Tempat Wisata di Singkawang
Travel

Tempat Wisata di Singkawang

Bosen dengan tujuan wisata yang itu-itu saja saat liburan? Nah, kenapa gak coba berlibur ke Kalimantan aja? Jauh sih jauh, tapi kalau niat apa sih yang terasa sulit dan jauh? Lagipula, Kalimantan juga memiliki banyak surga tersembunyi yang keren untuk dieksplor. Khususnya di daerah Singkawang, Kalimantan Barat.

Nah, gak usah berlama-lama, berikut, kami pilihkan 10 Tempat Wisata Terbaik dan Terbagus di Singkawang. Check it out!

10 Tempat Wisata di Singkawang yang Populer

1. Pantai Kura-kura

Pantai Kura-kura

Pantai ini berlokasi di Kabupaten Bangkayang, perbatasan kota Singkawang. Jika ingin ke pantai ini dari pusat kota Singkawang, memerlukan waktu setidaknya 3 jam ke Tanjung Gundul dan sampai ke pantai. Tapi, waktu tempuh tersebut akan terbayar kalau kalian sudah sampai di Pantai Kura-Kura ini. Pantai yang masih sepi dan super bersih ini, memiliki keindahan yang luar biasa. Pasirnya sewarna cokelat yang bersih, banyak batu-batu di tepi pantai yang menjadi ciri khasnya dan air lautnya biru. Dari tepi pantai kita bisa menikmati indahnya laut Natuna dan langit yang menghampar luas.

Konon katanya disini banyak kura-kura yang bertelur, tapi jangan harap kalian bisa menemukannya. Hanya namanya saja yang mengandung unsur hewan lucu itu. Pantai Kura-Kura wajib jadi destinasi wisata buat kalian yang lebih suka menikmati suasana pantai dan laut dibandingkan hutan dan gunung.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang membentang sepanjang 3km dan terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang. Pantai ini bisa dibilang lebih modern karena memiliki beberapa fasilitas untuk para pengunjung, tidak seperti Pantai Kura-Kura yang masih sangat alami. Fasilitas tersebut diantaranya, pusat informasi pariwisata, diskotik, penyewaan banana boat, sepeda air, pondok wisata, toko souvenir, hotel, restora, dan kafe. Pantai ini juga sangat bagus dengan pasir putih dan air laut yang jernih, cocok banget buat yang mau berenang. Harga tiket masuknya berkisar Rp. 5.000 – Rp. 10.000 di hari biasa dan Rp. 20.000 di hari libur.

3. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung

Pantai ini dinamakan Batu Burung karena dulunya adq sebongkah batu granit raksasa yang terletak agak jauh dari pantai yang ditempati banyak sekali burung-burung. Di pantai ini juga ada semacam pembatas panjang dari batu, mungkin untuk mencegah ombak besar datang memecah bibir pantai. Letaknya masih di Singkawang, tepatnya di Sedau.

Klik lihat: Tempat wisata di Samarinda

Pantai ini termasuk pantai yang masih ‘virgin’ karena belum banyak terjamah, tapi kalian harus datang kesini untuk menikmati keindahannya secara langsung! Tidak ada harga tiket yang harus dibayar kalau ingin main kesini, hanya saja kalian bisa mengelilingi pulau dan pantai dengan sampan dan membayar Rp. 15.000.

4. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park terletak di Jalan Malindo, Sedau, Singkawang. Dari kota Singkawang, waktu tempuhnya cuma 30 menit kok. Di pantai ini terdapat penyewaan kuda, kebun binatang mini, warung makan dan kolam berenang. Jadi kalian bisa bersantai disini, menikmati pemandangan laut dan berjalan-jalan di pulau yang super duper bagus. Oh iya, jika datang ke Sinka Island Park, kalian bisa sekaligus mengunjungi pulau Simping. Cukup berjalan melewati jembatan kayu panjang yang sudah dibangun disana. Tiket masuk ke Sinka Island Park cukup murah, hanya Rp. 10.000/orang.

5. Taman Cinta Pajintan

Taman Cinta Pajintan

Objek wisata yang satu ini memadukan pemandangan gunung dan danau sebagai andalannya. Bagus banget karena sekana-akan, taman ini berada di dunia lain yang dikelilingi pegunungan. Disini disediakan penginapan dan terdapat waterboom untuk berenang. Banyak pula spot foto yang cocok buat anak muda kekinian, yang paling terkenal itu sih spot foto di lorong kanopi bunga berbentuk hati dan payung-payung warna-warni yang digantung. Cocoklah buat kalian yang mau liburan santai sambil keep hunting pictures. Taman Cinta Pajintan ini terletak di Singkawang Timur, guys. Harga tiket masuk ke taman ini Rp. 20.000/orang.

6. Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang

Salah satu destinasi wajib jika datang ke Singkawang, adalah ke Danau Biru. Danau ini mirip seperti Danau Kaolin di Belitong. Warna air danaunya biru kehijauan yang bersih menjadi daya tarik bagi para wisatawan, dan tentunya jadi spot foto yang menarik. Di sekitaran danau dkelilingi pohon dan tebing yang seperti tebing kapur. Danau Biru letaknya di daerah sekitaran Roban, 6 km jauhnya dari pusat kota Singkawang. Main kesini tidak dipungut biaya apapun alias gratis ya.

7. Taman Bougenville Singkawang

Taman Bougenville Singkawang

Taman Bougenville memiliki pesonanya sendiri. Dikelilingi perkebunan dan hamparan bunga, membuat suasana sejuk dan menyenangkan. Kalian harus datang kesini karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Singkawang, hanya 6 km. Tepatnya di Jl. Pertanian, Sijangkung, Singkawang Selatan. Didominasi bunga kertas (bougenville) yang beraneka ragam, wisatawan bisa sekalian belajar dan melihat koleksi jenis-jenis bunga yang ada. Selain bougenville, ada pula anggrek dan bunga lainnya serta tanaman-tanaman buah seperti belimbing madu, durian dan alpukat.

Klik lihat: Tempat wisata di Kalimantan Timur

Lalu, ada tempat yang paling disukai para wisatawan jika datang kesini. Namanya hutan homogen. Ya, areanya sangat sejuk karena banyak terdapat pohon Gaharu besar-besar. Jadi, wisatawan bisa bersantai di bawah rindang pepohonan setelah mengelillingi taman bunga. Buat kalian yang hobi berkebun dan suka nanam bunga, kalian waib datang kesini karena disini juga menjual aneka bibit bunga pilihan. Harga tiket masuk Taman Bougenville tergolong murah, hanya Rp. 10.000/orang. Jam operasionalnya dari pukul 9 pagi sampai 9 malam.

8. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Buat kalian yang hobi snorkeling, inilah tempat yang bagus untuk melakukannya. Pantai-pantai lain di daerah Singkawang terkenal karena panorama dan pasirnya yang bersih, namun Pulau Lemukutan dan pantainya terkenal karean keindahan bawah lautnya. Ada beberapa spot menarik untuk diving, didukung oleh air laut yang jernih, siapa sih yang akan menolak? Untuk datang ke Pulau Lemukutan, kalian harus menggunakan transportasi air yaitu, Kapal Kelotok dan Speed Boat. Kalian dapat memulai perjalanan dari sebuah pelabuhan yang berada di Teluk Suak Kabupaten Bengkayang.

Setelah sampai disana, kalian bisa memutuskan mau menginap atau tidak. Tapi, tenang saja karena disana disediakan penginapan walaupun tempatnya terbatas. Jika ingin berwisata dengan lebih nyaman, disarankan untuk mengikuti paket wisata yang disediakan oleh agen pariwisata supaya kenyamanan dan keamanan bisa lebih terjamin.

9. Mimi Land Batu Payung

Mimi Land Batu Payung

Tidak lengkap rasanya ke Singkawang kalau belum datang ke Mimi Land. Mimi Land adalah objek wisata yang dikelola oleh PT. Batu Payung Indah. Lokasinya 15 km dari pusat kota Singkawang. Akses menuju kemari mudah, karena jalanan sudah diaspal mulus dan lokasinya pun tak jauh dari kota. Disini ada arena bermain anak dengan banyak macam wahana, cocok jadi tempat berlibur bersama keluarga. Ada komedi putar,kora-kora, flying fox dan area pemancingan. Kalau mau menginap pun tidak susah, pengelola telah membangun hotel yang fasilitasnya memadai. Ada resto dan kafe juga, guys. Malahan, ada resort juga yang menghadap pantai dengan harga standarnya Rp. 360.000/malam.

Klik lihat: Tempat wisata di Pontianak

Kalau kalian hanya ingin berjalan-jalan di pantai, tidak ingin menginap, kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 saja. Kalau ingin menaiki wahana, ada tiketnya sendiri ya per-wahana. Gimana? Seru lho, main bermacam wahana di tepi pantai.

10. Mimi Land Beach

Mimi Land Beach

Berada persis di dekat arena bermain Mimi Land Batu Payung, terdapat Mimi Land Beach yang cantik memukau. Letaknya sama-sama di Dusun Teluk Suak, 15 km dari kota Singkawang. Aksesnya pun gampang karena jalanan sudah diaspal, bisa memakai mobil atau motor. Pantainya bersih, sekalian kan main air dan bangun istana pasir kalau sudah bosan main komedi putar di Mimi Land.

Lebih asyik lagi kalau kalian menyewa resort karena resort yang tersedia, dibangun tepat menghadap ke laut. Suasana yang kalian dapat pasti makin menyenangkan. Dari pinggir pantai, kalian bisa melihat pulau Batu Payung di kejauhan, ditemani semilir angin dan bau asin khas pantai. Harga tiket masuk kesini hanya dibandrol Rp. 20.000 saja.

Itu dia beberapa referensi tempat wisata di Singkawang, Kalimantan Barat. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *