Oleh-oleh Khas Balikpapan
Travel

Oleh-oleh Khas Balikpapan

Terletak di Kalimantan Timur, Balikpapan adalah kota yang maju dengan banyak industri. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan kilang minyaknya yang besar. Meski begitu, bila dibandingkan dengan kota lain, kota ini tidak kalah menariknya dalam bidang pariwisata. Banyak tempat-tempatnya yang perlu kita kunjungi. Kota ini juga dapat menawarkan berbagai macam wisata untuk pengunjungnya. Salah satu wisatanya yang perlu anda pertimbangkan adalah wisata barang dan kulinernya.

Wisata ini akan membantu anda mendapatkan oleh-oleh khas Balikpapan yang berarti untuk dibawa pulang dan diberikan kepada teman atau sanak keluarga.

10 Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Murah

1. Batik Balikpapan

Batik Balikpapan

Batik adalah kain khas Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya banyak jenis batik, tergantung daerah asalnya. Setiap kota yang memproduksi batik bisa dikatakan memiliki motifnya sendiri-sendiri. Di Balikpapan misalnya, batiknya biasanya bermotif pohon mangrove, jahe, dan beruang madu.

Pohon mangrove dan beruang madu utamanya adalah ikon kota Balikpapan. Karenanya, batik Balikpapan memiliki keunikannya tersendiri yang membuatnya berbeda dari batik kota lain sehingga membuatnya oleh-oleh khas balikpapan dan harganya yang patut menjadi bahan pertimbangan. Kain ini tentu bisa anda buat untuk berbagai macam jenis pakaian.

2. Tas Manik

Tas Manik

Batik bukan satu-satunya yang bisa menjadi pilihan anda. Tidak ada salahnya anda memilih tas manik juga. Tentu saja, tas manik yang kami tawarkan di sini bukanlah tas manik yang biasa anda temukan di lingkungan sekitar tempat tinggal anda.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Bandung

Tas manik yang berasal dari Balikpapan ini juga memiliki kekhasannya tersendiri. Kekhasan tersebut dapat anda lihat dari motif yang ada pada bagian luar tas. Meski motifnya terbilang tradisional, justru inilah yang membuat tas ini unik dan tidak bisa kita samakan dengan tas manik pada umumnya. Daripada membeli tas yang sudah mainstream, anda bisa tampak berbeda dengan menggunakan tas ini.

3. Mandau

Mandau

Balikpapan dikenal dengan keberadaan suku Dayaknya. Sejak dulu, Mandau menjadi senjata utama suku ini. Selain itu, pemilik Mandau biasanya adalah orang yang berstatus sosial tinggi dalam suku. Namun, semakin kita meninggalkan jaman peperangan, Mandau semakin tidak digunakan sebagai senjata lagi oleh orang-orang.

Kini, Mandau dibuat dan dijual sebagai souvenir dan siapa saja bisa memilikinya. Senjata ini juga memiliki desain yang keren dengan adanya manik-manik di ujung senjatanya. Selain itu, senjata ini juga memiliki ukiran yang khas. Sebagai tempat oleh-oleh khas balikpapan, tentu Mandau adalah pilihan yang menarik untuk kita beli, bukan?

4. Aksesoris Suku Dayak

Aksesoris Suku Dayak

Suku dayak sering mengenakan aksesoris pada tubuhnya. Aksesoris tersebut sebenarnya berupa kerajinan batu dan manik-manik yang dibuat dalam berbagai macam bentuk, seperti gelang, anting, kalung, dan sebagainya. Tentu saja, ada banyak desain yang bisa anda pilih. Tidakkah anda ingin mencoba beraksesoris seperti Suku Dayak di Balikpapan? Selain bisa anda gunakan sendiri, aksesoris ini juga cocok untuk diberikan pada teman atau kerabat sebagai oleh-oleh. Harganya bervariasi tergantung aksesorisnya. Meski begitu, anda tetap bisa mendapatkan pilihan yang murah namun tetap dapat membelinya dalam jumlah yang banyak.

5. Batu Mulia

Batu Mulia

Anda tidak perlu membeli permata yang mahal untuk memberikan hadiah yang cantik dan terlihat mewah pada teman atau kerabat dekat. Batu mulia adalah pilihan yang lebih murah untuk menggantikannya. Memang, batu mulia bukanlah barang mewah seperti permata, tapi batu ini cukup cantik untuk dihadiahkan pada orang lain sebagai oleh-oleh khas Balikpapan.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Banjarmasin

Selain dalam bentuk batu biasa, batu mulia juga telah didesain untuk dijadikan cincin dan kalung. Meski harganya miring, batu ini tetaplah berkualitas bagus. Untuk para kolektor batu ini, batu mulia akan menjadi harga oleh-oleh khas balikpapan terbaik yang bisa mereka harapkan dari anda.

6. Abon Kepiting

Abon Kepiting

Oleh-oleh tidak selalu harus dalam bentuk barang. Balikpapan juga terkenal dengan wisata kulinernya. Kulinernya pun tidak selalu berupa makanan utama. Panganan seperti abon pun dapat menjadi oleh-oleh anda.

Bila berbicara mengenai kota ini, abon kepiting adalah jawabannya. Di mana biasanya abon terbuat dari daging sapi atau ayam, di Balikpapan kepiting adalah bahannya. Dengan kepiting yang segar dan bumbu yang istimewa, abon ini menawarkan cita rasa yang tidak biasa. Jika anda ingin cita rasa abon yang berbeda, abon kepiting akan menjadi pilihan yang tepat. Sebagai oleh-oleh atau cindera mata, abon ini juga unik untuk kita pilih.

7. Bingka Kentang

Bingka kentang

Banyak di antara anda yang mungkin menyadari bahwa Bingka adalah makanan khas Medan. Namun, Bingka juga ada di Balikpapan. Yang membuatnya berbeda dengan Bingka Medan adalah kentang yang menjadi bahan dasarnya. Karena bahannya inilah, Bingka Balikpapan memiliki tekstur yang lembut dan mengenyangkan.

Bingka kota ini juga telah dibuat dengan berbagai macam varian rasa, seperti coklat, keju, pandan, dan original. Anda hanya perlu memilih rasa apa yang ingin anda coba. Bagaimana? Oleh-oleh seperti ini tentu tidak dapat kita temukan di kota lain. Coba anda beli selagi anda masih menghabiskan waktu di Balikpapan.

8. Bakpia khas Balikpapan

Bakpia khas Balikpapan

Jogja dan Malang bukanlah satu-satunya kota yang memproduksi bakpia. Anda juga akan dapat menemukannya di Balikpapan. Selain itu, tentunya anda akan dapat mengharapkan cita rasa yang berbeda juga dari panganan yang satu ini. Bakpia Balikpapan dapat menjadi buah tangan kota Balikpapan karena memiliki rasa dan aroma yang istimewa.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Batam

Bakpia ini juga legit dan bertekstur lembut. Bentuknya pun tidak hanya sekedar bulat pipih, namun disayat di atasnya sehingga membentuk seperti bunga. Bagaimana? Selain cita rasanya, rupanya juga berbeda. Karena itu, tidak ada salahnya anda pilih bakpia dari kota ini di sini.

9. Keripik Iron

Keripik Iron

Apakah anda penggemar camilan keripik? Jika iya, perlu kiranya anda coba keripik iron dari Balikpapan ini. Seperti keripik yang lain, keripik ini juga dibuat dengan bahan dasar singkong. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa singkong yang dipilih bukanlah singkong biasa. Singkongnya didatangkan dari Samarinda.

Tekstur singkong Samarinda sangat keras meskipun sudah direbus atau digoreng. Namun, ketika dijadikan keripik, singkong ini bisa menjadi renyah dan gurih. Untuk camilan, keripik seperti ini tentu akan membuat kita ketagihan. Di waktu-waktu senggang sambil membaca buku, keripik ini jadi camilan yang enak.

10. Onde-onde Ungu

Onde-onde Ungu

Pastinya anda tahu makanan bernama onde-onde, bukan? Namun, onde-onde Balikpapan tidaklah seperti onde-onde pada umumnya. Bentuk luarnya memang mirip onde-onde biasa. Namun, bagian dalamnya berwarna ungu. Hal ini dikarenakan oleh-oleh khas balikpapan di bandara ini dibuat dari bahan ubi ungu.

Ubi ungu terkenal dengan kandungan gizinya yang tinggi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A yang berlimpah di dalamnya. Selain itu, ubi ungu original juga bukan satu-satunya rasa yang akan anda cicipi dari makanan ini. Onde-onde ini juga menawarkan varian rasa kacang hijau, coklat, dan keju. Pilihlah sesuka anda.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *