Oleh-oleh Khas Banjarmasin
Travel

Oleh-oleh Khas Banjarmasin

Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai. Karena kotanya dikelilingi oleh sungai barito yang sangat panjang. Ibukota kalimantan selatan ini memiliki begitu banyak potensi wisata yang menarik. Saat berkunjung ke banjarmasin, tentunya belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah. Oleh-oleh di banjarmasin sangatlah banyak sekali. Bahkan ada yang khas hanya ditemukan di banjarmasin saja. Semuanya dibuat dari bahan baku, yang hanya ditemukan di banjarmasin saja.

Berlibur tanpa membawa oleh-oleh memang kurang pas, Apalagi di setiap daerah di indonesia pasti memiliki kekhasan sendiri, yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lainnya. Begitu pula dengan banjarmasin, memiliki oleh-oleh khas yang enak dan wajib anda bawa pulang. Berikut ini beberapa diantaranya.

10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Murah

Berikut ini oleh-oleh khas banjarmasin yang wajib dibawa pulang untuk teman dan keluarga.

1. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Tidak hanya garut yang memiliki oleh-oleh dodol. Di banjarmasin juga terdapat dodol khas bernama dodol kandangan. Dodol ini terbuat dari tepung ketan, gula dan bahan lainnya. Bentuknya memang tak jauh beda dengan dodol pada umumnya. Berwarna cokelat, manis dan legit. Satu bungkusnya sangat murah, sekitar Rp 10.000. Ada beberapa rasa yang disajikan yaitu rasa wijen. Kelapa muda dan wajik. Untuk wajik terbuat dari bahan beras ketan. Untuk rasanya memang sedikit berbeda dibandingkan dodol garut.

2. Rabuk Ikan

Rabuk Ikan

Orang banjarmasin menyebut abon dengan nama rabuk. Jadi rabuk ikan merupakan abon yang dibuat dari bahan ikan. Rabuk ikan terbuat dari jenis ikan haruan. Ikan ini memang sangat popular di banjarmasin. Banyak ditemukan di aliran sungai barito. Rasanya sangat enak dan unik. Aromanya pun begitu khas, mungkin anda tidak akan menemukan oleh-oleh ini di kota lainnya.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Batam

Sebenarnya ikan haruan termasuk ikan beracun, tetapi karena diolah dengan baik menjadi makanan yang enak. Rabuk ikan paling enak dimakan dengan nasi hangat.

3. Amplang Ikan

Amplang Ikan

Amplang biasanya banyak ditemukan di balikpapan. Tetapi di banjarmasin juga terdapat oleh-oleh amplang. Amplang ikan khas banjarmasin terbuat dari ikan pipih dan ikan tengiri. Keduanya memiliki rasa yang gurih dan enak. Paling enak dimakan untuk cemilan saat kumpul dengan teman atau keluarga. Di banjarmasin banyak sekali toko yang menjual amplang ikan. Bahkan ada yang menjual sekaligus sambalnya. Sambal ini sangat khas dan enak di makan dengan amplang ikan,

4. Batu Mulia

Batu Mulia

Buat anda yang suka koleksi batu mulia, banjarmasin pusatnya. Di daerah martapura terdapat pusat penjualan batu mulia. Disini anda bisa menemukan berbagai macam batu mulia, dari yang harganya murah sampai ratusan juta rupiah. Batu mulia yang langka pun ada. Anda bisa menelusuri semua toko di sekitar pertokoan cahaya bumi shalawat. Disana anda bisa menemukan batu mulia yang cantik-cantik, semua batu mulianya di ambil dari alam langsung, jadi sudah terbukti keasliannya. Tetapi anda harus tetap berhati-hati,karena banyak penjual yang menjual barang palsu.

5. Sasirangan

Sasirangan

Sasirangan bisa menjadi oleh-oleh khas banjarmasin untuk teman dan keluarga. Sasirangan merupakan kain asli kalimantan selatan. Batik yang dibuat oleh orang asli kalimantan selatan. Memiliki motif yang cantik-cantik, cocok untuk oleh-oleh teman-teman di rumah. Ada motif gigi haruan, sinapur karang, dara manginang, rutun dayang, naga balimbur dan masih banyak lainnya. Harganya pun bervariasi. Dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kainnya sangat nyaman digunakan, ada bisa membeli di toko khas sasirangan di banjarmasin.

6. Ikan Seluang Goreng

Ikan Seluang Goreng

Ikan seluang banyak ditemukan di sepanjang sungai barito. Masyarakat banjarmasin mengolahnya untuk dijadikan oleh-oleh. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil, sekitar 2-4 inchi saja. Memiliki rasa yang gurih dan enak. Ikan seluang digoreng kemudian dikemas dengan baik. Bisa bertahan lama dan tidak cepat basi. Asalkan disimpan di tempat yang benar. Bisa dijadikan cemilan atau untuk lauk saat makan. Di sepanjang sungai barito banyak yang menjualnya, jadi tidak perlu bingung untuk mencari makanan khas banjarmasin ini.

7. Ikan Sepat Kering

Ikan Sepat Kering

Selain ikan seluang goreng, anda juga wajib membawa pulang ikan sepat kering. Olahan ikan air tawar di banjarmasin memang banyak sekali. Karena sungai barito menjadi tempat tinggal berbagai jenis ikan. Ikan sempat memiliki ukuran yang kecil, hanya sekitar 25 cm saja.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Solo

Ikan sepat masih satu kerabat dengan ikan gurami. Memiliki tekstur daging yang lembut dan enak. Ikan ini dikeringkan kemudian dibungkus dengan plasitk kedap udara, sehingga bisa bertahan lama. Sangat cocok untuk oleh-oleh. Di makan langsung atau di masak lagi dengan bumbu rempah tetap memiliki rasa enak.

8. Kopiah Jangang

Kopiah Jangang

Tidak hanya aceh saja yang memiliki oleh-oleh kopiah. Di banjarmasin juga terdapat kopiah khas yaitu kopiah jangang. Kopiah ini terbuat dari akar pohon janggang. Pohon ini sangat mudah ditemukan di banjarmasin. Inilah yang membuat kopiah ini berbeda dengan kopiah pada umumnya. Proses pembuatannya masih manual, tanpa menggunakan mesin sama sekali. Harganya sekitar 30 ribu sampai 40 ribu. Tentunya ini bisa menjadi oleh-oleh yang tepat dan tahan lama. Bisa digunakan untuk beribadah di rumah.

9. Kue Rangai

Kue Rangai

Kue rangai menjadi oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang. Jika melihat bentuknya, mungkin anda akan teringat dengan kue sagon. Kue rangai memang sama dengan kue sagon. Proses pembuatannya pun hampir sama, banyak dihidangkan saat lebaran. Memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Sangat enak di makan untuk cemilan. Terbuat dari bahan tepung ketan dan dicampur bumbu berkualitas lainnya. Proses pembuatannya di panggang sampai kering. Sehingga tekstur luarnya kering, tetapi saat masuk ke dalam mulut langsung lumer. Tentunya akan membuat and ketagihan terus menerus.

10. Kaos Banjarmasin

Kaos Banjarmasin

Hampir di setiap kota pasti memiliki oleh-oleh kaos. Di banjarmasin pun ada kaos khas banjarmasin. Dengan tulisan dan desain yang berhubungan dengan kota banjarmasin. Harga kaosnya pun sangat murah, mulai dari Rp 50.000. Dengan bahan kaos yang nyaman dan adem. Di pusat oleh-oleh atau tempat wisata pasti banyak yang menjualnya. Pilihlah kaos yang menunjukkan kekhasan kota banjarmasin, sehingga tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Selain 10 oleh-oleh khas banjarmasin diatas, tentunya masih banyak barang yang bisa anda beli. Seperti aksesoris, rumah adat mini dan lainnya. Sempatkan untuk membeli oleh-oleh saat berkunjung ke kota seribu sungai ini. Di sepanjang sungai barito atau di ibu kota banjarmasin, banyak toko yang menjualnya. Jadi tidak perlu bingung mencarinya, apalagi harganya pun terjangkau. Mulai dari ribuan sampai jutaan rupiah. Selain membawa pulang oleh-oleh, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dan tempat wisatanya. Karena ada banyak hal yang bisa dieksplore dari kota seribu sungai ini. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *