Tempat Wisata di Pacitan
Travel

Tempat Wisata di Pacitan yang Indah

Pastinya semua masyarakat Indonesia sudah tahu, jika Bapak SBY, mantan presiden kita, merupakan asli putra kelahiran Pacitan. Ya, kabupaten yang menjadi tempat lahir tokoh Bangsa ini, dikenal memiliki destinasi wisata yang keren, khsusnya wisata alamnya. Nah, untuk anda yang sedang berkunjung ke Pacitan, dan bingung mau kemana untuk menghabiskan liburan, maka sebaiknya intip beberapa rekomendasi destinasi wisata berikut ini. Dijamin anda akan bersenang-senang disana.

10 Tempat Wisata di Pacitan Jawa Timur

1. Goa Gong

Goa Gong

Goa gong yang berlokasi di Desa Bomo, Kecamatan Punung, memiliki keindahan stalagtit yang mengagumkan. Goa ini berada di kedalaman 700 hingga 800 meter dan memiliki 7 ruangan besar dan memiliki keunikannya tersendiri.

Disalah satu ruangannya, Anda bisa menemukan Sendang Bidadari yang menawarkan air jernih nan indah. Diruang lainnya, Anda bisa menemukan batu unik yang akan mengeluarkan suara seperti Gong, apabila Anda menabuhnya. Itulah mengapa goa ini disebut Goa Gong.

Selain itu, keindahan lainnya yang ditawarkan goa ini yaitu kerlap-kerlip lampu temaram yang menghasilkan warna cantik didinding goa. Jalan setapaknya juga sudah dibangun dan ada pagar pembatasnya. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayarnya sebesar 5 ribu rupiah saja di hari kerja dan 10 ribu rupiah di hari libur.

2. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

“Setiap air yang mengalir akan berakhir di pantai” merupakan slogan yang tepat untuk pantai yang satu ini. Bagaimana tidak? Di bibir pantai ada air terjun kecil yang langsung bermuara ke pantai.

Apabila Anda ingin berkunjung kesini, datanglah saat surut pada pagi atau sore hari karena Anda bisa menikmati pantai ini dengan mudah. Jika pasang tiba, pantainya akan menyempit dan Anda tidak bisa menikmatinya dengan santai.

Klik lihat: Tempat wisata di Singkawang

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo. Untuk biaya tiket masuknya, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 5 ribu rupiah saja.

3. Sungai Maron

Sungai Maron

Ingin menikmat wisata liburan yang berbeda? Anda bisa menikmati pemandangan hijau di kanan-kiri dengan menelusuri Sungai Maron menggunakan perahu dayung. Sungai ini terjaga keasrian dan kebersihannya karena banyak sekali penduduk sekitar yang memanfaatkan sungai ini sebagai sumber air dan sumber ikan air tawar.

Yang menariknya nih, setiap tahun penduduk sekitar mengadakan lomba dayung. Apabila Anda tertarik untuk mengikutinya, bisa kok! Lomba ini diadakan hanya untuk bersenang-senang saja, bahkan ada banyak peserta yang tidak bisa mendayung dan akhirnya tercebur ke sungai. Sangat menarik, bukan?

4. Grojogan Mbedayu

Grojogan Mbedayu

Selain panorama goa, Anda juga bisa menemukan wisata alam lainnya seperti air terjun ini. Grojogan Mbedayu berada di Desa Bolosingo. Apabila Anda ingin mengunjungi air terjun ini, Anda harus berjalan kaki sejauh 3 km terlebih dahulu karena memang sulit dilalui oleh kendaraan.

Tak masalah! Sesampainya di air terjun ini, semua lelah dan penat akan terbayar sudah! Tempat wisata alam ini juga masih sepi wisatawan. Jadi, keasrian dan kebersihan lingkungan sekitar masih sangat terjaga.

5. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Selain Goa Gong, ada lagi nih goa yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi yaitu Goa Tabuhan. Goa ini letaknya tidak jauh dari Goa Gong, di Kecamatan Punung, memiliki kedalaman sekitar 100 meter.

Salah satu keunikan yang ditawarkan tempat wisata ini yaitu kumpulan stalagtit yang dapat menghasilkan suara seperti gamelan. Bagi Anda yang suka mendengar musik gamelan khas Jawa, goa ini bisa jadi pilihan yang tepat unutk Anda.

Klik lihat: Tempat wisata di Pontianak

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah di hari biasa dan 7 ribu rupiah di hari libur.

6. Pantai Pangasan

Pantai Pangasan

Suka mengunjungi pantai yang membutuhkan tenaga ekstrak untuk menikmati pemandangannya? Kunjungi saja Pantai Pangasan. Pantai ini berlokasi di Desa Kalipelus tetapi Anda harus melintasi pematang sawah miliki penduduk dengan berjalan kaki.

Setibanya disini, Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan pantai yang memiliki air jernih dan batu-batu karang yang berserakan dimana. Tak hanya itu saja, ada juga tebing tinggi yang menjulang di dekat pantai ini.

7. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar ini terkenal dengan seruling lautnya. Penasaran seperti apa bentuk serulingnya? Anda bisa langsung mengunjungi pantainya yang terletak di kecamatan Donorojo. Seruling laut inilah yang menjadi daya tarik wisatanya karena Anda tidak akan menemukannya di pantai yang lain.

Seruling laut itu merupakan batu karang besar yang terdapat celah didalamnya. Ketika ombak besar datang menghantam karang, celah karang tersebut akan mengeluarkan air mancur disertai dengan bunyi siulan yang khas. Air yang tersembur keluar dari celah itu bisa mencapai tinggi 10 meter, loh!

Klik lihat: Tempat wisata di Kalimantan Timur

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat karang raksasa lainnya yang berbentuk mirip Sphinx! Menarik sekali, bukan? Tapi, jangan coba-coba untuk berenang di pantai ini, ya! Penjaga pantai melarang wisata air karena ombaknya yang besar dan buas. Untuk menikmati keindahan alamnya, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk weekday, dan untuk weekend sebesar 7 ribu rupiah saja.

8. Pantai Srau

Pantai Srau

Ingin dapat keindahan 3 pantai yang berbeda dalam satu tempat? Ada loh pantai tersembunyi yang menawarkan keindahan 3 pantai sekaligus. Nama tempatnya yaitu Pantai Srau. Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, dan berjarak sekitar 25 km dari kota Pacitan.

Pantai ini memiliki 3 pantai yang memiliki ciri khasnya yang berbeda-beda. Pantai pertama, Anda bisa merasakan pasir putih sehalus bedak yang berpadu dengan ombak besar dan buih putih khas pantai selatan.

Pantai kedua, Anda bisa merasakan pasir yang lebih kasar dan menawarkan keindahan batu karang yang berjejer sehingga ombak yang ada dipantai satu ini lebih tenang. Anda bisa bermain air sepuasnya tanpa harus mengkhawatirkan ombak besar.

Pantai yang ketiga, tidak ada pasir pantai disini, yang ada hanyalah jejeran batu karang yang bisa Anda gunakan untuk duduk menikmati keindahan pantainya. Tak hanya itu saja, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja dan Anda sudah bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus. Menarik, bukan?

9. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Suka berselancar? Di Pacitan juga memiliki pantai yang bisa dijadikan untuk berselancar, loh! Jangan salah, ombak di pantai ini juga tidak kalah menariknya dengan pantai yang memiliki ombak besar lainnya. Bisa memicu adrenalin Anda untuk menaklukan ombak kelas dunia ini!

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan pulau karang, air laut yang biru-kehijauan, serta pasir pantainya yang putih dan lembut akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Ditemani dengan santapan ikan segar akan menambah kenikmatan menikmati indahnya pantai ini.

Pantai ini memang sulit dijangkau dan agak tersembunyi yang terletak di daerah Pringkukung tetapi menawarkan panorama pantai yang indah. Anda hanya perlu membayar tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah untuk weekday dan 10 ribu rupiah untuk weekend.

10. Monumen Jendral Sudirman

Monumen Jendral Sudirman

Suka mengunjungi tempat wisata yang bersejarah? Jangan lupa untuk mengunjungi Monumen Jendral Sudirman yang berada di Pakis Baru, Nawangan. Tempat ini merupakan markas yang dulunya digunakan untuk menentukan strategi gerilya.

Disini, Anda akan melihat diorama yang diukir dan memiliki seni yang tinggi dengan menaiki tangga yang berjumlah 70 buah (17 + 8+ 45). Anda juga bisa mengunjungi bedek atau rumah bambu yang pernah menjadi tempat persembunyian Jendral Sudirman. Rumah ini masih terawat dengan baik.

Nah, itu dia beberapa obyek wisata di Pacitan yang rekomended untuk dijadikan tujuan berlibur. Selamat bersenang-senang.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *