Makanan khas Makassar
Kuliner

Makanan Khas Makassar

Makanan menjadi sesuatu yang selalu saja tidak bisa ditolak oleh setiap orang. Makanan yang enak dan lezat selalu menjadi incaran bagi siapapun apalagi jika anda adalah pelancong atau wisatawan. Ketika berkunjung ke suatu tempat mencari makanan khas dari tempat tersebut adalah hal yang sangat menyenangkan sehingga tidak heran jika saat ini wisata kuliner tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata ke lokasi yang indah atau unik.

Jika anda berkunjung ke makasar, perlu juga untuk mencicipi makanan khasnya. Namun banyak juga yang ternyata belum mengetahui makanan khas dari kota tersebut. Untuk anda yang berencana ingin mengunjungi makasar, Anda perlu tahu informasi mengenai 10 makanan khas Makassar yang enak dan rekomended.

Daftar 10 Makanan Khas Makassar yang Gurih

1. Coto Makassar

Coto Makassar

Ketika kamu berkunjung ke malakasar, pastikan untuk mencicipi kuliner yang disebut dengan coto makasar. Makanan ini sangatlah khas dan sangat terkenal di kota tersebut. Anda bisa menemukannya di banyak tempat terutama di pusat kota makasar. Makanan ini memiliki cita rasa yang kaya akan bumbu rempah sehingga akan sangat mampu untuk memuaskan lidah anda.

Selain itu, coto makasar memiliki kuah yang kental serta terdapat potongan daging yang besar dan empuk. Penampilan dalam satu porsi coto ini semakin cantik dengan adanya daun bawang dan juga bawang goreng yang gurih. Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan datang ke dekat pantai losari atau tepatnya di jl. Nusantara baru no.142, ende, wajo, kota makassar, sulawesi selatan. Warung makan ini buka setiap hari, mulai dari 06.30 hingga 18.00 wita dengan kisaran harga mulai dari 15,000 idr per porsi

2. Konro

Sop Konro

Makanan selanjutnya yang masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas makassar yang enak dan juga terkenal adalah konro. Makanan ini merupakan makanan yang digemari oleh para wisatawan. Bahan untuk membuat menu ini adalah dari daging sapi yang segar dan juga iga sapi yang gurih. Daging dimasak dengan bumbu yang lengkap dan khas yakni seperti kayu manis, air asam jawa dan juga berbagai bumbu lainnya.

Selain itu ada juga tambahan bahan lain seperti kluwak yakni bumbu yang biasa digunakan untuk rawon. Sup konro ini sangat pas dinikmati ketika panas bersama dengan nasi putih yang pulen. Konro karebosi adalah tempat terbaik untuk menemukan makanan ini. Lokasi dari tempat makan tersebut ada di jalan gunung lompo battang no.41-43, pisang utara, ujung pandang, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 wita. Harga makanan ini adalah mulai dari 30,000 idr per porsi.

3. Sop Saudara

Sop Saudara

Makanan yang juga sangat khas serta popular di makasar selanjutnya adalah sop saudara. Makanan ini merupakan kuliner dari pangkep sebenarnya atau dari sulawesi selatan namun banyak dan mudah ditemukan di makasar. Makanan ini sangat lezat sehingga banyak wisatawan yang selalu mampir ke warung makan yang menjual sup tersebut.

Klik lihat: Makanan khas Malaysia

Jika anda penasaran dengan rasanya maka bisa datang ke jalan irian. Disana ada sop sodara yang sudah sangat terkenal sejak tahun 1970an. Sop saudara disana buka selama 24 jam. Isi dari satu porsi sop sodara terdapat daging sapi, bihun, kentang, paru sapi dan juga nasi putih. Lokasi dari warung terkenal sop sodara ada di jalan dokter wahidin sudiro husodo no.40, pattunuang, wajo, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka setiap hari, 24 jam dan harga 15,000 idr per porsi.

4. Pallubasa

Pallubasa

Pallubasa juga masuk ke 10 makanan khas kota makassar yang enak dan terkenal yang layak untuk anda coba. Makanan ini sebenarnya mirip dengan coto makasar hanya saja jika coto dimakan dengan ketupat, palubasa dimakan dengan ketupat. Selain berbeda dadi menu pendampingnya, bumbu dari makanan ini juga sedikit berbeda sehingga citarasanya tetap akan berbeda dengan coto.

Klik lihat: Makanan khas Maluku

Anda bisa mencoba untuk mencicipi makanan ini dengan datang ke jalan serigala, mamajang dalam, mamajang, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka setiap hari, 09.00 hingga 20.00 wita dan harga mulai dari 13,000 idr hingga 15,000 idr.

5. Pallumara

Pallumara

Makanan berikutnya yang juga masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas makassar yang enak dan terkenal adalah pallumara. Makanan in merupakan seafood dari makasar yang terbuat dari bahan ikan. Ikan diberi kuah dengan bumbu kuning dengan cita rasa yang asam manis.

Jenis ikan yang digunakan adalah kepala dari ikan kakap merah dan ada juga yang terbuat dari tongkol atau bandeng. Anda bisa mendapatkan menu yang istimewa ini dengan datang ke warung makan ulu juku. Lokasi rumah makan ini ada di jalan prof.dr. Abdurrahman basalamah no.99a, karampuang, panakkukang, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka: setiap hari, 09.00 hingga 22.00 wita dan harga: mulai dari 30,000 idr.

6. Barongko

Barongko

Barongko merupakan kue yang sangat khas makasar. Rasa dari kue ini sangat manis dan terbuat dari bahan pisang yang legit dan sangat manis. Kue dibuat dengan cara dicetak dan kemudian dikukus dengan daun pisang.

Kue ini sangat nikmat di nikmati ketika panas atau dingin dan bahkan ada yang disajikan dengan es krim. Jika tertarik anda bisa datang ke toko mama yang berlokasi di jalan serui no.19, pattunuang, wajo, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka: setiap hari, 08.00 hingga 20.00 wita dan harga: mulai dari 3,500 idr untuk 1 biji.

7. Pisang Epe

Pisang Epe

Makanan yang masuk ke 10 makanan khas makassar yang enak dan sangat terkenal selanjutnya adalah pisang epe. Makanan ini terbuat dari bahan pisang kapok yang dibakar diatas api hingga harum. Kemudian pisang dibelah dan ditekan lalu dibakar kembali. Supaya semakin cantik dan lezat, pisang diberi tambahan gula merah, pandan, garam dan bahkan durian. Anda akan sangat menyukai makanan ini.

Untuk menapatkannya datanglah ke dekat pantai losari atau tepatnya di jalan penghibur, losari, maloku, ujung pandang, maloku, ujung pandang, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka setiap hari, 16.00 hingga 24.00 wita dan harga mulai dari 10,000 idr hingga 12,000 idr per porsi.

8. Es Palu Butung khas Makassar

Es Palu Butung

Es palu butung dari makasar memiliki rasa yang manis dan juga begitu segar. Isi dari satu gelas es terdapat potongan pisang manis, lalu bubur sumsum yang ditambah dengan susu kental manis, sirup dan juga es serut. Es ini disajikan dengan mangkuk. Anda bisa datang ke jalan sultan alauddin nomor 27, mangasa, tamalate, mangasa, tamalate, kota makassar, sulawesi selatan jika ingin mencobanya. Jam buka dari es palu butung adalah setiap hari, mulai 09.00 hingga 21.00 wita dengan harga mulai dari 10,000 idr hingga 15,000 idr per porsi.

9. Gogos Makassar

Gogoso Makassar

Gogos adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang lalu dibakar. Makanan ini hanya keluar ketika lebaran saja. Biasanya makanan ini disajikan dengan telur asin. Namun anda tetap bisa menikmatinya dengan datang ke toko mama di jalan serui no.19, pattunuang, wajo, kota makassar, sulawesi selatan. Harga makanan ini mulai dari 10,000 idr untuk 2 gogoso dan 1telur asin.

10. Kapurung

Kapurung

Makanan yang juga tidak kalah menarik untuk dicoba ketika anda datang ke makasar adalah kapurung. Makanan ini terbuat dari ikan atau daging ayam yang dicampur dengan sayuran serta sari tepung sagu. Makanan ini rasanya manis dengan sedikit asam namun tetap lezat sehingga anda layak untuk mencobanya.

Lokasi jajanan ini ada di btp bumi tamalanrea permai, jalan tamalanrea raya blok c no.12a, tamalanrea, makassar, kota makassar, sulawesi selatan dengan jam buka: setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 wita dan harga: mulai dari 15,000 idr per porsi.

Sekian informasi mengenai 10 makanan khas makassar yang enak dan terkenal. Selamat menikmati kota makasar beserta dengan kulinernya. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *