Tempat Wisata di Bontang
Travel

Tempat Wisata di Bontang

Tahukah anda, kira-kira dimana saja tempat wisata terbaik di Bontang? Yup, untuk anda yang belum tahu, Bontang merupakan salah satu kota yang berada dalam wilayah Kalimantan timur. Kota ini merupakan penghasil batu bara terbesar di sana.

Namun jangan salah, Bontang tidak hanya kaya akan kandungan batubara, namun juga menyimpan banyak potensi wisata keren, yang cocok untuk dijadikan tujuan berlibur.

10 Tempat Wisata di Bontang yang Hits

1. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai merupakan taman nasional sekaligus destinasi wisata alam dan edukasi yang terletak di Kabupaten Kutai Timur. Persisnya di daera Kutai Kartanegara dengan mengambil sedikit wilayah di Bontang. Luasnya 198.000 hektar. Jika menuju kemari, bisa ditempuh melalui jalur darat dari Samarinda ke Bontang yang jaraknya 120km, waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam atau bisa juga dari Balikpapan menuju Bontang dengan jarak 250km kira-kira 4,5 jam perjalanan.

Disini ada banyak macam flora dan fauna, untuk faunanya terkhusus kepada rehabilitasi orangutan. Selain menjadi tempat tinggal flora dan fauna secara alami, Taman Nasional Kutai (TNK) juga menjadi tempat penelitian, perkemahan dan pendidikan alam.

Klik lihat: Tempat wisata di Sidoarjo

Kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah wisata goa, wisata bahari bakau, melihat satwa liar dan melihat flora yang ada disana seperti pohon Cemara Laut, Rafflesia Arnoldi, Meranti dan anggrek hutan. Cocok buat wisata bersama keluarga dan anak-anak. Jika hari kerja, masuk ke TNK dikenakan biaya Rp. 10.000/orang dan hari libur Rp. 15.000/orang khusus turis domestik. Bagi turis mancanegara, dikenakan biaya Rp. 20.000/orang hari kerja dan Rp. 30.000/orang hari libur. Oh ya, kunjungan terbaik kesini itu bulan April sampai Oktober setiap tahunnya.

2. Pantai Marina Bontang

Pantai Marina Bontang

Menurut penulis, diantara sekian banyak pantai di Kalimantan Timur, mungkin ini yang paling indah. Bukan lautnya, melainkan pesisirnya. Pasirnya super putih dengan air laut biru. Di tepiannya banyak pohon-pohon yang teduh dengan deretan perahu. Sayangnya, pantai ini masih menjadi polemik apakah bisa dibuka untuk umum atau tidak. Pantai ini milik PT Badak Ngl dan memang yang bisa masuk hanya orang-orang yang berkepentingan seperti petugas. Kalau kalian termasuk kerabat orang yang kerja di Pt Badak Ngl, mungkin mudah bagi kalian untuk memasukinya.

Walaupun tidak dibuka untuk umum, jangan sedih karena kalian masih bisa melihat keindahan pemandangan Pantai Marina dari dua spot, dari Cafe Singapore dan Pelabuhan Berbas Pantai.

3. Pulau Gusung

Pulau Gusung

Pulau Gusung merupakan salah satu pulau di Bontang dengan pemandangan laut yang indah. Letaknya di Guntung, kecamatan Bontang Utara, Kaltim. Bisa ditempuh dari Bontang dengan speedboat kurang lebih 30 menit. Saat ini kira-kira ada 300 kepala keluarga yang tinggal di pulau tersebut dan mereka semua ramah pada para wisatawan. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan tradisional. Beberapa menjadikan pekerjaan kedua mereka sebagai petani rumput laut.

Pulau Gusung harus jadi list kalian kalau datang ke Bontang ya guys. Disini kalian bisa memancing ikan dan melihat aktivitas masyarakat asli di pulau yang menjemur ikan atau menjemur rumput laut. Fasilitas disini masih minim banget karena masih dalam tahap perbaikan dan pengembangan serta tidak adanya PLN, jadi tidak disarankan kalian untuk menginap tanpa persiapan yang matang.

4. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah adalah satu pulau paling populer di Bontang. Jaraknya pun dekat dari pusat kota, hanya 7 km saja. Kenapa nama pulaunya lucu banget? Ya, nama Beras Basah konon berasal dari kejadian lama. Masyarakat setempat mengatakan dulu pernah ada kapal dari Sulawesi yang berlayar menuju Bontang dengan memuat berton-ton karung beras. Namun, di tengah pelayaran kapal tersebut karam karena ombak besar dan muatan berisi beras itu tumpah dan banyak yang tercecer di permukaan air laut sampai ke pesisir pantai. Itulah mengapa namanya jadi Pulau Beras Basah.

Klik lihat: Tempat wisata di Probolinggo

Pulau ini indah dengan dihiasi sebuah mercusuar setinggi 15 meter untuk membantu navigasi kapal di malam hari. Pasirnya yang putih juga menambah keelokan pantainya. Walaupun ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan, pantai ini selalu dijaga kebersihan dan keasriannya.

Terdapat beberapa fasilitas juga seperti musholla, gazebo, warung makan, toilet dan permainan air lainnya seperti banana boat. Oh ya, jika ingin mandi kalian harus beli air sendiri karena toiletnya gratis. 5 jerigen air masing-masing seliter dihargai Rp. 5.000. Kalau mau kesini dari Balikpapan atau Samarinda bisa menggunakan bus atau mobil pribadi karena lebih hemat waktu.

5. Bontang Kuala

Bontang Kuala

Bontang memang memiliki potensi wisata yang bagus-bagus, salah satunya ini nih, Bontang Kuala. Bontang Kuala merupakan pemukiman nelayan yang bersih dan rapi dan terletak di kelurahan Bontang Utara. Sangat dekat dari pusat kota.

Kalau kalian berkunjung kesini, kalian akan susah menemukan sampah plastik dan botol karena masyarakatnya sangat menjaga kebersihan kampung mereka. Buat kalian yang suka fotografi, ada spot-spot fotografi yang oke banget buat mengisi portfolio kalian. Bontang Kuala juga memiliki kuliner khas yang bisa kalian cicipi dan terasi sebagai oleh-oleh andalannya.

Jika kalian ingin berjalan-jalan santai dan menikmati sore hari yang indah dan berbeda dari tempat tinggal kalian, Bontang adalah salah satu yang terbaik. Kalian bisa menyusuri deretan rumah-rumah penduduk yang sudah rapi dan apik dengan empang kecil di sebelahnya, atau pergi menuju warung makan dan kafe di pinggir laut untuk menikmati sunset. Di Bontang juga ada lapangan dan sebuah panggung untuk pertunjukan yang menghibur masyarakat sekaligus wisatawan yang datang.

6. Teluk Kaba

Teluk Kaba

Teluk Kaba berada di Desa Kendolo Kutai Timur. Jaraknya hanya 40 menit dari pusat kota Bontang. Aksesnya sebenarnya mudah hanya saja kalau jalanan basah atau hujan akan licin karena belum diaspal. Teluk Kaba terkenal dengan potensi rumput lautnya. Para warganya banyak yang jadi petani rumput laut dan nelayan. Teluk Kaba memiliki pemandangan pantai yang indah banget, guys. Pasir dan air lautnya bersih, jika kalian melongok ke tepian jembatan kalian bisa lihat rumput laut yang tumbuh subur.

Klik lihat: Tempat wisata di Ponorogo

Selain itu ada hutan bakau di sekitaran teluk dan konon katanya jika air laut surut, masih banyak ditemukan rusa. Biasanya rusa-rusa itu akan keluar di sore hari. Oh, ya pemukiman penduduk dengan pantai di teluk dipisahkan laut. Jadi kalau kalian mau main-main ke pantai harus menyewa perahu yang harganya kisaran Rp.10.000/orang.

7. Taman Tanjung Laut

taman tanjung laut

Taman ini berlokasi di Jalan Jendral Soedirman No.69,Tj. Laut, Bontang Selatan. Taman ini biasa digunakan untuk aktivitas warga dan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Untuk ukuran taman, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh warga setempat. Ada fasilitas seperti toilet umum, musholla, gazebo dan kola resapan air untuk refleksi kaki. Ada pula arena bermain anak lengkap dengan ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan jogging track yang dikelilingi banyak tanaman hijau. Kalian bisa coba datang kesini untuk sekedar berjalan-jalan menikmati hari. Apalagi masuknya juga gratisan.

8. Cafe Singapore

Cafe Singapore

Cafe ini adalah salah satu tempat nongkrong yang banyak diminati wisatawan karena keunikannya. Di cafe ini ada replika patung Merlion Singapura yang menghadap ke laut. Lokasinya di Beras Basah, Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan. Gampang banget kok kalau pake GPS. Disini cocok banget buat yang mau duduk bersantai sambil ngemil atau makan berat. Pemandangannya menghadap ke hutan bakau dan langsung menuju laut. Kalau sore menuju malam bagus banget karena banyak lampu-lampu.

Makanan yang dijual ada aneka ikan segar, nasi, cemilan seperti singkong keju dan pisang bakar serta aneka jus dan minuman lainnya. Harganya sih rata-rata gak terlalu mahal. Buka dari jam 10.00 sampai 22.00 dan ramai kalau malam hari. Buat kalian yang suka nongkrong, bisa coba datang kesini ya.

9. Kenari Waterpark Bontang

Kenari Waterpark Bontang

Kenari Waterpark ini berada di Api-Api, Bontang Selatan. Wisata wahana air merupakan tempat yang cocok buat kalian yang mau berenang bersama keluarga besar atau teman-teman. Kenari Waterpark menawarkan sensasi berenang dan bermain air dengan arsitektur Eropa dengan banyak sekali kursi klasik yang minimalis di pinggir kolam. Ada dua paket harga yang ditawarkan:

  • Paket A untuk 2 orang: Rp. 63.000
  • Paket B untuk 4 orang: Rp. 108.000

Harga bisa berubah ya guys. Biasanya sih banyak promo-promo menarik. Fasilitas yang disediakan adalah tempat makan, kursi santai dan toilet umum yang banyak dan bersih. Area parkirnya juga lumayan luas.

10. Alam Sejati 77

Alam Sejati 77

Objek wisata kekinian ini termasuk baru di Bontang. Lokasinya di atas bukit Bontang Lestari, Kota Bontang. Banyak orang mengeluhkan tempatnya yang sulit dicari karena kurangnya papan penunjuk jalan, jadi pergunakanlah GPS di smartphone kalian. Di area Alam Sejati 77 ini kalian bisa menemukan banyak spot foto bagus yang instagramable banget. Yang paling terkenal sih sebuah bangku kayu panjang dengan rangkaian bunga mawar pink di atas dan di sisinya. Dengan latar belakangan perbukitan yang menawarkan keindahan.

Selain itu ada juga papan yang bisa dinaiki dengan tulisan I LOVE U berwarna pink dan bukit-bukit kecil dengan pintu mirip seperti rumah hobbit di film The Lord of The Rings. Kalian wajib banget deh datang berkunjung kesini.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *