Tempat Wisata di Sampang
Travel

13 Tempat Wisata di Sampang, Madura yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Sampang – Sampang adalah salah satu kabupaten di Pulau Madura yang masuk dalam daerah administratif Jawa Timur. Kabupaten Sampang bersebelahan dengan Laut Jawa di samping utara, samping timur bersebelahan dengan Kabupaten Pamekasan, samping selatannya bersebelahan dengan Selat Madura, serta samping barat bersebelahan dengan Kabupaten Bangkalan.

Untuk salah satu kabupaten di Pulau Madura, Kabupaten Sampang populer mempunyai wisata alam yang indah. Dari mulai dataran tinggi sampai pesona pantai yang menarik. Apapun obyek wisata di Sampang yang kami merekomendasikan untuk Anda datangi?

Baca : 64 Tempat Wisata di Jawa Timur

13 Tempat Wisata di Sampang

Di bawah ini beberapa obyek wisata pilihan di Sampang yang pantas didatangi. Tetapi Anda harus mempersiapkan mental terlebih dulu, sebab dengan cara budaya warga Madura populer dengan style bicara yang keras. Walau demikian bukan bermakna galak atau mungkin tidak ramah. Silahkan kita baca penjelasannya berikut ini.

1. Pulau Mandangin

Salah satu obyek wisata di Sampang Madura yang sedang hits di sosial media ialah Pulau Mandangin. Pulau ini berada di samping selatan Pulau Madura. Untuk ke arah pulau ini, pelancong harus tempuh perjalanan memakai perahu motor sepanjang 30 menit.

Berdasar info yang didapat, Pulau Mandangin adalah tempat pembuangan pengidap penyakit lepra pada saat Orde Baru. Hingga sebagian orang seringkali menyebutnya untuk “Pulau Lepra”.

Pulau ini ditempati oleh beberapa orang Madura, yang sebagian besar bermata pencaharian untuk nelayan. Rumah berderet-deret dan jalanan yang sempit.

Baca Juga : 14 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Terhits

2. Pantai Canding

Pantai Canding adalah pantai yang berada di Pulau Mandangin. Pantai ini tawarkan keindahan panorama pasir putih yang memesona. Disana, kalian akan lihat kapal-kapal nelayan sedang bertumpu, seolah capek setelah melalui lautan. Tempat wisata Sampang ini tawarkan keindahan sunset yang romantis.

Kalian bisa berpose shillouette, atau duduk sambil habiskan waktu bersama-sama beberapa orang paling dekat. Disamping itu, kalian dapat lihat panorama kota Sampang dari terlalu jauh. Menarik Kan? Tempat ini ada pas di Mandaining Barat, Pulau Mandaining, Kabupaten Sampang Madura.

3. Pantai Camplong

Pantai Camplong berada di Desa Dharma, Kecamatan Camplong, atau memiliki jarak 8 km dari pusat Kota Sampang. Wisata Camplong Sampang ini termasuk wisata yang sedang ramai dibicarakan netizen, sebab mempunyai keindahan alam yang memesona.

Ditambah lagi, pantai ini didukung oleh beberapa sarana, salah satunya kursi-kursi, mushola, kamar mandi, sampai dermaga yang instagramable.

Disamping itu, Pantai Camplong mempunyai bermacam spot photo yang romantis, seperti dekorasi berupa hati, pintu masuk yang artistik, sampai beberapa tempat duduk yang tidak kalah khasnya. Lain daripada hal itu, pantai ini mempunyai pasir pantai yang putih bersih.

Pohon – pohon cemara tumbuh di selama bibir pantai. Hal itu tentunya menganakemaskan mata Anda. Jika kalian mengunjunginya disaat senja, kalian bisa lihat romantisnya sunset yang romantis. Indah sekali kan? Selekasnya saja berkunjung ke wisata pantai Sampang Madura ini.

4. Waduk Klampis

Waduk Klampis adalah waduk yang berada di Jl, KH Asyhari Sorogan, Desa Kramat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang Madura. Waduk itu bukan hanya dipakai untuk sumber irigasi warga seputar, dan juga digunakan untuk obyek wisata di Sampang Madura.

Waduk Klampis mempunyai pemandangan alam yang indah. Di sekitarnya ada pohon-pohon yang teduh. Disamping itu, kalian dapat lihat jejeran perbukitan mengelilingi waduk ini. Lain daripada hal itu, Waduk Klampis populer untuk tempat memancing, sebab mempunyai ikan yang banyak.

5. Hutan Monyet Nepah Raden Segoro

Wisata Hutan Monyet Nepah Raden Segoro berada di Desa Nepa, Kabupaten Sampang Madura, atau memiliki jarak 50 km dari pusat kota. Tempat ini ada di pesisir utara Pulau Madura, serta mempunyai luas ruang seputar 1 km persegi.

Disamping itu, tempat wisata di Sampang Madura ini dikelilingi oleh sungai air tawar langsung mengalir ke lautan. Untuk ke arah tempat ini, pelancong harus berusaha, sebab obyek wisata ini cukup terpencil.

Akan tetapi, kecapekan sepanjang perjalanan akan langsung terbayar lunas sesudah lihat lanscape tempat wisata ini. Salah satunya Rimba Mangrove yang rimbun, panorama pantai yang memesona, dan monyet-monyet nakal yang seringkali “caper” pada pelancong.

Jika kalian bawa makanan, berharap waspada, sebab seringkali di rampok oleh mereka. Cukup hebat kan?

6. Tempat Wisata di Sampang : Hutan Mangrove Nepa

Jika kalian sedang ada di Rimba Monyet Nepah Madura, kalian harus coba salah satu wahana yang ditawarkan disana, yakni menelusuri Hutan Mangrove Nepa.

Kalian bisa naiki kapal yang disewakan oleh pengelola untuk telusuri mangrove. Pohon-pohon hijau yang lebat dan misterius, akan membuat ingin tahu tiap pelancong.

Menyusuri Hutan Mangrove memakai perahu adalah pengalaman yang tidak Anda lupakan demikian saja. Janganlah lupa selalu untuk menyimpan peristiwa dalam tiap perjalanan Anda telusuri obyek wisata di Sampang Jawa timur ini.

7. Tempat Wisata di Sampang : Pantai Nepa

Masih di kawasan Rimba Monyet Nepa, kalian bisa nikmati satu pantai namanya Pantai Nepa. Pantai ini masih asri, sebab sedikit di datangi pelancong.

Pantai Nepa mempunyai garis pasir putih yang panjang. Pasirnya cukup lembut, hingga nyaman di kaki. Sebab masih satu lokasi dengan rimba monyet Nepa, kalian tak perlu untuk bayar biaya retribusi .

Baca Juga : 13 Tempat Wisata di Tuban yang Sayang Untuk Dilewatkan

8. Tempat Wisata di Sampang : Goa Lebar

Lokasi Goa Lebar ada di Jl. Pahlawan, Desa Rongtengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Madura. Tentu kalian bertanya-tanya kenapa tempat wisata di Sampang ini namanya Goa Lebar? Pemungutan nama itu di dasari oleh diameter goa yang benar-benar lebar, yakni sampai 200 mtr..

Disamping itu, Goa ini mempunyai kedalaman 300 mtr.. Di tempat ini, kalian bisa berpose dengan background goa ini. Untuk makin menarik pelancong, pengelola sediakan gazebo serta beberapa tempat duduk yang asik.

Lain daripada hal itu, panorama alam yang ditawarkan oleh goa ini benar-benar indah. Batu-batuan karang bersatu dengan hijaunya pohon-pohon yang lebat. Benar-benar mengagumkan. Wisata Madura Sampang ini pas didatangi kalian yang mempunyai jiwa petualang.

9. Tempat Wisata di Sampang : Bukit Masegit

Bukit Masegit berada di kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Bukit Masegit adalah salah satunya tempat wisata yang sedang hits di sosial media.

Banyak muda mudi mengupload lawatan mereka ke tempat Bukit Masegit Omben Sampang. Di tempat ini, kalian bisa berpose di atas satu batu, menghadap ke bentangan pohon-pohon hijau yang lebat.

Tempat ini jadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Sampang Madura yang tawarkan keindahan sunset serta sunrise. Jika kalian penggemar photografi, akan disayangkan jika melepaskan peristiwa romantis itu. Ditambah lagi jika kalian bisa mengabadikannya bersama-sama beberapa orang tercinta.

10. Air Terjun Toroan

Tempat obyek wisata Air Terjun Toroan ada di Desa Ketapang Timur, atau memiliki jarak 4 km dari pusat kota ketapang. Air terjun ini mempunyai ketinggian saluran air seputar 20 mtr.

Saluran airnya cukup deras, serta fresh. Air terjun ini cukup spesial sebab air yang mengalir langsung ke arah lautan. Keadaan wisata ini cukup tertangani. Kalian bisa lihat pohon-pohon yang hijau mengitarinya, bersatu dengan karang-karang bebatuan yang kuat.

Wisata air terjun Toroan sedikit didatangi pelancong, hingga keadaannya masih terbangun keasriannya. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung belum dikenai ongkos.

Tempat wisata air terjun Toroan mempunyai biaya parkir sebesar 5. 000 rupiah untuk kendaraan roda dua, serta 10. 000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Obyek wisata air terjun di Sampang Ketapang ini pas kalian datangi bersama-sama keluarga diakhir minggu.

11. Kuburan Madegan

Makam ini dulunya adalah makam yang di peruntukan buat bangsawan Madura. Tempat makam bersejarah ini terdapat di Desa Polangan, Kabupaten Sampang, Pulau Madura. Setiap harinya, banyak peziarah berkunjung ke makam ini.

Akses ke arah kuburan Madegan termasuk cukuplah gampang sebab akses jalan yang telah baik, dan tempatnya tidak demikian jauh dari kota.

Jika kalian masuk makam, kalian akan temukan satu bangunan yang mempunyai arsitektur Jawa yang dipengaruhi oleh kebudayaan India. Sampai sekarang, makam ini masih tertangani serta dijaga oleh Warga Sampang.

12. Masjid Agung Sampang

Masjid Agung Sampang berada di pusat kota Sampang. Masjid ini memiliki ukuran besar serta luas. Masjid ini mempunyai warna putih dengan ornament kuning keemasan.

Masjid Agung Sampang mempunyai arsitektur unik, pilar-pilar bundar menguasai tiap pojok masjid.

Masjid tetap ramai didatangi orang sehari-harinya, ditambah lagi masuk waktu Sholat. Jika kalian capek menelusuri tempat wisata di Sampang, luangkan untuk bersembahyang di Masjid Agung Sampang ini.

13. Alun-alun Sampang

Alun-alun Sampang jadi tempat wisata lowbudget yang tetap ramai didatangi pelancong. Alun-alun ini mempunyai beberapa sarana, salah satunya ruang bermain anak, kompleks pertamanan, dan beberapa tempat duduk yang menyebar di sejumlah pojok.

Di tempat ini, kalian dapat nikmati wisata kuliner Sampang Madura yang ditawarkan oleh penjual di Alun-alun Sampang.

Bagaimana penjelasan obyek wisata di Sampang yang telah kita sediakan ? Mudah-mudahan cukup sudah menolong Anda untuk tentukan tempat wisata setelah itu. Tetap jaga kebersihan serta keasrian tempat wisata yang kalian datangi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *