Makanan Khas Manado
Kuliner

Makanan Khas Manado

Kota Manado kini semakin berbenah sehingga semakin menarik bagi wisatawan yang akan berkunjung. Kurang afdol rasanya manakala berkunjung ke Manado hanya untuk menikmati ala, budaya serta keramahan masyarakat setempat tanpa mencicipi makanan khas Manadonya. Nah untuk itu bagi sobat yang akan berkunjung ke Manado jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Manado yang sudah kami rangkum dalam artikel ini.

Manado merupakan salah satu kota yang memiliki sebutan surga kuliner. Julukan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya makanan khas Manado yang banyak ragamnya. Makanan yang memiliki cita rasa terbaik dengan rasa pedas tentu akan menggugah selera siapa saja yang menikmatinya. Terdapat banyak jenis makanan yang dimiliki kota Manado ini mulai dari jenis makanan berat hingga jenis makanan ringan. Agar tidak bingung memilih jenis makanan apa saja, berikut kami rekomendasikan 10 makanan khas Manado yang wajib dicicipi.

10 Makanan Khas Manado yang Populer

1. Ayam Isi Bulu

Ayam Isi Bulu

Ayam isi bulu ini menghadirkan cita rasa yang sangat nikmat. Ayam isi buluh merupakan salah satu sajian khas Manado yang diolah menggunakan teknik khusus dalam bulu. Bulu merupakan bumbu yang digunakan sebagai media dalam mengolah makanan khas Manado ini. Daging ayam sebelum dimasak dipotong kecil terlebih dahulu kemudian dibumbui menggunakan cabai rawit, cabai merah, serai, jahe dan kunyit.

Demi menghadirkan cita rasa sempurna maka ayamnya bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi serta daun bawang.

2. Ayam Tuturuga

Ayam Tuturuga

Kuliner kedua yang wajib anda cicipi adalah ayam tuturuga. Ayam ini diolah menjadi sajian yang nikmat. Di Manado, bukan hanya ayam isi buluh yang terkenal melainkan juga ada jenis ayam lain. Ayam Tuturuga ini merupakan kuliner khas Manado dengan sajian ayam lengkap dengan santannya. Dari tampilannya ayam tuturaga ini sekilas mirip dengan opor ayam akan tetapi warnanya merah bukan kuning pucat seperti warna pada opor ayam.

3. Ayam Woku Belanga

Ayam Woku Belanga

Ayam memang selalu menjadi bahan yang primadona untuk semua orang. Makanan dari Mando yang ketiga ini berbeda dengan ayam tuturaga. Jika ayam tuturaga menggunakan kuah santan sedangkan ayam woku belanga tanpa menggunakan santan ketika pertama kali dimasak. Sobat yang belum mengetahui, makanan satu ini merujuk pada bumbu masakan ala Manado dengan rasa yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Klik lihat: Makanan khas Medan

Bumbu yang digunakan terdiri dari beragam cabai merah, cabai hijau, bawang putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun bawang, tomat, dan air perasan jeruk nipis. Meskipun menggunakan bumbu yang beraneka macam namun proses masaknya tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Ayam Rica-rica

Ayam Rica-rica

Rica-rica merupakan salah satu makanan khas Manado yang cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner nusantara. Rica-rica bisa didapatkan diberbagai daerah. Ayam rica-rica ini merupakan jenis ayam yang dibumbui dengan menggunakan cabai yang banyak sehingga menghasilkan cita rasa pedas menyengat.

Seperti arti rica dalam bahasa Manado yang berarti pedas atau cabai. Jadi bagi sobat yang memang pecinta pedas maka kini saatnya menguji nyali sobat dengan menikmati seporsi ayam rica dengan nasi hangat.

Kebanyakan masyarakat mengonsumsi ayam rica dengan perasan air jeruk nipis yang kemudian akan dipadukan dengan bumbu pedasnya sehingga rasa pedasnya berpadu dengan asam jeruk.

5. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Kan cakalang merupakan jenis ikan yang banyak dijumpai di perairan Manado. Dengan kenyataan tersebut maka sudah tidak mengherankan manakala ikan cakalang menjadi salah satu hidangan utama masyarakat Manado. Cakalang fufu merupakan salah satu jenis olahan ikan cakalang yang cukup terkenal di Tanah Minahasa. Cakalag fufu cocok untuk lidah para penggemar makanan pedas.

Klik lihat: Makanan khas Padang

Cakalang fufu ini terbuat dari ikan cakalang yang kemudian dibelah dua setelah itu dilumuri dengan bumbu dan yang terakhir diasap. Biasanya makanan ini dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan untuk saudara, kerabat, dan tetangga di rumah. Dikarenakan melewati proses pengasapan, cakalang fufu bisa bertahan dalam suhu ruang selama satu bulan.

6. Ikan Kuah Asam

Ikan Kuah Asam

Masih dengan sajian dengan bahan dasar ikan. Sajian khas Manado berikutnya ini ikan kuah asam.ikan kuah asam merupakan hidangan berat dengan bahan dasar ikan yang kemudian diberi cita rasa segar dipadukan dengan rasa asam.

Bukan hanya itu saja, ikan kuah asam ini memiliki cita rasa pedas agar tidak menghilangkan kon kuliner khas Manado. Mengenai tingkat kepedesaanya disesuaikan dengan pembuatnya, akan tetapi manakala sobat mencoba ikan kuah asam di restoran Manado maka biasanya akan diberi bumbu dengan rasa sangat pedas.

7. Pampis

Pampis

Apa itu Pampis? Pampis merupakan makanan tradisional khas Manado. Pempis merupakan makanan berupa ikan cakalang yang kemudian disuwir-suwir dan diberi bumbu khas Manado. Bukan hanya itu saja, pampis juga bisa dibuat dengan menggunakan ikan dengan daging tebal dan berduri misalnya ikan tongkol.

Klik lihat: Makanan khas Palembang

Cakalang pampis ini berbeda dengan cakalang fufu. Cara masak cakalang fufu diasap sedangkan pada cakalang pampis cara memasaknya dengan dimasak kering. Manakala hendak disantap secara langsung maka suwiran serta bumbu yang sudah dimasak bisa langsung disantap secara langsung. Akan tetapi kebanyakan masyarakat Manado menjadikan cakalang pampis ini sebagai bahan isian untuk jenis makanan lain misalnya lalampa.

8. Sayur Ganemo

Sayur Ganemo

Sayur Ganemo ini merupakan makanan yang cukup terkenal di daerah Sulawesi Utara. Sayur ganemo ini merupakan jenis makanan dengan bahan yang terbuat dari campuran daun melinjo, bunga pepaya serta labu kuning.

Sayur ganemo masuk dalam jenis hidangan klasik yang sudah ada sejak dulu dan diminati oleh masyarakat. Hingga saat ini sobat bisa menjumpai makanan khas Manado satu ini di berbagai warung makan di Manado. Lezatnya yang melegenda wajib dicoba oleh semua orang. Masyarakat Manado kerap menjadikan sayur genemo ini sebagai lauk utama ketika makan nasi.

9. Lalampa

Lalampa

Jika di Jawa terdapat makanan dengan bahan beras ketan yang disebut dengan lemper maka di Manado sobat bisa menemukan jenis makanan sejenis mirip dengan lemper yaitu lalampa. Yang membedakan jika lemper menggunakan isian abon sedangkan lalampa menggunakan ikan cakalang sebagai isiannya. Untuk pembungkus lalampa juga sama dengan lemper, yakni menggunakan daun pisang.

10. Klappertaart

Klappertaart

Klappertarrt dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, susu, kelapa, mentega, dan telur. Ada beberapa cara memasak klappertaart, bisa dengan dipanggang dan tidak dipanggang. Klappertaart yang sudah dipanggang akan menghasilkan tekstur kue padat sehingga bisa dipotong sedangkan yang tidak dibakar bisa menghasilkan tekstur yang sangat lembut hingga tidak bisa dipotong dan biasanya akan meleleh saat dimakan langsung ke mulut.

Demikian 10 makanan khas Manado yang wajib untuk sobat cicipi. Bagaimana sudah siap memanjakan lidah dengan sajian khas nusantara dari Manado?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *