15 Tempat Wisata di Madiun yang Cocok Buat Liburan Bareng Keluarga

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Madiun

Tempat Wisata di Madiun – Jawa Timur mempunyai kekayaan alam dan beberapa tempat wisata yang indah dan wajar untuk didatangi. Seperti yang berada di Batu, Banyuwangi, Surabaya, Madura serta tentunya Madiun. Semasing daerah ini mempunyai keunikan dari keadaan geografi yang dipunyainya.

Dengan bagaimana beberapa tempat wisata itu diurus. Serta banyak daerah dinamai atau panggilan tertentu. Seperti Madiun yang dikatakan untuk Kota Brem, Kota Budaya serta Kota Sastra.

Tiga julukan yang diberi ialah bukti jika Madiun jadi daerah yang pantas didatangi. Anda dapat lihat bagaimana keindahan alam yang tidak cuma jadi monopoli di wilayah pesisir Jawa atau pulau lain saja tetapi di Madiun, obyek wisata ini mempunyai potensi besar.

Baca : 64 Tempat Wisata di Jawa Timur

15 Tempat Wisata di Madiun

Anda dapat temukan wana wisata grape, monumen kemresek, taman piknik umbul sampai air terjun banyulawe dong.  Untuk ke arah beberapa tempat wisata ini, berikut rujukan serta tempat tempat wisata di Madiun yang dapat Anda datangi.

1. Waduk Kedungbrubus

Lokasi : Area Perhutani, Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Menjadi sebuah bendungan yang dibuat tahun 2008, Waduk ini digunakan untuk aliran irigasi. Tapi seiring waktu berjalan, Waduk jadi tempat wisata jagoan dari masyarakat seputar. Bukan hanya rekreasi keluarga tapi terdapat beberapa sarana yang disiapkan.

Buat mereka yang menyukai memancing, Wadung Kebungbrubus jadi spot pilihan. Dengan Anda yang ingin menu ikan bakar, Anda dapat bertandang ke sejumlah warung yang berada di seputar waduk. Tempatnya ada di Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun.

2. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Lokasi : Jl. Ngumbul, Umbul, Glonggong, Kec. Dolopo, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Merupakan taman peninggalan di waktu penjajahan Belanda, taman ini mempunyai banyak objek menarik. Taman Piknik Wisata Umbul mempunyai sumber air belerang yang hangat.

Ada kebun binatang mini dan beberapa satwa di dalamnya. Obyek wisata di Madiun ini cukup terkenal serta jadi tujuan hits.

Sala satu kekhasan dari obyek wisata itu ialah terdapatnya dua jurang yang mengapit serta dicari untuk jadikan tempat berpose. Tempatnya ada di Jalan Ngumbul, Golonggong. Berlibur dapat makin hebat serta menyenangkan.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Kalian Datangi

3. Tempat Wisata di Madiun : Monumen Kresek

Lokasi : Kresek, Sewu, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Apa yang Anda pikirkan saat dengar nama Monumen Kresek? Rupanya monumen ini dibuat untuk bentuk peringatan sebab kekejaman PKI di jaman dahulu. Keganasan PKI sendiri mengakibatkan banyak korban meninggal serta dari prajurit TNI sampai masyarakat desa.

Konon, dahulunya monumen ini ialah rumah masyarakat yang dipakai untuk tempat pembantaian dari PKI. Ada satu prasasti yang berisi nama korban diantaranya ialah Kolonel Muladi. Tempatnya berada di Kresek, Wungu.

4. Dumilah Waterpark

Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No. 99, Klegen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

Wisata Madiun selanjutnya adalah wisata atau tempat piknik yang banyak diunggulkan oleh masyarakat Madiun. Di sini kelak beberapa pengunjung dapat coba beberapa pekerjaan hebat.

Contohnya seperti flying fox atau mini game. Ada pula sarana food court yang ada di tempat wisata hingga Anda tidak perlu cemas bila ingin berekreasi kuliner.

Dumilah Waterpark ada di Jalan Slamet Riyadi 99, Klegen. Jam bukanya ialah dari mulai jam 07. 00 sampai 19. 00 WIB.

5. Taman Wisata Tirtoirmolo Waterpark

Lokasi : Jl. Raya Ngawi-Madiun No. KM. 7, , Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Tirtonirmolo Waterpark adalah tempat wisata air yang mempunyai wahana cukup lengkap. Dari mulai kolam renang seluncur, kolam renang laba-laba, kolam air mancur kabut sampai boom-boom boat.

Bukan hanya permainan air saja, tapi ada pula wahana becak family serta ada banyak .

Tempatnya berada di Jalan Raya Ngawi, Madiun KM 7. Biaya yang dikenai sebesar Rp. 12. 500 sampai Rp. 15. 000.

6. Waduk Bening Widas

Lokasi : Waduk Widas, Setren, Pajaran, Kec. Saradan, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Waduk Bening Widas adalah lawatan penambahan yang dapat Anda jumpai di Madiun. Anda dapat hunting photo serta nikmati situasi seputar. Ada kolam pemancingan, dermaga untuk berpose sampai taman bermain untuk bercengkrama bersama-sama keluarga.

Tempatnya di Dusun Petung, Desa Pajajaran. Anda dapat ajak beberapa anak untuk bermain di taman serta sebatas santai dengan keluarga.

7. Wana Wisata Grape

Lokasi : Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kec. Kare, Madiun, Jawa Timur.

Wana wisata grape mempunyai nuansa alam yang lumayan menarik. Ada saluran sungai yang jernih serta fresh yang membuat pengunjung jadi kerasan. Anda dapat lakukan hiking, bersepeda, camping atau serta panjat tebing.

Wana wisata grape ini ada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu. Persisnya ada di kaki gunung Wilis yang jaraknya seputar 15 km dari kota Madiun. Luas tempat tempat itu seputar 1, 5 hektare.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Terhits

8. Tempat Wisata di Madiun : Situs Nglambangan

Lokasi : Brubahan, Nglambangan, Kec. Madiun, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Situs Nglambangan adalah situs sebagai peninggalan riwayat Kerajaan Majapahit. Terdapat beberapa jenis koleksi benda kuno yang dapat Anda dapatkan di sini. Seperti artefak berbentuk lumbung, watu dakon sampai sendang serta pura Lembangsari.

Di tempat ini seringkali diadakan ritual tradisi tiap malam 1 suro. Tempatnya berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu.

9. Sun City and Theme Park

Lokasi : Jl. S. Parman No. 2, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur.

Tempat wisata selanjutnya ialah Sun City and Theme Park. Berlibur dalam tempat ini pasti berasa menyenangkan sesudah Anda berkeliling-keliling mall. Idenya cukup unik sebab menyatukan wahan waterpark serta theme park di satu tempat.

Persisnya ada di Jalan Letjen S Parman 8, Oro-oro Ombo Kartoharjo. Anda dapat coba permainan seperti adventure land, ocean walk, jelly fish serta bermacam permainan yang lain.

10. Makam dan Masjid Kuno Taman

Lokasi : Jl. Kemiri No. 46, Taman, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur.

Sesudah nikmati berlibur yang hebat, Anda dapat berziarah ke makam Kanjeng Kyai Ageng Muhammad Kholifah. Beliau adalah seorang ulama dari Banten yang mana Anda dapat temukan latar bangunan masjid kuno di sini.

Konon masjid ini telah berdiri semenjak tahun 1745 yang lalu. Tempatnya ada di Jalan Asahan Taman 47 Madiun.

11. Air Terjun Krecekan Denu

Lokasi : Giringan, Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Obyek wisata yang termasuk baru di Madiun ialah Air Terjun Krecekan Denu. Sebab termasuk baru, Anda pun memerlukan tenaga tambahan untuk sampai di tempat wisata ini. Tetapi sepanjang perjalanan Anda tidak perlu cemas sebab banyak pohon-pohon asir serta panorama indah.

Tempatnya berada di Desa Kepell atau 4 km dari Wana Wisata Grape. Untuk rutenya ialah jalan naik serta ikuti jalan satu arah. Kelak Anda akan temukan gapura tertulis air terjun krecekan Denu.

12. Tempat Wisata di Madiun : Air Terjun Seweru

Lokasi : Branjang, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Masih dengan tujuan wisata yang fresh, air terjun seweru ini menyediakan kolam alami yang tercipta di bawah air terjun. Ketinggiannya seputar 400 mdpl serta banyak yang menyebutkan dengan nama Kedung Malam atau Seronfo.

Supaya bisa sampai air terjun seweru, Anda dapat memakai motor serta diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak seputar 1 km. Terletak di lereng Gunung Wilis. Walau cukup jauh, rasa capek dapat terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di sekelilingnya.

13. Air Terjun Banyulawe Dong

Lokasi : Gligi, Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Ada situasi serta pemandangan alam yang ciri khas pegunungan. Anda dapat nikmati panorama dalam tempat ini. Objek wisatanya lumayan ramai serta banyak warung kecil di seputar air terjun.

Tempatnya ada di Desa Kepel, Kecamatan Kare. Persisnya berada di lokasi lereng gunung wilis.

14. Air Terjun Kucur

Lokasi : Pucang Sawit, Padas, Kec. Dagangan, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Madiun memang populer dengan beberapa obyek wisata alam air terjun. Anda dapat lebih gampang hadir ke obyek wisata ini sebab beberapa orang yang telah mengenalnya. Namanya ialah air terjun kucur yang disebut wisata bikinan dari masyarakat seputar.

Tinggi air terjun seputar 20 mtr. serta ada di Desa Padas, Kecamatan Dagangan. Obyek wisata itu digunakan untuk sumber air saat musim kemarau.

15. Tempat Wisata di Madiun : Gunung Kendil

Lokasi : Area Sawah, Pilangrejo, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Bila Anda pernah tahu bagaimana situasi di Santa Monica, los Angles, Anda dapat hadir ke Gunung Kendil. Karena, obyek wisata ini dijagokan seperti yang berada di Los Angles.

Dahulu sebelum jadi obyek wisata, tempat ini ialah tempat latihan untuk militer. Tapi saat ini sudah dialih-fungsi jadi obyek wisata yang lumayan menarik.

Ada banyak sarana simpatisan seperti toilet, musholla, gazebo, rumah makan sampai kolam pemancingan. Siapapun pasti kerasan saat ada dalam tempat ini. Tempatnya berada di Ruang Sawah, Pilangrejo, Wungu. Jam bukanya ialah jam 07. 00 hingga 18. 00 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *