makanan khas sulawesi
Kuliner

Makanan Khas Sulawesi

Indonesia merupakan negara kepulauan. Jumlah pulau yang ada di Indonesia cukup banyak bahkan mencapai ratusan. Salah satu nama pulau yang cukup terkenal di Indonesia yaitu pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang berada di bagian timur Indonesia. Sulawesi terletak diantara pulau Kalimantan dan Pulau Maluku. Pulau sulawesi memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah selain itu ternyata pulau satu ini memiliki ragam kuliner khas. Banyak sekali makanan khas Sulawesi yang cukup nikmat untuk dinikmati.

Pulau Sulawesi ini masuk dalam daftar pulau yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain menikmati keindahan alamnya yang memukau para wisatawan juga tidak absen untuk menikmati makanan khas Sulawesi. Kuliner khas Pulau Sulawesi ini banyak sekali ragamnya. Manakala sobat sedang memiliki niat atau agenda untuk berkunjung ke Pulau Sulawesi maka jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan khas Sulawesi. Apa saja makanan khasnya? Berikut daftar makanan khas Pulau Sulawesi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

10 Daftar Makanan Khas Sulawesi yang Enak

1. Coto Makassar

Coto Makassar

Makanan khas dari Sulawesi yang satu ini merupakan makanan dengan bahan dasar berupa jeroan sapi yang kemudian direbus dalam waktu yang lama. Seperti jenis soto pada umumnya dimana Coto Makassar ini memiliki kuah dengan warna yang coklat yang sudah dicampur beberapa irisan daging sapi. Bukan hanya itu saja, Coto Makassar ini hadir dengan beberapa tambahan lain seperti jantung, babat serta hati sapi.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Barat

Adapun bumbu yang digunakan yaitu rempah-rempah khas Indonesia. Coto Makassar ini cukup unik karena cara penyajiannya dengan menambahkan lontong atau ketupat tidak menggunakan nasi.

2. Sarabba

Sarabba

Sarabba merupakan minum khas dari suku Bugis yang merupakan suku asli orang Makassar. Sarabba dibuat dengan bahan yang terdiri dari jahe, gula aren, kuning telur, merica bubuk dan santan. Untuk rasanya jangan ditanya, Sarabba ini hadir dengan rasa pedas manis dan hangat sehingga sangat pas diminum saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

Saraba memiliki warna cokelat namun warnanya tidak terlalu pekat. Sobat bisa menikmati minuman satu dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah.

3. Sup Konro

Sup Konro

Makanan dari Makassar yang ketiga yaitu Sup Konro. Sup ini terbuat dari bahan iga sapi yang sudah direbus dengan waktu lama sehingga dagingnya sangat empuk. Selain direbus ada juga variasai lainnya yaitu dengan dibakar. Sup satu ini cukup sulit untuk dibuat. Pasalnya bukan hanya iganya harus dimasak sempurna melainkan juga bumbu yang digunakan cukup banyak dan rumit. Untuk rasanya? Nah untuk rasanya jangan khawatir, makanan dari bahan iga sapi ini siap memanjakan lidah sobat semua.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Utara

Bagi yang ingin menikmati empuknya iga sapi atau segarnya kuah sup konro, langsung saja datang ke Jalan Daeng Tata, Makassar untuk membeli seporsi sop konro Daeng Tata. Selain itu, ada juga tempat lain yang sama-sama terkenal dan legendaris di Jalan Gunung Lompobattang dengan nama kedainya Sop Konro Karebosi, bahkan ada juga cabangnya Jakarta. Makanan yang akan sangat tepat bila dinikmati saat kondisi dingin tersebut dijual mulai dari 30 ribu sampai 50 ribu rupiah. Bisa juga disantap dengan nasi putih hangat atau dengan makanan khas Sulawesi Selatan lainnya, seperti burasa misalnya.

4. Konro Bakar Karebosi

Konro Bakar Karebosi

Pada point sebelumnya sudah kami bahas mengenai sop konro bakar dari iga bakar dengan bahan khas suku Bugis. Nah di Makassar terdapat tempat yang sangat pas untuk menikmati lezatnya makanan satu ini yaitu di Jl. Gunung Lompobattang no. 41 yaitu di rumah makan konro bakar karebosi.

Konro bakar dan rebus memiliki tampilan berbeda dimana untuk jenis bakar memiliki warna kuah lebih hitam. Bumbu rempah yang digunakan juga cukup beragam, salah satu bumbu khasnya yaitu buah kluwek yang menghasilkan warna hitam saat direbus. Bagaimana sudah siap menikmati lezatnya makanan satu ini?

5. Pallu Basa

Pallu Basa

Pallu Basa merupakan makanan khas suku Bugis yang menggunakan bahan dasar sama dengan bahan Coto Makassar. Untuk bentuk kuahnya juga hampir sama yaitu dengan warna cokelat agak pekat dan ditambah telur yang menyembul di atasnya.

Apa yang membedakan antara Palubassa dengan Coto Makassar? Perbedaannya terletak pada telur mentah yang ada pada palubasa, sedangkan untuk Coto Makassar tidak ada telurnya. Nah selain itu perbedaannya terletak pada cara menyajikannya dimana Palu Bassa kerap disajikan dengan menggunakan nasi sedangkan Coto menggunakan ketupat.

6. Pallumara

Pallumara

Pallumara merupakan jenis sajian dengan bahan ikan segar. Pallunara ini kerap disantap saat makan siang dengan ditemani nasi hangat. Nama Pallu pada makanan ini memiliki arti masak dan mara yang berarti pedas, nah pastinya sup satu ini hadir dengan cita rasa pedas.

Klik lihat: Makanan khas Sunda

Pallumara memiliki bentuk seperti sup ikan atau pindang namun penggunaan rempah dan cara memasaknya yang berbeda pada Pallu mara ini menjadikannya lebih enak san lezat. Pallumara bisa dibuat dengan menggunakan beragam jenis ikan.

7. Pallu kacci

pallu kacci

Pada poin sebelumnya sudah dibahas mengenai Pallu mara yang merupakan makanan dengan rasa pedas, berbeda dengan pallu kacci yang memiliki arti masakan asam dari kata kacci.

Pallu kaci ini juga mirip dengan pallu mara dimana palukacci ini merupakan jenis sup yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya serta kuah berwarna kekuningan hanya rasanya saja yang berbeda yaitu manis. Ikan yang digunakan untuk membuat pallu kaci ini yaitu jenis ikan bandeng dan ikan tuna atau cakalang.

Masakan khas Sulawesi ini cara memasaknya cukup sederhana seperti cara memasak sup pada umumnya. Yaitu dengan cara dimasak bersama dengan air asam dan penyedap rasa ditambah garam secukupnya. Setelah itu ditambahkan kunyit untuk memberikan warna kuning pada masakan dan dimasukkan pula tumisan bawang, irisan tomat, dan cabai. Setelah matang, sup ini akan memiliki rasa yang enak dan tekstur empuk pada daging ikan yang telah bersih dari jeroan dan kotorannya. Lalu rasa pedas asam juga ikut muncul jika mencicipi kuahnya yang segar itu.

8. Burasa

Burasa

Burasa merupakan jenis olahan yang terbuat dari bahan beras ditambah santan kemudian dibalut pada daun pisang. Burasa memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lontong, sehingga ada juga yang menyebut dengan lontong bersantan. Makanan satu ini terkenal dengan nama burasa atau lapat. Makanan yang memiliki bentuk pipih ini kerap disantap bersamaan dengan Coto Makassar atau sering juga disajikan saat lebaran atau idul fitri.

9. Gogoso

Gogoso

Mirip dengan burasa, gogoso merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan daun pisang sebagai penutupnya. Gogoso menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya, agar lebih nikmat gogoso diberi isian berupa abon ayam.

10. Nasi Kuning Riburane

Nasi Kuning Riburane

Nasi kuning ini menjadi istimewa karena penggunaan rempah pilihannya dengan demikian maka rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu terdapat cukup banyak lauk pauk untuk dinikmati bersama nasi kuning, sebut saja abon, kentang kering, telur pindang rebus, sayur labu siam, dan semur daging

Nah itulah 10 daftar makanan khas Sulawesi yang bisa sobat jadikan referensi. Selamat menikmati

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *