Makanan Khas Tasikmalaya
Kuliner

Makanan Khas Tasikmalaya

Tasikmalaya merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya salah satunya Gunung Galunggung. Keindahan alamnya banyak menarik minat pengunjung sehingga tidak sedikit wisatawan lokal maupun domestik yang mengunjungi kota terbesar ketiga di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor ini.

Selain terkenal akan keindahan alam, agar perjalanan semakin lengkap ketika berkunjung ke Tasikmalaya Anda juga harus memanjakan lidah dengan mencicipi beragam makanan khas Tasikmalaya yang enak dan menjadi favorit. Anda juga harus mengunjungi pusat jajanan serta oleh-oleh di Tasikmalaya untuk membeli buah tangan yang dapat Anda hadiahkan kepada keluarga tercinta di rumah.

10 Makanan Khas Tasikmalaya yang Terkenal

Indonesia kaya akan beragam budaya dan adat istiadat, tak hanya kesenian namun Indonesia juga memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang khas sesuai dengan daerahnya masing-masing. Salah satu daerah yang memiliki ciri khas khusus adalah Tasikmalaya dengan kuliner khas Sunda dimana nama dan rasa dari bumbu kuliner Tasik ini memiliki ciri khas tersendiri.

Tentunya bumbu rempah sebagai ciri khas daerah ini merupakan warisan tradisional turun temurun yang perlu untuk kita jaga dan lestarikan. Oleh karena itu sebagai masyarakat Indonesia hendaknya kita mengetahui berbagai jenis kuliner Tasikmalaya, sehingga pada artikel ini akan kita ulas 10 jenis makanan khas Tasikmalaya sebagai berikut.

1. Godeblag

Godeblag

Godeblag merupakan makanan ringan khas Tasikmalaya dengan cita rasa asin yang terbuat dari ketela pohon atau singkong dan dicampur bumbu racikan khusus. Untuk menjaga cita rasa terbaik dari godeblag produsen harus menggunakan bahan baku berkualitas yaitu ketela pohon yang tidak boleh terkena hama.

Anda dapat menemukan godeblag dengan mudah di pasar tradisional atau pusat jajanan dan oleh-oleh yang ada di Tasikmalaya. Harga godeblag yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh keluarga sekitar Rp. 30.000 per kilo dan setiap kilo berisi kurang lebih 4 pack.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Makanan yang menjadi khas Sunda terutama di Tasikmalaya yang harus Anda coba adalah nasi tutug oncom atau nasi TO dimana makanan ini merupakan campuran dari nasi dan oncom yang digoreng atau dibakar dengan bumbu kencur, bawang beserta bumbu rempah khas yang lain.

Lihat juga: Makanan khas thailand

Nasi TO biasa disajikan dalam keadaan hangat sehingga Anda bisa merasakan kenikmatan dari rasa gurih dan pulen dari nasi ketika dikunyah. Anda juga bisa menambahkan ayam goreng, tahu, tempe, ikan asin atau sambal sebagai pelengkap nasi tutug oncom. Satu porsi nasi TO biasanya dibandrol dengan harga Rp. 4.000 tidak termasuk lauk yang ditambahkan sebagai pelengkap.

3. Wajit

Wajit

Wajit merupakan jajanan tradisional di Tasikmalaya dengan cita rasa manis dan legit yang dibungkus daun jagung warna putih. Wajit dibuat dari bahan baku ketan yang dicampur kelapa kemudian dihaluskan dan dimasak di atas api tungku dengan campuran gula merah sampai matang sehingga menciptakan rasa manis dan legit. Setelah matang, wajit dijemur hingga kulit jagung yang membungkus wajit menjadi kering agar wajit yang dihasilkan memiliki bagian luar kering namun memiliki tekstur lembut di bagian dalam. Meskipun bentuk jajanan tradisional ini kecil namun Anda akan dibuat ketagihan oleh rasanya yang nikmat.

4. Kelontong

Kelontong

Camilan kelontong yang dibuat dari bahan baku beras ketan kemudian dicampur bumbu racikan khusus dan gula merah ini cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya yang gurih mampu membuat penikmat kelontong jatuh hati dengan jajanan tradisional Tasikmalaya ini.

Lihat juga: Makanan khas turki

Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong menjadi salah satu daerah yang memproduksi kelontong dan terkenal dengan kelezatannya. Kelontong dapat Anda temukan di toko oleh-oleh Tasikmalaya dengan harga sekitar Rp. 40.000 per bal untuk berat 2kg.

5. Rengginang Oyek

Rengginang Oyek

Jajanan rengginang bisa kita temukan hampir di setiap daerah dan biasanya mengisi kaleng atau toples di rumah ketika lebaran tiba. Pada umumnya pembuatan rengginang dengan cara memanaskan nasi di bawah terik matahari hingga terasa kaku lalu digoreng namun berbeda dengan rengginang oyek khas Sunda ini yang menggunakan singkong sebagai bahan baku.

Pada rengginang oyek singkong dipotong kecil-kecil hingga menyerupai beras kemudian dicampur dengan kencur serta ketumbar dan dibentuk mirip regginang lalu dijemur dan digoreng. Campuran bahan kencur pada pembuatan rengginang oyek membuat tubuh Anda terasa lebih hangat setelah memakannya.

6. Kupat Tahu

Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan makanan khas Tasikmalaya yang wajib Anda coba dan biasa dijual pedagang kaki lima di pinggir jalan Tasikmalaya. Mirip dengan sajian kupat tahu pada umumnya namun untuk kupat tahu khas Tasikmalaya ini menggunakan bumbu khusus khas tasikmalaya.

Meskipun begitu kenikmatan dan kelezatan dari kupat tahu ini tidak kalah jika dibandingkan dengan upat tahu di daerah lain. Sepiring kupat tahu khas Tasikmalaya biasa dibandrol dengan harga yang murah meriah yaitu Rp. 7.000.

7. Citruk

Citruk

Citruk merupakan jajanan kerupuk khas Tasikmalaya yang terbuat dari bahan baku tepung kanji dan tepung terigu kemudian dicampur bumbu rempah dan air sehingga menjadi adonan lalu dibentuk menyerupai koin bulat kecil. Citruk merupakan kepanjangan dari aci ngetruk dalam bahasa sunda dan bila diartikan adalah tepung kanji yang memiliki tekstur agak keras tetapi renyah.

Lihat juga: Makanan khas jambi

Camilan ini sangat cocok untuk menemani Anda menghabiskan waktu seharian bersama keluarga sembari melepaskan penat. Harga untuk sekilo citruk sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 20.000 dan Anda dapat menemukannya di pasar tradisional Tasikmalaya.

8. Sale Pisang

Sale Pisang

Sale pisang merupakan salah satu kuliner favorit di Tasik yang memiliki varian rasa pisang gulung, pisang raja, keju dan yang lain. Proses pengolahan sale pisan khas Tasik adalah pertama sisir pisang tapi jangan terlalu tebal lalu dijemur di bawah terik matahari dan campurkan dengan adonan tepung kemudian goreng.

Anda dapat menikmati camilah olahan pisang khas tasik ini dengan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 di toko jajanan atau oleh-oleh sekitar Tasikmalaya.

9. Ladu

Ladu

Ladu adalah makanan khas Tasik yang mempunyai rasa manis namun memiliki bentuk yang menarik seperti dodol namun berbeda dari segi cita rasa. Makanan ini menggunakan bahan baku beras ketan putih ataupun hitam dan kini sangat jarang ditemukan di Tasikmalaya. Jika Anda penasaran dengan makanan ini, Anda dapat mengunjungi daerah Patahunan, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya untuk menemukan salah satu penjual ladu di Tasikmalaya.

10. Opak Ketan

Opak Ketan

Opak ketan merupakan camilan tradisional khas Sunda termasuk Tasikmalaya yang terbuat dari bahan baku beras ketan. Proses pembuatan opak ketan cukup sulit pertama beras ketan dikukus kemudian ditumbuk sampai lembut dan dicetak seperti lingkaran. Setelah itu adonan yang telah dicetak dijemur di bawah sinar matahari kemudian diolah lagi dengan dibakar atau dioven.

Semoga 10 makanan khas Tasikmalaya yang telah diulas pada artikel dapat pembaca jadikan referensi sebagai kuliner favorit di Tasikmalaya. Jangan lupa mengunjungi pusat oleh-oleh atau tempat kuliner yang ada di Tasikmalaya agar liburan Anda lebih seru dan mengasyikkan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *