Makanan Khas Cirebon
Kuliner

Makanan Khas Cirebon

Cirebon menjadi salah satu wilayah di jawa barat yang ternyata menyimpan banyak sekali kuliner menarik untuk dicoba. Anda yang ingin berkunjung ke cirebon sebaiknya mengetahui 10 makanan khas cirebon yang enak dan bikin nagih. Disana anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang lengkap dna menyenangkan apabila anda mencicipi makanan khasnya.

Liburan tentu saja tidak akan lengkap jika belum mencoba makanan khas dari wilayah yang dikunjungi. Makanan dari cirebon sebenarnya sudah banyak di jual di luar wilayah cirebon seperti bandung, jakarta dan juga surabaya namun jika ingin mendapatkan makanan dengan rasa yang otentik maka harus mencoba langsung di tempat asalnya.

10 Makanan Khas Cirebon yang Diracik Menggunakan Bumbu Tradisional

Berikut ini beberapa makanan khas cirebon yang sebaiknya anda coba.

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Makanan pertama yang menjadi salah satu makanan khas dan banyak digemari oleh masyarakat sekitar serta pengunjung adalah nasi jamblang cirebon. Makanan ini memiliki rasa yang sangat khas dan juga disajikan dengan cara yang unik. Jika anda membeli makanan ini biasanya akan dibungkus dengan daun jati sehingga aromanya sangat terasa sekali.

Klik lihat: Makanan khas Indonesia

Makanan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan banyak dijajakan di pasar dan bahkan dipinggir jalan sekitar wilayah cirebon. Lauk yang ditambahkan pada nasi ini antara lain seperti sate kentang, perkedel, aneka pepes, tempe, ikan asin, ayam goreng, cumi hitam. Dan juga paru goreng. Dengan uang sekitar 20 ribu anda sudah menikmati nasi dengan lauk yang lengkap.

2. Empal Gentong

Empal Gentong

Makanan yang masuk 10 makanan khas cirebon enak dan bikin nagih selanjutnya adalah empal gentong. Makanan ini terkenal sangat unik karena dijual dengan menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat. Hal inilah yang membuat makanan ini disebut dengan empal gentong. Cara untuk memasak makanan ini juga masih menggunakan cara tradisional sehingga cita rasanya masih sangat kuat.

Klik lihat: Makanan khas Jakarta

Bahan dasar pembuat makanan ini adalah dari kuah kental berwarna kuning dengan aisian seperti daging sapi dan juga jeroan. Jeroan yang dimasukkan dalam gentong antara lain seperti usus, babat, paru, limpa dan juga daging sapi yang segar dan lembut. Jika anda menikmati makanan ini maka anda akan mudah merasa kangen untuk datang lagi ke cirebon.

3. Docang

Docang

Docang cirebon menjadi makanan yang cukup popular dan banyak digemari karena ada beberapa keistimewaan rasa yang ditawarkan. Jika di wilayah cirebon disebut docang mungkin di wilayah lain akan disebut dengan kupat tahu karena memang cukup mirip dengan kupat tahu singaparna.

Makanan ini berisi tauge, lontong, daun singkong, parutan kelapa, dan juga kerupuk. Makanan ini kemudian di beri kuah panas yang gurih kemudian di tambah dengan sambal docang dan juga tepa bungkil atau bahkan oncom. Anda bisa menikmati makanan ini sebagai menu makan siang. Rasa nikmat dari kuah panas yang kaya akan rempah akan membuat anda merasa begitu bahagia dapat menikmatinya.

4. Mie Koclok

Mie Koclok

Bagi yang senang dengan makanan dengan bahan mie maka mi koclok asli cirebon juga akan sangat pas untuk dijadikan sebagai menu penutup. Makanan ini sangat nikmat jika dimakan pada waktu udara sedang dingin. Isian dari mie ini antara lain seperti mie dengan telur rebus, ayam. Tauge, dan juga daun bawang. Kuah dari mi koclok sangat kental dengan rasa yang gurih. Jika ingin menemukan makanan ini maka anda bisa mencarinya diwaktu sore hingga malam hari karena makanan ini banyak dijual ketika waktu sudah mulai sore.

5. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Nasi lengko juga menjadi makanan yang sangat khas di cirebon. Sebagai salah satu dari 10 makanan khas cirebon nasi ini memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan nasi jamblang. Nasi ini jika dibandingkan dengan nasi pecel memang cukup mirip. Ada perpaduan nasi dengan tauge, timun, daun bawang, potongan tahu dan juga tempe kemudian di siram dengan menggunakan bumbu kacang yang khas.

Klik lihat: Makanan khas Jawa Barat

Tampilan dari nasi lengko semakin menarik karena diatas bumbu kacang ada taburan kucai dan juga bawang goreng yang gurih. Anda yang senang makan sayur maka perlu untuk mencoba menikmati nasi yang satu ini.

6. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Makanan yang juga sangat khas dan mudah ditemukan di cirebon adalah tahu gejrot. Makanan ini masuk sebagai makanan khas cirebon yang enak dan bikin nagih karena memang banyak dicari oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke cirebon. Tahu gejrot dibuat dengan cara di goreng lalu diuleg atau digejrot pada sambal bumbu dengan cita rasa manis, asam, masi, gurih, dan pedas. Bumbu kuah inilah yang menjadikan tahu gejrot begitu istimewa dan terasa begitu nikmat. Makanan ini biasanya dijual di pinggir jalan atau bahkan dijual oleh para pedagang yang berkeliling dengan menggunakan sepeda.

7. Sate Kentang

Sate Kentang

Makanan selanjutnya yang masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas cirebon yang enak dan bikin nagih adalah sate kentang. Masyarakat cirebon sangat menyukai kuliner yang satu ini karena rasanya sangat unik dengan bentuk spiral. Sate kentang saat ini semakin mudah ditemukan di banyak tempat bahkan diluar daerah cirebon.

Bentuk dari sate ini tipis dan juga unik. Selain itu bumbu yang digunakan untuk melengkapi sate ini juga sangat lezat sehingga tidak heran jika sate ini begitu menggoda selera. Anda bisa menjadikan sate ini sebagai cemilan karena memang kuliner ini adalah jajanan ringan yang biasa dibeli untuk cemilan.

8. Empal Asem

Empal Asem

Empal asem cirebon juga masuk ke dalam 10 makanan khas cirebon yang bikin nagih. Anda bisa menikmati makanan dengan rasa asam yang gurih maka perlu untuk mencoba kuliner khas yang satu ini. Perbedaan empal asem dan empal gentong terlihat dari kuahnya. Rasa kuah dari empal asem memang cenderung lebih asam sehingga akan ada cita rasa segar ketika dinikmati.

Anda bisa menikmati empal asam dengan nasi hangat sehingga akan lebih terasa mengenyangkan. Rasa asam dari empal ini berasal dari tambahan belimbing wuluh. Jika anda tertarik untuk membelinya, datanglah ke cirebon. Harga dari makanan ini hanyalah sekitar Rp.23.000 saja.

9. Sate Kalong

Sate Kalong

Sate kalong merupakan makanan yang juga sangat menarik untuk dicoba. Makanan ini bukan terbuat dari bahan kalong atau kelelawar besar melainkan terbuat dari daging kerbau. Sate ini dijual di waktu malam hari sehingga disebut sebagai sate kalong. Rasa dari sate kerbau ini sangat unik dan khas. Ukuran satenya juga dipotong berbeda dengan sate pada umumnya. Anda bisa mencicipi sate dengan sambal merah yang menggoda ini ketika datang ke cirebon.

10. Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam

Menikmati bubur sop ayam cirebon akan memberikan pengalaman liburan yang semakin menyenangkan. Sop ayam ini cukup terkenal di cirebon dan banyak dijual di waktu malam hari. Penampilan dari sop ayam ini sangat cantik karena dalam satu mangkuk akan berisi beragam sayuran, suiran ayam, kuah yang gurih dan juga garnis yang cantik.

10 makanan khas cirebon yang enak dan bikin nagih yang telah disebutkan diatas akan sangat menarik untuk anda coba. Ketika anda sedang berkunjung ke cirebon jangan sampai melewatkan makanan-makanan khasnya karena dengan mencicipi makanan khas cirebon anda akan merasakan pengalaman liburan yang semakin tidak terlupakan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *