Makanan Khas Malaysia
Kuliner

Makanan khas Malaysia

Malaysia merupakan negara yang memiliki bahasa dan juga budaya tidak jauh berbeda dengan masyarakat indonesia. Sebagai negara yang serumpun, malaysia memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik bagi banyak masyarakat indonesia. Jika anda senang berkunjung ke malaysia, dan berencana untuk datang ke sana maka hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mencoba untuk menikmati makanan kuliner khas yang memang banyak ditemukan di negeri tersebut. Di sini kita akan membahas mengenai ini, sehingga ketika anda ingin mencari makanan khas malaysia tidak akan merasa kesulitan untuk menemukannya.

10 Makanan khas Malaysia yang Terkenal Enak

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Makanan khas dari malaysia yang pertama adalah nasi lemak. Makanan yang satu ini termasuk sebagai salah satu makanan yang sangat terkenal di malaysia. Anda bisa mendapatkan menu makanan ini dengan mudah karena banyak dijual di banyak tempat makan.

Klik lihat: Makanan khas Maluku

Makanan ini terbuat dari nasi yang rendam dengan menggunakan krim kelapa kemudian nantinya nasi akan di kukus hingga matang. Setelah itu juga akan di tambahkan bumbu rempah seperti jahe, sereh, pandan dan yang lainnya. Lauk atau tambahan yang ada pada nasi lemak ini antara lain seperti ayam goreng, rendang sapi, tumis kangkong, sambal sotong, telur rebus, sambel teri kacang dan yang lainnya. Anda yang berkunjung ke malaysia wajib untuk mencoba makanan yang satu ini.

2. Nasi Kandar

Nasi Kandar

Makanan yang juga tidak kalah nikmati dan lezat dari malaysia adalah nasi kandar. Nasi kandar merupakan makanan dengan cita rasa yang khas karena biasnya nasi ini di jual oleh penduduk dengan keturunan india karena kuah yang digunakan adalah kuah kare. Kuah kare kental yang disiramkan pada nasi memiliki rasa yang gurih selain kuah yang kental, nasi juga dilengkapi dengan berbagai macam lauk seperti cumi goreng, daging kambing, telur, jeroan, udang, dan juga ayam.

Klik lihat: Makanan khas Medan

Makanan ini semakin lengkap dengan tambahan sayur seperti tumis pare atau terong. Saat anda membeli makanan ini maka akan ada beberapa pilihan kuah kare sehingga anda dapat memilih sendiri kuah kare yang akan anda siramkan pada nasi.

3. Nasi Daun Pisang

Nasi Daun Pisang

Makanan selanjutnya yang masuk sebagai salah satu makanan dari 10 makanan khas malaysia yang terkenal & wajib dicoba adalah nasi daun pisang. Nasi ini sangat khas malaysia karena memang banyak di jual di berbagai warung makanan di sana. Di indonesia, makanan ini mirip seperti nasi pincuk karena dibungkus dengan daun pisang. Lauk pauk yang ada pada nasi daun pisang ini sekilas mirip dengan masakan nasi padang. Anda bisa mencicipinya untuk dapat mengetahui perbedaannya.

4. Palak Paneer

Palak Paneer

Berkunjung ke malaysia akan lengkap jika anda menikmati makanan yang disebut palak paneer. Makanan ini banyak dijual oleh para pedagang keturunan india. Biasanya makanan dengan cita rasa kuah kare memang di bawa oleh orang india dan makanan ini termasuk ke dalam salah satunya. Palak paner merupakan kuah kare dengan warna hijau karena di olah dengan tambahan bayam segar.

Klik luhat: Makanan khas Manado

Cita rasa dari palak paner sangat khas karena biasanya ditambah dengan keju kambing. Anda bisa menikmati makanan ini dengan roti ala india yakni bhaturas atau chapatis. Makanan ini masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas malaysia yang memang bercita rasa sangat khas.

5. Asam Laksa Penang

Asam Laksa Penang

Makanan yang bernama asam laksa penang ini juga masuk sebagai salah satu makanan dari 10 makanan khas malaysia yang terkenal. Anda yang sedang berkunjung ke sana jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Makanan ini terdiri dari bahan seperti bihun yang diberi kuah yang kental dengan rasa asam pedas.

Taburan yang menambah cita rasa dari makanan ini adalah ikan mackerel yang segar lalu nanas, mentimun, dan juga cabe. Cita rasa yang pedas dan asam ini membuat anda merasa sangat senang menikmatinya karena akan ada sensasi segar dan gurih. Makanan ini merupakan kombinasi masakan cina dan juga melayu.

6. Sang Har Kuey Teow

Sang Har Kuey Teow

Makanan selanjutnya yang juga masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas malaysia yang terkenal & harus dicoba adalah sang har kuey teow. Makanan ini merupakan chinese food yang sangat terkenal di malaysia. Tampilan makanan ini mirip sekali dengan ta mi goreng hanya saja mi kering yang digunakan lebih kecil dari ta mi. Makanan ini akan disajikan dengan udang yang dimasak dengan kuah sehingga cita rasanya semakin lengkap.

7. Murtabah

Murtabah

Makanan yang juga masuk daftar makanan khas malaysia yang terkenal selanjutnya yakni murtabah. Dari namanya terdengar mirip dengan martabak dan ternyata memang benar. Murtabah merupakan makanan yang terbuat dari telur sehingga jika di indonesia sering disebut sebagai martabak telur.

Rasa dari murtabah tidak jauh berbeda dengan martabak telur namun tentunya akan tetap ada perbedaan yang akan membuat anda menyukai makanan yang satu ini. Jika anda penasaran dengan rasanya, anda bisa mendapatkan makanan ini di pedagang cemilan atau bahkan di pasar-pasar malaysia.

8. Chi Chong Fan

Chi Chong Fan

Chi chong fan menjadi makanan yang juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Makanan ini sebenarnya masih sejenis dengan kwetiau yang dibuat dengan digulung. Chi chong fan ini juga disajikan dengan menggunakan saus sambal dan saus khusus sehingga ketika dimakan akan memiliki rasa yang sangat lezat. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai appetizer. Anda bisa mendapatkan makanan ini di restoran cina yang ada di malaysia.

9. Mee Siam

Mee Siam

Ketika sedang berada di malaysia juga sangat perlu untuk mencoba yang namanya mee siam. Makanan ini sangat khas malaysia dan bahkan banyak yang menyebutnya sebagai the truly malaysia. Bahan penyusun makanan ini adalah bihun yang disiram dengan kuah asam pedas seperti yang ada pada kuah laksa. Namun di atas mie ini ada daun bawang dan jeruk nipis sehingga akan terasa semakin menggoda.

Selain itu juga akan ada toping menarik yang membuat tampilan mee siam ini terlihat istimewa dan kaya rasa. Banyak dari wisatawan yang mengincar makanan ini ketika tiba di malaysia. Anda juga wajib merasakan makanan yang satu ini.

10. Air Batu Campur

Air Batu Campur

Menu selanjutnya yang masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas malaysia paling terkenal & harus dicoba selanjutnya adalah air batu campur.menu ini sebenarnya adalah minuman khas. Setelah anda mengenal beberapa makanan khasnya maka anda juga perlu untuk mengetahui minumannya.

Jika anda sering melihat upin upin maka anda akan melihat minuman ini di warung kedai uncle muthu. Upin ipin sering menyebutnya abcd atau air batu campur durian. Bahan dari minuman ini adalah es serut yang ditambah dengan kacang merah, agar, nata, kolang kaling, cendol, dan bahan lainnya. Jika di indonesia minuman ini mirip seperti es teler atau es campur. Minuman akan semakin nikmat jika ditambah dengan durian.

Itulah 10 makanan khas malaysia yang terkenal & harus dicoba yang layak untuk anda coba. Ketika datang ke malaysia, pengunjung jangan sampai melewatkan kuliner khasnya yang istimewa. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *