Oleh-oleh Khas Bandung
Travel

Oleh-oleh Khas Bandung

Bandung adalah kota yang terkenal dengan sebutan kota Kembang. Oleh karena itu, banyak pengunjungnya yang berharap dapat menyaksikan pesona alamnya dengan mata kepala mereka sendiri. Namun, Bandung bukanlah kota yang hanya bisa menawarkan wisata alam untuk para pengunjungnya. Anda perlu tahu bahwa wisata barang dan kulinernya juga tidak kalah menariknya.

Jika anda berwisata ke Bandung, pastikan anda pulang tidak dengan tangan hampa. Banyak barang dan panganannya yang patut menjadi perhatian kita. Berikut akan kami daftarkan 10 oleh-oleh khas Bandung yang bisa anda pertimbangkan di bawah.

10 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian

Berikut akan kami daftarkan 10 oleh-oleh khas Bandung yang bisa anda pertimbangkan di bawah.

1. Souvenir Wayang Golek

Souvenir Wayang Golek

Setiap kota di Indonesia memiliki tradisinya sendiri-sendiri. Banyak souvenirnya yang dibuat dengan terinspirasi dari tradisi tersebut. Di Bandung, wayang golek adalah sumber inspirasi souvenir-souvenirnya. Ada wayang goleknya, topeng, gantungan kunci, alat permainan tradisionalnya, dll. Tergantung kerumitan cara pembuatan barangnya, harga dari souvenir bisa beragam. Meski begitu, tentu tidak akan sulit bagi anda untuk mendapatkan pilihan yang murah. Pastinya, anda akan dapat dengan mudah membeli souvenir dalam jumlah banyak. Dengan begitu, anda dapat memberikan oleh-oleh pada lebih banyak teman dan kerabat.

2. Alat Musik Angklung

Alat Musik Angklung

Apakah anda menyukai memainkan berbagai alat musik? Jika iya, berikan perhatian anda pada alat musik tradisional karena Bandung memiliki angklung yang menarik untuk dimainkan. Alat musik ini menarik karena kita hanya perlu menggoyangkannya untuk memainkannya. Angklung juga mengeluarkan bunyi yang benar-benar enak didengar.

Alat musik khas Bandung ini juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Oleh karena itu, angklung dapat menjadi oleh-oleh yang dapat dipertimbangkan. Bagi penyuka musik tradisional ataupun kolektor, mereka akan menghargai pemberian dari anda dan senang menerimanya.

3. Replika dan Kerajinan Tangan

Replika dan Kerajinan Tangan

Jika berbicara mengenai oleh-oleh dalam bentuk barang, kerajinan tangan seharusnya menjadi perhatian utama anda. Meskipun kerajinan tangan pada umumya sederhana, banyak di antaranya yang berharga jika anda jeli memilihnya. Namun, meski hanya sederhana, kerajinan tangan dapat berguna untuk pemiliknya.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Batam

Replika-replika hewan misalnya, dapat menjadi dekorasi rumah yang imut. Selain replika, kerajinan tangan yang lain juga berupa tas, keranjang, tampat sampah, dan yang lainnya. Tentu saja, setiap kerajinan dari Bandung ini dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan bukan cuma sekedar barang pajangan rumah saja.

4. Fashion Cibaduyut

Fashion Cibaduyut

Kebanyakan orang pasti memperhatikan penampilan mereka. Karena itu, fashion menjadi perhatian penting bagi mereka. Selagi anda di Bandung, tidak ada salahnya bila anda berbelanja untuk teman atau sanak saudara anda.

Bila fashion adalah tujuan anda, kami sarankan fashion Cibaduyut untuk dipertimbangkan. Di Jalan Cibaduyut, anda akan temukan berbagai toko yang menjual berbagai macam jenis fashion, seperti sepatu, tas, jaket, baju, dompet, ikat pinggang, boneka, dll. Perlu anda ketahui bahwa jalan ini adalah pusat produk kulit yang paling panjang bahkan sampai sedunia. Berbelanja di sana tentu tidak akan membosankan.

5. Peuyeum

Peuyeum

Tentu saja, anda tidak bisa melupakan makanan-makanannya. Berbicara mengenai makanan khas bandung, peuyeum harus menjadi pilihan pertama dalam daftar kuliner dalam wisata anda. Peuyeum sebenarnya adalah tape, namun tape ini berbeda dengan tape yang lain. Dibuat dari singkong yang dikukus, diberi ragi, dan ditempatkan di tempat tertutup, oleh-oleh khas Bandung ini tidaklah berair den encer. Bila sudah selesai, tape ini akan terlihat memiliki warna putih di sekelilingnya. Biasanya, penjual-penjualnya juga menggantungnya di langit-langit toko ketika dijajakan pada pelanggan. Cobalah tape Bandung ini.

6. Roti Bumbu Bakar

Roti Bumbu Bakar

Bandung juga menawarkan produksi roti yang unik sebagai pilihan anda. Roti bumbu bakar adalah salah satunya. Namun, roti ini bukanlah roti biasa. Jenis roti dan bumbu yang digunakan berbeda dari yang lain pastinya. Dengan jenis dan bumbu pilihan tersebut, roti ini bertekstur lembut.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Solo

Selain itu, pembuatannya juga dipadu dengan macam-macam bahan yang lain, seperti mentega, meses, selai, dll. Perlu anda ketahui bahwa roti ini juga ditawarkan dengan varian rasa keju dan kornet di Bandung. Anda bisa memilih macam-macam rasa atau membeli satu rasa saja untuk dibawa pulang dan diberikan pada teman dan sanak yang menanti.

7. Kue Kartika Sari

Kue Kartika Sari

Roti bumbu bakar memang unik, tetapi Bandung juga menawarkan berbagai jenis kue yang lain. Kue-kue tersebut meliputi brownies, cheese roll atau stick, peuyeum bollen, dll. Varian modern seperti ini akan dapat mudah anda temukan di Kartika Sari yang adalah nama toko oleh-oleh Bandung. Anda tidak perlu khawatir.

Di toko ini, anda juga akan dapat menemukan kue-kue tradisional, seperti risoles, kroket, lemper, dll. Jika yang anda cari adalah kue dengan berbagai macam varian, Kartika Sari adalah tujuan yang tepat anda kunjungi di Bandung. Anda tidak perlu lagi pusing-pusing mencari kue dari berbagai tempat yang berbeda-beda di kota.

8. Donat Madu Cihanjuang

Donat Madu Cihanjuang

Donat sudah merupakan jajanan kue yang umum di berbagai kota di nusantara. Namun, kami sarankan pada anda untuk mencoba donat Bandung ini. Kami jamin anda tidak akan bosan dengan rasanya. Bagaimana tidak? Donat ini memiliki cita rasa yang sangat manis karena madu digunakan sebagai salah satu dari bahannya.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Banjarmasin

Selain bahan madunya, donat-donat ini diberi hiasan atau topping yang cantik dengan berbagai warna. Karenanya, donat Bandung ini patut untuk anda pilih. Teman dan sanak saudara anda pasti akan senang dan tertarik hanya dengan sekali lihat saja. Setelah dicicipi pun, donat ini tidak akan mengecewakan anda.

9. Koffie Fabriek Aroma

Koffie Fabriek Aroma

Dewasa ini, sudah banyak kopi instan yang diperjual belikan di supermarket atau warung-warung kelontong. Namun, kopi yang satu ini bukanlah kopi instan pada umumnya. Tahukah anda? Kopi ini terbuat dari biji kopi instan yang telah disimpan selama 5 hingga 8 tahun. Proses pembuatannya pun dilakukan masih dengan menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan bahan bakar kayu karet dan mesin pembakar merk Roaster yang dibuat tahun 1930. Tentunya, anda akan dapat menikmati cita rasa kopi tradisional. Selain itu, pembuatannya membuat keasaman kopi memudar sehingga perut tidak mudah kembung jika meminumnya.

10. Tahu Susu

Tahu Susu

Seperti namanya, tahu ini dibuat dari kedelai kemudian ditambah dengan susu murni. Karenanya, tahu susu memiliki cita rasa yang gurih dan lembut. Selain rasanya yang khas, oleh-oleh khas Bandung ini juga dikenal dengan isinya yang lebih padat. Oleh karena itulah, tahu ini terasa lebih mengenyangkan bila dimakan. Dalam pembuatannya pun, bahan pengawet tidak digunakan sama sekali. Meski tidak dapat bertahan lama, tahu susu adalah tahu yang sehat untuk anda makan. Harganya cukup terjangkau dan dikemas dengan kemasan modern. Produsen tahu ini tidak membuka cabang lain. Jadi belilah selagi anda di Bandung.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *