Makanan Khas Magelang
Kuliner

Makanan Khas Magelang

Kota Magelang merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali makanan khas Magelang dengan ragam kuliner enak nan lezat. Meskipun ukuran kotanya kecil jangan salah dulu ternyata kota Magelang ini merupakan salah satu kota yang aman, nyaman serta asri.

Selain memiliki beragam makanan khas Magelang, ternyata Megelang juga memiliki banyak potensi wisata yang indah seperti Candi Borobudur serta hamparan gunung-gunung yang indah. Nah sektor pariwisata ditambah dengan ragamnya masakan khas Magelang sepertinya menjadi sebuah perpaduan yang sempurna. Penasaran dengan jenis masakan khas Magelang? Berikut daftar makanan khas Magelang yang wajib untuk dicicipi.

10 Jenis Makanan Khas Magelang Resep Nenek Moyang

1. Kupat Tahu

Kupat tahu di Indonesia terdapat beberapa jenis yang terkenal luas di masyarakat yaitu berasal dari Surakarta, Singapura serta Magelang. Yang membedakan Ketupat Magelang dengan ketupat ya terletak pada bumbu serta bahan pelengkapnya ketupat dari Megelang ini menggunakan irisan kol, bakwan, mie serta tahu putih yang digunakan sebagai pelengkap.

Di Jakarta jenis kuliner satu ini mirip dengan ketoprak. Sajian utamanya menggunakan ketupat atau lontong, tahu yang sudah digoreng serta tauge dan irisan kembang kol. Adapun mengenai bumbunya ketupat ini dihidangkan dengan menggunakan sambel kacang serta untuk menambah agar pedas yaitu dengan memberikan tambahan sambel.

2. Buntil Daun Talas

Buntil Daun Talas

Buntil merupakan jenis makanan tradisional yang cukup terkenal di dataran Jawa. Jika umumnya buntil menggunakan daun pepaya, berbeda di Magelang dimana buntil lebih menggunakan talas sebagai pembungkus isiannya. Buntil daun talas menjadi salah satu makanan khas Mageleng dengan rasa yang menggoyang lidah.

Untuk membuat buntil daun talas, orang Magelang biasanya memilih daun talas yang masih muda. Sedangkan untuk isiannya bisa berupa parutan kelapa, udang asin, dan biji petai. Cara membuat makanan satu ini juga cukup mudah dan hanya menggunakan peralatan dapur yang sederhana.

3. Nasi Goreng Magelangan

Nasi Goreng Magelangan

Nasi goreng Magelangan ini disajikan dengan menggunakan menu yang tidak biasa yaitu dengan menggunakan mie basah serta balungan tulang ayam. Berbicara mengenai rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi,. Pasalnya nasi goreng magelangan ini hadir dengan cita rasa gurih karena sudah dicampur dengan kuah kaldu ketika pertama kali dimasak. Yang lebih unik dari nasi goreng magelangan ini yaitu cara memasaknya dimana nasi goreng ini dimasak dengan menggunakan tungku arang.

4. Opor Entok

Bukan hanya kupat tahu serta magelangan, melainkan Magelang juga memiliki kuliner lain yaitu opor entok, merupakan jenis makanan yang menggunakan angsa sebagai hidangan utamanya. Angsa atau enthog ini ketika akan diolah menjadi entok maka langkah pertamanya dimasak dengan dibakar agar semua bulunya rontok.

Klik lihat: Makanan khas Makassar

Opor entok ini berbeda dengan opor ayam. Dimana pada opor ayam menggunakan ayam dan kaldu yang disatukan sedangkan untuk opor entok antara kuah dan enthognya dipisahkan. Penyajiannya biasa dilakukan bersama nasi putih, lalapan mentimun dan daun pepaya, serta sambal ijo jelantah.

5. Getuk Cotot

Getuk Cotot

Getuk cotot merupakan makanan khas Magelang yang cukup populer. Makanan satu ini menggunakan bahan dasar ketela. Yang membedakan gethuk cothot dengan jenis gethuk lainnya yaitu pada bahan dasar yang sudah jadi berupa gethuk putih atau gethuk hitam yang sudah diberi gula pasir pada bagian tengahnya kemudian ditutup rapat dan setelah itu baru digoreng.

Disebut dengan getuk cotot dikarenakan saat pertama kali dimakan maka akan kelur gulanya sehingga dinamakan dengan cotot. Untuk rasanya tak usah khawatir, makanan khas Mageleng satu ini tentu siap menggoyang lidah kalian semua.

6. Wedang Kacang

Wedang Kacang

Wedhang kacang merupakan jenis makanan khas yang terkenal. Sesuai dengan namanya dimana isian dari wedang kacang ini yaitu kacang. Ketika minum wedang kacang maka dijamin akan membuat perut menjadi hangat.

Klik lihat: Makanan khas Sulawesi Selatan

Wedang kacang biasanya dijual diwarung cukup kecil yang bisa anda kunjungi, selain menyediakan wedang kacang warung ini biasanya juga menjual wedang ronde. Wedang rondo tidak kalah nikmatnya jika dibandingkan dengan wedang kacang. Bola-bola wedang ronde yang meleleh ketika dinikmati akan membuat kamu semakin nikmat saat menyantapnya.

7. Mangut Beong

Mangut Beong

Jajaran kuliner khas Magelang berikutnya yang wajib dicoba yaitu mangut beong. Apa itu mangut? Mangut merupakan jenis masakan dengan bentuk gula dan kaldu yang encer sehingga menghasilkan cita rasa pedas. Bahan baku yang banyak dipilih untuk membuat mangut di Magelang salah satunya adalah beong.

Ikan beong merupakan jenis ikan air tawar dengan ukuran yang lebih besar. Bagian beong yang menjadi favorit adalah bagian kepalanya. Sebelum dibuat menjadi mangut, ikan beong sebelumnya diproses dengan cara digoreng kemudian dicampur pada kuah super pedas sampai bumbunya meresap sempurna.

8. Mangut Lele

Mangut Lele

Selain ikan beong ternyata lele juga sering digunakan untuk membuat mangut. Untuk kamu yang mau mencoba mangut lele, kamu bisa datang ke dusun Tangkilan, kelurahan Pabelan, kecamatan Mungkid.

Klik lihat: Kuliner Makanan khas di Malang

Makanan khas Magelang ini hadir dengan cita rasa yang gurih, pedas dan manis. Perpaduan rasa yang menyatu menjadi satu pada lele serta kuah santan dengan warna kuning kemerahan akan membuat lidah bergoyang adapun bumbu yang dipakai untuk membuat mangut lele ini diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, kunyit, jahe, serai, kencur, lengkuas, daun salam, santan, dan jeruk purut.

9. Sego Godog

Sego Godog

Dalam bahasa Jawa kata “Godog” memiliki arti rebus. Dengan demikian maka sego godog khas Magelang ini merupakan jenis hidangan dengan menggunakan nasi sebagai bahan utamanya yang direbus. Sego godog menjadi sajian alternatif untuk mereka yang bosan dengan sajian nasi putih pada umumnya.

Sego godog termasuk jenis makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Makanan satu ini kerap dikesankan kuno, namun dibalik kesan tersebut ternyata hampir setiap orang menyukai karena memang rasanya enak dan menyehatkan. Hal itu dikarenakan kandungan bahan yang ada di sego godog seperti kubis, ayam, tomat, telur. Meskipun namanya sego godog namun dalam penyajiannya ditambahkan mie basah sehingga akan membuat perut semakin kenyang.

10. Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan Muntilan

Makanan khas magelang yang satu ini juga wajib dicoba. Tape ketan juga termasuk jajaran makanan tradisional khas Magelang yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Tape ketan terbuat dari beras ketan putih yang diberikan pewarna alami dari daun katu.

Sekarang ini penjualan tape ketan ini juga semakin meningkat di Magelang sehingga para wisatawan bisa dengan mudah mendapatkannya tanpa perlu berebut dengan pengunjung lain.

Selain diproduksi dalam skala kecil, tape ketan ini juga diproduksi dalam skala besar sehingga anda bisa semakin mudah untuk mendapatkannya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *