makanan khas thailand
Kuliner

Makanan Khas Thailand

Negara Thailand terkenal dengan keindahan pariwisatanya hingga ke mancanegara, oleh karena itu tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara yang khusus mengunjungi negara tersebut untuk menghabiskan waktu liburan. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata selain terkenal dengan sektor pariwisata, Thailand juga memiliki makanan khas yang mampu menarik minat banyak wisatawan.

Masyarakat Thailand memiliki cara khusus untuk menghasilkan sajian makanan dan minuman yang menjadi ciri khas negeri Gajah Putih. Masakan Thailand memiliki banyak sekali cita rasa dengan menyeimbangkan perpaduan rasa asin, manis, asam serta pedas yang diperoleh dari berbagai bumbu pada saat proses memasak sehingga menghasilkan rasa lezat tersendiri yang menjadi ciri khas masakan Thailand.

Setiap negara pasti memiliki ciri khas tersendiri dalam hal budaya dan adat istiadat termasuk pada bidang kuliner sesuai dengan daerah yang ada di negara tersebut. Thailand merupakan salah satu negara yang masih kental dengan budayanya dan memiliki 4 bagian daerah yaitu Thailand Utara, Thailand Tengah, Thailand Timur Laut serta Thailand Selatan.

Perbedaan daerah di Thailand yang telah disebutkan sebelumnya mempengaruhi jenis masakan di masing-masing daerah tersebut yang juga mendapat pengaruh dari beberapa negara tetangga sehingga setiap daerah di Thailand mempunyai ciri khas di setiap masakannya.

10 Makanan Khas Thailand Dapat Dinikmati di Indonesia

Pasti Anda penasaran bukan dengan makanan khas Thailand? Untuk mengetahui lebih jelas, 10 makanan khas Thailand teristimewa yang akan diulas pada artikel ini adalah sebagai berikut.

1. Tom Yam

Tom Yam

Bagi Anda pecinta makanan berkuah pasti mengenal Tom Yam makanan khas Thailand yang terfavorit dan sudah terkenal sampai berbagai negara. Tom yam merupakan hidangan berupa sup yang isiannya terdiri atas beragam seafood diantaranya udang, ikan, kerang, cumi, daging kepiting dengan kuah yang memiliki rasa asam serta pedas sehingga mampu membuat penikmatnya ketagihan akan kelezatan dari tom yam.

Lihat juga: Makanan khas turki

Terdapat 2 jenis tom yam berdasarkan kuah yang disajikan yaitu tom yam berkuah santan dan berkuah bening dimana keduanya tetap memiliki kelezatan tersendiri ketika Anda mencicipinya. Kehangatan dari kuah tom yam membuat makanan ini sangat cocok sekali bagi Anda yang sedang berada di daerah pada cuaca dingin.

2. Tod Man Pla

Tod Man Pla

Tod man pla merupakan makanan khas Thailand yang terbuat dari daging ikan atau daging ayam serta biasa dijajakan penjual di pinggir jalan. Penduduk Thailand biasanya menggunakan ikan untuk membuat tod man pla, namun ikan yang digunakan khusus ikan yang memiliki daging berwarna putih. Kemudian ikan tersebut diberi bumbu kari merah dengan rasa pedas khas Negara Thailand lalu dibentuk mirip dengan perkedel dan digoreng. Sebagai pelengkap dalam penyajian tod man pla biasanya ditambahkan acar mentimun untuk memperindah hidangan.

3. Pad Thai

Pad Thai

Pad thai merupakan ikon kuliner Thailand karena hanya makanan tersebut yang memiliki kandungan kata Thai, selain itu Pad Thai yang diciptakan tahun 1930-an bukannya tanpa tujuan tetapi makanan ini ditujukan untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Thailand.

Sajian Pad Thai mirip dengan kwetiau yaitu mi dengan bentuk gepeng serta berukuran lebar yang terbuat dari tauge, beras dan kucai. Makanan ini biasa disajikan bersama potongan daging sapi, seafood atau potongan tahu kuning yang padat tergantung selera Anda.

4. Jim Jum

Jim Jum

Jim jum merupakan hidangan khas Thailand berupa sop sehat yang dimasak serta disajikan langsung dalam pot kecil dari tanah liat sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari sup pada umumnya.

Lihat juga: Makanan khas jambi

Namun jim jum berbeda dengan sop pada umumnya karena kaldu yang digunakan terbuat dari bacon sehingga makanan ini termasuk non halal. Kaldu bacon di dalam pot direbus bersama soun, kubis, telur, basil khas Thailand serta daging sapi atau udang sebagai lauknya.

5. Khao Soi

Khao Soi

Anda yang berkunjung ke Thailand wajib mencicipi Khao Soi, masakan yang satu ini merupakan hidangan terfavorit di Thailand terutama bagian Thailand Utara. Sebenarnya khao soi berasal dari Negara Myanmar namun dikreasi agar cita rasanya sesuai dengan selera masyarakat Thailand.

Khao soi adalah sajian mie kuning campuran dari mie kering dan mie basah kemudian disiram dengan kuah santan yang tidak kental sehingga mirip kari namun mampu menghasilkan kenikmatan rasa yang tak tertandingi. Agar tampak lebih menarik ditambahkan cabai, irisan bawang merah, jeruk nipis serta daging ayam atau sapi pada sajiann khao soi.

6. Khanom Chin Nam Ya

Khanom Chin Nam Ya

Khanom cin nam ya atau biasa disebut khanom untuk mempersingkat masakan khas Thailand ini merupakan hidangan yang menjadi incaran pecinta kuliner khususnya khas Thailand. Makanan favorit masyarakat Thailand ini dihidangkan dalam bentuk mie putih yang disira dengan kuah yang menggunakan kaldu kari ikan dan memiliki cita rasa pedas.

Lihat juga: Makanan khas gorontalo

Paduan mie serta kuah kari yang pedas membuat pecinta kuliner akan ketagihan setelah mencicipinya dan dapat menambah selera makan. Makanan ini dapat Anda temukan di ibu kota Thailand yaitu Bangkok dengan harga yang murah.

7. Kaeng Phet

Kaeng Phet

Kaeng phet atau kari merah merupakan makanan favorit di Thailand berupa sup dengan kuah pedas yang banyak disukai oleh penikmat kuliner. Hidangan utama dari kaeng phet adalah daging ayam, sapi atau babi sesuai selera penikmat kemudian dicampur santan bumbu kari merah. Bumbu kari merah untuk khaeng phet terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, terasi, ketumbar, cabai merah kering, lengkuas, lada, jinten putih, serai, kulit jeruk purut serta garam yang dihaluskan jadi satu kemudian dimasak dengan air hingga menghasilkan kuah kari merah.

8. Kaeng Matsaman

Kaeng Matsaman

Kaeng matsaman memiliki cita rasa gurih dan lembut sehingga menggoda lidah Anda untuk mencicipi makanan tersebut dan biasanya makanan ini menjadi hidangan untuk bangsa Persia. Makanan ini berupa kari yang bumbunya merupakan campuran dari cengkeh, bunga lawang, kapulaga, pala, kayu manis, jinten serta daun salam. Hidangan kari ini berasal dari daerah Thailand bagian Tengah dan diciptakan di Kota Ayutthaya sekitar abad 17 masehi.

9. Kaeng Khiao Wan

Kaeng Khiao Wan

Selain kari merah terdapat pula kaeng khiao wan yaitu sajian kari dengan warna hijau yang juga menjadi makanan khas Negara Thaland. Pada kari merah biasanya disajikan dengan cita rasa gurih sedangkan pada kari hijau cita rasa yang diberikan adalah manis berasal dari cabai hijau serta rasa yang lebih pedas dari kari merah.

Campuran bumbu kari hijau ini berasal dari takokak, bumbu kari hijau, gula hijau, santan, kecap ikan serta sayuran dan biasanya dihidangkan bersama daging sapi atau ikan.

10. Larb

Larb

Larb merupakan hidangan yang berbeda dengan makanan khas Thailand lain yaitu berupa camuran salad atau sayur-sayuran dengan daging yang telah dicincang. Larb sebenarnya tidak berasal dari Thailand tetapi dari laos hanya saja makanan ini menjadi hidangan utama penduduk Isan di thailand yang mayoritas penduduknya adalah suku Laos.

Penulis telah mengulas 10 makanan khas Thailand mulai dari beragam kari, tom yam serta mie dan Anda haru s mencicipinya ketika berkunjung ke Thailand. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sehingga dapat dijadikan sebagai referensi yang recommended ketika Anda berlibur ke Negeri Gajah Putih.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *