Makanan Khas Korea Selatan
Kuliner

Makanan Khas Korea Selatan

Negara Korea Selatan kini menjadi trendsetter bagi remaja di Indonesia terutama penggemar boyband atau drama korea. Dapat kita sadari secara nyata bahwa drama korea sangat memberi pengaruh signifikan terhadap perubahan gaya hidup remaja saat ini. Terlalu sering menonton drama korea dan memperhatikan kebiasaan artis yang ada di film tersebut membuat remaja kita mengikuti kebiasaan artis idola mereka terutama dalam bidang fashion dan kuliner.

Selain tempat wisata, bidang kuliner saat ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi para wisatawan di berbagai daerah salah satunya Korea Selatan. Melalui bantuan media sosial kini Anda dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi mengenai makanan khas dari daerah yang kita kunjungi. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai 10 makanan khas Korea Selatan yang dapat Anda nikmati sebagai berikut.

10 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba

1. Kimchi

Kimchi

Kimchi merupakan makanan favorit yang menjadi ikon Korea Selatan dan bagi Anda penggemar boyband Korea pastinya mengetahui jenis makanan yang satu ini. Rasanya yang dominan pedas serta asam sesuai dengan lidah masyarakat Korea menjadi ciri khas makanan ini.

Kimchi merupakan sayur sawi putih yang difermentasikan dengan bumbu racikan lain sehingga menjadi acar dan biasa dijadikan sebagai makanan pelengkap. Sebagai pengganti sawi putih, untuk membuat kimchi juga bisa memanfaatkan timun atau lobak sebagai bahan baku.

2. Ramyeon

Ramyeon

 

Ramyeon yang biasa kita kenal dengan mie ramen merupakan makanan khas Korea berupa mie berkuah yang menjadi favorit hampir seluruh pecinta kuliner di mancanegara. Ramyeon disajikan kepada penikmatnya di dalam panci lengkap beserta tutupnya agar kehangatan kuah kental dari ramyeon yang gurih dan pedas tetap terjaga dan Anda juga dapat memakan ramyeon menggunakan tutup panci yang tentunya memberikan kesan unik tersendiri.

Biasanya rameyon dapat Anda nikmati dengan berbagai topping diantaranya telor, aneka seafood serta daging bulgogi juga cocok untuk menjadi pendamping ramyeon.

3. Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan yang menyehatkan khas Korea karena terdiri atas nasi dimana di atasnya terdapat berbagai sayuran yang telah diiris tipis-tipis beserta daging, telur mentah dan saus sambal yang khas Korea yang disajikan dalam sebuah mangkok yang masih panas. Telur mentah yang disajikan di atas mangkok nantinya akan matang dengan sendirinya melalui perantara panas mangkok.

Klik lihat: Makanan khas Turki

Cara memakannya Anda harus mencamur semua isian yang ada dalam mangkok secara merata agar bumbu bibimbap merata dan kelezatannya dapat Anda nikmati setelah itu.

4. Jajangmyeon

Jajangmyeon

Jajangmeyeon merupakan sajian mie yang terbuat dari tepung gandum dan disajikan dengan saus pasta dari kedelai hitam. Dalam saus pasta jajangmyeon biasanya terdapat campuran dari potogan sayuran dan potongan daging sapi, mirip dengan spaghetti namun tampilan jajangmyeon tampak menarik dengan adanya kombinasi warna putih dari mie dan hitam dari saus pasta. Jajangmyeon akan lebih nikmat jika disantap ketika masih dalam kondisi hangat dan ditambahkan acar sebagai pendamping.

5. Kimbab

Kimbab

Kimbab hampir mirip dengan sushi makanan khas Jepang yaitu nasi putih yang diisi sayur, telur, daging, ikan atau jenis seafood lain didalamnya kemudian digulung menggunakan potongan rumput laut yang telah kering. Nasi yang digunakan untuk kimbap diberi bumbu minyak wijen serta garam sehingga terasa gurih.

Klik lihat: Makanan khas Thailand

Biasanya kimbap berbentuk segitiga atau bulat tergantung selera si pembuat dan dinikmati dengan mencocolkan ke dalam saus khas Korea sehingga memiliki rasa yang lezat.

6. Bulgogi

Tentunya Anda tidak asing mendengar kata bulgogi di Indonesia, karena kini banyak makanan yang menggunakan varian rasa bulgogi salah satunya mie instan. Hampir semua pecinta kuliner pasti mengetahui bahwa bulgoni adalah makanan khas Korea Selatan, terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan dipanggang hingga matang.

Bulgogi memerlukan racikan bumbu khusus yang terdiri atas bawang putih, lada, jahe, minyak wijen, gula, kecap dan beberapa rempah tambahan sehingga menghasilkan cita rasa yang tak tertandingi. Setelah matang bulgogi disajikan beserta sayuran segar sehingga memiliki penampilan yang mampu menarik hati pecinta kuliner sebelum mencicipinya.

7. Japchae

Japchae

Japchae yang merupakan makanan khas dari Korea berbeda dengan capjay yang biasa kita temukan di Indonesia. Apabila di Indonesia capjay hanya terdiri atas sayuran yang dimasak bersamaan dengan bumbu sedangkan japchae merupakan bihun atau mie soun yang ditumis dengan racikan bumbu tertentu diantaranya gula pasir, kecap asin serta bawang putih kemudian dicampur daging sapi dan aneka sayuran misalnya wortel, bawang bombays serta paprika sehingga menghasilkan rasa gurih, lezat dan memberikan sensasi tak terlupakan bagi penikmatnya.

8. Kue Beras

Kue Beras

Kue beras atau Tteok dalam bahasa Korea merupakan makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari tepung beras ketan sesuai dengan namanya dan biasanya disajikan saat perayaan tertentu misalnya perayaan tahun baru. Proses memasak kue beras juga beragam yaitu dengan digoreng, dikukus ataupun direbus sesuai dengan selera Anda.

Klik lihat: Makanan khas Malaysia

Makanan ini juga biasanya disajikan dalam berbagai bentuk karena teksturnya yang lembut dan elastis memudahkan pembuat untuk membentuk sesuai kreasi mereka masing-masing. Terdapat berbagai macam isian pada kue beras diantaranya kacang hijau, pasta dari kacang merah yang manis, kacang merah atau buah kering.

9. Miyeok Guk

Miyeok Guk

Miyeok Guk adalah sup rumput laut khas Korea yang banyak digemari oleh masyarakat Korea karena rasanya yang gurih dan lezat serta dijamin halal karena terbuat dari sayuran laut. Selain itu biasanya kaldu yang digunakan untuk sup rumput laut ini terbuat dari ikan teri, daging sapi dan kerang.Untuk bumbu yang digunakan hanya memanfaatkan bawang putih, acar udang, biji wijen panggang, garam serta kedelai tanpa menggunakan cabai sehingga makanan ini cocok bagi Anda yang tidak menyukai pedas. Miyeok guk memiliki kandungan nutrisi penting yaitu yodium dan kalsium yang baik untuk wanita pasca melahirkan.

10. Bungeoppang

Bungeoppang

Bungeoppang merupakan jajanan khas Korea yang sangat enak dan lezat sehingga Anda yang mengunjungi salah satu bagian Negara Korea wajib untuk mencicipi jajanan unik ini. Kuliner bungeoppang berupa kue dengan bentuk ikan yang diberi isian kacang merah didalamnya serta memiliki rasa manis dan lezat. Kue ini sangat cocok menemani Anda untuk menghabiskan waktu bersama rekan atau keluarga terutama pada saat cuaca sedang dingin. Wisatawan ataupun masyarakat Korea dapat menemukan kuliner ini dengan mudah di sepanjang jalan karena banyak pedagang yang menjajakan jajanan terfavorit bungeoppang.

Sekian ulasan mengenai 10 makanan khas Korea yang paling lezat dan harus Anda coba jika mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke Korea Selatan. Namun beberapa makanan tersebut juga kini dapat Anda temukan di beberapa tempat makan di sekitar Anda karena banyak tempat makan yang menjual makanan khas dari negara Korea Selatan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *