Makanan Khas Semarang
Kuliner

Makanan Khas Semarang

Ada banyak kota di Indonesia yang bisa menjadi destinasi wisata kita. Mengunjungi kota-kota besar menjadi sebuah keseharusan bila anda berniat menjelajahi nusantara. Salah satu lima kota besar di Indonesia adalah Semarang. Dengan jumlah penduduk yang banyak, kota ini tentu semakin ramai dengan kedatangan pengunjung dari luar kota.

Bagaimana pun juga, banyak orang-orang yang tertarik untuk berwisata di kota ini. Bagaimana dengan wisata kuliner nya? Tentu, banyak yang kota ini dapat tawarkan untuk pengunjungnya, bukan? Berikut makanan khas Semarang yang dikenal banyak orang sebagai makanan yang patut anda coba.

Rekomendasi 10 Makanan Khas Semarang yang Enak

1. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Jika Jakarta terkenal dengan ketopraknya, Semarang dikenal dengan tahu gimbalnya. Sebagaimana namanya, tahu gimbal adalah makanan yang terdiri dari tahu dan gimbal. Gimbal adalah udang yang diolah dengan tepung. Tahu dan gimbal tersebut kemudian disajikan dengan potongan lontong dan kol. Lalu, makanan ini akan disiram dengan bumbu kacang dan petis. Makanan ini rasanya gurih dan kaya akan rasa kacangnya, membuat konsumen puas menikmatinya. Anda tidak perlu susah-susah mencari tahu gimbal di Semarang. Penjualnya mudah ditemukan di mana-mana di kota ini. Pastikan anda cari, beli, dan rasakan sendiri kenikmatan khasnya.

2. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Dulunya, soto ini dijual di warung makan yang berdiri di perempatan Bangkong. Dari situlah, nama soto Bangkong dikenal sejak 1950. Dari tahun itulah, soto ini mulai berkembang dan dikenal banyak orang hingga membuka cabang di seluruh daerah Jawa. Tentu saja, makanan soto Semarang ini memiliki kekhasannya tersendiri. Kuahnya bening dengan sedikit kecoklatan.

Klik lihat: Makanan khas Sulawesi Selatan

Soto ini berisi suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun, dan taburan bawang putih dan merah. Selain disajikan dan disantap dengan nasi, makanan ini juga biasanya dilengkapi dengan lauk, seperti sate ayam, perkedel, sate telur puyuh, sate kerang, tahu, atau tempe.

3. Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi Goreng Babat Gongso

Menu nasi goreng tentu sudah menjadi menu yang umum di berbagai kota di Indonesia. Pastinya, anda dapat menemukan menu yang satu ini di Semarang juga. Akan tetapi, nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng pada umumnya di mana nasi dijadikan dengan babat. Babat adalah kulit sapi bagian lambung.

Biasanya, babat ini akan dipotong sekitar 3×4 cm dan dimasak dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, dan kecap kental. Terkadang, orak arik telur juga ditambahkan. Anda pun bisa melengkapinya dengan kerupuk dan acar mentimun. Meskipun sederhana, menu ini tetap nikmat dan patut untuk dicoba.

4. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Kota Semarang sebenarnya terkenal dengan lumpianya. Bagaimana tidak? Kota ini bahkan sering disebut-sebut dengan kota lumpia. Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, lumpia terbuat dari adonan tepung. Adonan tersebut kemudian dibuat bundar dan diisi dengan daging ayam, bawang putih, orak arik telur, ebi, kecap, potongan sayuran, dan rebung. Kemudian adonan tersebut dilipat dan digoreng.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Barat

Dalam penyajiannya, lumpia ini biasanya dihidangkan dengan saus segar. Panganan seperti ini tentu akan memuaskan lidah yang tergiur dan perut yang kelaparan. Tentunya, panganan ini juga cukup mengundang selera penggemar gorengan.

5. Pisang Plenet

Pisang Plenet

Tidak semua makanan khas kota yang kita bicarakan ini memiliki tingkat ketenaran yang sama. Namun, hanya karena satu menu tidak setenar yang lain, bukan berarti menu tersebut tidak patut kita pertimbangkan. Pisang planet misalnya, adalah salah satu makanan khas Semarang yang cukup unik.

Pertama-tama, pisang kepok dibakar dengan api kecil sampai agak gosong. Kemudian, pisang tersebut diangkat dan dipipihkan. Setelah itu, kita berikan olesan margarin dan menambahkan coklat, messes, selai nanas, dan gula bubuk. Terakhir, kita perlu menutupnya dengan pisang pipih lagi seperti sandwich. Menu ini menarik untuk dimakan.

6. Gandos

Gandos

Tidak ada salahnya mencoba jajanan tradisional. Gandos adalah salah satunya. Namun, rasanya yang gurih dan renyah dimulut membuat banyak orang menikmatinya dengan sangat. Gandos sebenarnya terbuat dari tepung beras. Kemudian, tepung beras ini dicampur dengan santan dan diberi garam. Setelah itu, adonan yang sudah jadi dimasukkan ke dalam loyang dan dimasak dengan menggunakan api yang sangat panas. Setelah masak, cetakan gandos berbentuk setengah lingkaran kemudian ditaburi dengan gula sebelum akhirnya dihidangkan.

Bagi penggemar makanan tradisional, tidak seharusnya anda melewatkan menu yang ini, bukan?

7. Kue Moaci

Kue Moaci

Ada banyak panganan yang berasal dari Semarang. Salah satu panganan itu adalah kue moaci. Kue ini mirip dengan onde-onde atau klepon. Akan tetapi, tentu kue khas dari Semarang ini memiliki cita rasa yang berbeda dari yang lain. Bentuknya memang bulat dan tepung ketan adalah bahan yang dipilih untuk membuatnya.

Tentu saja, kue moaci tidak hanya sekedar kue tepung ketan saja. Adonannya juga diberi gula karamel dan kacang sebagai isiannya. Biasanya, kue ini disajikan dengan dilapisi bubuk tepung dan dialasi dengan kertas roti. Dewasa ini, anda akan banyak menemukan kue ini dibuat dan disajikan dengan berbagai pilihan warna.

8. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

Roti ini memang kini sudah semakin sedikit peminatnya. Akan tetapi, roti unik khas Semarang Jawa Tengah ini perlu kita beri perhatian. Yang membuat roti ini unik adalah bentuknya yang seperti alat musik gambang. Lebih jelasnya, bentuknya kotak, berwarna coklat, dan bertabur wijen. Karena teksturnya yang keras dan alot, roti ini disebut dengan roti ganjel rel.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Utara

Menurut para ahlinya, roti ini dikatakan dapat membantu mengenyangkan perut sehingga dipandang baik untuk pencernaan. Bagaimana? Selain unik dan enak, roti ini juga menyehatkan. Karena itu, kami masukkan roti ini sebagai salah satu pilihan makanan yang bisa anda coba di Semarang.

9. Gudangan

Gudangan

Indonesia yang kaya dengan rempah-rempah, dapat membuat sayuran disantap dengan nikmat. Gudangan ini dibuat dari sayuran rebus yang diberi bumbu sambal gudangan. Sambal gudangan sendiri dibuat dari parutan kelapa, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan jeruk purut. Sementara sayurnya bisa berupa bayam, wortel, daun singkong, kubis, kecambah, dan kacang panjang. Setelah direbus dan dipotong-potong, sayuran-sayuran tersebut kemudian dihidangkan dengan bumbunya bersama nasi. Karena bahannya yang mayoritas berupa sayuran, pastinya anda tahu bahwa makanan ini adalah makanan yang sehat.

10. Tahu Petis

Tahu Petis

Seperti namanya, makanan ini terdiri dari tahu dan petis. Petis dibuat dari olahan sisa cairan perebusan ikan atau udang. Olahan tersebut kemudian dipanasi sampai kental. Warnanya pun berubah menjadi kehitam-hitaman. Sementara tahunya dipilih dari tahu putih dan disayat tapi tidak sampai patah. Tahu ini kemudian digoreng dan petis dimasukkan ke dalam sayatannya. Lalu, tahu petis ini dihidangkan dengan cabe rawit segar.

Makanan khas Semarang ini enak dinikmati selagi hangat sembari mengobrol bersama teman dan keluarga. Cobalah tahu ini selama anda di kota ini.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *