Makanan Khas Bengkulu
Kuliner

Makanan Khas Bengkulu

Halo sahabat semua dimana saja anda berada pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan informasi kepada anda mengenai makanan khas Bengkulu yang patut untuk anda coba bersama keluarga, sahabat atau pasangan anda. Mungkin diantara kita semua belum banyak yang tahu mengenai provinsi Bengkulu mengingat letak geografisnya yang terpencil.

Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Bengkulu menyimpan beragam potensi wisata yang menarik sehingga akan membuat liburan anda menyenangkan. Akan tetapi berkunjung ke Bengkulu belum lengkap rasanya manakala belum mencicipi makanan khas Bengkulu.

Penasaran dengan jenis makanan khas Bengkulu? Berikut 10 daftar makanan khas Bengkulu yang wajib anda cicip bersama dengan orang tersayang.

10 Makanan Khas Bengkulu Tradisional

1. Bolu Koja

Bolu Koja

Bolu Koja menempati urutan pertama sebagai makanan khas dari Bengkulu yang wajib untuk dicoba. Kuliner dengan bentuk kue ini memiliki tampilan mirip dengan kue bolu koja asal Palembang. Akan tetapi untuk Bolu Koja khas Bengkulu ditambahkan agar-agar putih untuk membuat rasa kue menjadi semakin gurih. Adapun mengenai tekstur serta cita rasanya bolu koja ini memiliki terksur sangat lembut seperti tekstur yang pada brownis dan cita rasanya sangat nikmat.

Klik lihat: Makanan khas Betawi

Tekstur lembut ini dikarenakan penggunaan agar-agar pada adonannya. Untuk itu pada bolu Palembang memiliki tekstur yang lebih legit dikarenakan tidak adanya agar-agar. Nah makanan khas Bengkulu satu ini memiliki warna hijau akibat penggunaan daun suji serta daun pandannya.

2. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang

Beralih sejenak dari jenis makanan kue maka kini saatnya kita mencicip gulai kembang’an. Makanan satu ini masuk dalam hidangan tradisonal khas Bengkulu. Gulai kembang’an merupakan jenis hidangan berkuah dengan bahan dasar iga sapi yang sudah diracik dengan beberapa jenis bumbu sehingga menciptakan rasa yang menggugah selera.

Di Kabupaten Mukomuko gulai kembang’an ini sangat terkenal. Gulai kembang’an kerap disajikan di meja makan ketika bulan puasa hingga lebaran tiba. Rasanya yang nikmat membuat makanan satu ini siap membangkitkan selera makan. Adapun kuahnya memiliki warna kuning yang berasal dari campuran santan serta kunyit. Selain iga sapi tambahan daun pakis menjadikan makanan satu ini memiliki kandungan nutrisi lebih banyak.

3. Pendap

Pendap

Pendap kerap disebut dengan ikan paus oleh masyarakat. Makanan satu ini sudah menembus sejumlah pasar di kota besar lain seperti Jakarta, Lampung. Jambi, Palembang serta Pangkal Pinang. Pendap merupakan makanan khas dari Bengkulu yang cukup terkenal sehingga banyak orang yang ketika mendengar nama Bengkulu langsung ingat dengan pendap.

Klik lihat: Makanan khas Cirebon

Pendap banyak disukai banyak orang karena memiliki cita rasa yang cukup kuat sehingga mampu menggugah selera makan apalagi dibungkus dengan daun talas sehingga akan mampu mengeluarkan aroma khas. Bukan hanya di Indonesia saja, karena rasa pedas dan gurihnya yang khas makanan satu ini juga mampu menembus beberapa pasar internasional seperti Australia, Belgia serta Jepang.

4. Tempoyak

Tempoyak

Tempoyak merupakan jenis makanan khas dari Bengkulu dengan bahan dasar durian yang sudah difermentasi terlebih dahulu. Makanan satu ini cukup unik bagaimana tidak untuk membuatnya maka diperlukan fermentasi terlebih dahulu. Tempoyak bukan hanya dikenal di Bengkulu saja melainkan juga dikenal di beberapa daerah lain seperti Palembang, Lampung, Jambi bahkan beberapa pulau Kalimantan.

Tempoyak ini bisa dinikmati setelah melewati proses fermentasi durian selama kurang lebih 3 sampai 5 hari. Jika sudah difermentasi maka daging durian tersebut biasanya dipadukan dengan beberapa bahan makanan. Namun banyak juga orang Bengkulu yang menyantap makanan ini secara langsung.

5. Bagar Hiu

Bagar Hiu

Mendengar namanya makanan satu ini sudah serem, bagaimana tidak makanan khas dari Bengkulu ini menggunakan ikan hiu yang terkenal ganas dan pemangsa sebagai bahan dasarnya. Bagar hiu merupakan makanan sejenis rendang yang berasal dari Sumatera Barat. Yang membedakan antara bagar hiu dengan rendang terletak pada bahannya. Jika rendang menggunakan daging sapi sedangkan bagar hiu menggunakan daging hiu. Selain itu rendang dimasak menggunakan santan sedangkan bagar hiu menggunakan kelapa yang disangrai terlebih dahulu.

6 . Lepek Binti

Lepek Binti

Sama halnya dengan gulai kembang’an, lepek hiu ini merupakan jenis sajian yang banyak dihidangkan saat bulan puasa menjelang. Kue satu ini banyak disantap saat berbuka puasa , kue lapak binti merupakan jenis kue yang terbuat dari tepung ketan, santan serta daging sapi giling yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Klik lihat: Makanan khas India

Sacara sekilas kue ini memiliki tampilan mirip dengan nagasari, Tapi dari segi bahan pembuatan jelas berbeda, termasuk rasa lepek binti yang gurih, tidak manis seperti nagasari. Di Bengkulu cukup banyak penjual kue lepek binti secara berkeliling ataupun kaki lima.

7. Mie Terbang

Mie Terbang

Kuliner satu ini merupakan jenis kuliner yang cukup unik. Mie terbang pertama kali dicetuskan oleh Salman, seorang pemilik Rumah Makan Kekinian yang terletak di pusat jajanan kuliner Bengkulu, tepatnya di J. Rafflesia, Bengkulu.

Sama halnya dengan namanya dimana mie terbang ini memang dibuat dalam mangkok “terbang” sehingga ada trik khusus yang menjadikan mienya bisa terbang. Penasaran? Nah langsung saja anda mencoba dan nikmati sensasi nikmatnya.

8. Manisan Terong

Manisan Terong

Manisan Terong merupakan kuliner khas Bengkulu yang tidak pernah diewatkan oleh para wisatawan. Para wisatawan biasanya membeli makanan satu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Makanan satu ini terbilang unik karena bukan buah yang digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat manisan melainkan menggunakan sayur terong sebagai bahan dasarnya.

Untuk membuat manisan terong hanya memerlukan tiga tahap yang harus dilakukan, yakni tahap persiapan bahan, pengolahan, dan pengemasan produk. Pertama-tama terong harus dicuci dengan air kapur agar bersih dari getah untuk kemudian dipotong-potong kecil dan direndam ke dalam air gula selama dua jam.

9. Lemang Tapai

Lemang Tapai

Lemang ini merupakan jenis makanan dari Bengkulu yang terdiri dari padanan kata sebanyak 2 kata. Lemang merujuk pada artian bahan dasar pembuatan makanan yaitu menggunakan berasa ketan yang dimasak bersama dengan santan serta garam setelah itu dibakar di atas api di dalam seruas bambu muda dalam keadaan yang dibungkus daun pisang.

10. Sirup Kalamansi

Sirup Kalamansi

Minuman satu ini tergolong dalam kuliner khas Bengkulu yang wajib untuk dicicipi. Sirup kalamasi ini merupakan sajian minuman khas dari Bengkulu dengan bahan dasar dari gula pasir dan jeruk kalamasi. Sirup kalamsi bisa anda minum kapanpun dan dimanapun dalam keadaan panas serta dingin. Bukan hanya itu menurut penelitian sirup kalamasi ini juga memiliki kandungan gizi cukup banyak sehingga mampu membuat peredaran darah menjadi lancar.

Nah itulah 10 daftar makanan khas Bengkulu yang wajib untuk anda cicipi. Bagaimana sudah siap menikmati sajian khas nusantara dari bengkulu?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *