Makanan Khas Sumatera Utara
Kuliner

Makanan Khas Sumatera Utara

Sumatera merupakan salah satu nama Pulau di Indonesia dengan banyak provinsi di dalamnya. Banyaknya provinsi yang ada di Sumatera ini pada akhirnya akan memberikan nuansa kuliner yang beraneka macam. Sudah bukan rahasia lagi manakala makanan khas Sumatera memang lezat dan nikmat bahkan terdapat salah satu jenis makanan khas Sumatera yang dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia.

Nah jika anda merupakan salah satu penggemar kuliner sajian khas Nusantara maka 10 makanan khas sumatera ini wajib masuk dalam jajaran kuliner wajib untuk anda cicipi.

10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Menggugah Selera

1. Bika Ambon

Bika Ambon

Jika anda mengira Bika Ambon merupakan makanan khas Ambon maka sangat keliru. Nama Biak Ambon yang diberikan pada makanan ini dikarenakan dia merupakan olahan Biak yang sedikit dimodifikasi dengan jalan Ambon yang notabene adalah tempat dijualnya kue ini pertama kalinya. Jalan Ambon yang dimaksud disini adalah jalan yang ada sendiri di Medan bukan jalan Ambon kota Maluku.

Bika ambon ini adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung, santan, gula serta kuning telur akan tetapi sudah difermentasi dengan ditambahkan air nira. Nah penggunaan air nira ini yang pada akhirnya menjadikan kue satu ini berbeda dan menjadi produk baru khas ibu kota Sumatera Utara.

2. Lemang

Lemang Medan

Lemang merupakan salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan yang sudah dicampurkan dengan santan dengan menggunakan proses pemasakan menggunakan perantara bambu. Sebelum pada akhirnya dimasukkan ke dalam bambu, nasi ketan tersebut terlebih dahulu dibungkus dengan daun pisang atau bisa juga dengan memasukkan daun pisang ke dalam bambu kemudian baru dimasukkan beras ketan.

Klik lihat: Makanan khas sunda

Yang unik dari makanan satu ini berada pada cara membakarnya. Bumbu yang dibakar biasanya ditempatkan pada posisi tegak menuju arah bara api. Ketika sudah matang maka selanjutnya Lemang disajikan dengan ditambahkan beberapa lauk.

3. Soto Udang

Soto udang merupakan jenis makanan khas Sumatera berikutnya yang tidak boleh dilewatkan. Soto udang terbuat dari olahan bumbu rempah normal seperti ketika membuat soto pada umumnya yaitu seperti garam, serai, daun salam, daun jeruk, merica serta daun bawang. Terdapat cerita unik dibalik makanan satu ini. Pada mulanya olahan soto ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pedagang soto.

Awalnya penjual menjual soto daging sapi akan tetapi beberapa kalangan Budha serta Hindu tidak mau mengonsumsi daging sapi sehingga menjadikan ayam sebagai alternatifnya. Seiring berjalannya waktu olahan tersebut ditambahkan udang agar rasanya semakin nikmat. Saat ini soto udang dihidangkan dengan menggunakan ayam bakar lengkap dengan rasa kuah gurih serta ada aroma ayam bakar yang tercium harum.

4. Sayur Tauco

Sayur Tauco Medan

Olahan berkuah satu ini juga menjadi dalam 10 daftar makanan khas Sumatera. Sayur ini memiliki kuah yang terbuat dari santan kemudian di dalamnya terdapat udang serta daging sapi yang sudah dibumbui taucho dari Medan. Keberadaan tauco inilah yang menjadikan sayur ini berbeda dengan kebanyakan sayur gurih lainnya.

Bukan hanya itu saja, adanya tauco ini juga bisa menghasilkan kuah dengan rasa berbeda dari jenis lainnya sehingga menimbulkan aroma yang khas. Keberadaan tauco yang dibuat secara fermentasi ini menandakan jika sayur gurih ini mendapat pengaruh dari masakan China yang menghasilkan rasa pedas serta gurih.

5. Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu

Salah satu makanan tradisional khas Medan yaitu kue putu bambu yang terkenal dengan suaranya yang tauttt… cara pembuatan kue putu bambu ini terbilang unik, mengingat dalam membuatnya diperlukan sebuah cetakan bambu yang ditaruh di atas kukusan. Kemudian bumbu-bumbu tersebut dengan tepung beras, kelapa serta gula merah. Ketika sedang dimasak maka akan menghasilkan suara tauttt.

Di Medan Sendiri kebanyakan orang menjual kue putu ini dengan membawa gerobak kemudian bersamaan dengan menjajakan kue khas Medan lainnya.

6. Bubur Pedas

Bubur Pedas

Bubur kok pedas? Nah inilah uniknya, masyarakat Medan menjadikan bubur pedas ini sebagai salah satu menu wajib ketika buka puasa. di beberapa masjid yang ada di Medan kerap menghadirkan makanan satu ini sebagai menu buka puasa. cara membuat bubur pedas ini sebenarnya juga sama dengan cara membuat bubur pada umumnya.

Klik lihat: Makanan khas tasikmalaya

Bahan utama yang digunakan yaitu beras yang diberi daging serta sayur. Kemudian selain itu juga ada rempah-rempah yang cukup banyak tak ketinggalan juga cabai yang menjadikannya terasa pedas akan tetapi tetap lembut di mulut.

7. Arsik

Makanan khas Sumatera ini yang ketujuh ini berasal dari kawasan Tapanuli. Arsik merupakan jenis makanan yang menggunakan ikan mas atau ikan jenis lainnya sebagai bahan dasar. Tapanuli merupakan kawasan pesisir sehingga banyak ikan di wilayah tersebut. Nah menggunakan ikan sebagai bahan dasar merupakan salah satu langkah cukup baik dalam meningkatkan nilai jual ikan tersebut.

Dalam membuat Arsik, diperlukan paduan rempah-rempah seperti asam cikala atau buah kecombrang serta andalima. Sedangkan untuk menciptakan warna kuning tersebut diperlukan lengkuas serta serai

8. Manuk Napinadar

Manuk Napinadar

Nama makanan satu ini masih terdengar asing bagi beberapa orang karena memang makanan satu ini jarang dijual di warung atau rumah makan. Olahan napinadar ini merupakan olahan yang terbuat dari ayam kampung goreng atau panggang yang kemudian disajikan dengan bumbu satu yang pada akhirnya membuat olahan serupa, yaitu andaliman. Andaliman merupakan rempah yang kerap disebut dengan merica Batak mengingat sangat sulit menemukannya di tempat lain.

9. Kolak Durian

Kolak Durian Medan

Jika biasanya kita sering menjumpai kolak terbuat dari ubi atau pisang maka kali ini di Medan ada kolak yang terbuat dari durian. Penggunaan durian sengaja digunakan untuk meningkatkan nilai jual durian pasalnya di Medan buah satu ini banyak sekali bahkan melimpah ruah.

Klik lihat: Makanan khas thailand

Satu porsi kolak durian bukan hanya berisi durian saja, melainkan juga terdapat pisang kepok, jagung manis rebusan, gula aren, ketan putih hasil kukusan serta santan. Rasanya yang sangat manis ini dikarenakan adanya jagung, pisang serta olahan durian yang memiliki rasa manis.

10. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk

Sambal tuktuk merupakan jenis makanan yang berupa olahan sejenis sambal dengan ikan aso-aso atau ikan kembung yang melalui proses pengeringan. Meskipun cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat sambal pada umumnya, akan tetapi keberadaan andaliman menjadikan bentuk serta rasanya berbeda. selain ikan aso-aso yang digunakan, terdapat juga ikan teri tawar yang digunakan sebagai alternatif ketika sulit menemukan ikan kembung.

Nah itulah daftar 10 makanan khas Sumatera yang wajib untuk anda coba, bagaimana sudah siap menggoyang lidah dengan sajian khas nusantara dari Sumatera?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *