Makanan Khas Betawi
Kuliner

Makanan Khas Betawi

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup terkenal dengan kearifan budaya lokalnya. Jenis budaya lokal sangat banyak, makanan khas merupakan salah satu warisan budaya lokal yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan. Indonesia ini merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner cukup beragam disetiap suku maupun wilayahnya. Dari sekian banyak suku yang ada, suku Betawi merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami daerah kota Jakarta. Suku betawi bukan hanya memiliki budaya yang unik saja melainkan juga memiliki makanan khas Betawi yang sangat beragam.

Makanan khas Betawi terkenal sangat nikmat dan lezat. Betawi merupakan salah satu wilayah yang ada di Pulau Jawa dengan kearifan budaya lokal yang melegenda. Bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa kuliner khas Betawi. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengintip beberapa sajian khas Betawi. Berikut ulasannya.

10 Makanan Khas Betawi yang Lezat

1. Kerak Telor

Kerak Telor

Kita semua tentu sudah tahu dengan jenis makanan satu ini. Kerak telor merupakan makanan khas dari Betawi yang banyak ditemukan ketika festival makanan. Kerak telor merupakan telur gulungan yang dimasak di atas tungku dengan menggunakan wajan sebagai cetakannya. Kerak telor menggunakan ketan dan ubi sebagai isiannya sehingga hal inilah yang membedakan antara kerak telor dengan martabak telor.

Klik lihat: Makanan khas Cirebon

Jika anda datang ke Jakarta jangan lupa untuk jajan makanan satu ini karena harganya juga ramah di kantong. Bahkan di festival seperti Pekan Raya Jakarta kerak telor pasti dengan mudah ditemukan oleh masyarakat yang ingin mencicipi kelezatan dari makanan khas masyarakat Betawi ini.

2. Nasi Uduk

Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan salah satu kuliner kebanggaan masyarakat Betawi. Nasi uduk merupakan olahan nasi dengan bumbu garam, santan, salam, daun serai serta daun jeruk. Nasi uduk memiliki rasa yang lezat serta gurih sehingga membuat semua orang menyukai sajian satu ini.

Nasi uduk khas Betawi ini hadir dengan tampilan menggunakan telor dadar yang sudah diiris kecil atau menggunakan semur jengkol, ayam goreng, daging empal goreng serta kentang balado.

3. Gado-gado

Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan dengan aneka sayuran yang kerap disajikan bersama dengan lontong atau ketupat kemudian ditaburi dengan bawang goreng serta dilumuri dengan saus kacang sehingga menciptakan cita rasa yang mumpuni. Gado-gado cukup mudah ditemukan. Kesegaran olahan sayurannya akan menambah vitamin serta gizi bagi siapa saja yang menikmatinya.

4. Semur Jengkol

Semur Jengkol

Semur Jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang cukup banyak digemar masyarakat Betawi. Semur jengkol ini merupakan makanan dari bahan dasar jengkol yang sudah diolah dengan cara disemur.

Klik lihat: Makanan khas Jakarta

Rasa semur yang nikmat serta tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan membuat semua orang suka dengan makanan satu ini. Meski baunya tidak enak namun semur jengkol tetap nikmat saat dimakan. Olahan semur jengkol mampu membuat semua orang nagih untuk mencicipinya.

5. Soto Betawi

Soto Betawi

Soto merupakan jenis makanan yang banyak jenisnya di Indonesia. Masyarakat betawi memiliki sajian soto tersendiri yaitu soto Betawi. Soto betawi merupakan jenis olahan yang dibuat dengan bahan daging sapi, tomat serta kentang. Soto Betawi memiliki rasa yang cukup lezat.

Makanan satu ini sangat pas ketika disajikan dengan nasi putih hangat. Kuahnya yang kental membuat soto Betawi sangat pas disajikan kala makan siang tiba. Kuliner satu ini merupakan jenis olahan yang hingga sekarang masih awet dan tidak hilang ditelan arus modernisasi.

6. Roti Buaya

Roti Buaya

Roti buaya merupakan jenis makanan yang hampir dikenal oleh semua orang. Roti buaya ini banyak ditemukan pada acara lamaran atau pernikahan dan merupakan salah satu hidangan wajib yang harus ada saat acara tersebut berlangsung.

Roti buaya ini memiliki bentuk seperti buaya sehingga dikenal dengan nama demikian. Lalu bagaimana mengenai rasanya? Rasanya sangat nikmat sehingga banyak orang yang menyukainya. Kuliner satu ini bisa ditemukan dibeberapa toko roti khusus yang menjual roti buaya.

7. Kue Cucur

Kue Cucur

Kue cucur merupakan sajian khas Betawi yang banyak digunakan sebagai hidangan pencuci mulut oleh masyarakat Betawi. Kue cucur memiliki tekstur tebal namun pada bagian tepinya memiliki tektur yang tipis.

Klik lihat: Makanan khas Indonesia

Dalam kegiatan adat masyarakat Betawi kue cucur merupakan salah satu menu wajib juga yang harus dihidangkan guna keabsahan acara adat. Jadi bisa dikatakan bagai sayur tanpa garam jika kegiatan adat Betawi tidak menyajikan kue cucur.

8. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Dodol Betawi merupakan jenis makanan dengan warna hitam kecoklatan dengan rasa bervariasi lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis dodol kebanyakan yang ada di Indonesia. Dodol khas Betawi hanya memiliki jenis rasa ketan putih, ketan hitam serta durian. Dodol Betawi ini sangat pas dinikmati saat sore hari menjelang dengan teman minum teh ketika siang atau sore hari.

Dodol Betawi ini dimasak dengan menggunakan ketan, gula meah, gula pasir serta santan yang dimasak pada tungku dengan bahan kayu bakar. Untuk rasanya sangat lezat dan nikmat sehingga menciptakan cita rasa tersendiri bagi masyarakat Betawi.

9. Putu Mayang

Putu Mayang

Makanan khas Betawi selanjutnya yaitu putu mayang. Kuliner satu ini merupakan jenis kue tradisional khas masyarakat Betawi dengan bahan dasar berupa tepung kanji atau tepung beras yang sudah dicampur dengan santan kelapa serta gula merah.

Adapun cara memakannya bisa dengan menyiram gula merah dan santan atau memberikan taburan kelapa pada gula putu mayang yang hendak disantap. Kue ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Betawi juga akan dunia kuliner di Indonesia.

10. Sagon

Sagon

Daftar makanan khas Betawi yang terakhir yaitu Sagon. Sagon merupakan jenis kuliner dengan bahan dasar berupa kelapa parut, tepung ketan dan gula yang sudah dipanggang. Sagon merupakan salah satu jenis kue yang menjadi bukti adanya urabanisasi kota Jakarta sejak zaman dahulu. Kemungkinan keberadaan bandar Jakarta yang memiliki pelabuhan laut zaman Belanda menjadikan Jakarta menjadi salah satu kota tujuan

Sejak zaman penjajahan bandar Jakarta digunakan sebagai pusat perdagangan. Hal itu membuat banyak orang berdatangan ke Jakarta. Itu sebabnya banyak orang yang coba mencari peruntungan di kota Jakarta sejak jaman dulu dan mengakibatkan membawa budaya lokal mereka. Kue Sagon kelapa ini keberadaannya dapat kita temukan di Sumatra, Jawa serta bahkan juga sampai ke Kalimantan dengan bermacam jenis bentuk.

Demikianlah 10 daftar makanan khas Betawi yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Bagaimana sudah siap menikmati sajian khas nusantara dari Betawi?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *