Oleh-oleh Khas Bali
Travel

Oleh-oleh Khas Bali

Bali menjadi destinasi wisata paling popular di indonesia. Setiap harinya selalu dipenuhi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Wisatanya menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Bali termasuk kota yang penuh kreativitas. Pengrajin di bali sangat banyak sekali. Dari kerajinan ukir, lukis, dan masih banyak lainnya. Hal inilah yang membuat oleh-oleh dari bali sangat khas. Mungkin anda bosan dengan oleh-oleh itu-itu saja, cobalah 10 oleh-oleh khas bali yang enak dan terkenal ini.

Oleh-oleh khas bali kekinian dari bali jumlahnya semakin banyak. Apalagi banyak ukm yang mulai membuat inovasi baru yang lebih khas dan modern. Berikut ini 10 oleh-oleh yang wajib dibeli saat liburan di bali.

10 Oleh-oleh Khas Bali Kekenian

1. Pie Susu

Pie Susu

Liburan ke bali tanpa mencoba pie susu mungkin kurang afdol. Jajajan khas bali ini tidak hanya terkenal tetapi juga enak. Penjual pie susu memang sudah banyak, tetapi paling terkenal pie susu enak. Pie susu ini sudah dibuat sejak tahun 1989. Di toko ini pie susunya dibuat setiap hari, jadi semua barangnya baru.

Selain itu tidak dicampur bahan pengawet apapun. Itulah yang membuat persediaannya sedikit dan tidak bisa disimpan terlalu lama. Setiap harinya toko ini selalu ramai pengunjung. Ada banyak varian rasa yang disediakan. Ada rasa keju, nanas, cokelat dan lainnya. Memiliki rasa manis gurih yang enak. Perkotaknyaberisi 10 biji dengan harga Rp 30.000.

2. Pia Legong

Pia Legong

Cemilan khas bali ini pun tak kalah popular dengan pie susu. Setiap harinya selalu dipenuhi pengunjung. Anda pun harus siap antri panjang, jika ingin membeli pia legong. Kue ini dibuat secara tradisional tanpa bahan pengawet. Inilah yang membuat rasanya semakin enak dan khas. Semua produknya di buat pada hari itu juga, jadi semuanya masih fresh.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Balikpapan

Di bali ada banyak sekali penjual pia legong, tetapi yang asli hanya ada di kuta. Karena mereka tidak membuka cabang di mana pun. Ada tiga pilihan rasa yaitu keju, cokelat dan kacang hijau. Anda hanya diperbolehkan membeli maksimal 5 bungkus. Karena persediaannya sangat terbatas.

3. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Para pecinta kopi wajib untuk mencoba kopi kintamani. Kopi khas bali ini sudahterkenal aroma dan rasanya. Tentunya akan menjadi oleh-oleh khas bali joger terbaik keluarga atau teman di rumah. Kopi ini berasal dari pegunungan kintamani bali. Kopi di panggang beberapa hari sebelum dibeli di toko. Jadi masih baru, membuat kesegaran rasanya begitu khas. Sudah banyak tempat yang menjual kopi kintamani, salah satunya di jalan hanoman no 19 ubud kabupaten gianyar. Anda bisa menikmati kopi langsung di tempat atau membawa bubuk kopi pulang ke rumah.

4. Kacang Disco

Kacang Disco

Olahan kacang memang sudah banyak sekali. Tetapi ada yang khas dari bali bernama kacang disco. Kacang ini memang hanya bisa ditemukan di bali. Kacang yang dibalut dengan tepung serta bumbu-bumbu khas, membuat rasanya gurih dan enak. Ada banyak rasa yang disediakan. Ada rasa keju, barbekyu, pedas, ayam dan lainnya. Hampir di semua pusat oleh-oleh khas bali untuk pacar pasti menyediakan cemilan yang satu ini. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 25.000 per bungkusnya.

5. Keripik Ceker Ayam Khas Bali

Keripik Ceker Ayam Khas Bali

Olahan ceker ayam memang sudah banyak sekali. Di bali ada keripik ceker ayam yang enak dan wajib dicoba. Rasanya lebihgurih dan enak. Selain itu bentuknya terlihat lebih bersih dan menggoda dibandingkan keripik ceker ayam di kota lainnya. Sangat mudah mendapatkan cemilan enak ini. Karena di supermarket atau pusat oleh-oleh khas bali online pasti menyediakannya. Harga perbungkusnya mulai Rp 30.000. Buat anda yang suka cemilan ringan yang gurih wajib mencoba keripik ceker ayam khas bali ini.

6. Kacang Rahayu

Kacang Rahayu

Selain kacang diskon, di bali juga terkenal dengan kacang rahayu. Kacang rahayu merupakan sebuah merk kacang asin yang khas dari bali. Banyak wisatawan yang suka dengan kacang ini, karena memiliki rasa gurih, asin dan renyah yang enak. Penjualnya memang banyak sekali. Tetapi yang asli berada di jalan gatot subroto tengah no 59C denpasar bali.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Bandung

Ada banyak ukuran yang disediakan, dari ukuran kecil sampai besar. Dibungkus dengan plastik kemudian dibungkus kardus. Sehingga kualitasnya tetap terjamin dengan baik. Harganya mulai dari Rp 7000 sampai Rp 100.000.

7. Kacang Kapri Tari Bali

Kacang Kapri Tari Bali

Oleh-oleh kacang dari bali memang banyak sekali. Selain kacang diskon dan kacang rahayu, anda juga wajib mencoba kacang kapri tari bali. Untuk mendapatkannya cukup sulit, karena produsennya hanya memproduksi terbatas. Ukuran kacangnya besar, memiliki rasa yang gurih.Sekilas memang mirip dengan kacang goreng pada umumnya. Tetapi rasanya memang lebih renyah dan gurih. Satu bungkus 350 gram harganya sekitar Rp 35.000.

8. Salak Bali

Salak Bali

Sama seperti di magelang jogja, yang terkenal dengan salak pondohnya. Di bali juga memiliki salah yang khas yaitu salak bali. Ada dua jenis salak bali yaitu salak biasa, yang memiliki rasa agak asam dan memiliki daging tebal.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Banjarmasin

Serta salak gula pasir yang memiliki rasa lebih manis tetapi dagingnya lebih tipis. Biasanya salak bali dibungkus dalam besek yang berisi 5 kg salak. Sekitar bulan februari banyak pohon salak yang panen, sehingga jumlahnya banyak. Harganya pun lebih murah sekitar Rp 13.000 – Rp 25.000. Tapi kalau sedang tidak panen, harganya bisa mencapai RP 60.000.

9. Sambal Matah Khas Bali

Sambal Matah Khas Bali

Penggemar makanan pedas pasti tidak asing dengan sambal matah khas bali. Sambal yang terbuat dari rajangan bawang merah, cabai, daun jeruk, dan serai ini memang sangat khas. Bentuk sambalnya tidak seperti sambal pada umumnya, yang diulek. Tetapi sambal ini hanya dirajang-rajang, kemudian disiram dengan perasan jeruk nipis dan sedikit minyak.

Sekarang banyak penjual yang mengemas sambal matah khas bali dalam botol kaca, sehingga bisa dijadikan oleh-oleh yang enak untuk keluarga. Jika disimpan dengan tepat, bisa bertahan selama 2-3 hari.

10. Bali Home Spa

Bali Home Spa

Selain makanan, anda wajib membawa pulang bali home spa. Bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman, pacar atau keluarga di rumah. Bali home spa merupakan merk yang menyediakan berbagai macam produk spa. Seperti body scrub, body butter, shampo, body mist dan masih banyak lainnya. Varian produknya sangat banyak sekali. Ada yang terbuat dari kopi, temulawak, bengkoang dan lainnya. Terbuat dari bahan alami, sehingga kualitasnya terjamin. Harga produknya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 60.000.

Selain oleh-oleh khas bali krisna makanan, sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas bali kekinian yang berbentuk kerajinan. Seperti kaos bali, aksesoris manik-manik, kerajinan lukisan, ukiran, dan masih banyak lainnya. Di bali banyak pasar tradisional yang cocok untuk berburu oleh-oleh murah. Seperti pasar sukowati, pasar ubud, pasar guwang dan masih banyak lainnya.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *