnya ada beberapa perkampungan yaitu, Kampung Tanjung Jone, Tanjung Jan, Tanjung Isuy dan Muara Ohong. Di kampung-kampung ini kalian akan melihat seni budaya Dayak yang berupa ukiran patung dan kerajinan ulap doyo. Selain itu, di pinggir danau kalian bisa melihat rumah apung yang digunakan sebagai tempat masyarakat mencari ikan. Tak cuma ikan, kalau sore hari suka muncul burung Bangau dan burung Raja Udang.

Klik lihat: Tempat wisata di Samarinda

Untuk mencapai danau ini dari Samarinda, butuh waktu sekitar 4-5 jam menggunakan perahu motor karena lewat jalur air. Turun di Muara Muntai lalu kalian naik kapal ketinting (kapal tradisional masyarakat setempat) untuk sampai di Danau Jempang. Untuk datang kesini tidak ada biaya masuk ya, guys. Jadi kalian bisa puas menikmati pemandangan danau yang lestari, apalagi di sore hari saat matahari terbenam.

2. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat wisata ini terletak di pusat kota Samarinda, tepatnya di dekat Kebun Raya Unmul Samarinda. Lokasinya terletak di Jalan Kebun Raya, Lempake, Samarinda Utara. Tempat rekreasi ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain replika hutan asli, terdapat fasilitas waterboom, camping dan outbond. Pihak pengelola juga menyediakan kafeteria, pendopo dan kolam pemancingan untuk bersantai setelah lelah berkeliling taman. Berada disini kalian seperti bermain di tengah hutan padahal hutan dan beberapa pohon serta kayunya hanyalah replika.

Untuk masuk ke taman rekreasi ini dikenakan biaya Rp. 5.000/orang dan jika ingin menikmati permainan outbond seperti flying fox dan teman-temannya wisatawan harus membayar biasa sebesar Rp. 180.000/orang.

3. Goa Losan

Goa Losan

Jika ingin berwisata alam dan merasakan sensasi yang berbeda, coba datang deh ke Goa Losan. Goa Losan hanya ada di Kaltim dan benar-benar unik. Losan artinya tembus menurut bahasa setempat. Namanya begitu karena katanya ada beberapa tembusan di dalam goa yang berujung jalan keluar yang berbeda-beda. Tiket masuknya Rp. 5000/orang.

Berada di poros jalan lintas antara Kaltim dan Kalteng, tepatnya di Desa Batu Butok, Muara Komam. Goa ini menyimpan bermacam batu-batu alam berwarna-warni yang indah. Wisatawan boleh masuk ke goa ini namun dengan panduan juru kunci atau petugas dari dinas pariwisata agar tidak tersesat karena goa tersebut sangat panjang dan luas. Di dalam goa terdapat sumber mata air yang konon katanya tidak pernah kering bahkan saat musim kemarau. Jika kalian ingin menyusuri goa ini sampai habis, dibutuhkan waktu sekitar 10 hari dan jarang ada yang mau berjalan sejauh itu tanpa ada juru kunci. Namun, jangan melewatkan tempat wisata yang satu ini ya.

4. Samboja Lodge

Samboja Lodge

Jangan lewatkan liburan di tempat wisata yang satu inii. Samboja Lodge adalah tempang penginapan eksklusif berbentuk replika rumah suku Dayak yang berada di tengah hutan hujan tropis Kalimantan. Wah, keren banget kan. Letaknya berada di Handil Street Km 44. Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Desain rumahnya berarsitektur kayu dengan ukiran-ukiran khas suku Dayak. Pemandangannya pun langsung ke arah hutan yang luas dan alami.

Menginap disini dijamin aman ya, karena Samboja Lodge merupakan bagian dari kawasan hutan konservasi Samboja Lestari milik Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Fasilitas yang disediakan adalah restoran, layanan kamar, parkir, bar/longue dan toilet untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Kalian bisa menikmati kesunyian dan ketenangan suasa hutan serta mengunjungi pusat konservasi untuk melihat orangutan, rusa dan beruang madu.

Klik lihat: Tempat wisata di Bontang

Harga kamar di Samboja Lodge mulai dari Rp. 1.150.000/malam untuk tipe standar, Rp. 2.225.000/malam tipe queen suite dan Rp. 2.900.000/malam untuk tipe king suite. Semua sudah termasuk sarapan, makan siang, makan malan dan aktivitas konservasi. Jika kalian berminat untuk menginap disini, kalian juga ikut menyumbang untuk perawatan dan pelestarian orangutan dan beruang madu, lho.

5. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Pantai Melawai adalah salah satu pantai yang terkenal di Kaltim, jadi jadiin destinasi wajib ya. Keindahannya sudah tidak diragukan lagi, apalagi ketika sunrise dan sunset karena garis horizon di laut benar-benar terlihat sempurna. Banyak penjual makanan hingga pantai ini hampir tidak pernah sepi. Selain itu fasilitas di Pantai Melawai adalah hotel dengan bermacam kamar, restoran dan layanan wifi. Lokasi pantai ini berada di kota Balikpapan, strategis jika dicapai dari mana saja.

6. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban sangat terkenal hingga ke mancanegara karena keunikan dan keindahan biota laut dan pemandangan undewaternya, terutama ubur-ubur. Pulau ini merupakan gugusan kepulauan Derawan, guys. Pulau Kakaban merupakan satu dari dua pulau di dunia yang memiliki keistimewaan dengan adanya danau ubur-ubur. Banyak wisatawan dari berbagai negara serta para peneliti datang kesini untuk melihat ubur-ubur. Danaunya berisi campuran air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah yang membentuk suatu habitat endemik bagi ubur-ubur.

Wisatawan bisa asyik diving atau snorkeling dengan membayar Rp. 20.000 saja. Gak perlu taku disengat ubur-ubur karena hebatnya, ubur-ubur di Pulau Kakaban tidak mematikan dan daya sengatnya pun tak berbahaya/tawar. Perairan di pulai ini juga sangat bagus hingga hidup ikan-ikan cantik dan koral-koral aneka warna.

7. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

 

Ini adalah destinasi wajib yang harus kalian kunjungi kalau lagi ada di Kaltim. Danau Labuan Cermin memiliki keindahan yang mempesona serta keajaiban alamnya, yaitu permukaan atas air danau adalah air tawar. Sedangkan dasarnya adalah air asin alias air laut. Ajaibnya, dua bagian air ini tidak tercampur dan seperti dipisahkan selaput garis. Dua jenis air ini juga menghadirkan kehidupan organisme dan biota air yang berbeda, ikan air tawar serta ikan laut.

Klik lihat: Tempat wisata di Tulungagung

Air danau berwarna biru kehijauan dan bening sekali, tak heran dinamakan Danau Labuan Cermin karena kalian seolah bisa bercermin di permukaannya. Sekelilingnya adalan tebing-tebing dan hutan. Letak danau ini berada cukup jauh dari kota. Berada di antara rimbun hutan Desa Labuan Kelambu, kecamatan Biduk-Biduk, kabupaten Berau. Bahkan dari Berau pun harus ditempuh selama 6-7 jam. Tapi, lama waktu tempuh itu akan terbayar saat kalian sampai disana, guys.

8. Jantur Inar Fall

Jantur Inar Fall

Jantun Inar adalah sebuah air terjun setinggi 30m dengan suasana sejuk serta panorama pepohonan serta batu-batuan berlumut. Walaupun memiliki sejarah yang dikatakan misterius dan sedikit menyeramkan akibat ada ‘penunggu’nya, Jantur Inar merupaka destinasi wisata alam yang begitu memikat. Ramai wisatawan ingin datang untuk melihat pelangi hasil biasan air dan suasana hutan yang asri.

Harga tiket masuk perorang Rp 2.000 dan harus bayar kendaraan juga. Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Lokasi Jantur Inar Fall sekitar 30 km dari pusat kota Sendawar, Kaltim. Air Terjun ini berada di sisi kira jalan menuju ke Dempar. Gak usah bingung karena di pinggir jalan ada papan nama Jantur Inar jadi kalian gak bakal nyasar.

9. Pulau Maratua

Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia, tapi masih dalam kawasan Berau, Kalimantan Timur. Pulau eksotis ini menyajikan pemandangan laut biru yang jernih dan indah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan para wisatawan, seperti diving, berenang, berjemur, dan melihat aktivitas pemukiman suku Bajo. Oh ya, kalau lagi beruntung, kalian bisa diving dan bertemu penyu hijau atau ikan pari raksasa karena banyak penyu hijau di sekitaran perairan pulau Maratua.

Akses ke pulau sudah mudah melalui perjalanan udara. Yaitu, naik pesawat dari Bandara Tarakan dan memesan tiket menuju ke Bandara Pulau Maratua. Penerbangan itu hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Kalian pasti harus menginap jika ingin datang berlibur kesini, jadi sudah disediakan resort-resort cantik yang harganya cukup terjangkau. Dengan pemandangan langsung menghadap laut, permalamnya dikenakan tarif Rp. 900.000 – Rp. 1.200.000. kalau mau hemat, bisa menginap di rumah-rumah penduduk dengan harga Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000 tergantung fasilitas rumahnya.

10. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Jika berada di Samarinda, kalian harus mampir ke Pulau Kumala. Tempat rekreasi di atas pulau ini seperti Dufan Ancol-nya Jakarta. Letaknya persis di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kaltim. Pulau berbentuk perahu ini berada di tengah sungai Mahakam dan luasnya 85 hektar. Disini ada beberapa permainan yang bisa dinaiki, seperti sky tower, komedi putar, bianglala, jet coaster dan lain-lain.

Untuk masuk dan menikmati permainan, ada tiketnya masing-masing. Jika kalian ingin mutar-mutar dengan mobil wisata, tarifnya Rp. 4.000/orang namun jika orang yang naik kurang dari 5 orang, mobil harus disewa seharga Rp. 20.000. Cukup murah kan? Tarif masuk ke pulau hanya Rp. 2.000/orang dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Ya, itu dia 10 Tempat Wisata di Kalimantan Timur terbaik. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *