Makanan Khas Sulawesi Selatan
Kuliner

Makanan Khas Sulawesi Selatan

Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar di indonesia dengan banyak wilayah yang masing-masing wilayahnya memiliki makanan khas yang istimewa. Jika anda berkunjung ke sulawesi selatan maka disana akan banyak ditemukan berbagai macam makanan dengan cita rasa yang khas. Anda yang senang untuk melakukan liburan baik mengunjungi lokasi wisata yang cantik atau bahkan menikmati kuliner khas suatu daerah maka akan sangat wajib untuk mencoba makanan khas dari sulawesi selatan.

Makanan khas dari sulsel ini memang sangat istimewa sehingga banyak sekali wisatawan memburu makanan khasnya yang kaya akan rempah. Anda bisa mencicipi beberapa makanan yang paling khas dan sangat terkenal di sana. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai 10 makanan khas sulawesi selatan dan penjelasannya.

10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Kaya Akan Cita Rasa

1. Coto Makassar

Coto Makassar

Makanan pertama yang akan menjadi makanan khas sulawesi selatan yang terkenal enak adalah coto makassar. Kota makassar adalah salah satu kota yang sangat terkenal di sulawesi selatan. Para wisatawan yang berkunjung ke makassar sebaiknya mencicipi makanan yang satu ini karena memiliki cita rasa yang sangat khas.

Bahan yang digunakan untuk membuat coto makassar adalah dari daging sapi yang di masak dengan air cucian beras. Rasa dari coto ini sangat istimewa karena banyak menggunakan bumbu yang lengkap. Sebenarnya coto makassar sudah banyak dijual di banyak wilayah di indonesia hanya saja jika anda mencoba langsung di makassar tentu cita rasanya akan lebih otentik.

2. Jalangkote

Jalangkote

Jenis makanan yang selanjutnya adalah jalangkote. Makanan ini jika dilihat sekilas akan sangat mirip dengan yang namanya kue pastel. Namun di sulawesi selatan makanan ini menjadi jajanan yang selalu ada dan sangat mudah untuk ditemukan. Selain bentuknya yang mirip sekali dengan kue pastel, isian dari jalangkote juga sama yakni seperti kentang, wortel, daging, soun, dan juga daging.

Cita rasa dari pastel sulawesi selatan ini memang sangat enak dan gurih apalagi isiannya penuh sehingga jika anda makan dua potong saja akan merasa cukup kenyang. Masyarakat di sana biasanya menikmati makanan ini dengan menggunakan saus cuka yang dicampur dengan cabe sehingga citarasanya akan sangat segar dan pedas.

3. Sop Konro

Sop Konro

Makanan yang juga masuk ke 10 makanan khas sulawesi selatan dan penjelasannya adalah sop konro. Sop yang satu ini sangat terkenal di berbagai wilayah bukan hanya di wilayah sulawesi saja namun banyak warung makan di pulau jawa yang juga sudah menjual makanan ini. Sop konro terbuat dari bahan yang berkualitas serta memiliki cita rasa yang sangat kuat. Sup ini terbuat dari daging sapi yang direbus lama sehingga sangat empuk sekali.

Kuah dari sup konro juga begitu menggoda karena terlihat pekat dan juga sangat beraroma. Anda bisa menikmati makanan ini dengan nasi hangat. Varian dari sop konro yang juga tidak kalah menggoda adalah sop konro bakar.

4. Nasu Palekko

Nasu Palekko

Selanjutnya anda perlu untuk mencicipi makanan yang sering disebut dengan nasu palekko oleh masyarakat sulawesi selatan. Nasu palekko ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daging bebek namun ada juga yang terbuat dari daging sapi. Daging dari makanan ini dimasak dengan sempurna sehingga daging begitu empuk serta bumbunya begitu meresap.

Jika anda mencicipi menu ini mungkin saja anda akan langsung teringat dengan masakan khas padang yakni rendang karena memang bumbunya begitu meresap dan dagingnya sangat empuk.

5. Pisang Epe

Pisang Epe

Mendengar makanan dari bahan dasar pisang memang selalu teringat dengan yang manis-manis. Di sulawesi selatan anda akan dengan mudah menemukan makanan yang disebut dengan pisang epe. Pisang ini memiliki cara masak yang unik. Bahan dasar yang digunakan adalah dari pisang kapok matang yang kemudian dibakar dengan menggunakan tungku api. Lalu dibelah dua lalu di pipihkan, kemudian dibakar lagi hingga kecoklatan dan terlihat sedikit gosong. Lalu pisang akan di sajikan diatas daun pisang lalu diberi siraman gula merah cair.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Utara

Anda bisa menikmati pisang ini ketika masih hangat dengan secangkir teh atau kopi. Menu ini memang sangat diminati oleh masyarakat dan wisatawan sehingga masuk menjadi salah satu dari 10 makanan khas sulawesi selatan yang lezat.

6. Kapurung

Kapurung

Kapurung merupakan makanan yang mirip dengan papeda yakni terbuat dari bahan dasar sagu. Namun kapurung di sulawesi memiliki rasa yang lebih menggoda karena dimasak dengan berbagai macam sayuran dan daging. Kuah dari kapurung juga terlihat seperti kuah gulai sehingga semakin memikat mata.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Barat

Dari tampilannya, kapurung memang begitu mirip dengan soto namun jika dirasakan akan terasa sekali lembutnya papeda yang dikombinasi dengan segarnya kuah dari berbagai macam sayur dan daging yang diberi berbagai macam bumbu.

7. Buras

Buras

Makanan yang masuk ke dalam 10 makanan khas sulawesi selatan selanjutnya adalah buras. Makanan ini merupakan mendamping untuk berbagai macam menu seperti coto makassar, sop konro dan berbagai macam makanan lainnya. Sebenarnya buras sangat mirip dengan lontong atau ketupat. Hanya saja bentuk dari buras ini pilih dan dibungkus dengan daun pisang.

Rasanya memang sangat mirip dengan lontong. Jika anda makan sop konro di makassar biasanya pendampingnya bukan hanya nasi namun anda bisa juga memilih buras.

8. Mie Titi

Mie Titi

Makanan selanjutnya adalah mi titi. Makanan ini mirip dengan makanan yang sering disebut tamie dari cina. Bahan yang digunakan untuk membuat mie titi adalah dari mie kering yang diberi ayam, jamur, udang, sawi, cumi, telur, wortel dan jeruk nipis, serta bawang goreng. Jika dilihat akan terlihat mirip dengan cap tjay. Anda yang senang makan mie dengan banyak campuran seafood maka mie ini akan sangat pas untuk anda cicipi. Perasan jeruk nipis yang di tambahkan dalam satu porsi mie titi akan membuat cita rasanya semakin menyegarkan dan menggugah selera makan anda.

9. Gogoso

Gogoso

Makanan yang sering disebut dengan gogoso ini dari bentuknya mirip dengan lemper bakar. Bahan yang digunakan untuk membuat gogoso adalah dari ketan yang kemudian diberi isi daging. Selanjutnya dikukus dan barulah dibakar diatas bara api. Makanan ini memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan lemper namun akan semakin wangi karena dimasak dengan cara dibakar. Ketika anda menikmatinya selagi hangat maka akan sangat terasa sekali lembut dan pulernnya ketan serta aroma gosong daun pisang yang menggugah selera.

10. Sokko atau Songkolo

Sokko

Makanan berikutnya adalah sokko atau songkolo yang juga menjadi salah satu makanan khas dari sulawesi selatan. Makanan ini sangat menggoda karena terbuat dari bahan dasar ketan hitam atau beras ketan putih. Ketan dimasak sedemikian rupa lalu diberi taburan kelapa parut yang sudah diberi bumbu. Anda bisa menikmati makanan ini dengan sambal, teri atau makanan lainnya sehingga akan semakin terasa lezatnya.

10 makanan khas sulawesi selatan dan penjelasannya yang telah disebutkan diatas memang sangat menarik untuk anda coba. Jika anda pecinta kuliner maka jangan sampai melewatkan kuliner khas sulsel ketika sedang berkunjung ke sana. Sekian dan terimakasih.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *