Makanan Khas Sumatera Barat

  • Whatsapp

Deskripsi : Kuliner padang tidak hanya terkenal di Indonesia saja bahkan hingga luar Negeri. Berikut rekomendasi 10 makanan khas sumatera barat yang enak.

Sudah menjadi rahasia umum jika Padang terkenal dengan beragam jenis makanannya. Makanan khas Padang ini sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Makanan khas Sumatera Barat sangat beragam jenisnya sehingga sobat pecinta kuliner bisa mencicip semua jenis makanan khasnya.

Padang merupakan sebuah daerah yang ada di wilayah Sumatera Barat yang terkenal dengan makanan berbahan dasar daging dan santan. Adapun mengenai rasanya jangan ditanya lagi tentu lezat dan khas Minangkabau pedas. Penasaran dengan apa saja daftar makanan khas Sumatera Barat? Berikut 10 daftar makanan khas Padang yang bisa sobat jadikan referensi.

10 Daftar Makanan Khas Padang yang Nikmat dan Lezat

1. Kacimuih

Kacimuih

Kacimuih merupakan makanan khas Sumatera Barat yang cukup banyak jenisnya. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar singkong namun sobat jangan salah meskipun hanya menggunakan singkong makanan satu ini rasanya cukup nikmat. Kacimuih dibuat dengan singkong, gula serta parutan kelapa. Untuk bentuknya cukup sederhana yaitu ketela pohon tersebut ditumpuk dengan kelapa parut serta gula sehingga rasanya cukup nikmat dimulut.

Cara pembuatannya tidaklah sulit dimana sobat cukup menyiapkan singkong yang sudah dikupas dengan gula aren atau gula pasir, parutan kelapa, garam serta vanili. Singkong yang sudah bersih tersebut kemudian diparut setelah itu dikukus.

2. Gulai Gajeboh

Gulai Gajeboh

Gulai gajeboh ini kerap disapa dengan sebutan sandung lamur. Sama halnya dengan rendang dimana menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya namun lebih menekankan pada bagian punuknya sehingga banyak gajih atau lemaknya.

Klik lihat: Makanan khas Sumatera Utara

Sesuai dengan namanya makanan khas satu ini juga memiliki kuah seperti kuah gulai pada umumnya. Kuah yang digunakan dengan menggunakan kuah asam pareh akan tetapi cara penyajiannya tanpa menggunakan santan sedikitpun sehingga akan menghasilkan warna merah. Bukan hanya rasa gurih, karena adanya kuah tersebut maka akan menghasilkan rasa gurih.

3. Asam Padeh Daging

Asam Padeh Daging

Jika dilihat dari namanya makanan satu ini sudah pasti menggunakan daging sebagai bahan utamanya tentunya menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Meskipun saat ini sudah banyak rumah yang membuah Asem Padeh dengan daging ikan dan ayam sehingga bukan hanya menggunakan daging sapi.

Klik lihat: Makanan khas tasikmalaya

Sama halnya dengan namanya dimana asam manis pasti rasanya sangat pedas dan asam karena bumbunya menggunakan cabai sebagai bumbu utamanya. Untuk warnanya juga sama halnya dengan rendang yaitu coklat dan sedikit kuah yang menyertainya. Nah untuk mempercantik tampilannya maka diberikan sedikit irisan tomat.

4. Lompong Sagu

Lompong Sagu

Lompong sagu merupakan jenis kue yang langka ditemui satu ini. Bahan yang dipilih adalah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan serta pisang kepok atau pisang raja. Makanan khas Minangkabau ini didominasi rasa manis serta sedikit aroma khas pemanggangan. Untuk bentuknya juga cukup unik dimana disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan dengan tambahan sedikit parutan kelapa.

Klik lihat: Makanan khas sunda

Cara membuatnya dengan mencampurkan semua bahan seperti pisang kepok yang sudah dihaluskan kemudian tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus dan tambahan air secukupnya.

5. Sate Padang

Sate Padang

Sumatera barat bukan hanya memiliki kuliner nasi Padang yang cukup terkenal melainkan juga memiliki olahan sate Padang yang juga terkenal. Sate Padang ini cukup terkenal karena selain menggunakan daging sapi juga ditambah dengan lidah dan jeroan sapi. Untuk bumbunya menggunakan bahan merah, bawang putih, kunyit, jahe, cabai merah dan beberapa bumbu lainnya. Semua bumbu tersebut kemudian dimasak bersamaan dengan kaldu sapi untuk menambah nikmat masakan .

6. Sate Lokan

Sate Lokan

Kita kerap menjumpai makanan sate dari bahan daging sapi, ayam atau kambing namun kali ini kaki akan mengajak sobat semuanya mencoba makanan sate yang cukup unik dan berbeda yaitu sate lokan. Kulinerr khas Sumatera Barat ini menggunakan kerang hijau sebagai bahan dasarnya. Cara penyajiannya juga seperti sate pada umumnya yaitu dengan ditusuk kemudian diberi kuah kental terus dibakar.

Sebelum disajikan, kerang direbus dahulu kemudian diberikan tambahan berupa bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, jahe , merica, jintan, kunyit dan cabai merah. Lalu bagaimana dengan rasanya? Nah dengan rasanya jangan ditanya lagi sudah pasti bikin nagih.

7. Rendang Sapi

Rendang Sapi

Rendang sapi merupakan khas Sumatera Barat yang lada tahun 2011 masuk dalam Most Delicioys Food versi CNN. Untuk menciptakan satubporso rendang dibutuhkan bahan rempah yang melimpah ruah. Sebut saja aneka bumbu halusnya yaitu cabai, bawang putih, lengkuas, bawang merah, kunyit, dan serai ada di sana. Belum lagi tambahan santan sebagai campuran saat rendang dimasak yang membuatnya semakin melimpah rempah.

Hampir semua rumah makan Padang mengenal jenis makanan satu ini. Memang tidak heran karena rasanya yang sangat nikmat berkat rempah yang meresap sempurna. Untuk mendapatkan bumbu yang meresap sempurna maka dibutuhkan waktu memasak yang tidak sebentar yaitu sekitar 4 jam.

8. Rendang Paru

Rendang Paru

Sesuai dengan namanya jika rendang paru ini lebih menggunakan paru sapi sebagai bahan utamanya. Ternyata bukan hanya bahannya saja yang berbeda melainkan juga bumbu yang digunakan juga berbeda dengan rendang sapi. Kebanyakan bumbu rempah yang digunakan adalah bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan dedaunan yang telah dirajang. Kemudian semua bumbu itu akan dihaluskan untuk nantinya dimasak bersama paru sapi.

9. Galamai

Galamai

Galamai merupakan makanan makanan khas Padang yang cukup terkenal sehingga beberapa kota lainnya seperti Payakumbuh, Pariaman, Pasanan serta Solok memiliki cara memasaknya tersendiri. Meskipun demikian makanan khas Sumatera Barat satu ini memiliki komposisi bumbu yang hampir sama yaitu terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula aren serta kacang tanah.

Sekilas bahan yang digunakan mirip dengan bahan ketika membuat jenang atau dodol. Memang benar, namun kehadiran taburan kacang tanahnya yang membedakan jenis makanan ini dengan makanan lainnya. Untuk rasanya jangan ditanya sudah pasti manis legit seperti kandungan bahannya.

10 . Beras Rendang (Bareh Rendang)

Bareh Rendang

Sajian khas Sumatera Barat satu ini merupakan jenis kudapan manis yang banyak ditemukan di Kawasan Derek yaitu sebuah kawasan meliputi kota Payakumbuh, Tanah Datar, Agan serta Lima Puluh Kota. Meskioun namanya hampir sama dengan rendang namun makanan ini bukanlah jenis rendang namun ternyata bareh rendanh memiliki olahan tersendiri.

Penamaan rendang memang kerap membuat kita salah sangka ternyata memiliki arti “menyangrai” sesuai dengan proses masaknya. Sedangkan bareh memiliki arti beras atau tepung beras yang merupakan bahan utama pembuatannya. Jika kita mengartikannya secara bahasa maka Bareh Rendang ini merupakan jenis makanan yang terbuat dari tepung beras yang sudah dimasak dengan cara disangrai kemudian dicampur dengan campuran gula.

Nah itulah 10 daftar makanan khas Padang yang bisa sobat jadikan referensi. Selamat menikmati sajian khas Nusantara.

Makanan Khas Sumatera Barat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *